https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/issue/feed Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2025-08-12T09:35:23+07:00 Rezki Suci Qamaria rezkisuciqamaria@iainkediri.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Kontribusi merupakan jurnal berbasis penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada bidang keilmuan yaitu Pendidikan, Sosial, Teknik, Sains dan Kesehatan. Jurnal Kontribusi dikelola oleh Penerbit Cipta Media Harmoni. Jurnal Kontribusi <strong>Terakreditasi Nasional SINTA 5.</strong></p> <p>Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan item secara online dan untuk memeriksa status pengiriman saat ini.</p> <table style="width: 100%; border-collapse: collapse; border-style: none;" border="1"> <tbody> <tr> <td style="width: 40%; border-style: none; background-color: #ffffcc;"> <p style="text-align: center;">Keputusan Pertama<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ffe6ff;"> <p style="text-align: center;">Waktu Review<br /><strong>2-4 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ccffcc;"> <p style="text-align: center;">Waktu Publikasi<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> </tr> </tbody> </table> <p> </p> https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/636 Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak dan Kreativitas Berbasis Budaya Melalui Kaos Jumputan di Madinatul Yatim Siti Aminah Indramayu 2025-06-10T20:00:33+07:00 Adian Saputra feby.fansyuri@gmail.com Adenia Fadila feby.fansyuri@gmail.com Ahmad Zeini feby.fansyuri@gmail.com Aisah Nurul Khotimah feby.fansyuri@gmail.com Annisa Nur Safitri feby.fansyuri@gmail.com Baldi Arezky feby.fansyuri@gmail.com Dwi Tia Nurul Melan feby.fansyuri@gmail.com Feby Hamzah Fansyuri feby.fansyuri@unwir.ac.id Fuji Alfina feby.fansyuri@gmail.com Saroni Saroni feby.fansyuri@gmail.com Eli Herlina feby.fansyuri@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Anak-anak panti asuhan sering mengalami keterbatasan dalam akses media pembelajaran dan ruang ekspresi yang berdampak pada rendahnya kemampuan literasi dan kreativitas mereka. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pendekatan berbasis permainan dan seni mampu meningkatkan kemampuan tersebut secara efektif. <strong>Tujuan:</strong> Mengetahui efektivitas kegiatan pengabdian masyarakat berbasis budaya lokal dalam meningkatkan literasi dan kreativitas anak-anak panti asuhan Madinatul Yatim Siti Aminah, Indramayu. <strong>Metode:</strong> Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan kualitatif partisipatif. Subjek terdiri atas 20 anak berusia 7–15 tahun dan 8 mahasiswa PPG Universitas Wiralodra. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dokumentasi selama empat minggu pelaksanaan program. <strong>Hasil:</strong> Kegiatan literasi interaktif menggunakan media seperti kartu UNO modifikasi dan ular tangga edukatif berhasil meningkatkan minat baca dan pemahaman anak-anak SD. Sementara itu, pelatihan seni kaos jumputan pada anak-anak SMP menumbuhkan kreativitas, rasa percaya diri, dan kemampuan presentasi. <strong>Kesimpulan:</strong> Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi dan kreativitas anak-anak panti asuhan serta memperkuat kompetensi pedagogik mahasiswa.</p> 2025-06-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Adian Saputra, Adenia Fadila, Ahmad Zeini, Aisah Nurul Khotimah, Annisa Nur Safitri, Baldi Arezky, Dwi Tia Nurul Melan, Feby Hamzah Fansyuri, Fuji Alfina, Saroni, Eli Herlina https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/652 Pendampingan Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa SD di Lembang Bori’ Ranteletok 2025-06-10T20:00:31+07:00 Lery Salo lerysalo@ukitoraja.ac.id Dina Ramba lerysalo@ukitoraja.ac.id Eky Setiawan lerysalo@ukitoraja.