https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/issue/feed Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2025-05-24T06:23:37+07:00 Rezki Suci Qamaria rezkisuciqamaria@iainkediri.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Kontribusi merupakan jurnal berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan Kesehatan. Jurnal Kontribusi dikelola oleh Penerbit Cipta Media Harmoni. Jurnal Kontribusi <strong>Terakreditasi Nasional SINTA 5.</strong></p> <p>Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan item secara online dan untuk memeriksa status pengiriman saat ini.</p> <table style="width: 100%; border-collapse: collapse; border-style: none;" border="1"> <tbody> <tr> <td style="width: 40%; border-style: none; background-color: #ffffcc;"> <p style="text-align: center;">Keputusan Pertama<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ffe6ff;"> <p style="text-align: center;">Waktu Review<br /><strong>2-4 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ccffcc;"> <p style="text-align: center;">Waktu Publikasi<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> </tr> </tbody> </table> <p> </p> https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/661 Penguatan Daya Saing Santri Era Digital melalui OPOP Jatim 2025-05-24T06:23:28+07:00 Lusi Zafriana lusizaf69@gmail.com Anita Hakim Nasution lusizaf@gmail.com Arman Hakim Nasution lusizaf@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Urgensi <em>One Pesantren One Product</em> (OPOP) di Jawa Timur dirancang untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas santri melalui pemberdayaan kewirausahaan berbasis digital. Namun, keterbatasan dalam keterampilan desain komunikasi visual (DKV) dan pemasaran digital menjadi tantangan dalam optimalisasi potensi santri. <strong>Tujuan:</strong> Tujuan program ini untuk meningkatkan kemampuan santri dalam bidang DKV dan strategi pemasaran digital melalui pelatihan <em>Santri Digipreneur</em>. <strong>Metode:</strong> Metode yang digunakan berupa lokakarya intensif, dipadukan dengan sesi <em>coaching</em>, memprioritaskan kolaborasi tim, komunikasi efektif, pembuatan konten digital, serta penerapan strategis platform media sosial untuk keperluan promosi dan branding. <strong>Hasil:</strong> Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada kualitas konten yang dihasilkan, antara lain kemampuan desain visual dan strategi komunikasi pemasaran. Kerja sama antar santri meningkat, ditandai dengan penggunaan media digital secara terpadu untuk memasarkan produk pesantren. <strong>Kesimpulan:</strong> Program pelatihan <em>Santri Digipreneur</em> OPOP terbukti efektif dalam mengembangkan daya saing santri di era digital. Inisiatif ini berkontribusi terhadap peningkatan keterampilan kewirausahaan, penguatan ekonomi lokal, serta memperluas akses pasar produk pesantren.</p> 2025-05-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Lusi Zafriana, Anita Hakim Nasution, Arman Hakim Nasution https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/524 Pelatihan Literasi Digital Canva untuk Guru Sekolah Dasar 2025-05-11T10:58:59+07:00 Hendratno Hendratno evaamalia@unesa.ac.id Eva Amalia evaamalia@unesa.ac.id Nurul Istiq'faroh evaamalia@unesa.ac.id Bambang Edi Siswanto evaamalia@unesa.ac.id Zulfin Rachma Mufidah evaamalia@unesa.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Pendidikan dasar di Kabupaten Trenggalek memerlukan pengembangan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah aplikasi desain grafis Canva, yang memungkinkan guru untuk membuat media pembelajaran yang kreatif dan interaktif. <strong>Tujuan:</strong> Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru sekolah dasar di Kabupaten Trenggalek dalam menggunakan Canva untuk mendesain materi ajar yang lebih inovatif dan dapat meningkatkan keterlibatan siswa. <strong>Metode:</strong> Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pendekatan campuran (mixed-method), yang menggabungkan survei kualitatif dan kuantitatif. <strong>Hasil:</strong> Hasil pelatihan menunjukkan bahwa mayoritas peserta berhasil menguasai penggunaan Canva untuk membuat berbagai media pembelajaran yang menarik, seperti poster, materi ajar berbasis gambar, dan slide presentasi. <strong>Kesimpulan:</strong> Pelatihan literasi digital dengan menggunakan aplikasi Canva terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan guru sekolah dasar di Kabupaten Trenggalek dalam membuat media pembelajaran yang kreatif dan interaktif.