https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/issue/feedKontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat2025-06-28T07:02:02+07:00Rezki Suci Qamariarezkisuciqamaria@iainkediri.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Kontribusi merupakan jurnal berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan Kesehatan. Jurnal Kontribusi dikelola oleh Penerbit Cipta Media Harmoni. Jurnal Kontribusi <strong>Terakreditasi Nasional SINTA 5.</strong></p> <p>Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan item secara online dan untuk memeriksa status pengiriman saat ini.</p> <table style="width: 100%; border-collapse: collapse; border-style: none;" border="1"> <tbody> <tr> <td style="width: 40%; border-style: none; background-color: #ffffcc;"> <p style="text-align: center;">Keputusan Pertama<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ffe6ff;"> <p style="text-align: center;">Waktu Review<br /><strong>2-4 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ccffcc;"> <p style="text-align: center;">Waktu Publikasi<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> </tr> </tbody> </table> <p> </p>https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/636Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak dan Kreativitas Berbasis Budaya Melalui Kaos Jumputan di Madinatul Yatim Siti Aminah Indramayu2025-06-10T20:00:33+07:00Adian Saputrafeby.fansyuri@gmail.comAdenia Fadilafeby.fansyuri@gmail.comAhmad Zeinifeby.fansyuri@gmail.comAisah Nurul Khotimahfeby.fansyuri@gmail.comAnnisa Nur Safitrifeby.fansyuri@gmail.comBaldi Arezkyfeby.fansyuri@gmail.comDwi Tia Nurul Melanfeby.fansyuri@gmail.comFeby Hamzah Fansyurifeby.fansyuri@unwir.ac.idFuji Alfinafeby.fansyuri@gmail.comSaroni Saronifeby.fansyuri@gmail.comEli Herlinafeby.fansyuri@gmail.com<p><strong>Latar Belakang:</strong> Anak-anak panti asuhan sering mengalami keterbatasan dalam akses media pembelajaran dan ruang ekspresi yang berdampak pada rendahnya kemampuan literasi dan kreativitas mereka. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pendekatan berbasis permainan dan seni mampu meningkatkan kemampuan tersebut secara efektif. <strong>Tujuan:</strong> Mengetahui efektivitas kegiatan pengabdian masyarakat berbasis budaya lokal dalam meningkatkan literasi dan kreativitas anak-anak panti asuhan Madinatul Yatim Siti Aminah, Indramayu. <strong>Metode:</strong> Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan kualitatif partisipatif. Subjek terdiri atas 20 anak berusia 7–15 tahun dan 8 mahasiswa PPG Universitas Wiralodra. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dokumentasi selama empat minggu pelaksanaan program. <strong>Hasil:</strong> Kegiatan literasi interaktif menggunakan media seperti kartu UNO modifikasi dan ular tangga edukatif berhasil meningkatkan minat baca dan pemahaman anak-anak SD. Sementara itu, pelatihan seni kaos jumputan pada anak-anak SMP menumbuhkan kreativitas, rasa percaya diri, dan kemampuan presentasi. <strong>Kesimpulan:</strong> Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi dan kreativitas anak-anak panti asuhan serta memperkuat kompetensi pedagogik mahasiswa.</p>2025-06-09T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Adian Saputra, Adenia Fadila, Ahmad Zeini, Aisah Nurul Khotimah, Annisa Nur Safitri, Baldi Arezky, Dwi Tia Nurul Melan, Feby Hamzah Fansyuri, Fuji Alfina, Saroni, Eli Herlinahttps://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/652Pendampingan Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa SD di Lembang Bori’ Ranteletok2025-06-10T20:00:31+07:00Lery Salolerysalo@ukitoraja.ac.idDina Rambalerysalo@ukitoraja.ac.idEky Setiawanlerysalo@ukitoraja.ac.id<p><strong>Latar Belakang:</strong> Bori’ Ranteletok merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Toraja Utara yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebagai daerah wisata, kemampuan berbahasa Inggris menjadi penting untuk mendukung komunikasi dengan wisatawan asing dan meningkatkan daya saing masyarakat lokal dalam sektor pariwisata. Namun, keterbatasan akses dan pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar menjadi tantangan tersendiri. <strong>Tujuan:</strong> kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan Bahasa Inggris sejak dini dan membangkitkan minat belajar siswa di lingkungan Lembang Bori’ Ranteletok. <strong>Metode:</strong> Pendekatan yang digunakan adalah metode bimbingan belajar ceria melalui lagu, cerita anak, dan permainan edukatif yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini dilakukan secara partisipatif dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. <strong>Hasil:</strong> Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar, keberanian dalam menggunakan Bahasa Inggris secara lisan, serta pemahaman kosakata dasar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. <strong>Kesimpulan:</strong> Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan mampu membantu siswa mengatasi hambatan dalam belajar Bahasa Inggris dan mendukung pengembangan keterampilan berbahasa sejak dini di kawasan wisata.