Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah

Authors

  • Syafadella E. Morees Universitas Pattimura Ambon
  • Bety D.S Hetharion Universitas Pattimura Ambon
  • Nur Aida Kubangun Universitas Pattimura Ambon
  • Gazali Far-Far Universitas Pattimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.642

Keywords:

Implementasi, Model Pembelajaran, Problem Based Learning

Abstract

Latar Belakang: Dalam aktifitas belajar mengajar pada mata pelajaran sejarah, guru cenderung menerapkan metode belajar yang konvensional dengan pendekatan ceramah dan selalu berpusat pada guru. Hal inilah yang membuat peserta didik cenderung pasif, dan merasa membosankan. Tujuan: Problem Based Learning (PBL) adalah Model pembelajaran yang melibatkan peserta didik aktif dalam proses belajar mengajar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil: Hasil dari penelitian ini menujukan kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran Problem Baseed Learning sangat efektif. Hal ini dapat dilihat pada siklus I hingga Siklus II. Nilai rata-rata persentase kegiatan guru pada siklus I sebesar 66,67% dan meningkat sebesar 16,66% pada siklus II menjadi 83,33%.  Kesimpulan: Model Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terkait dengan materi Kolonialisme bangsa Belanda di Indonesia dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.

H, R. &. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127-134. DOI:10.23887/jiis.v4i2.16527 DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527

Hardiansyah, M. A. (2021). Analisis perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran daring ke luring pada masa pandemi COVID-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840-5852. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784

Lestariningsih, W. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif “Wordwall” Di Kelas X Te 2. HISTORIA PEDAGOGIA: Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Sejarah, 13(1), 1-8. DOI:10.69896/modeling.v11i2.2366 DOI: https://doi.org/10.15294/hp.v13i01.6822

Muhtarom, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah., 11(1), 1-8. DOI:10.23887/jjps.v11i1.51860 DOI: https://doi.org/10.23887/jjps.v11i1.51860

Prihantoro, A. &. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin:Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283 DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Puspitasari, D. d. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learningdengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-149. Doi: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295 DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295

Santosa, Y. (n.d.). Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah Di Sekolah Menegah Atas Kota Depok. Jurnal Candrasangkala, 3(1), 30-36. DOI:10.30870/candrasangkala.v3i1.2885 DOI: https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2885

Saputra R, &. S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI di SMA Bina Warga 1 Palembang. (5)2. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(2), 455-461. DOI: 10.51874/jips.v5i2.291 DOI: https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.291

Sinambela, M. B. (2018). Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Reality. Jktp, 1(1), 7-12. DOI: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/ article/download/2816/2176

Sumarni, S. d. (2024). Pengembangan Modul Ajar PTK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1717-1728. DOI: 10.31004/obsesi.v8i6.6411 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6411

Sumiatie. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMAS PGRI-2 Palangka Raya. Jurnal Meretas. 7(1), 80-93.

Utomo, P. d. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis Panduan Praktis Untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 1-9. Doi: https://edu.pubmedia.id/index.php/ptk DOI: https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Zamzam, K. F. (2016). Pendekatan Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pedagogia, 2(1), 279–286. DOI:10.21070/pedagogia.v5i2.261 DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.261

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-24

How to Cite

Morees, S. E., Hetharion, B. D., Kubangun, N. A., & Far-Far, G. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 398–410. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.642

Issue

Section

Articles