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Hendratno, Eva Amalia, Nurul Istighfaroh, Bambang Edi Siswanto, Zulfin Rachma Mufidah https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/566 Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia: Berbasis Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) Pada Guru SD Negeri Bangsal 3 Kota Kediri 2025-05-11T10:58:57+07:00 Eunike Rose Mita Lukiani eunike-mita@unpkediri.ac.id Efa Wahyu Prastyaningtyas efawahyu@unpkdr.ac.id Bayu Surindra bayusurindra@unpkediri.ac.id Elis Irmayanti elis@unpkediri.ac.id Zainal Arifin zainalarifin@unpkediri.ac.id Tjetjep Yusuf Afandi tjetjep@unpkediri.ac.id Shinta Maya Shafa shintashafa90@gmail.com Catur Hariyono eunike-mita@unpkediri.ac.id Dewi Sholihatur Rohmah eunike-mita@unpkediri.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu pilar utama dalam mendukung keberhasilan organisasi, tidak terkecuali institusi pendidikan. SD Negeri Bangsal 3 Kota Kediri menghadapi tantangan dalam hal pengelolaan guru. <strong>Tujuan:</strong> Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui pendekatan berbasis kepribadian, seperti MBTI, guna meningkatkan efektivitas kerja guru dan memperbaiki pengelolaan SDM di sekolah. <strong>Metode:</strong> Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR). <strong>Hasil:</strong> Di akhir kegiatan guru dapat mengenali kepribadian lebih jelas yang pada akhirnya sangat membantu kinerja kepala sekolah dalam memetakan pengeloaan sumber daya manusia agar efektif sesuai strategi dan karakteristik guru. <strong>Kesimpulan:</strong> Pendekatan berbasis kepribadian melalui MBTI dan metode Participatory Action Research (PAR) berhasil meningkatkan efektivitas kerja guru serta membantu kepala sekolah dalam mengelola sumber daya manusia secara lebih strategis dan sesuai karakteristik masing-masing guru.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Eunike Rose Mita Lukiani, Efa Wahyu Prastyaningtyas, Bayu Surindra, Elis Irmayanti, Zainal Arifin, Tjetjep Yusuf Afandi, Shinta Maya Shafa, Catur Hariyono, Dewi Sholihatur Rohmah https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/567 Peningkatan Pengetahuan dan Kemampuan dalam Pemahaman Literasi dan Numerasi di SDN Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri 2025-05-11T10:58:55+07:00 Eko Wulaningtyas ekosriw81@gmail.com Dhewi Nurahmawati dhenoura@gmail.com Ardina Rezky Noeraini dhenoura@gmail.com Entin Srihadi Yanti dhenoura@gmail.com Pingkan Listia Putri digilib@unpkdr.ac.id Niken Ayu Damayanti digilib@unpkdr.ac.id Belarikha Anggraini digilib@unpkdr.ac.id Amilia Febrianti digilib@unpkdr.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Menurut data Asesmen Nasional (AN) tahun 2022, 34,5% siswa SD kelas 4 memiliki tingkat kemampuan literasi yang rendah, banyak siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep abstrak dalam matematika, seperti pecahan atau pengukuran. <strong>Tujuan: </strong>Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa SD kelas 5 tentang literasi dan numerasi melalui metode role playing. <strong>Metode:</strong> Metode yang digunakan adalah penerapan metode roll playing dalam pembelajaran dikelas. <strong>Hasil:</strong> Literasi siswa mengalami peningkatan dari 69 pada pre-test menjadi 85 pada post-test, yang mencerminkan peningkatan sebesar 23,19% dan nilai numerasi siswa terdapat kenaikanl pada 69 pada pre-test dan 77 post-test sekitar 11,59%. <strong>Kesimpulan:</strong> Adanya peningkatan pengetahuan dan kemampuan pemahaman litersi dan numerasi siswa di SDN Nglumbang Kec. Gurah Kab. Kediri.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Eko Wulaningtyas, Dhewi Nurahmawati, Ardina Rezky Noeraini, Entin Srihadi Yanti, Pingkan Listia Putri, Niken Ayu Damayanti, Belarikha Anggraini, Amilia Febrianti https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/574 Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan (PPKSP) 2025-05-11T10:58:53+07:00 Yayu Sri Rahayu ayurahayu0910@gmail.com Deanty Rumandang Bulan ayurahayu0910@gmail.com Rifi Rivani Radiansyah ayurahayu0910@gmail.com Fadli Azis ayurahayu0910@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Kekerasan di lingkungan pendidikan menjadi isu yang semakin mendapat perhatian di Indonesia. Berdasarkan data terbaru dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), hingga Oktober 2023 tercatat 1.478 kasus kekerasan terhadap anak. <strong>Tujuan:</strong> Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa serta tenaga pendidik terhadap pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah. <strong>Metode:</strong> Metode yang digunakan adalah service learning (SL), yaitu pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman yang mengintegrasikan aktivitas akademik dengan keterlibatan sosial. <strong>Hasil:</strong> Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai bentuk kekerasan, mekanisme pelaporan, serta strategi pencegahan dan intervensi di sekolah. Selain itu, kegiatan ini mendorong kesadaran tenaga pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif. <strong>Kesimpulan:</strong> Program ini berkontribusi pada pencegahan kekerasan di pendidikan, selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) poin 16 dan Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023, serta menjadi model bagi perguruan tinggi lain dalam pengabdian masyarakat berbasis edukasi dan advokasi perlindungan anak.