Pengukuran Kesuksesan Website Universitas Menggunakan Metode Delone and Mclean
DOI:
https://doi.org/10.53624/jsitik.v1i1.178Keywords:
Website, Kepuasan, Delone and McleanAbstract
Informasi tentang perguruan tinggi dapat dilihat pada website , namun sejauh ini belum pernah dilakukan pengukuran sejauh mana efektifitas informasi pada website, kepuasan pengguna dan sukses memberikan informasi terhadap website UNP Kediri. Pengukuran sistem informasi bisa dilakukan dengan model DeLone and McLean. Pada penelitian ini bertujuan menilai seberapa efektif dan efesiensinya website itu dalam menghasilkan informasi bagi mahasiswa. Model DeLone and McLean dengan variabel kualitas sistem, kulitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, manfaat bersih. Dengan menggunakan pengukuran smart pls. Hasil analisa menunjukkan bahwa variabel berpengaruh signifikan dan positif dan hipotesis dapat diterima.
Downloads
References
T. Wahyuni, “Uji Empiris Model Delone Dan Mclean Terhadap Kesuksesan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA),” J. BPPK, vol. 2, pp. 4–24, 2011.
T. Rachman, “Pengaruh Kualitas Sistem,Kualitas informasi, Kualitas Layanan Dan Kemudahan Pengguna Terhadap Kepusaan Pengguna sistem informasi Akademik Mahasiswa ( SIAM ) Universitas Brawijaya,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 10–27, 2018.
L. Priyadi, R. Fauzi, F. R. Industri, U. Telkom, and S. Design, “Penerapan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Pada Pt Albasia Nusa Karya Dengan Menggunakan Framework Itil Versi 3 Pada Domain Service Design Application of Information Technology Services Management in Pt Albasia Nusa Karya Using Itil Framework Version,” vol. 6, no. 1, pp. 1935–1942, 2019.
S. Rohman and Lasimin, “Delone & Mclean Model Untuk Analisa Keberhasilan,” J. PPKM, vol. 6, no. 3, pp. 191–197, 2019.
D. yanti Siregar, “Model Kesuksesan DeLone dan McLean pada Keuangan Atma Jaya Yogyakarta,” Indones. Onesearch, pp. 15–48, 2013.
S. Lestari and D. L. Rahayu, “Implementasi Model Delone Dan Mclean Terhadap Kesuksesan Penerapan Database Replikasi Pada Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai,” 2019, [Online]. Available: https://jurnal.stikomcki.ac.id/index.php/cos/article/view/58
Sukirman, A. Rokhman, and L. Budiarti, “The User Satisfaction in Management Information System With D & M Model,” J. Anal. Bisnis Ekon., pp. 1–9, 2015.
B. A. Ningsi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pro duk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS,” J. Stat. dan Apl., vol. 2, no. 2, pp. 8–16, 2018, doi: 10.21009/jsa.02202.
Nursalam and A. . Fallis, “Teknik Analisis Data PLS,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2021.
T. Wahyuni, “STUDI DIMENSI PENGETAHUANDAN KUALITAS SISTEM: PENDEKATAN D&M IS SUCCESS MODEL (Studi Penggunaan e-SPT Orang Pribadi Pada KPP Kebon …,” J. Ekon. Vokasi, vol. 3, no. 1, 2020, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/JEV/article/view/2058
A. W. Utami and F. Samopa, “Analisa Kesuksesan Sistem Informasi Akademik di Perguruan Tinggi dengan Menggunakan D & M IS Success Model (Studi Kasus: ITS Surabaya),” Sisfo, vol. 4, no. 5, pp. 294–309, 2013, doi: 10.24089/j.sisfo.2013.09.001.
A.Utami, F. Samopa. (2013). Analisa Kesuksesan Sistem Informasi Akademik di Perguruan Tinggi dengan Menggunakan D & M IS Success Model (Studi Kasus: ITS Surabaya). Jurnal Sisfo, 4, 5. 294-309.
Besse Arnawisuda Ningsi, Lucia Agustina (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS. Jurnal Statistika dan Aplikasinya (JSA) Volume 2 Issue 2. December 2018. e-ISSN: 2620-8369.
B.Ningsi. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS. Jurnal Statistika dan Aplikasinya,2, 8-16.
Nani Agustina, E. S. (2019). Model Delone dan McLean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile. INFOTEKJAR : JURNAL NASIONAL INFORMATIKADANTEKNOLOGIJARINGAN- VOL. 3 NO. 2 (2019) EDISI MARET, 1-7.
D. A. Saputra, S. Sucipto, and T. Andriyanto, “Analisis Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri,” RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management, vol. 5, no. 1, pp. 17–22, Apr. 2022, doi: 10.25273/RESEARCH.V5I1.9350.
Ningsi, B. A. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS. Jurnal Statistika Dan Aplikasinya, 2(2), 8–16. https://doi.org/10.21009/jsa.02202
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Kingkin Kurniawati Mulyono, Anita Sari Wardani, Sucipto Sucipto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0