https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/issue/feed PTK: Jurnal Tindakan Kelas 2024-04-01T00:00:00+07:00 Rezki Suci Qamaria rezkisuciqamaria@iainkediri.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media Harmoni. Jurnal PTK <strong>Terakreditasi Nasional SINTA 5</strong> dengan No. Surat Keterangan : 105/E/KPT/2022 Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode 1 Tahun 2022.</p> <p>Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan item secara online dan untuk memeriksa status pengiriman saat ini.</p> <table style="width: 100%; border-collapse: collapse; border-style: none;" border="1"> <tbody> <tr> <td style="width: 40%; border-style: none; background-color: #ffffcc;"> <p style="text-align: center;">Keputusan Pertama<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ffe6ff;"> <p style="text-align: center;">Waktu Review<br /><strong>4 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ccffcc;"> <p style="text-align: center;">Waktu Publikasi<br /><strong>2 Minggu</strong></p> </td> </tr> </tbody> </table> https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/318 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya 2024-02-29T09:09:39+07:00 Tri Aulia tri.aulia@student.untan.ac.id Titin Titin titin@fkip.untaln.alc.id Eko Sri Wahyuni eko.sri.wahyuni@fkip.untan.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams assisted individualization. Model kooperatif tipe teams assisted individualization merupakan kolaborasi antara belajar individu dengan belajar kelompok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas berlangsung dalam suatu alur yang disebut dengan siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaituketerlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model koopetarif tipe teams assisted individualization pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 97,2%, sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Selanjutnya yaitu ketuntasan belajar siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 80%, sedangkan pada siklus II sebesar 92,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe teams assisted individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan di kelas VII MTs Al-Muhajirin Rasau Jaya.</p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Tri Aulia, Titin Titin, Eko Sri Wahyuni https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/324 Metode Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Pemahaman Alkitab 2024-01-19T08:06:17+07:00 Andrias Saba tariezra@gmail.com Ezra Tari tariezra@gmail.com Doni Ariani Leowandri Liu tariezra@gmail.com <p>Pemahaman Alkitab diupayakan dalam sebuah pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran panduan membaca terkait pengetahuan Alkitab pada Kelas Katekismus di GMIT Silo Seda. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini, dengan cara mengamati dan mendokumentasikan. Pendekatan pembelajaran panduan membaca dapat membantu siswa GMIT Silo Seda lebih memahami Alkitab. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa pada siklus I masih tergolong rendah dengan persentase 70% dengan jumlah siswa katekismus yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa (70%) dari 14 siswa katekismus yang tberpartisipasi dalam proses pembelajaran. Pada siklus II mengalami peningkatan, dimana ketuntasan pembelasan siswa mencapai 90% atau sebayak 12 siswa yang tuntas dari 14 siswa katekismus.</p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Andrias Saba, Ezra Tari, Doni Ariani Leowandri Liu https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/353 Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Satuan Waktu 2024-03-10T18:20:41+07:00 Megalena Anggraheni megalena24@gmail.com Muhammad Saifuddin Zuhri zuhriupgris@gmail.com Sumarmiyati Sumarmiyati sumar@gmail.com <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi satuan waktu, sehingga banyak peserta didik yang belum mencapai batas minimum (KKM). Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi satuan waktu melalui model problem based learning berbantuan papan waktu di kelas 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melalui 2 siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, dirancang dengan pembelajaran mempertimbangkan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tindakan pembelajaran dengan menggunakan Model PBL berbantuan media papan waktu. Observasi yang dilakukan untuk melihat perkembangan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Saat melakukan kegiatan refleksi dan melihat hasil yang diperoleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media papan waktu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi satuan waktu. Peserta didik mengalami peningkatan konsep satuan waktu dalam melakukan perhitungan waktu dan kemampuan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu. Model ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan memvisualisasikan secara konkret dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menyatakan bahwa Model PBL berbantuan papan waktu adalah alternatif yang efektif dalam mengajar materi satuan waktu kepada peserta didik kelas 1.</p> 2024-04-01T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Megalena Anggraheni, Muhammad Saifuddin Zuhri, Sumarmiyati Sumarmiyati