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Yayu Sri Rahayu, Deanty Rumandang Bulan, Rifi Rivani Radiansyah, Fadli Azis https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/582 Perancangan Alat Pengering Asam Gelugur Berbasis Arduino Uno Untuk Meningkatkan Produktivitas Petani di Musim Hujan 2025-05-11T10:58:51+07:00 M Prasono Sadewo mpraswo1176@gmail.com Arif Pratama Marpaung arifpratamamm@umsu.ac.id Shella Sauna Putri saunaputrishella@gmail.com Dai Rinaldy dai@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Proses pengeringan hasil pertanian sering kali terkendala oleh kondisi cuaca, terutama saat musim hujan. Teknologi berbasis mikrokontroler Arduino menawarkan solusi dengan sistem pengering otomatis yang dapat meningkatkan efisiensi proses pengeringan. <strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan alat pengering berbasis Arduino terhadap produktivitas pengeringan asam gelugur selama musim hujan serta meningkatkan kompetensi mitra dalam penggunaan teknologi. <strong>Metode:</strong> Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tiga tahapan utama, yaitu: Perencanaan dan Persiapan: Sosialisasi penerapan teknologi kepada mitra. Pelaksanaan: Perakitan alat dengan komponen mikrokontroler Arduino dan sensor pendukung. Monitoring dan Evaluasi: Observasi dan analisis efektivitas alat dalam meningkatkan produktivitas serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi mitra dalam penerapannya. <strong>Hasil:</strong> Penerapan alat pengering berbasis Arduino menunjukkan peningkatan produktivitas asam gelugur selama musim hujan. Mitra tidak mengalami hambatan berarti dalam proses pengeringan. <strong>Kesimpulan:</strong> Penggunaan alat pengering berbasis Arduino efektif dalam meningkatkan efisiensi pengeringan asam gelugur di musim hujan. Mitra mendapatkan manfaat berupa peningkatan produktivitas serta pengetahuan terkait teknologi pertanian.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 M Prasono Sadewo, Arif Pratama Marpaung, Shella Sauna Putri, Dai Rinaldy https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/584 Peningkatan Literasi Digital melalui Workshop Desain dan Koding Aplikasi Web bagi Siswa SMA di Kota Pekanbaru 2025-05-11T10:58:49+07:00 Edo Arribe edoarribe@umri.ac.id Doni Winarso doniwinarso@umri.ac.id Setyawan Ardhi Wijaya setyawanardhiwijaya@umri.ac.id Rizka Hafsari rizkahafsari@umri.ac.id Wide Mulyana widemulyana@umri.ac.id Risnal Diansyah risnadiansyah@umri.ac.id Aryanto Aryanto aryanto@umri.ac.id Syahril Syahril syahril@umri.ac.id Elsi Titasari Br Bangun doniwinarso@umri.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Perkembangan teknologi digital menuntut generasi muda memiliki keterampilan dalam desain dan pengembangan aplikasi web. Namun, banyak siswa SMA sederajat di Kota Pekanbaru yang masih kurang memahami bidang ini akibat keterbatasan kurikulum dan akses pelatihan. <strong>Tujuan</strong>: Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar kepada siswa mengenai konsep desain User Interface , User Experienxe (UI/UX) dalam pembuatan aplikasi berbasis web. <strong>Metode:</strong> Workshop ini berlangsung dalam dua hari, mencakup pengenalan desain UI/UX, pelatihan koding dasar, implementasi JavaScript, serta praktik pembuatan proyek aplikasi web secara kelompok. Pre-test dan post-test dilakukan untuk untuk evaluasi dan mengukur pemahaman siswa. <strong>Hasil:</strong> Hasil post-test yang dilakukan menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman menjadi lebih baik 75,56%. Peserta mampu menyelesaikan proyek akhir dengan baik, beberapa di antaranya menunjukkan kreativitas dalam mengembangkan fitur tambahan. <strong>Kesimpulan:</strong> Kesimpulannya, workshop ini memberikan manfaat signifikan bagi siswa SMA dalam meningkatkan keterampilan digital mereka.