</p>2025-06-09T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Lery Salo, Dina Ramba, Eky Setiawanhttps://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/668Membangun Ketahanan Kesehatan Melalui Revitalisasi TOGA di Pedesaan2025-06-10T20:00:29+07:00Nawan Nawannawan@med.upr.ac.idSepti Handayaninawan@med.upr.ac.idAgnes Immanuela Toemonnawan@med.upr.ac.idSeth Mikonawan@med.upr.ac.idJoni Rusmantonawan@med.upr.ac.id<p><strong>Latar Belakang:</strong> Tanaman Obat Keluarga (TOGA) memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan mandiri masyarakat, terutama di daerah dengan akses terbatas ke fasilitas kesehatan. Pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya TOGA dapat menjadi solusi praktis dan berkelanjutan. <strong>Tujuan:</strong> Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menanam serta memanfaatkan TOGA untuk kesehatan sehari-hari. Metode: Intervensi dilakukan melalui edukasi berbasis poster, penyuluhan langsung, dan praktik penanaman TOGA di pekarangan rumah. <strong>Hasil:</strong> Masyarakat menunjukkan antusiasme tinggi dalam menerima informasi dan terlibat aktif dalam penanaman TOGA. Terjadi peningkatan pemahaman mengenai manfaat TOGA, seperti jahe untuk gangguan pencernaan, kunyit sebagai antiinflamasi, dan serai untuk meredakan nyeri. <strong>Kesimpulan:</strong> Edukasi dan praktik penanaman TOGA efektif dalam memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan secara produktif serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya tanaman herbal dalam kehidupan sehari-hari.</p>2025-06-09T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Nawan, Septi Handayani, Agnes Immanuela Toemon, Seth Miko, Joni Rusmantohttps://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/671Produksi Filter Interaktif Tiktok HapHap MIGI Sebagai Media Edukasi Visual Pendukung Transmedia Animasi2025-06-10T20:00:27+07:00Rahmat Maulana Sihotangrahmat21003@mail.unpad.ac.idYanuar Aldi Allesandrorahmat21003@mail.unpad.ac.idRinda Aunillah Siraitrahmat21003@mail.unpad.ac.idPandu Watu Alamrahmat21003@mail.unpad.ac.id<p><strong>Latar Belakang:</strong> Anak-anak Generasi Alpha tumbuh di era digital dengan keterpaparan tinggi terhadap media sosial, yang menjadikannya medium potensial untuk menyampaikan pesan edukatif, khususnya dalam bidang gizi. <strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi filter interaktif TikTok “HapHap MIGI” sebagai media edukasi visual pendukung transmedia animasi ‘MIGI: Makan Minum Bergizi’, serta mendeskripsikan proses produksinya secara sistematis melalui tiga tahapan utama. <strong>Metode:</strong> Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui tahapan pra-produksi (pengembangan konsep dan desain visual), produksi (pengolahan aset di platform Canva dan Effect House), serta pasca-produksi (pengujian langsung pada lima anak SD di Jatinangor). <strong>Hasil:</strong> Filter berhasil dikembangkan dengan pendekatan visual cerah dan gamifikasi ringan tanpa penalti skor. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi, memahami bahwa objek yang ditangkap adalah makanan sehat, dan menunjukkan ketertarikan untuk mencoba kembali. <strong>Kesimpulan:</strong> Filter “HapHap MIGI” berpotensi menjadi media edukatif transmedia yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak Generasi Alpha dalam membangun pemahaman awal terhadap pentingnya makanan bergizi.</p>2025-06-09T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Rahmat Maulana Sihotang, Yanuar Aldi Allesandro, Rinda Aunillah Sirait, Pandu Watu Alamhttps://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/672Penggunaan Non Linear Narrative Dalam Penulisan Naskah Karya Animasi Edukasi Produk Aman, Kulit Nyaman2025-06-16T06:09:00+07:00Silvi Alin Dhiyasilvi21005@mail.unpad.ac.idVanessa Valencia Eleorasilvi21005@mail.unpad.ac.idEncang Saepudinsilvi21005@mail.unpad.ac.idRinda Aunillah Siraitsilvi21005@mail.unpad.ac.id<p><strong>Latar Belakang:</strong> Karya animasi Produk Aman, Kulit Nyaman diciptakan sebagai respon terhadap maraknya peredaran produk skincare ilegal yang berbahaya bagi kesehatan konsumen, terutama remaja perempuan yang menjadi target utama pasar kosmetik daring. Kurangnya pengetahuan masyarakat dalam memilih kosmetik yang aman dapat menyebabkan penggunaan produk yang berisiko bagi kesehatan