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Bori’ Ranteletok merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Toraja Utara yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebagai daerah wisata, kemampuan berbahasa Inggris menjadi penting untuk mendukung komunikasi dengan wisatawan asing dan meningkatkan daya saing masyarakat lokal dalam sektor pariwisata. Namun, keterbatasan akses dan pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar menjadi tantangan tersendiri. <strong>Tujuan:</strong> kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan Bahasa Inggris sejak dini dan membangkitkan minat belajar siswa di lingkungan Lembang Bori’ Ranteletok. <strong>Metode:</strong> Pendekatan yang digunakan adalah metode bimbingan belajar ceria melalui lagu, cerita anak, dan permainan edukatif yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini dilakukan secara partisipatif dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. <strong>Hasil:</strong> Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar, keberanian dalam menggunakan Bahasa Inggris secara lisan, serta pemahaman kosakata dasar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. <strong>Kesimpulan:</strong> Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan mampu membantu siswa mengatasi hambatan dalam belajar Bahasa Inggris dan mendukung pengembangan keterampilan berbahasa sejak dini di kawasan wisata.</p> 2025-06-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Lery Salo, Dina Ramba, Eky Setiawan https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/668 Membangun Ketahanan Kesehatan Melalui Revitalisasi TOGA di Pedesaan 2025-06-10T20:00:29+07:00 Nawan Nawan nawan@med.upr.ac.id Septi Handayani nawan@med.upr.ac.id Agnes Immanuela Toemon nawan@med.upr.ac.id Seth Miko nawan@med.upr.ac.id Joni Rusmanto nawan@med.upr.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Tanaman Obat Keluarga (TOGA) memiliki peran penting dalam meningkatkan kesehatan mandiri masyarakat, terutama di daerah dengan akses terbatas ke fasilitas kesehatan. Pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya TOGA dapat menjadi solusi praktis dan berkelanjutan. <strong>Tujuan:</strong> Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam menanam serta memanfaatkan TOGA untuk kesehatan sehari-hari. Metode: Intervensi dilakukan melalui edukasi berbasis poster, penyuluhan langsung, dan praktik penanaman TOGA di pekarangan rumah. <strong>Hasil:</strong> Masyarakat menunjukkan antusiasme tinggi dalam menerima informasi dan terlibat aktif dalam penanaman TOGA. Terjadi peningkatan pemahaman mengenai manfaat TOGA, seperti jahe untuk gangguan pencernaan, kunyit sebagai antiinflamasi, dan serai untuk meredakan nyeri. <strong>Kesimpulan:</strong> Edukasi dan praktik penanaman TOGA efektif dalam memberdayakan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan secara produktif serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya tanaman herbal dalam kehidupan sehari-hari.</p> 2025-06-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Nawan, Septi Handayani, Agnes Immanuela Toemon, Seth Miko, Joni Rusmanto https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/671 Produksi Filter Interaktif Tiktok HapHap MIGI Sebagai Media Edukasi Visual Pendukung Transmedia Animasi 2025-06-10T20:00:27+07:00 Rahmat Maulana Sihotang rahmat21003@mail.unpad.ac.id Yanuar Aldi Allesandro rahmat21003@mail.unpad.ac.id Rinda Aunillah Sirait rahmat21003@mail.unpad.ac.id Pandu Watu Alam rahmat21003@mail.unpad.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Anak-anak Generasi Alpha tumbuh di era digital dengan keterpaparan tinggi terhadap media sosial, yang menjadikannya medium potensial untuk menyampaikan pesan edukatif, khususnya dalam bidang gizi. <strong>Tujuan:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi filter interaktif TikTok “HapHap MIGI” sebagai media edukasi visual pendukung transmedia animasi ‘MIGI: Makan Minum Bergizi’, serta mendeskripsikan proses produksinya secara sistematis melalui tiga tahapan utama. <strong>Metode:</strong> Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui tahapan pra-produksi (pengembangan konsep dan desain visual), produksi (pengolahan aset di platform Canva dan Effect House), serta pasca-produksi (pengujian langsung pada lima anak SD di Jatinangor). <strong>Hasil:</strong> Filter berhasil dikembangkan dengan pendekatan visual cerah dan gamifikasi ringan tanpa penalti skor. Anak-anak menunjukkan antusiasme tinggi, memahami bahwa objek yang ditangkap adalah makanan sehat, dan menunjukkan ketertarikan untuk mencoba kembali. <strong>Kesimpulan:</strong> Filter “HapHap MIGI” berpotensi menjadi media edukatif transmedia yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak Generasi Alpha dalam membangun pemahaman awal terhadap pentingnya makanan bergizi.