https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/jsitik/issue/feed JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer 2024-09-09T11:23:47+07:00 Penerbit CMH jurnal.cmh@ciptamediaharmoni.id Open Journal Systems <p>JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer merupakan jurnal berbasis penelitian bidang Komputer yang diterbitkan oleh Penerbit Cipta Media Harmoni.</p> <p>Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan item secara online dan untuk memeriksa status pengiriman saat ini.</p> <table style="width: 100%; border-collapse: collapse; border-style: none;" border="1"> <tbody> <tr> <td style="width: 40%; border-style: none; background-color: #ffffcc;"> <p style="text-align: center;">Keputusan Pertama<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ffe6ff;"> <p style="text-align: center;">Waktu Review<br /><strong>4 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ccffcc;"> <p style="text-align: center;">Waktu Publikasi<br /><strong>2 Minggu</strong></p> </td> </tr> </tbody> </table> https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/jsitik/article/view/430 Evaluasi Efektivitas E-Learning Menggunakan Usability Testing dengan Metode TOPSIS 2024-09-07T21:42:54+07:00 Aldi Pratama tamiyaaldi@gmail.com Sucipto Sucipto sucipto@unpkediri.ac.id Arie Nugroho cipto@kuliahkomputer.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Dalam dunia pendidikan, pemanfaatan teknologi informasi pada e-learning tidak hanya membutuhkan guru yang mahir memanfaatkan teknologi dan pembuatan bahan ajar, namun juga desain agar pengajaran dapat efektif <strong>Tujuan:</strong> Mengevaluasi dan menilai ketergunaan elearning menerapkan metode usability testing dan metode TOPSIS untuk menilai dan memberikan peringkat apakah website e-learning sudah layak digunakan untuk sistem pembelajaran terbarunya <strong>Metode:</strong> Menggunakan metode usability testing sebagai metode untuk uji coba tes website serta usability metrics sebagai metode untuk perhitungan hasil nilai dari usability testing, dan metode TOPSIS digunakan sebagai pemeringkat alternatif yang akan dievaluasi. <strong>Hasil:</strong> Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel error pada hasil pemeringkatan menunjukkan hasil terjauh dari solusi idealnya yaitu mendapat nilai sebesar 0,21967. <strong>Kesimpulan:</strong> Pada penelitian ini perlu adanya perbaikan pada variabel error supaya website bisa digunakan dengan efektif dan efiien dalam sistem pembelajaran terbarunya.</p> 2024-09-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Aldi Pratama, Sucipto, Arie Nugroho https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/jsitik/article/view/431 Optimalisasi Fitur Moodle Menggunakan Model Pengembangan ADDIE 2024-09-09T11:23:47+07:00 Dea Rizky Indrawan dearizkyindrawan@gmail.com Sucipto Sucipto sucipto@unpkediri.ac.id Aidina Ristyawan ristykdr@gmail.com <p><strong>Latar Belakang: </strong> pada abad ke-21 pembelajaran berkembang pesat, pemanfaatan E-learning menjadi faktor penting dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa, dengan adanya platform moodle menjadikan e-learning dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Moodle adalah sebuah platform learning management system yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran secara fleksibel <strong>Tujuan:</strong> tujuan penelitian ini adalah mengoptimalisasi dengan menambahkan fitur dan konfigurasi tamilan pada web E-learning Moodle. <strong>Metode:</strong> dengan menggunakan metode ADDIE dan menguji dengan pengujian blackbox <strong>Hasil:</strong> hasil yang diperoleh adalah metode ADDIE dapat mengembangkan fitur ditunjukkan dengan pengujian blackbox yang menunjukkan hasil yang valid. <strong>Kesimpulan:</strong> penelitian ini berhasil mengoptimalkan fitur dan melakukan konfigurasi tampilan menggunakan metode ADDIE. Pengujian blackbox menunjukkan bahwa fitur baru dapat berfungsi dengan baik dan valid sehingga dapa meningkatkan proses pembelajaran siswa secara fleksibel dan efisien.</p> 2024-09-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Dea Rizky Indrawan, Sucipto, Aidina Ristyawan https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/jsitik/article/view/440 Rekomendasi Kepuasan E-Learning Menggunakan Metode Weighted Product 2024-09-07T21:42:48+07:00 Ryan Marcell Wibisono rwibisono66@gmail.com Sucipto Sucipto sucipto@unpkediri.ac.id Anita Sari Wardani kingkinkurniawati9@gmail.com <p><strong>Latar Belakang: </strong> pada abad ke-21 pembelajaran berkembang pesat, pemanfaatan E-learning menjadi faktor penting dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa, dengan adanya platform moodle menjadikan e-learning dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Moodle adalah sebuah platform learning management system yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran secara fleksibel <strong>Tujuan:</strong> tujuan penelitian ini adalah mengoptimalisasi dengan menambahkan fitur dan konfigurasi tamilan pada web E-learning Moodle. <strong>Metode:</strong> dengan menggunakan metode ADDIE dan menguji dengan pengujian blackbox <strong>Hasil:</strong> hasil yang diperoleh adalah metode ADDIE dapat mengembangkan fitur ditunjukkan dengan pengujian blackbox yang menunjukkan hasil yang valid. <strong>Kesimpulan:</strong> penelitian ini berhasil mengoptimalkan fitur dan melakukan konfigurasi tampilan menggunakan metode ADDIE. Pengujian blackbox menunjukkan bahwa fitur baru dapat berfungsi dengan baik dan valid sehingga dapa meningkatkan proses pembelajaran siswa secara fleksibel dan efisien.</p> 2024-09-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Ryan Marcell Wibisono, Sucipto, Anita Sari Wardani