Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Sejarah
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.642Keywords:
Implementasi, Model Pembelajaran, Problem Based LearningAbstract
Latar Belakang: Dalam aktifitas belajar mengajar pada mata pelajaran sejarah, guru cenderung menerapkan metode belajar yang konvensional dengan pendekatan ceramah dan selalu berpusat pada guru. Hal inilah yang membuat peserta didik cenderung pasif, dan merasa membosankan. Tujuan: Problem Based Learning (PBL) adalah Model pembelajaran yang melibatkan peserta didik aktif dalam proses belajar mengajar. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil: Hasil dari penelitian ini menujukan kegiatan belajar mengajar menggunakan model pembelajaran Problem Baseed Learning sangat efektif. Hal ini dapat dilihat pada siklus I hingga Siklus II. Nilai rata-rata persentase kegiatan guru pada siklus I sebesar 66,67% dan meningkat sebesar 16,66% pada siklus II menjadi 83,33%. Kesimpulan: Model Problem Based Learning dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terkait dengan materi Kolonialisme bangsa Belanda di Indonesia dan meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.
H, R. &. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127-134. DOI:10.23887/jiis.v4i2.16527 DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527
Hardiansyah, M. A. (2021). Analisis perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran daring ke luring pada masa pandemi COVID-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840-5852. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784
Lestariningsih, W. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Sejarah Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif “Wordwall” Di Kelas X Te 2. HISTORIA PEDAGOGIA: Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Sejarah, 13(1), 1-8. DOI:10.69896/modeling.v11i2.2366 DOI: https://doi.org/10.15294/hp.v13i01.6822
Muhtarom, H. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal Di Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Widya Winayata: Jurnal Pendidikan Sejarah., 11(1), 1-8. DOI:10.23887/jjps.v11i1.51860 DOI: https://doi.org/10.23887/jjps.v11i1.51860
Prihantoro, A. &. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin:Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283 DOI: https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Puspitasari, D. d. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learningdengan Media Games Dadu dan Kahoot terhadap Hasil Belajar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 135-149. Doi: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295 DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.295
Santosa, Y. (n.d.). Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah Di Sekolah Menegah Atas Kota Depok. Jurnal Candrasangkala, 3(1), 30-36. DOI:10.30870/candrasangkala.v3i1.2885 DOI: https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2885
Saputra R, &. S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI di SMA Bina Warga 1 Palembang. (5)2. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 5(2), 455-461. DOI: 10.51874/jips.v5i2.291 DOI: https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.291
Sinambela, M. B. (2018). Taman Peninggalan Sejarah Berbasis Virtual Reality. Jktp, 1(1), 7-12. DOI: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/ article/download/2816/2176
Sumarni, S. d. (2024). Pengembangan Modul Ajar PTK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1717-1728. DOI: 10.31004/obsesi.v8i6.6411 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6411
Sumiatie. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMAS PGRI-2 Palangka Raya. Jurnal Meretas. 7(1), 80-93.
Utomo, P. d. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis Panduan Praktis Untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 1-9. Doi: https://edu.pubmedia.id/index.php/ptk DOI: https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Zamzam, K. F. (2016). Pendekatan Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pedagogia, 2(1), 279–286. DOI:10.21070/pedagogia.v5i2.261 DOI: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.261
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syafadella E. Morees, Bety D.S Hetharion, Nur Aida Kubangun, Gazali Far-Far

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0