</p> 2025-06-09T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Rahmat Maulana Sihotang, Yanuar Aldi Allesandro, Rinda Aunillah Sirait, Pandu Watu Alam https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/672 Penggunaan Non Linear Narrative Dalam Penulisan Naskah Karya Animasi Edukasi Produk Aman, Kulit Nyaman 2025-06-16T06:09:00+07:00 Silvi Alin Dhiya silvi21005@mail.unpad.ac.id Vanessa Valencia Eleora silvi21005@mail.unpad.ac.id Encang Saepudin silvi21005@mail.unpad.ac.id Rinda Aunillah Sirait silvi21005@mail.unpad.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Karya animasi Produk Aman, Kulit Nyaman diciptakan sebagai respon terhadap maraknya peredaran produk skincare ilegal yang berbahaya bagi kesehatan konsumen, terutama remaja perempuan yang menjadi target utama pasar kosmetik daring. Kurangnya pengetahuan masyarakat dalam memilih kosmetik yang aman dapat menyebabkan penggunaan produk yang berisiko bagi kesehatan kulit. <strong>Tujuan:</strong> Mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memilih produk kecantikan yang telah terdaftar secara resmi di BPOM. <strong>Metode:</strong> Menggunakan tahapan proses produksi mencakup tiga tahap, yaitu pra-produksi, produksi, serta pascaproduksi. <strong>Hasil:</strong> Karya animasi berdurasi 4 menit 4 detik yang memadukan elemen visual, audio, dan narasi edukatif. <strong>Kesimpulan:</strong> Teknik non-linear narrative menambah kedalaman emosional cerita, namun menimbulkan tantangan dalam menjaga koherensi visual dan alur cerita. Berdasarkan validasi informal terhadap lima siswi SMA, animasi ini berhasil menyampaikan pesan edukatif dengan jelas dan menarik. Karya ini diharapkan menjadi media edukatif yang efektif dan relevan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keamanan produk kecantikan.</p> 2025-06-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Silvi Alin Dhiya, Vanessa Valencia Eleora, Encang Saepudin, Rinda Aunillah Sirait https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/664 Pelatihan Aplikasi E-Resepsionis Rumah Sakit di RSUD Campurdarat 2025-06-16T06:09:02+07:00 Aidina Ristyawan aidinaristi@unpkediri.ac.id Arie Nugroho arienugroho@unpkediri.ac.id Sucipto Sucipto sucipto@unpkediri.ac.id Rina Firliana rina@unpkediri.ac.id Anita Sari Wardani kingkinkurniawati9@gmail.com Ferdian Ahmat Felmidi ferdifelmidi@gmail.com Farhan Gagat Retnanto farhangagat@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Rumah Sakit Umum Daerah Campurdarat di Kabupaten Tulungagung memerlukan pendampingan dalam pengembangan sistem manajemen dokumen surat menyurat untuk mendukung kegiatan operasional dalam bidang dokumentasi berkas. Pelatihan penggunaan aplikasi database untuk menunjang kebutuhan tersebut menjadi salah satu cara untuk membantu manajemen dokumen. <strong>Tujuan</strong>: Pelatihan penggunaan aplikasi database ini dilaksanakan untuk membantu petugas dalam menggunakan aplikasi E-resepsionis. <strong>Metode</strong>: Cara yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pendampingan langsung dan mentoring oleh mahasiswa dalam waktu 1 bulan di RSUD Campurdarat. <strong>Hasil</strong>: Petugas di RSUD Campurdarat dapat menggunakan aplikasi E-resepsionis, sehingga dapat mendukung manajemen berkas dengan lebih baik. <strong>Kesimpulan</strong> : Pelatihan dan pendampingan dengan metode pendampingan langsung dan mentoring terbukti efektif dalam membantu petugas dalam mengoperasikan aplikasi E-Resepsionis di RSUD Campurdarat.</p> 2025-06-16T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Aidina Ristyawan, Arie Nugroho, Sucipto Sucipto, Rina Firliana, Anita Sari Wardani, Ferdian Ahmat Felmidi, Farhan Gagat Retnanto https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/697 Pemberian Kompetensi Tambahan dan Sertifikasi Kompetensi Bagi Calon Lulusan Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi 2025-06-28T07:02:02+07:00 Irianto Irianto irian.anto@gmail.com Rezky A. Wibowo irian.anto@gmail.com Franky E.P. Lapian irian.anto@gmail.com Salahuddin Robo irian.anto@gmail.com Sigit Riswanto irian.anto@gmail.com <p><strong>Latar Belakang:</strong> Lulusan perguruan tinggi teknik sipil di Indonesia, khususnya di wilayah timur seperti Papua, sering menghadapi kesenjangan antara kemampuan akademik dan keterampilan teknis yang dibutuhkan industri konstruksi. <strong>Tujuan:</strong> Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis dan kesiapan kerja mahasiswa melalui pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi resmi yang difasilitasi oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura bekerja sama dengan Universitas Yapis Papua. <strong>Metode:</strong> Metode yang digunakan adalah studi kuantitatif berbasis pelatihan intervensi dan evaluasi. Sebanyak 30 mahasiswa tingkat akhir dipilih melalui purposive sampling. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest, observasi praktik, serta hasil uji sertifikasi oleh LSP. Analisis menggunakan uji t berpasangan dan evaluasi deskriptif. <strong>Hasil</strong> : Skor rata-rata peserta meningkat dari 58,3 (pretest) menjadi 82,6 (posttest). Sebanyak 90% peserta dinyatakan lulus dalam uji sertifikasi kompetensi oleh asesor tersertifikasi BNSP. Tingkat kepuasan peserta terhadap pelatihan mencapai 4,7 dari 5. Temuan menunjukkan pelatihan ini efektif secara signifikan dalam meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa.. <strong>Kesimpulan:</strong> Program pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini efektif dalam menjawab gap antara akademik dan praktik industri, khususnya di daerah 3T seperti Papua.</p> 2025-06-28T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Irianto, Rezky A. Wibowo, Franky E.P. Lapian, Salahuddin Robo, Sigit Riswanto https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/732 Sosialisasi dan Edukasi Instalasi Mechanical, Electrical dan Plumbing pada Bangunan Gedung Rumah Tinggal 2025-08-02T01:15:21+07:00 Hendrig Sudradjat cahayanurj@gmail.com Sri Widoretno cahayanurj@gmail.com Widha Ardhiansyah cahayanurj@gmail.com <p style="margin-left: .25pt; text-align: justify; text-indent: -.35pt;"><strong>Latar Belakang:</strong> Kebutuhan akan instalasi mekanikal, elektrikal, dan perpipaan (MEP) yang aman dan sesuai standar dalam bangunan rumah tinggal semakin meningkat seiring dengan kompleksitas kehidupan modern. Namun, banyak masyarakat non-teknis masih belum memahami standar teknis yang berlaku, seperti SNI 04-0225-2000, sehingga rawan terjadi kesalahan instalasi. <strong>Tujuan:</strong> Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kegiatan sosialisasi dan edukasi dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap instalasi MEP sesuai standar. <strong>Metode:</strong> Pengabdian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif melalui pemberian kuesioner pre-test dan post-test kepada 30 peserta yang mengikuti sosialisasi. Validitas dan reliabilitas instrumen diuji menggunakan SPSS, serta efektivitas edukasi diuji dengan <em>paired sample t-test</em>. <strong>Hasil:</strong> Terdapat peningkatan signifikan pemahaman peserta setelah edukasi (Sig. = 0,000 &lt; 0,05), yang membuktikan keberhasilan metode sosialisasi visual dan cetak. <strong>Kesimpulan:</strong> Edukasi terstruktur mengenai instalasi MEP berbasis regulasi nasional terbukti efektif meningkatkan literasi teknis masyarakat. Temuan ini menjadi dasar pengembangan program lanjutan berbasis digital dan kolaboratif agar dampak edukasi dapat diperluas dan berkelanjutan.</p> 2025-07-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Hendrig Sudradjat, Sri Widoretno, Widha Ardhiansyah https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/748 Pengabdian Masyarakat di Unit Pelaksanaan Teknis Publikasi Ilmiah Universitas Negeri Malang: Analisis dan Rekomendasi Pengelolaan Jurnal Elektronik 2025-08-02T01:15:34+07:00 Erna Daniati ernadaniati@unpkediri.ac.id Aidina Ristyawan ristykdr@gmail.com Akmal Hisyam Pradhana ristykdr@gmail.com Dea Yuliana Ayu Ningrum ristykdr@gmail.com Sucipto Sucipto sucipto@unpkediri.ac.id Rina Firliana rina@unpkediri.ac.id Arie Nugroho arienugroho@unpkediri.ac.id <p><strong>Latar Belakang</strong>: Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan kegiatan penting yang menjembatani teori akademik dengan praktik profesional. Kegiatan ini memberikan pengalaman kerja nyata dan menjadi wahana pengabdian kepada masyarakat. <strong>Tujuan:</strong> Tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pengalaman kerja nyata kepada mahasiswa Sistem Informasi, serta