Optimasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.62

Keywords:

optimasi, media pembelajaran, keterampilan menulis

Abstract

KKN DR atau kuliah kerja nyata dari rumah adalah program dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri berbasis pengabdian kepada masyarakat dalam upaya pembangunan masyarakat Islam. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan pendidikan agama dalam kemampuan menulis huruf hijaiyah dan pembelajaran kepribadian religius di TPQ As-Syifa Pesantren Kota Kediri. Pengabdian ini menggunakan metode PAR, yakni metode dengan cara guru memberikan tugas khusus supaya anak didik melaksanakan aktivitas dengan cara berlatih. Dalam upaya mengoptimalkan keterampilan siswa dan juga didasari pula pada fenomena yang terjadi di dalam masyarakat setempat dalam pengajaran Al Qur’an. Siswa juga dapat memanfaatkan masa senggang atau waktu kosong mereka dengan aktivitas produktif yang juga bermanfaat untuk menambah kemampuan dalam menulis huruf hijaiyah. Kegiatan pengabdian ini membuahkan beberapa hasil, yaitu: meningkatkan skill atau keahlian anak didik dalam menulis Al Quran, meningkatkan pengetahuan huruf hijaiyah, serta anak didik mampu melafalkan huruf hijaiyah dengan baik. Mempelajari huruf hijaiyah sangat penting untuk menjaga kebenaran ilmiah, mematuhi ajaran Nabi Muhammad dan menjaga bahasa agar tidak terjadi kesalahan membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrianingsih, A., Putri, A. R., & Munir, M. M. (2019). Karakteristik Huruf Hijaiyah Sebagai Sarana Pembelajaran Baca Tulis Awal Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 5(2), 111–119. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1568.

Aini, S. Y. (2021). Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an pada Anak Usia Dini di RA Darul Ulum Mani’an Majungan Pademawu Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 65–74.

Ainiyah, N. (2013). MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Nur Ainiyah Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah Abstrak A . Pendahuluan Pendidikan karakter menjadi isu penting dalam dunia pendidikan akhir-akhir ini , hal ini berkaitan dengan fenomena dekadensi moral yang terjadi dite. 25–38.

Alanshori, M. Z. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Prespektif Islam. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1), 56–67. https://doi.org/10.30736/jce.v1i1.6.

Ali, M. M. (2015). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini Mahdi. Jrnal Edukasi, 1(2), 190–215. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/605.

Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213–227. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/3187.

Dani. (2020). Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Android. Jurnal Riset Inovasi Bidang Informatika Dan Pendidikan Informatika (KERNEL), 1(1), 16–23.

Hanipah, S. (2016). Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Paud Nurul Islam. Nuansa, IX(2), 123–133.

Hasanah, K. (2018). Implementasi Metode Tilawati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 1(1), 83. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v1i1.603.

Hermawan, D., Roup, & Jurjani, A. (2021). EFEKTIVITAS METODE TILAWATI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN SISWA SDIT BINTANG TANGERANG SELATAN. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 2(1), 168–187. https://doi.org/10.32806/jkpi.v2i1.35.

Islam, F. A., & Surakarta, U. M. (2013). Pembelajaran menulis huruf hijaiyah di tk aisyiyah bustanul athfal baturan.

Retnasari, L., Suyitno, S., & Hidayah, Y. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal SOLMA, 8(1), 32. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2968.

Sholeh, M. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. YINYANG: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 13(1), 71–83. https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i1.2018.pp71-83.

Soedjiwo, N. ade fredyarini. (2019). Dosen STAI Denpasar Bali. 1. 1–11.

Suhati, C., R, M., & Lestari, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Dengan Media Gambar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(9), 1–14.

Sunarto, M. Z., Krismawati, D. B., Lestari, D. P., Isanaini, A., Nur, D., Hasanah, U., Fidiarti, D. M., & Pratiwi, A. P. (2019). Proposal Kkn-Pkm Taman Pendidikan Al- Qur ’ an Sebagai Lembaga. 1620801998.

Tambak, S. (2016). Metode Resitasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13(1), 30–51. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(1).1510.

Taufiq, M., Mufassir, R., Alfani, M. I., Amrulloh, A., Syah, M. A., Syani, A. A., Utami, E. T., Apriani, A., Amelia, R., Syarofah, L. M., & Zahida, N. (2018). Pendidikan Moral Agama Melalui TPQ Al Muttaqien Dusun Turen Srumbung Magelang Sebagai Poros Pembangunan Generasi Umat. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 18(2), 143. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v18i2.1847.

Waewa, H. (2019). URGENSI PENDIDIKAN ISLAM UNTUK ANAK SEJAK DINI. 11(2), 50–57.

Waslah, Chotimah, C., Hasanah, F., & A., M. A. M. (2020). Pelatihan Pembelajaran Tajwid di TPQ Al Hidayah Desa Brodot Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 21–24. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_agama/article/view/1062.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-11-07

How to Cite

Azzah S, I. R. ., & Zuraidah, Z. (2021). Optimasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah pada Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.62