PTK: Jurnal Tindakan Kelas https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk <p>Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media Harmoni. Jurnal PTK <strong>Terakreditasi Nasional SINTA 5</strong> dengan No. Surat Keterangan : 105/E/KPT/2022 Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode 1 Tahun 2022.</p> <p>Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan item secara online dan untuk memeriksa status pengiriman saat ini.</p> <table style="width: 100%; border-collapse: collapse; border-style: none;" border="1"> <tbody> <tr> <td style="width: 40%; border-style: none; background-color: #ffffcc;"> <p style="text-align: center;">Keputusan Pertama<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ffe6ff;"> <p style="text-align: center;">Waktu Review<br /><strong>4 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ccffcc;"> <p style="text-align: center;">Waktu Publikasi<br /><strong>2 Minggu</strong></p> </td> </tr> </tbody> </table> <p> </p> en-US <p>1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.<br />2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.<br />3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.<br />4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.<br />5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0</p> rezkisuciqamaria@iainkediri.ac.id (Rezki Suci Qamaria) jurnal.ptk@ciptamediaharmoni.id (Jurnal PTK) Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/318 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams assisted individualization. Model kooperatif tipe teams assisted individualization merupakan kolaborasi antara belajar individu dengan belajar kelompok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas berlangsung dalam suatu alur yang disebut dengan siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaituketerlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model koopetarif tipe teams assisted individualization pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 97,2%, sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Selanjutnya yaitu ketuntasan belajar siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 80%, sedangkan pada siklus II sebesar 92,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe teams assisted individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan di kelas VII MTs Al-Muhajirin Rasau Jaya.</p> Tri Aulia, Titin, Eko Sri Wahyuni Copyright (c) 2024 Tri Aulia, Titin Titin, Eko Sri Wahyuni https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/318 Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 Metode Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Pemahaman Alkitab https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/324 <p>Pemahaman Alkitab diupayakan dalam sebuah pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran panduan membaca terkait pengetahuan Alkitab pada Kelas Katekismus di GMIT Silo Seda. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini, dengan cara mengamati dan mendokumentasikan. Pendekatan pembelajaran panduan membaca dapat membantu siswa GMIT Silo Seda lebih memahami Alkitab. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa pada siklus I masih tergolong rendah dengan persentase 70% dengan jumlah siswa katekismus yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa (70%) dari 14 siswa katekismus yang tberpartisipasi dalam proses pembelajaran. Pada siklus II mengalami peningkatan, dimana ketuntasan pembelasan siswa mencapai 90% atau sebayak 12 siswa yang tuntas dari 14 siswa katekismus.</p> Andrias Saba, Ezra Tari, Doni Ariani Leowandri Liu Copyright (c) 2024 Andrias Saba, Ezra Tari, Doni Ariani Leowandri Liu https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/324 Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Satuan Waktu https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/353 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi satuan waktu, sehingga banyak peserta didik yang belum mencapai batas minimum (KKM). Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi satuan waktu melalui model problem based learning berbantuan papan waktu di kelas 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melalui 2 siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, dirancang dengan pembelajaran mempertimbangkan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tindakan pembelajaran dengan menggunakan Model PBL berbantuan media papan waktu. Observasi yang dilakukan untuk melihat perkembangan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Saat melakukan kegiatan refleksi dan melihat hasil yang diperoleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media papan waktu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi satuan waktu. Peserta didik mengalami peningkatan konsep satuan waktu dalam melakukan perhitungan waktu dan kemampuan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu. Model ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan memvisualisasikan secara konkret dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menyatakan bahwa Model PBL berbantuan papan waktu adalah alternatif yang efektif dalam mengajar materi satuan waktu kepada peserta didik kelas 1.