https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/jsitik/issue/feedJSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer2024-09-09T11:23:47+07:00Penerbit CMHjurnal.cmh@ciptamediaharmoni.idOpen Journal Systems<p>JSITIK: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Komputer merupakan jurnal berbasis penelitian bidang Komputer yang diterbitkan oleh Penerbit Cipta Media Harmoni.</p> <p>Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan item secara online dan untuk memeriksa status pengiriman saat ini.</p> <table style="width: 100%; border-collapse: collapse; border-style: none;" border="1"> <tbody> <tr> <td style="width: 40%; border-style: none; background-color: #ffffcc;"> <p style="text-align: center;">Keputusan Pertama<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ffe6ff;"> <p style="text-align: center;">Waktu Review<br /><strong>4 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ccffcc;"> <p style="text-align: center;">Waktu Publikasi<br /><strong>2 Minggu</strong></p> </td> </tr> </tbody> </table>https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/jsitik/article/view/430Evaluasi Efektivitas E-Learning Menggunakan Usability Testing dengan Metode TOPSIS2024-09-07T21:42:54+07:00Aldi Pratamatamiyaaldi@gmail.comSucipto Suciptosucipto@unpkediri.ac.idArie Nugrohocipto@kuliahkomputer.com<p><strong>Latar Belakang:</strong> Dalam dunia pendidikan, pemanfaatan teknologi informasi pada e-learning tidak hanya membutuhkan guru yang mahir memanfaatkan teknologi dan pembuatan bahan ajar, namun juga desain agar pengajaran dapat efektif <strong>Tujuan:</strong> Mengevaluasi dan menilai ketergunaan elearning menerapkan metode usability testing dan metode TOPSIS untuk menilai dan memberikan peringkat apakah website e-learning sudah layak digunakan untuk sistem pembelajaran terbarunya <strong>Metode:</strong> Menggunakan metode usability testing sebagai metode untuk uji coba tes website serta usability metrics sebagai metode untuk perhitungan hasil nilai dari usability testing, dan metode TOPSIS digunakan sebagai pemeringkat alternatif yang akan dievaluasi. <strong>Hasil:</strong> Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel error pada hasil pemeringkatan menunjukkan hasil terjauh dari solusi idealnya yaitu mendapat nilai sebesar 0,21967. <strong>Kesimpulan:</strong> Pada penelitian ini perlu adanya perbaikan pada variabel error supaya website bisa digunakan dengan efektif dan efiien dalam sistem pembelajaran terbarunya.</p>2024-09-07T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Aldi Pratama, Sucipto, Arie Nugrohohttps://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/jsitik/article/view/431Optimalisasi Fitur Moodle Menggunakan Model Pengembangan ADDIE2024-09-09T11:23:47+07:00Dea Rizky Indrawandearizkyindrawan@gmail.comSucipto Suciptosucipto@unpkediri.ac.idAidina Ristyawanristykdr@gmail.com<p><strong>Latar Belakang: </strong> pada abad ke-21 pembelajaran berkembang pesat, pemanfaatan E-learning menjadi faktor penting dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa, dengan adanya platform moodle menjadikan e-learning dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Moodle adalah sebuah platform learning management system yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran secara fleksibel <strong>Tujuan:</strong> tujuan penelitian ini adalah mengoptimalisasi dengan menambahkan fitur dan konfigurasi tamilan pada web E-learning Moodle. <strong>Metode:</strong> dengan menggunakan metode ADDIE dan menguji dengan pengujian blackbox <strong>Hasil:</strong> hasil yang diperoleh adalah metode ADDIE dapat mengembangkan fitur ditunjukkan dengan pengujian blackbox yang menunjukkan hasil yang valid. <strong>Kesimpulan:</strong> penelitian ini berhasil mengoptimalkan fitur dan melakukan konfigurasi tampilan menggunakan metode ADDIE. Pengujian blackbox menunjukkan bahwa fitur baru dapat berfungsi dengan baik dan valid sehingga dapa meningkatkan proses pembelajaran siswa secara fleksibel dan efisien.</p>2024-09-07T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Dea Rizky Indrawan, Sucipto, Aidina Ristyawanhttps://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/jsitik/article/view/440Rekomendasi Kepuasan E-Learning Menggunakan Metode Weighted Product2024-09-07T21:42:48+07:00Ryan Marcell Wibisonorwibisono66@gmail.comSucipto Suciptosucipto@unpkediri.ac.idAnita Sari Wardanikingkinkurniawati9@gmail.com<p><strong>Latar Belakang: </strong> pada abad ke-21 pembelajaran berkembang pesat, pemanfaatan E-learning menjadi faktor penting dalam meningkatkan proses pembelajaran siswa, dengan adanya platform moodle menjadikan e-learning dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Moodle adalah sebuah platform learning management system yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran secara fleksibel <strong>Tujuan:</strong> tujuan penelitian ini adalah mengoptimalisasi dengan menambahkan fitur dan konfigurasi tamilan pada web E-learning Moodle. <strong>Metode:</strong> dengan menggunakan metode ADDIE dan menguji dengan pengujian blackbox <strong>Hasil:</strong> hasil yang diperoleh adalah metode ADDIE dapat mengembangkan fitur ditunjukkan dengan pengujian blackbox yang menunjukkan hasil yang valid. <strong>Kesimpulan:</strong> penelitian ini berhasil mengoptimalkan fitur dan melakukan konfigurasi tampilan menggunakan metode ADDIE. Pengujian blackbox menunjukkan bahwa fitur baru dapat berfungsi dengan baik dan valid sehingga dapa meningkatkan proses pembelajaran siswa secara fleksibel dan efisien.</p>2024-09-07T00:00:00+07:00Copyright (c) 2024 Ryan Marcell Wibisono, Sucipto, Anita Sari Wardani