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Edo Arribe, Doni Winarso, Setyawan Ardhi Wijaya, Rizka Hafsari, Wide Mulyana, Syahril, Aryanto, Syahril, Elsi Titasari Br Bangun https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/585 Optimalisasi Produktivitas Pertanian melalui Penerapan Teknologi Budidaya Jeruk di Desa Ubung Kaja 2025-05-11T16:16:49+07:00 Desak Made Febri Purnama Sari dskfebripurnama@undiknas.ac.id I Kadek Eko Bayu Satria dskfebripurnama@undiknas.ac.id Ida Ayu Oka Martini dayuokamartini@undiknas.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Produktivitas pertanian dapat ditingkatkan melalui penerapan teknologi yang tepat dalam budidaya tanaman. Di Desa Ubung Kaja, penerapan teknologi budidaya jeruk telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil panen dan efisiensi produksi. <strong>Tujuan: </strong>Tujuan PkM untuk mengetahui teknologi yang digunakan mencakup sistem irigasi tetes, pemupukan berbasis kebutuhan tanaman, serta pemantauan pertumbuhan menggunakan sensor digital. <strong>Metode:</strong> Metode pemangkasan dan pengendalian hama berbasis teknologi ramah lingkungan juga diterapkan guna menjaga kualitas tanaman dan buah yang dihasilkan. <strong>Hasil:</strong> Dampak penerapan teknologi tidak hanya terlihat dari peningkatan hasil panen, tetapi juga dari segi ekonomi masyarakat, di mana produk jeruk diolah menjadi berbagai produk bernilai tambah yang memperluas peluang pasar. <strong>Kesimpulan: </strong> Oleh karena itu, sinergi antara petani, pemerintah, dan akademisi diperlukan untuk memastikan keberlanjutan penerapan teknologi dalam budidaya jeruk. Penerapan inovasi secara berkelanjutan dapat menjadi model bagi daerah lain dalam mengoptimalkan sektor pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan ketahanan pangan nasional.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Desak Made Febri Purnama Sari, I Kadek Eko Bayu Satria, Ida Ayu Oka Martini https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/586 Peningkatan Efektivitas Urban Farming untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi dan Kesehatan Lansia Kelompok Tani Kurnia Lestari Kota Malang 2025-05-11T16:16:47+07:00 Yati Sri Hayati yshayati.fk@ub.ac.id Sitawati Sitawati sitawati.fp@ub.ac.id Annisa Wuri Kartika annisa_tika@ub.ac.id Niko Dima Kristianingrum nikodima.fk@ub.ac.id Sri Soenarti sri_sunarti.fk@ub.ac.id Velinda Dewi Lutfiana yshayati.fk@ub.ac.id Risma Dwi Rahmawati yshayati.fk@ub.ac.id Herdyana Lintang Sari yshayati.fk@ub.ac.id Tria Armannaena yshayati.fk@ub.ac.id Nurliza Prita Arfiati yshayati.fk@ub.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Peningkatan jumlah penduduk lansia dapat menimbulkan peningkatan angka ketergantungan penduduk. Lansia seringkali dianggap sebagai individu tidak produktif. Urban farming atau pertanian perkotaan merupakan salah satu solusi bagi lansia untuk beraktivitas di pekarangan rumah. <strong>Tujuan:</strong> Untuk melihat peningkatan efektivitas urban farming dalam ekonomi dan kesehatan kelompok lansia setelah diberikan intervensi pengetahuan dan pemberdayaan masyarakat. <strong>Metode:</strong> Kegiatan intervensi dilakukan dengan model pemberdayaan masyarakat yang mencakup kegiatan pendampingan pertanian, pendidikan kesehatan, kegiatan senam ergonomik dan pemeriksaan kesehatan. <strong>Hasil:</strong> Peningkatan produk pertanian dengan rata rata peningkatan 5 kg setiap kali panen dengan perubahan media tanam dan setting lahan. <strong>Kesimpulan:</strong> Kegiatan pengabdian masyarakat yang mencakup pendampingan pertanian dan kegiatan edukasi kesehatan dengan konsep urban farming dapat meningkatkan nilai ekonomi kelompok lansia di area perkotaan dengan peningkatan produk dan kualitas hasil panen serta peningkatan kualitas hidup lansia.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Yati Sri Hayati, Sitawati, Annisa Wuri Kartika, Niko Dima Kristianingrum, Sri Soenarti, Velinda Dewi Lutfiana, Risma Dwi Rahmawati, Herdyana Lintang Sari, Tria Armannaena, Nurliza Prita Arfiati https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/587 Pengenalan Pengelolaan Sampah Sejak Dini Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Bangun 2025-05-11T16:16:45+07:00 Mislan Mislan mislan.jos@fmipa.unmul.ac.id Yaskinul Anwar yaskinul.anwar@fkip.unmul.ac.id Sus Tri Murti sus.tri.murti@fmipa.unmul.ac.id Lariman Lariman lariman@fmipa.unmul.ac.id Medi Hendra medi.hendra@fmipa.unmul.ac.id Eko Heryadi eko.heryadi@ft.unmul.