</p> Megalena Anggraheni, Muhammad Saifuddin Zuhri, Sumarmiyati Copyright (c) 2024 Megalena Anggraheni, Muhammad Saifuddin Zuhri, Sumarmiyati Sumarmiyati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/353 Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Metode ODOA dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menghafal Siswa Kelas VII B MTs Al-Jauharen Kota Jambi https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/325 <p style="font-weight: 400;">Capaian pembelajaran terbaik dari menghafal Al-Qur'an dan aktivitas siswa harus ditaklukkan dengan menggunakan teknik yang tepat karena terkait dengan kapasitas siswa untuk mengartikulasikan setiap ayat yang dihafal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penerapan metode ODOA alam meningkatkan hasil hafalan siswa kelas VII B Juz 30 di MTs Al-Jauharen Kota Jambi melalui proyek penelitian tindakan kelas kolaboratif. Konten dimodifikasi untuk mengikuti RPP sekolah. 21 siswa di kelas VII B bertugas sebagai subjek penelitian. Melalui tes dan observasi, kemudian data dikumpulkan dan analisis secara deskriptif. Temuan penelitian adalah 21 hasil belajar menghafal siswa untuk Al-Qur'an juz 30 meningkat secara signifikan dengan pendekatan ODOA. Hal ini jelas dari awal implementasi siklus I hingga akhir siklus II. Siswa kelas VII B mengalami peningkatan kemampuan menghafal ketika pendekatan ODOA diterapkan. Kenaikan dari 61,9% (13 siswa) pada siklus I menjadi 76,2% (16 siswa) pada siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 73 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II.</p> Nanang Qosim Al Masquri, Raoda Tul Jannah Maruddani Copyright (c) 2024 Nanang Qosim Al Masquri Masquri, Raoda Tul Jannah Maruddani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/325 Sat, 04 May 2024 00:00:00 +0700 Pengembangan Desain Produk E-LKM Berbasis Problem Solving untuk Pemecahan Masalah dan Miskonsepsi IPA SD pada Mahasiswa PGSD https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/337 <p style="font-weight: 400;">Penelitaian ini bertujuan untuk mengembangkan desain produk e-LKM berbasis <em>problem solving</em>. Pengembangan dalam penelitian ini merupakan bagian dari inovasi dari lembar kerja mahasiswa yang selama ini belum ada yang menggembangkan. Produk pengembangan Inovasi ini bertujuan agar memudahkan mahasiswa dalam memahami materi pemecahan masalah, karena e-LKM ini di sesuaikan dengan langkah-langkah dari <em>problem solving</em>. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana desain produk e-LKM berbasis <em>problem </em>solving yang di kembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&amp;D (<em>Research and Development)</em>. Pada penelitian pengembangan ini terdapat 13 materi yang di kembangkan. Materi tersebut mencakup adaptasi mahluk hidup dengan lingkungan, tumbuhan hijau, proses daur air atau daur hidrologi, makanan dan alat pencernaan, pernafasan, proses perubahan sifat benda, listrik, magnet, peristiwa alam, cahaya, proses terbentuknya alam semesta, tata surya, dan struktur bumi. Produk e-LKM berbasis <em>problem solving </em>yang di kembangkan di 13 materi sudah sesuai dengan sintak atau langkah-langkah <em>problem solving.</em> Hasil kevalidan produk dilihat berdasarkan beberapa aspek, diantaranya dari aspek perangkat lunak, tampilan, konten dan isi. Kevalidan tersebut dapat dilihat dari skor kevalidan yang mencapai 86% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa desain produk E-LKM berbasis <em>problem solving</em> untuk pemecahan masalah dan miskonsepsi IPA SD pada mahasiswa PGSD sangat valid dan dapat digunakan.</p> Bagus Amirul Mukmin, Abdul Aziz Hunaifi, Wahyudi, Like Fanisia Copyright (c) 2024 Bagus Amirul Mukmin, Abdul Aziz Hunaifi, Wahyudi Wahyudi, Like Fanisia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/337 Sat, 04 May 2024 00:00:00 +0700 Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa kelas IIB Sekolah Dasar https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/355 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIB SDN 004 Samarinda Utara melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar pendidikan pancasila yang rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I memperoleh hasil belajar yang baik dan langsung memenuhi target peneliti dengan persentase ketuntasan 82,76%. Melalui refleksi pada siklus I, peneliti melakukan perbaikan dan perubahan pelaksanaan sehingga siklus II memperoleh persentase ketuntasan sebesar 89,66%. Siklus III memperoleh persentase ketuntasan sebesar 96,55% dan jumla siswa yang tidak tuntas hanya 1 orang dari keseluruhan siswa sebanyak 29 orang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIB SDN 004 Samarinda Utara.