kulit. <strong>Tujuan:</strong> Mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memilih produk kecantikan yang telah terdaftar secara resmi di BPOM. <strong>Metode:</strong> Menggunakan tahapan proses produksi mencakup tiga tahap, yaitu pra-produksi, produksi, serta pascaproduksi. <strong>Hasil:</strong> Karya animasi berdurasi 4 menit 4 detik yang memadukan elemen visual, audio, dan narasi edukatif. <strong>Kesimpulan:</strong> Teknik non-linear narrative menambah kedalaman emosional cerita, namun menimbulkan tantangan dalam menjaga koherensi visual dan alur cerita. Berdasarkan validasi informal terhadap lima siswi SMA, animasi ini berhasil menyampaikan pesan edukatif dengan jelas dan menarik. Karya ini diharapkan menjadi media edukatif yang efektif dan relevan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keamanan produk kecantikan.</p>2025-06-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Silvi Alin Dhiya, Vanessa Valencia Eleora, Encang Saepudin, Rinda Aunillah Siraithttps://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/664Pelatihan Aplikasi E-Resepsionis Rumah Sakit di RSUD Campurdarat2025-06-16T06:09:02+07:00Aidina Ristyawanaidinaristi@unpkediri.ac.idArie Nugrohoarienugroho@unpkediri.ac.idSucipto Suciptosucipto@unpkediri.ac.idRina Firlianarina@unpkediri.ac.idAnita Sari Wardanikingkinkurniawati9@gmail.comFerdian Ahmat Felmidiferdifelmidi@gmail.comFarhan Gagat Retnantofarhangagat@gmail.com<p><strong>Latar Belakang:</strong> Rumah Sakit Umum Daerah Campurdarat di Kabupaten Tulungagung memerlukan pendampingan dalam pengembangan sistem manajemen dokumen surat menyurat untuk mendukung kegiatan operasional dalam bidang dokumentasi berkas. Pelatihan penggunaan aplikasi database untuk menunjang kebutuhan tersebut menjadi salah satu cara untuk membantu manajemen dokumen. <strong>Tujuan</strong>: Pelatihan penggunaan aplikasi database ini dilaksanakan untuk membantu petugas dalam menggunakan aplikasi E-resepsionis. <strong>Metode</strong>: Cara yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pendampingan langsung dan mentoring oleh mahasiswa dalam waktu 1 bulan di RSUD Campurdarat. <strong>Hasil</strong>: Petugas di RSUD Campurdarat dapat menggunakan aplikasi E-resepsionis, sehingga dapat mendukung manajemen berkas dengan lebih baik. <strong>Kesimpulan</strong> : Pelatihan dan pendampingan dengan metode pendampingan langsung dan mentoring terbukti efektif dalam membantu petugas dalam mengoperasikan aplikasi E-Resepsionis di RSUD Campurdarat.</p>2025-06-16T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Aidina Ristyawan, Arie Nugroho, Sucipto Sucipto, Rina Firliana, Anita Sari Wardani, Ferdian Ahmat Felmidi, Farhan Gagat Retnantohttps://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/697Pemberian Kompetensi Tambahan dan Sertifikasi Kompetensi Bagi Calon Lulusan Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi2025-06-28T07:02:02+07:00Irianto Iriantoirian.anto@gmail.comRezky A. Wibowoirian.anto@gmail.comFranky E.P. Lapianirian.anto@gmail.comSalahuddin Roboirian.anto@gmail.comSigit Riswantoirian.anto@gmail.com<p><strong>Latar Belakang:</strong> Lulusan perguruan tinggi teknik sipil di Indonesia, khususnya di wilayah timur seperti Papua, sering menghadapi kesenjangan antara kemampuan akademik dan keterampilan teknis yang dibutuhkan industri konstruksi. <strong>Tujuan:</strong> Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis dan kesiapan kerja mahasiswa melalui pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi resmi yang difasilitasi oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura bekerja sama dengan Universitas Yapis Papua. <strong>Metode:</strong> Metode yang digunakan adalah studi kuantitatif berbasis pelatihan intervensi dan evaluasi. Sebanyak 30 mahasiswa tingkat akhir dipilih melalui purposive sampling. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest, observasi praktik, serta hasil uji sertifikasi oleh LSP. Analisis menggunakan uji t berpasangan dan evaluasi deskriptif. <strong>Hasil</strong> : Skor rata-rata peserta meningkat dari 58,3 (pretest) menjadi 82,6 (posttest). Sebanyak 90% peserta dinyatakan lulus dalam uji sertifikasi kompetensi oleh asesor tersertifikasi BNSP. Tingkat kepuasan peserta terhadap pelatihan mencapai 4,7 dari 5. Temuan menunjukkan pelatihan ini efektif secara signifikan dalam meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa.. <strong>Kesimpulan:</strong> Program pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini efektif dalam menjawab gap antara akademik dan praktik industri, khususnya di daerah 3T seperti Papua.</p>2025-06-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Irianto, Rezky A. Wibowo, Franky E.P. Lapian, Salahuddin Robo, Sigit Riswanto