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Sampah merupakan permasalah yang belum terselesaikan terlebih lagi berkaitan dengan prilaku masyarakat. Pengenalan pengelolaan sampah perlu ditanamkan sejak dini pada anak – anak, supaya lingkungan kedepannya dapat lestari. <strong>Tujuan:</strong> Pengabdian ini memberikan pengenalan pengelolaan sampah kepada siswa – siswa sekolah dasar terkait pemilahan dan pengelolaan sampah. Kegiatan ini dilakukan mulai januari sampai maret 2023 di SDN 003 dan 004 Kota Bangun. <strong>Metode: </strong>Pengenalan pengelolaan sampah dilakukan dengan cara workshop yang dipadukan dengan ceramah dan games dalam mengenalkan cara – cara pengelolaan sampah, khususnya dalam melakukan pemilahan sampah. <strong>Hasil:</strong> Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan siswa dan pihak sekolah sudah mulai melakukan pengelolaan sampah secara sederhana, terutama untuk sampah plastik, walaupun masih ada beberapa kesalahan dalam pemilahan jenis sampah. <strong>Kesimpulan:</strong> Dengan melatih pengelolaan sampah sejak dini ini, diharapkan dapat meningkatkan kebersihan dan meningkatkan kelestarian lingkungan sekitar Sungai dan Danau Kaskade Mahakam.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Mislan, Yaskinul Anwar, Sus Tri Murti, Lariman, Medi Hendra, Eko Heryadi https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/603 Sanlat dalam Membangun Karakter Religius Anak 2025-05-11T16:16:43+07:00 Muhammad Aras Prabowo ma.prabowo@unusia.ac.id Saifuddin Zuhri dzuhrie7393@gmail.com Nasaruddin Umar nasar.umar59@yahoo.com Ahmad Thib Raya thibraya@yahoo.co.id Farid F. Saenong farid.saenong@uiii.ac.id Mulawarman Hannase mulawarmanhannase@ui.ac.id Lusiana Putri Ahmadi lusi@unusia.ac.id Hamka Hasan hamkahasan@uinjkt.ac.id Naif Naif naifadnan@ymail.com Cucu Nurhayati cucu.nurhayati@uinjkt.ac.id Syahrullah Iskandar syahrullah_iskandar@yahoo.com Abd. Muid N balesaloe@gmail.com Nurhidaya Nurhidaya nurhidayanui@gmail.com Ayu Andini habsyahvie@unusia.ac.id <p><strong>Latar Belakang: </strong>Pesantren Kilat (Sanlat) merupakan salah satu strategi pendidikan keagamaan yang dilakukan dalam waktu singkat namun intensif, terutama pada momentum Ramadan. Program ini kerap dijadikan sarana efektif untuk membentuk karakter religius pada anak-anak sejak usia dini. <strong>Tujuan:</strong> <strong> </strong>artikel ini untuk menguraikan bagaimana kegiatan Sanlat mampu menjadi medium strategis dalam membentuk karakter religius anak-anak melalui pendekatan kisah-kisah dalam Al-Qur’an dan keteladanan para nabi. Penelitian ini berbasis pada kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim PKUMI, dengan <strong>Metode: </strong>Pendekatan deskriptif-kualitatif dan analisis data lapangan<strong>. Hasil: </strong>Pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan Sanlat yang terstruktur, disertai narasi-narasi profetik dan metode interaktif, secara signifikan meningkatkan pemahaman nilai religiusitas seperti kejujuran, kedisiplinan, empati, dan ketauhidan pada anak-anak.<strong> Kesimpulan: </strong>Studi ini merekomendasikan penguatan kurikulum Sanlat berbasis karakter untuk program serupa di masa mendatang<strong>.</strong></p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Prabowo, Saifuddin Zuhri, Nasaruddin Umar, Ahmad Thib Raya, Farid F. Saenong, Mulawarman Hannase, Lusiana Putri Ahmadi, Hamka Hasan, Naif, Cucu Nurhayati, Syahrullah Iskandar, Abdul Muid Nawawi, Nurhidaya, Habsyah Fitri Aryani https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/606 Pendidikan Kesehatan Infeksi Saluran Pernapasan Akut dan Pemanfaatan Rimpang sebagai Terapi Alternatif pada Anak Sekolah di Kota Tangerang Selatan 2025-05-11T16:16:41+07:00 Yulia Yulia yulia@wdh.ac.id Ika Suswanti ikasuswanti@wdh.ac.id Inggri Dwi Rahesi inggridwra@gmail.com Ma'muroh Ma'muroh ghazalimay@gmail.com Rohanah Rohanah rohanah@wdh.ac.id Satriani Satriani satrianimuin.sm@gmail.com Anggraini Karditiawati anggi231288@gmail.com Lailatul Qomariyah lailatulqomariyah60@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) merupakan salah satu penyakit menular yang umum terjadi masyarakat, angka kejadiannya meningkat pada kelompok rentan seperti anak. <strong>Tujuan:</strong> Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendidikan kesehatan terkait penyakit ISPA serta pemanfaatan rimpang sebagai alternatif pengobatan ISPA. <strong>Metode:</strong> Pendekatan pendidikan kesehatan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi dengan sasaran 39 siswa yang berada dilingkungan yayasan x di wilayah tangerang selatan pada tahun 2025. <strong>Hasil:</strong> Setelah dilakukan penyuluhan lebih dari 90% siswa mengalami peningkatan pengetahuan dalam pertanyaan definisi, gejala dan cara pencegahan ISPA. Setelah dilakukan penyuluhan lebih dari 80% mengetahui kelompok usia rentan ISPA dan faktor penyebab ISPA. <strong>Kesimpulan:</strong> Pendidikan kesehatan meningkatkan pengetahuan siswa mengenai ISPA dan pemanfaatan rimpang sebagai alternatif pengobatan. Edukasi ini penting dilakukan secara berkelanjutan guna meningkatkan kesadaran dan pencegahan penyakit ISPA pada anak-anak.