</p> Afdal, Eka Selvi Handayani, Rohaniah Copyright (c) 2024 afdal afdal, Eka Selvi Handayani, Rohaniah Rohaniah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/355 Sat, 04 May 2024 00:00:00 +0700 Penanaman Nilai Multikultural dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Sosial pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Singkawang https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/359 <p>Multikultural merupakan sebuah keberagaman budaya, yang mempunyai karakteristik berbeda dan mengakui adanya perbedaan. Dengan adanya multikultural, dapat menciptakan toleransi sosial. Toleransi sosial adalah tindakan yang melarang terjadinya diskriminasi terhadap kelompok lain, yang ada di lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui penanaman nilai multikultural dalam mengambangkan sikap toleransi peserta didik yang dilakukan oleh pendidik, serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penanaman nilai multikultural. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data primer terdiri dari 3 orang peserta didik dan 3 orang pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi dan wawancara. Dari penelitian ini hasil yang diperoleh adalah pendidik menananamkan nilai multikultural dan mengaitkan dengan materi pembelajaran, peserta didik juga melakukan toleransi sosial dengan baik. Adapun faktor yang mempengaruhi dalam penanaman nilai multikultural dalam mengambangkan sikap toleransi sosial yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat.</p> Rosita Lisa, Sri Buwono, Yusawinur Barella, Aminuyati, Hadi Wiyono Copyright (c) 2024 Rosita Lisa, Sri Buwono, Yusawinur Barella, Aminuyati Aminuyati, Hadi Wiyono https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/359 Sat, 11 May 2024 00:00:00 +0700 Meningkatkan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Menggunakan Strategi Index Card Match di MI Nurul Huda Cinyawang https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/363 <p><strong>Abstrak</strong>—Capaian pembelajaran siswa kelas V MI Nurul Huda Cinyawang, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap masih rendah. Jumlah mahasiswa yang telah menyelesaikan pembelajaran dari 13 mahasiswa baru sebanyak 5 mahasiswa sehingga hasil tersebut belum mampu mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu mahasiswa yang telah menyelesaikan pembelajaran &gt; 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi Index Card Match dalam pelajaran Hadits Al-Qur'an pada Hukum Bacaan Mim Sukun di Kelas V MI Nurul Huda Cinyawang. Penelitian ini merupakan studi class Action dalam dua siklus. Setiap silus terdiri dari identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi: (1) tes; (2) pengamatan; (3) wawancara; dan (4) dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyimpulkan bahwa: 1) penerapan strategi Index Card Match terbukti meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Hadits Al-Qur'an, materi hukum bacaan Mim Sukun di kelas V MI Nurul Huda Cinyawang, dan 2) dari penelitian disimpulkan bahwa dalam kajian Hadits Al-Qur'an terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa.</p> <p>&nbsp;</p> Yunita Sari, Moh. Roqib Copyright (c) 2024 Yunita Sari, Moh. Roqib https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/363 Sat, 11 May 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Strategi Index Card Match Berbantu Media Power Point untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/366 <p><em>The purpose of this study was to determine whether by applying the index card match strategy strategy assisted by power point media can improve the mastery of Arabic vocabulary of students in class IV MI Al Juharotunnaqiyah South Lampung. This research using Classroom Action Research (PTK) with Kemmis and .</em> <em>Mc Teggart model which was carried out in two cycles. Cycles. Data collection techniques were observation, documentation, interviews and learning outcome tests. multiple choice and description. The results showed an increase in student learning outcomes after applying index card match strategy assisted by power point media in the pre-cycle. pre-cycle, namely students who completed 7 (40%) and those who did not complete 14 (60%). 14 (60%). In cycle II there was an increase of 18 (73%) and those who did not complete 5 (21%). In cycle II there was cycle II there was an increase of 20 (87%) students who were complete and 3 (13%) who were not complete. 3(13%). So that there was an increase of 61%. Based on the results of research and data analysis, it can be concluded that the application of the index card match strategy assisted by power point media can improve students' mastery of Arabic vocabulary in Class IV MI Al Juharotunnaqiyah South Lampung.