PTK: Jurnal Tindakan Kelas https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk <p>Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media Harmoni. Jurnal PTK <strong>Terakreditasi Nasional SINTA 5</strong> dengan No. Surat Keterangan : 105/E/KPT/2022 Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode 1 Tahun 2022.</p> <p>Registrasi dan login diperlukan untuk mengirimkan item secara online dan untuk memeriksa status pengiriman saat ini.</p> <table style="width: 100%; border-collapse: collapse; border-style: none;" border="1"> <tbody> <tr> <td style="width: 40%; border-style: none; background-color: #ffffcc;"> <p style="text-align: center;">Keputusan Pertama<br /><strong>1 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ffe6ff;"> <p style="text-align: center;">Waktu Review<br /><strong>4 Minggu</strong></p> </td> <td style="width: 30%; border-style: none; background-color: #ccffcc;"> <p style="text-align: center;">Waktu Publikasi<br /><strong>2 Minggu</strong></p> </td> </tr> </tbody> </table> <p><strong>PROSES SUBMIT DIBUKA KEMBALI MULAI BULAN JUNI 2024</strong></p> en-US <p>1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.<br />2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.<br />3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.<br />4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.<br />5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0</p> rezkisuciqamaria@iainkediri.ac.id (Rezki Suci Qamaria) jurnal.ptk@ciptamediaharmoni.id (Jurnal PTK) Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/318 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams assisted individualization. Model kooperatif tipe teams assisted individualization merupakan kolaborasi antara belajar individu dengan belajar kelompok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas berlangsung dalam suatu alur yang disebut dengan siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaituketerlaksanaan proses pembelajaran menggunakan model koopetarif tipe teams assisted individualization pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 97,2%, sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Selanjutnya yaitu ketuntasan belajar siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 80%, sedangkan pada siklus II sebesar 92,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe teams assisted individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem organisasi kehidupan di kelas VII MTs Al-Muhajirin Rasau Jaya.</p> Tri Aulia, Titin, Eko Sri Wahyuni Copyright (c) 2024 Tri Aulia, Titin Titin, Eko Sri Wahyuni https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/318 Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 Metode Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Pemahaman Alkitab https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/324 <p>Pemahaman Alkitab diupayakan dalam sebuah pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran panduan membaca terkait pengetahuan Alkitab pada Kelas Katekismus di GMIT Silo Seda. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dalam penelitian ini, dengan cara mengamati dan mendokumentasikan. Pendekatan pembelajaran panduan membaca dapat membantu siswa GMIT Silo Seda lebih memahami Alkitab. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa pada siklus I masih tergolong rendah dengan persentase 70% dengan jumlah siswa katekismus yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa (70%) dari 14 siswa katekismus yang tberpartisipasi dalam proses pembelajaran. Pada siklus II mengalami peningkatan, dimana ketuntasan pembelasan siswa mencapai 90% atau sebayak 12 siswa yang tuntas dari 14 siswa katekismus.</p> Andrias Saba, Ezra Tari, Doni Ariani Leowandri Liu Copyright (c) 2024 Andrias Saba, Ezra Tari, Doni Ariani Leowandri Liu https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/324 Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Waktu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Satuan Waktu https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/353 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi satuan waktu, sehingga banyak peserta didik yang belum mencapai batas minimum (KKM). Penilitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika materi satuan waktu melalui model problem based learning berbantuan papan waktu di kelas 1. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang melalui 2 siklus yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada tahap perencanaan, dirancang dengan pembelajaran mempertimbangkan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tindakan pembelajaran dengan menggunakan Model PBL berbantuan media papan waktu. Observasi yang dilakukan untuk melihat perkembangan peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Saat melakukan kegiatan refleksi dan melihat hasil yang diperoleh peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media papan waktu dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi satuan waktu. Peserta didik mengalami peningkatan konsep satuan waktu dalam melakukan perhitungan waktu dan kemampuan dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu. Model ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan memvisualisasikan secara konkret dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menyatakan bahwa Model PBL berbantuan papan waktu adalah alternatif yang efektif dalam mengajar materi satuan waktu kepada peserta didik kelas 1.