menganalisis dan memberikan rekomendasi terkait sistem informasi dan antarmuka pengguna (UI/UX) dari portal jurnal elektronik UM (https://journal2.um.ac.id/ ). <strong>Metode</strong>: Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Publikasi Ilmiah Universitas Negeri Malang. Selama PKL, penulis terlibat dalam tahapan pengelolaan jurnal dan menganalisis website menggunakan metode Eight Golden Rules untuk mengevaluasi UI/UX. <strong>Hasil</strong>: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penulis berhasil berkontribusi dalam proses teknis administrasi jurnal seperti pembuatan issue, pengisian metadata, penambahan contributor, pengunggahan galleys, dan publishing. <strong>Kesimpulan</strong>: Kegiatan PKL memberikan manfaat nyata bagi UPT Publika UM dalam bentuk bantuan teknis dan masukan perbaikan sistem.</p> 2025-07-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Erna Daniati, Aidina Ristyawan, Akmal Hisyam Pradhana, Dea Yuliana Ayu Ningrum, Sucipto, Rina Firliana, Arie Nugroho https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/751 Pengolahan Hasil Pertanian Sayur dan Buah untuk Menekan Angka Stunting 2025-08-02T17:57:46+07:00 Gesa Aldin Barqin gesaaldinbarqin@udn.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Kec. Plaosan merupakan wilayah pertanian yang menghasilkan daging, susu, sayur dan buah berkualitas baik di Kab. Magetan namun memiliki memiliki angka Stunting yang tertinggi di tahun 2024. <strong>Tujuan:</strong> Penelitian dan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan segalikus mempraktekkan teknik pengolahan sayur dan buah agar dapat meningkatkan asupan gizi mayarakat serta bernilai jual tinggi. <strong>Metode:</strong> Program kegiatan penelitian dan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode pelatihan dan penguatan kapasitas dengan pendekatan <em>Service Learning</em> (<em>SL</em>). <strong>Hasil:</strong> warga sangat antusias dan terdukung untuk dapat menghasilkan komoditas hasil pertanian yang bergizi dan memiliki nilai jual yang tinggi dibandingkan hanya dengan menjualnya secara mentah. <strong>Kesimpulan:</strong> Kegiatan serupa masih sangat diperlukan untuk dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan warga karena memiliki peluang yang luas dalam bahan baku yang melimpah, minat pasar yang sangat tinggi serta sumber daya yang diperlukan.</p> 2025-08-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Gesa Aldin Barqin https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/kontribusi/article/view/773 Sosialisasi Dan Pendampingan Manajemen Sekolah Dalam Membentuk Karakteristik Peduli Kesehatan Lingkungan Siswa MI Al Hikmah 2025-08-12T09:35:23+07:00 Rina Purwantini rinapurwantini@udn.ac.id Erlina Yuliastuti erlinayuliastuti@udn.ac.id Marheni Rayung Puspaningrum marhenirayung@udn.ac.id <p><strong>Latar Belakang:</strong> Permasalahan dalam pembentukan karakter bangsa yang peduli lingkungan perlu diatasi dengan serius, cara yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan memberikan edukasi sejak dini bagi anak-anak tentang pelestarian lingkungan khususnya di lingkup sekolah dasar. <strong>Tujuan:</strong> Tujuan kegiatan PkM ini untuk menumbuhkan karakter siswa yang peduli lingkungan sejak dini. <strong>Metode:</strong> Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode sosialisasi, pendampingan dan penguatan kapasitas dengan pendekatan yang digunakan yaitu Participatory Action Research. <strong>Hasil:</strong> Hasil kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa belum ada kebijakan lingkungan khusus yang dapat diterapkan di sekolah. Lebih lanjut, kurikulum lingkungan masih terintegrasi dengan beberapa mata pelajaran dan belum melibatkan pihak lain dalam kegiatan pelestarian lingkungan. <strong>Kesimpulan:</strong> Berdasarkan hasil evaluasi pihak sekolah, kegiatan telah berjalan melebihi yang diharapkan, maka kegiatan pengabdian seperti ini dapat dilakukan secara rutin baik di lokasi yang sama maupun di lokasi yang berbeda dengan sasaran anak-anak peserta didik sejak dini yang benar-benar membutuhkan pendidikan dan pendampingan terkait kepedulaian terhadap lingkungan hidup. </p> 2025-08-12T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Rina Purwantini, Erlina Yuliastuti, Marheni Rayung Puspaningrum