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Yulia, Ika Suswanti, Inggri Dwi Rahesi, Ma'muroh, Rohanah, Satriani, Anggraini Karditiawati, Lailatul Qomariyah https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/609 Project-Based Learning Kegiatan Daur Ulang Sampah Untuk Membentuk Karakter Peduli Lingkungan dan Jiwa Kewirausahaan 2025-05-11T16:16:38+07:00 Devi Anggi Friani devianggifriani@udn.ac.id <p><strong>Latar belakang:</strong> Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan bau dan pencemaran lingkungan. Sebaliknya, jika dikelola dengan benar, sampah memiliki nilai ekonomis dan dapat menjadi sumber penghasilan. <strong>Tujuan:</strong> Kegiatan PkM ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi daur ulang sampah anorganik dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan dan semangat kewirausahaan melalui pendidikan di kalangan mahasiswa. <strong>Metode:</strong> Metodologi kegiatan PkM menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek pengamatan adalah mahasiswa semester VIII Prodi PGSD UDN Magetan. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. <strong>Hasil:</strong> Mahasiswa menjadi sadar akan dampak negatif sampah anorganik, menerapkan kebiasaan pemilahan sampah, dan lebih aktif dalam kegiatan kebersihan. <strong>Kesimpulan:</strong> Hasil kegiatan PkM menunjukkan bahwa kegiatan daur ulang sampah anorganik efektif dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan dan semangat kewirausahaan mahasiswa.</p> 2025-05-11T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Devi Anggi Friani https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/621 Implementasi Karakter Sosial Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Holistik Keperawatan Anak Dalam Kegiatan Bersinar 2025-05-17T11:28:05+07:00 Kili Astarani astaranikili79@gmail.com Selvia David Richard astaranikili79@gmail.com Indraningrum Fitria astaranikili79@gmail.com Yoyok Febrijanto astaranikili79@gmail.com Debora Aurelia Ayu Wasyana astaranikili79@gmail.com Jonathan Adjie Nugraha astaranikili79@gmail.com Stephanie Aurellya Putri Widayat astaranikili79@gmail.com Jeremi Christian Burju astaranikili79@gmail.com Micah Erickson astaranikili79@gmail.com Jessica Gordon astaranikili79@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Sekolah dan keluarga memiliki peran besar dalam menumbuhkan karakter anak melalui keteladanan, pembiasaan, dan pembelajaran yang bermakna dalam kehidupan sehari-hari. <strong>Tujuan</strong>: Memberikan implementasi Karakter Sosial Pada Anak Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Holistik Keperawatan Anak dalam Kegiatan BERSINAR (Bina Empati, Tolong Menolong, dan Kebersamaan Anak). <strong>Metode</strong>: Metode yang dipilih pengabdi diawali dengan Koordinasi dengan kepala sekolah dan guru, dilanjutkan penyusunan materi edukasi dan pembuatan poster. Pelaksanaan meliputi pengenalan, refleksi diri, diskuse serta evaluasi perilaku siswa. <strong>Hasil</strong>: Kegiatan ini menunjukkan dari 36 siswa sebanyak 25 siswa (69,44%) memiliki nilai empati tinggi, sejumlah 28 siswa (77,78%) memiliki nilai tolong menolong tinggi, dan sejumlah 28 siswa (77,78%) memiliki nilai kebersamaan tinggi. <strong>Kesimpulan</strong>: Kegiatan ini berhasil memperkuat nilai siswa dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekolah serta direkomendasikan untuk dikembangkan lebih lanjut. </p> 2025-05-17T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Kili Astarani, Selvia David Richard, Indraningrum Fitria, Yoyok Febrijanto, Debora Aurelia Ayu Wasyana, Jonathan Adjie Nugraha, Stephanie Aurellya Putri Widayat, Jeremi Christian Burju, Micah Erickson, Jessica Gordon https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/624 Pelatihan Pencegahan Kekerasan Seksual dan Perundungan Pada Santri di Pesantren Mas Ulul Albab Kota Ternate 2025-05-17T11:28:02+07:00 Suparman Suparman suparman@kkumail.com Hasan Hamid suparman@unkhair.ac.id Ade Haerullah suparman@unkhair.