</p> Megalena Anggraheni, Muhammad Saifuddin Zuhri, Sumarmiyati Sumarmiyati Copyright (c) 2024 Megalena Anggraheni, Muhammad Saifuddin Zuhri, Sumarmiyati Sumarmiyati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/353 Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 Penerapan Metode ODOA dalam Meningkatkan Hasil Belajar Menghafal Siswa Kelas VII B MTs Al-Jauharen Kota Jambi https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/325 <p style="font-weight: 400;">Capaian pembelajaran terbaik dari menghafal Al-Qur'an dan aktivitas siswa harus ditaklukkan dengan menggunakan teknik yang tepat karena terkait dengan kapasitas siswa untuk mengartikulasikan setiap ayat yang dihafal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penerapan metode ODOA alam meningkatkan hasil hafalan siswa kelas VII B Juz 30 di MTs Al-Jauharen Kota Jambi melalui proyek penelitian tindakan kelas kolaboratif. Konten dimodifikasi untuk mengikuti RPP sekolah. 21 siswa di kelas VII B bertugas sebagai subjek penelitian. Melalui tes dan observasi, kemudian data dikumpulkan dan analisis secara deskriptif. Temuan penelitian adalah 21 hasil belajar menghafal siswa untuk Al-Qur'an juz 30 meningkat secara signifikan dengan pendekatan ODOA. Hal ini jelas dari awal implementasi siklus I hingga akhir siklus II. Siswa kelas VII B mengalami peningkatan kemampuan menghafal ketika pendekatan ODOA diterapkan. Kenaikan dari 61,9% (13 siswa) pada siklus I menjadi 76,2% (16 siswa) pada siklus II. Nilai rata-rata siswa meningkat dari 73 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II.</p> Nanang Qosim Al Masquri Masquri, Raoda Tul Jannah Maruddani Copyright (c) 2024 Nanang Qosim Al Masquri Masquri, Raoda Tul Jannah Maruddani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/325 Sat, 04 May 2024 00:00:00 +0700 Pengembangan Desain Produk E-LKM Berbasis Problem Solving untuk Pemecahan Masalah dan Miskonsepsi IPA SD pada Mahasiswa PGSD https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/337 <p style="font-weight: 400;">Penelitaian ini bertujuan untuk mengembangkan desain produk e-LKM berbasis <em>problem solving</em>. Pengembangan dalam penelitian ini merupakan bagian dari inovasi dari lembar kerja mahasiswa yang selama ini belum ada yang menggembangkan. Produk pengembangan Inovasi ini bertujuan agar memudahkan mahasiswa dalam memahami materi pemecahan masalah, karena e-LKM ini di sesuaikan dengan langkah-langkah dari <em>problem solving</em>. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana desain produk e-LKM berbasis <em>problem </em>solving yang di kembangkan. Penelitian ini menggunakan metode R&amp;D (<em>Research and Development)</em>. Pada penelitian pengembangan ini terdapat 13 materi yang di kembangkan. Materi tersebut mencakup adaptasi mahluk hidup dengan lingkungan, tumbuhan hijau, proses daur air atau daur hidrologi, makanan dan alat pencernaan, pernafasan, proses perubahan sifat benda, listrik, magnet, peristiwa alam, cahaya, proses terbentuknya alam semesta, tata surya, dan struktur bumi. Produk e-LKM berbasis <em>problem solving </em>yang di kembangkan di 13 materi sudah sesuai dengan sintak atau langkah-langkah <em>problem solving.</em> Hasil kevalidan produk dilihat berdasarkan beberapa aspek, diantaranya dari aspek perangkat lunak, tampilan, konten dan isi. Kevalidan tersebut dapat dilihat dari skor kevalidan yang mencapai 86% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa desain produk E-LKM berbasis <em>problem solving</em> untuk pemecahan masalah dan miskonsepsi IPA SD pada mahasiswa PGSD sangat valid dan dapat digunakan.</p> Bagus Amirul Mukmin, Abdul Aziz Hunaifi, Wahyudi, Like Fanisia Copyright (c) 2024 Bagus Amirul Mukmin, Abdul Aziz Hunaifi, Wahyudi Wahyudi, Like Fanisia https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/337 Sat, 04 May 2024 00:00:00 +0700 Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Siswa kelas IIB Sekolah Dasar https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/355 <p style="font-weight: 400;">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIB SDN 004 Samarinda Utara melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Permasalahan pada penelitian ini adalah hasil belajar pendidikan pancasila yang rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I memperoleh hasil belajar yang baik dan langsung memenuhi target peneliti dengan persentase ketuntasan 82,76%. Melalui refleksi pada siklus I, peneliti melakukan perbaikan dan perubahan pelaksanaan sehingga siklus II memperoleh persentase ketuntasan sebesar 89,66%. Siklus III memperoleh persentase ketuntasan sebesar 96,55% dan jumla siswa yang tidak tuntas hanya 1 orang dari keseluruhan siswa sebanyak 29 orang. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIB SDN 004 Samarinda Utara.</p> Afdal, Eka Selvi Handayani, Rohaniah Copyright (c) 2024 afdal afdal, Eka Selvi Handayani, Rohaniah Rohaniah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/355 Sat, 04 May 2024 00:00:00 +0700