</em></p> Yeni Lailatul Wahidah, Zulhannan, Noviyanti Copyright (c) 2024 Yeni Lailatul Wahidah, Zulhannan Zulhannan, Noviyanti Noviyanti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/366 Wed, 15 May 2024 00:00:00 +0700 Penggunaan Media Kertas Lipat dalam Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/371 <p style="font-weight: 400;">Urgensi penelitian ini untuk mengatasi masalah operasi hitung pecahan yang sampai saat ini masih menjadi momok bagi para guru disebabkan oleh kurangnya pengalaman dalam pemanfaatan media yang relevan untuk menyederhanakan konsepnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pembagian pecahan menggunakan kertas lipat. Metode penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain Kemmis &amp; McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan di SD Katolik Benteng Wake Kecamatan Ruteng Kabupaten Manggarai dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 24 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik tes dan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Kriteria ketuntasan klasikal adalah minimal 85% peserta didik dapat menyelesaikan masalah operasi hitung pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan siswa mengalami peningkatan dengan kategori cukup aktif pada siklus I sedangkan siklus II berada pada kategori sangat aktif. Data tes hasil belajar juga menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan ketuntasan melebihi standar yang telah ditentukan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan kertas lipat dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada operasi pembagian pecahan. Disarankan bagi guru sekolah dasar untuk menggunakan kertas lipat dalam mengajarkan operasi hitung pembagian pecahan pada penyebut berbeda dan/atau pada operasi hitung pecahan yang lain<em>.</em></p> Sabina Ndiung Copyright (c) 2024 Sabina Ndiung https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/371 Wed, 15 May 2024 00:00:00 +0700 Peningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Penyebut Berbeda dengan Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/375 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan tipe <em>Make a Match </em>dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi “Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Penyebut Berbeda” kelas V SD Negeri 13 Air Kumbang<em>. </em>Penelitian ini menjadi penelitian yang sangat penting karena jika tidak terjadi perubahan dalam kegiatan pembelajaran maka hasil belajar siswa masih akan tetap rendah dan tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Pada siklus 1 diperoleh hasil bahwa ketuntasan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran <em>Make a Match </em>masih mendapat persentase 69% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 89,7% dengan kategori tinggi. Dari hasil belajar yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe <em>Make a Match</em> pada materi operasi hitung pecahan penyebut berbeda dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 13 Air Kumbang.</p> Adrianus Danang Setiawan, Aldila Fatmawati Copyright (c) 2024 Adrianus Danang Setiawan, Aldila Fatmawati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/375 Thu, 16 May 2024 00:00:00 +0700 Peningkatan Minat Belajar Sosiologi melalui Penerapan Lumio Berbantuan Padlet di Kelas X Sekolah Menengah https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/376 <div><span lang="EN-US">Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran sosiologi dengan penerapan lumio berbantuan padlet di Kelas XF SMA Negeri 9 Pontianak. Metode yang digunakan adalah pendekatan inovatif dengan memanfaatkan lumio (platform pembelajaran digital) dan padlet (alat kolaboratif online). Lumio menyediakan video pembelajaran interaktif dan berbagai aktivitas pembelajaran, sedangkan padlet memungkinkan siswa berpartisipasi aktif dalam berbagi ide dan berkolaborasi dengan teman sekelasnya. Kombinasi kedua platform ini menawarkan pengalaman belajar yang menarik dan interaktif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara kepada siswa, yang mengungkap permasalahan mendasar yang menyebabkan kurangnya minat terhadap sosiologi, seperti materi pembelajaran yang tidak menarik dan keterlibatan siswa yang pasif. Dengan memanfaatkan lumio dan padlet, guru dapat menyajikan pembelajaran sosiologi dengan cara yang lebih menarik. Video yang relevan digunakan sebagai pembuka diskusi, dilanjutkan dengan aktivitas interaktif di Padlet. Kombinasi ini merangsang partisipasi aktif siswa dan memfasilitasi diskusi kelas, sehingga meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Penerapan lumio berbantuan padlet di Kelas XF SMA Negeri 9 Pontianak memberikan suasana belajar yang segar dan menyenangkan. Penggunaan teknologi dan platform kolaboratif ini selaras dengan preferensi siswa terhadap pembelajaran interaktif dan terhubung secara digital. Pendekatan inovatif ini memiliki potensi untuk mengubah persepsi siswa terhadap pendidikan sosiologi dan menumbuhkan suasana belajar yang positif.