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Kekerasan seksual dan bullying/perundungan merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental korban, termasuk di lingkungan pendidikan seperti pesantren. <strong>Tujuan:</strong> Kegaiatan yang dirancang ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan santri di Pondok Pesantren Ulul Al Baab Ternate dalam mencegah kekerasan seksual dan perundungan melalui pelatihan. <strong>Metode:</strong> Pelatihan dilaksanakan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan simulasi. <strong>Hasil:</strong> Pengetahuan santri dalam hal pencegahan kekerasan seksual dan bullying/perundungan secara umum meningkat sebanyak 56% dari 31% menjadi 67% stelah pelatihan. <strong>Kesimpulan:</strong> Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keamanan dan kesejahteraan di lingkungan pendidikan pesantren serta menjadi acuan bagi pesantren lain dalam mengembangkan program pencegahan kekerasan dan perundungan.</p> 2025-05-17T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Suparman, Hasan Hamid, Ade Haerullah https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/623 Pelatihan Pemanfaatan Media Manipulatif Dalam Mendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar Membelajarkan Pecahan 2025-05-24T06:23:37+07:00 Sabina Ndiung punyaku79@gmail.com Eliterius Sennen punyaku79@gmail.com Sebastianus Menggo punyaku79@gmail.com Mariana Jediut punyaku79@gmail.com Arnoldus Helmon punyaku79@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Pelatihan pemanfaatan media manipulatif kertas lipat dilakukan untuk penguatan kapasitas guru sehingga menghasilkan variasi metode mengajar dan pemilihan media yang relevan. <strong>Tujuan</strong>: Program ini bertujuan untuk melatih guru dalam penggunaan media kertas lipat dalam mengkontekstualiasi keabstrakan matematika. <strong>Metode</strong>: Pelatihan dilaksanakan dengan metode Asset-Based Community Development (ABCD) yang melibatkan empat dosen dan 3 orang guru kelas V SDI Watu Weri. Kegiatan terdiri dari penyampaian teori, implementasi, pendampingan, dan evaluasi implementasi. <strong>Hasil</strong>: Berdasarkan hasil pengamatan terhadap implementasi dan respons terhadap kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa sebesar 91% memberikan respons positif terhadap kegiatan pembelajaran yang diberikan guru sementara untuk keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik. <strong>Kesimpulan</strong>: Program PkM ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kapasitas guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif di kelas.</p> 2025-05-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Sabina Ndiung, Eliterius Sennen, Sebastianus Menggo, Mariana Jediut, Arnoldus Helmon https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/625 Pelatihan dan Pendampingan Maharah Kitabah Melalui Seni Kaligrafi 2025-05-24T06:23:35+07:00 Dede Rizal Munir derizalmunir@gmail.com Abdurrahman Saleh saleh@gmail.com Fadil Darul Rizky fadil@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Pendampingan ini dilatarbelakangi oleh potensi Masyarakat Desa Cihanjawar khususnya anak-anak sekitar dusun dua dalam keterampilan menulis Bahasa arab melalui seni kaligrafi. <strong>Tujuan</strong>: Tujuan dari PkM ini adalah membekali dasar-dasar menulis kaligrafi secara teori dan menuangkan tulisan kedalam media yang disiapkan agar tulisan yang diperoleh bisa menjadi hiasan yang bagus sekaligus menjadi kenang-kenangan setelah PkM ini dilaksanakan. <strong>Metode</strong>: Adapun metode pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat yang digunakan tim pengabdi melalui beberapa tahap diantaranya: Sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi. <strong>Hasil</strong>: Hasil dari pengabdian kepada Masyarakat ini adalah membekali Masyarakat Cihanjawar untuk mengembangkan potensi mereka dalam keterampilan menulis Bahasa arab sekaligus menyajikan tulisan yang indah diatas media yang disiapkan. <strong>Kesimpulan</strong>: Pelatihan dan pendampingan dalam seni kaligrafi tidak hanya berperan dalam meningkatkan keterampilan menulis, tetapi juga dalam memperkuat hubungan individu dengan seni dan budaya mereka.</p> 2025-05-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Dede Rizal Munir, Abdurrahman Saleh, Fadil Darul Rizky https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/642 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah 2025-05-24T06:23:33+07:00 Syafadella E. Morees syafadella@gmail.com Bety D.S Hetharion hetharionbety37@gmail.com Nur Aida Kubangun nuraida@gmail.com Gazali Far-Far farfargazali@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Dalam aktifitas belajar mengajar pada mata pelajaran sejarah, guru cenderung menerapkan metode belajar yang konvensional dengan pendekatan ceramah dan selalu berpusat pada guru. Hal inilah yang membuat peserta didik cenderung pasif, dan merasa membosankan. <strong>Tujuan</strong>: Problem Based Learning (PBL) adalah Model pembelajaran yang melibatkan peserta didik aktif dalam proses belajar mengajar. <strong>Metode</strong>: Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). <strong>Hasil</strong>: Hasil dari penelitian ini menujukan kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran Problem Baseed Learning sangat efektif. Hal ini dapat dilihat pada siklus I hingga Siklus II. Nilai rata-rata persentase kegiatan guru pada siklus I sebesar 66,67% dan meningkat sebesar 16,66% pada siklus II menjadi 83,33%. <strong>Kesimpulan</strong>: Model Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terkait dengan materi Kolonialisme bangsa Belanda di Indonesia dan meningkatkan hasil belajar siswa.</p> 2025-05-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Syafadella E. Morees, Bety D.S Hetharion, Nur Aida Kubangun, Gazali Far-Far https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/645 Pengembangan Ekonomi Lokal Melalui Pengolahan Buah Nenas Di Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara 2025-05-24T06:23:32+07:00 Deasy Arryannur Siregar deasyarryannur97@gmail.com Sutan Pulungan deasyarryannur97@gmail.com Anugerah Sri Widiasyih deasyarryannur97@gmail.com Syafiruddin Syafiruddin deasyarryannur97@gmail.com Komala Sari deasyarryannur97@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Nanas merupakan hasil pertanian yang memiliki potensial untuk dikembangkan menjadi produk olahan yang meningkatkan pendapatan masyarakat. Rendahnya pengetahuan masyarakat terkait produk olahan nanas maka diperlukan kegiatan pengolahan buah nanas sehingga meningkatkan nilai ekonomis nanas. <strong>Tujuan</strong>: Memperkenalkan atau memberikan tambahan pengetahuan kepada masyarakat serta memberdayakan masyarakat yang ada di Kecamatan Sipahutar menjadi masyarakat yang berdaya saing, mampu meningkatkan nilai ekonomis dan masa simpan dari buah nanas. <strong>Metode:</strong> yang digunakan (1) memberikan sosialisasi kepada masyarakat kandungan gizi buah nanas dan produk olahannya (2) memberikan pelatihan kepada masyarakat pembuatan keripik nanas sehingga daya jual dari buah nanas meningkat. <strong>Hasil:</strong> dari kegiatan ini berupa peningkatan pengetahuan (keterampilan) masyarakat dalam melakukan pengolahan buah nanas menjadi keripik sehingga berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat. <strong>Kesimpulan:</strong> (1) pemahaman masyarakat di Kecamatan Sipahutar meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam pengolahan buah nanas menjadi keripik nanas (2) Kegiatan dikatakan berhasil, dikarenakan tingginya respon masyarakat serta terlaksananya kegiatan dengan baik dilihat dari keaktifan peserta selama pelatihan dan diskusi berlangsung. </p> 2025-05-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Deasy Arryannur Siregar, Sutan Pulungan, Anugerah Sri Widiasyih, Syafiruddin, Komala Sari https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/651 Workshop Arduino Uno sebagai Media Ajar Interaktif bagi Guru IPA di Kabupaten Maros 2025-05-24T06:23:30+07:00 Nurfitra Yanto nurfitra.yanto@unm.ac.id Arie Arma Arsyad ariearmaarsyad@unm.ac.id St. Muti Alfiyanti Muhiddin stmutiaalfiyanti@unm.ac.id Shoffan Fatkhulloh shoffan.fatkhulloh@unm.ac.id Putri Damayanti putri.damayanti@unm.ac.id <p><strong>Latar Belakang</strong>: Pesatnya perkembangan teknologi dan tingginya kebutuhan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu teknologi media pembelajaran yaitu program Mikrokontroler Arduiono Uno yang memiliki kemajuan cukup baik di bidang pendidikan. Media pembelajaran Arduino Uno mampu menarik minat dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. <strong>Tujuan</strong>: pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru IPA di Kabupaten Maros dalam memanfaatkan teknologi Arduino Uno sebagai media pembelajaran inovatif. <strong>Metode</strong>: Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap: (1) sosialisasi konsep Arduino dalam pembelajaran IPA, (2) pelatihan praktik pemrograman dasar, dan (3) evaluasi melalui <em>pretest</em>-<em>posttest</em> dan angket respon peserta. Peserta kegiatan ini adalah guru IPA Kabupaten Maros. <strong>Hasil: </strong>Berdasarkan hasil evaluasi pelatihan Arduino Uno menunjukkan peningkatan pemahaman peserta sebesar 70%. Peserta menyatakan pelatihan sangat relevan untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA. <strong>Kesimpulan:</strong> Kegiatan ini berhasil membekali guru dengan keterampilan merancang media pembelajaran sederhana menggunakan Arduino Uno, serta mendorong penerapan pembelajaran aktif di kelas.</p> 2025-05-24T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Nurfitra Yanto, Arie Arma Arsyad, St. Muti Alfiyanti Muhiddin, Shoffan Fatkhulloh, Putri Damayanti