</span></div> Laditia Dilah Relawati, Iwan Ramadhan, Hainon Copyright (c) 2024 Laditia Dilah Relawati, Iwan Ramadhan, Hainon Hainon https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/376 Fri, 17 May 2024 00:00:00 +0700 Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa melalui Index Card Match Pada Mata Pelajaran PPKn https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/384 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini dilatarbelakangi dari masalah rendahnya aktivitas belajar siswa di kelas II SD Negeri Trangsa 01. Berdasarkan masalah tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran PPKn kelas rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas II SD Negeri Trangsan 01 berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa dilakukan dengan kolaborasi antara guru dan peneliti mulai dari perencanaan, persiapan hingga pembagian tugas pada saat pelaksanaan tindakan dengan menerapkan metode pembelajaran Index Card Match ditambah dengan PPT, video pembelajaran yang menarik dan pemberian reward kepada siswa. Hasil lainnya adalah penerapan metode pembelajaran Index Card Math dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase rata-rata indikator aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II. Pada pra-siklus rata-rata persentase indikator aktivitas belajar sebesar 49%, siklus 1 sebesar 68%, siklus II sebesar 89%, dengan demikian rata-rata persentase indikator aktivitas belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 76% dan penelitian dikatakan berhasil.</p> Tansa Giri Asmaniah, Arief Cahyo Utomo Copyright (c) 2024 Tansa Giri Asmaniah, Arief Cahyo Utomo https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/384 Mon, 20 May 2024 00:00:00 +0700 Pendekatan Steam Model Inquiry Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/382 <p style="font-weight: 400;">Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan, dimana pada prasiklus nilai rata-rata kelas 75,9, kemudian siklus I nilai rata-rata kelas 80,1 dan siklus II kembali mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 82. Artinya penerapan media pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dengan model pembelajaran inquiry learning berbantuan aplikasi liveworksheet dapat mengingkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas V SDN Trosemi 02 pada proses kegiatan pembelajaran IPAS.</p> Vera Tristiana, Rusnilawati Copyright (c) 2024 Vera Tristiana, Rusnilawati Rusnilawati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/382 Tue, 21 May 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/386 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X dengan menerapkan model pembelajaran <em>problem based learning</em> (PBL) dengan berbantu media audio visual. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-2 di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta pada tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitiain dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan berbantu media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks negosiasi siswa. Peningkatan tersebut dibuktikan dari nilai rata-rata kelas dan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I dari 36 siswa memperoleh nilai rata-rata 66,72 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,8. Siswa yang memperoleh kategori tuntas pada kriteria ketuntasan minimal (KKM) pada siklus I hanya 6 siswa atau 17% dan pada siklus II meningkat pesat menjadi 29 siswa atau 81%.</p> Farhana Ifrida, Dini Restiyanti Pratiwi , Muhammad Supriyanto Copyright (c) 2024 Farhana Ifrida, Dini Restiyanti Pratiwi https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/386 Tue, 21 May 2024 00:00:00 +0700 Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa dengan Metode TGT Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XE1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/388 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa di kelas XE1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta melalui penerapan metode pembelajaran <em>Teams Games Tournament</em> (TGT). Urgensi dari penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa, sesuai dengan arah Kurikulum Merdeka yang menegaskan pentingnya keterampilan 5C (<em>critical thinking, communication, collaboration, creativity, dan character</em>) dalam membentuk kompetensi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan metode pembelajaran TGT dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas XE1, dilihat dari presentase keterampilan kolaborasi pra siklus dari 40% naik menjadi 59% setelah dilakukan tindakan siklus I, kemudian pada siklus II siswa berhasil mencapai tingkat kriteria kolaboratif sebesar 79%. Hasil tersebut telah membuktikan bahwa penggunaan metode <em>Teams Games Tournament</em> (TGT) pada pembelajaran PPKn mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XE1 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta.</p> Riski Wahyu Maesharoh, Achmad Muthali'in, Iskak Copyright (c) 2024 Riski Wahyu Maesharoh, Achmad Muthali'in, Iskak Iskak https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/388 Wed, 22 May 2024 00:00:00 +0700 Peningkatan Kemampuan Kolaborasi Siswa Menggunakan Gallery Walk https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/389 <p>Kurangnya kemampuan kolaborasi mempengaruhi pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran karena kesulitan berpartisipasi aktif dalam kelompok dan kurangnya berpikir kritis. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan kemampuan kolaborasi menggunakan <em>gallery walk</em> dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metodologi menggunakan kualitatif pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dilakukan pada siswa XI 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun 2023/2024. Dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menerapkan analisis model alir. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil prasiklus menunjukkan siswa yang memiliki kemampuan kolaborasi belajar sebanyak 10 siswa (28,5%), pada siklus I sebanyak 25 siswa (70,4%), dan pada siklus II sebanyak 30 siswa (85,7%) melampaui indikator yang diharapkan yaitu 80% dari 35 peserta didik. Hasil tersebut membuktikan bahwa penerapan model kooperatif tipe <em>gallery walk</em> dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas XI 2 SMA Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2023/2024</p> Rizky Novia Saputri, Patmisari, Sri Hastuti Copyright (c) 2024 Rizky Novia Saputri, Patmisari Patmisari, Sri Hastuti https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/389 Tue, 23 May 2023 00:00:00 +0700 Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/391 <div><span lang="EN-US">Kemampuan kolaborasi sangat penting dalam meningkatkan pengetahuan siswa dalam mencapai keberhasilan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta dalam pembelajaran matematika melalui Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis &amp; McTaggart. Subjek penelitian, sebanyak 19 siswa yaitu 7 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil temuan dari penelitian ini ialah melalui PBL, siswa mampu meningkatkan kemampuan kolaborasi dalam pembelajaran matematika. Adapun hasil yang diperoleh dari aspek-aspek kemampuan kolaborasi yaitu kontribusi meningkat dari 60% menjadi 78%, manajemen waktu meningkat dari 81 % menjadi 90%, pemecahan masalah meningkat dari 61% menjadi 79%, bekerja dengan orang lain meningkat dari 66 % menjadi 76% dan penyelidikan meningkat dari 55% menjadi 76%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan kolaborasi siswa SMP dapat meningkat dengan mengimplementasikan PBL dalam pembelajaran matematika.</span></div> Ayu Irnadianis Ifada, Muhamad Toyib, Siti Marhamah Copyright (c) 2024 Ayu Irnadianis Ifada, Muhamad Toyib, Siti Marhamah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/391 Thu, 23 May 2024 00:00:00 +0700 Hypothetical Learning Trajectory (HLT) terhadap Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Lingkaran https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/400 <p><em>This study is being conducted to identify the learning disabilities in math literacy at SMPN 3 Kalipucang kelas VIII during the second&nbsp;semester of the 2023–2024 school year. The method that is used is a qualitative approach called Didactical Design Research. Study focus is on three study subjects: students with weak mathematical skills (S1), students with strong mathematical skills (S2), and students with weak mathematical skills (S3). The results of the study indicate that students in S1 experience difficulties learning epistemological obstacles, students in S2 experience difficulties learning both didactic and epistemological obstacles, and students in S3 experience difficulties learning ontogenic, didactic, and epistemological obstacles. In order to overcome this obstacle, researchers have developed learning materials that are oriented toward numerical literacy with the goal of raising student achievement standards</em>&nbsp;<em>Researchers used Learning Obstacle Identification as a basis to create a Hypothetical Learning Trajectory (HLT) that focuses on literacy numeration of material circles.</em></p> Muhammad Haris Hajriyanto, Mega Nur Prabawati, Nani Ratnaningsih Copyright (c) 2024 Muhammad Haris Hajriyanto, Mega Nur Prabawati, Nani Ratnaningsih https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/400 Fri, 24 May 2024 00:00:00 +0700 Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) di Sekolah Menengah Pertama https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/407 <p style="font-weight: 400;">Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS menggunakan metode <em>Teams Game Tournament (TGT)</em>. Model pembelajaran<em> Teams Game Tournament (TGT)</em> ini merupakan kolaborasi antara metode belajar kelompok dengan bermain game. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas menggunakan alur yang disebut dengan Siklus. Siklus pada PTK terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan menggunakan 2 Siklus dimana setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Hasil penelitian didapatkan keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model <em>Teams Game Tournament (TGT)</em> pada Siklus 1 sebesar 93,3% dan pada Siklus II sebesar 100%. Hasil ketuntasan belajar peserta didik yang diperoleh pada Siklus 1 rata-rata sebesar 75,3 dan pada Siklus II sebesar 81,2. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model <em>Teams Game Tournament (TGT)</em> dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik untuk materi pemerataan pembangunan pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 14 Semarang.</p> Eva Avia, Triyas Handayani, Natal Kristiono Copyright (c) 2024 Eva Avia, Triyas Handayani, Natal Kristiono https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/407 Fri, 24 May 2024 00:00:00 +0700