PKM Museum Sebagai Afirmasi Pembelajaran Bagi Mahasiswa Sejarah

Authors

  • Aksilas Dasfordate Universitas Negeri Manado
  • Boni Marian Universitas Negeri Manado
  • Darmawan Edi Winoto Universitas Negeri Manado
  • I Ketut Arya Sentana Mahartha Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.817

Keywords:

Museum, Pembelajaran Sejarah, Afirmasi Pembelajaran, Kompetensi Akademik, Mahasiswa Sejarah

Abstract

Latar Belakang: Pembelajaran sejarah di perguruan tinggi menghadapi tantangan dalam menghadirkan pengalaman edukatif yang bermakna dan kontekstual, dimana museum memiliki potensi besar sebagai media pembelajaran yang dapat menjembatani kesenjangan antara pengetahuan teoretis dengan pemahaman kontekstual yang mendalam. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran sejarah berbasis museum yang dapat mengafirmasi kompetensi akademik mahasiswa sejarah, khususnya dalam meningkatkan kemampuan interpretasi historis, keterampilan penelitian sejarah, dan literasi budaya. Metode: Program pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain sequential explanatory. Hasil: Implementasi pembelajaran berbasis museum menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman konseptual (20,4%), kemampuan analisis historis (21,3%), literasi sejarah (20,6%), dan motivasi belajar (20,6%) dengan p < 0,05. Sebanyak 88,9% mahasiswa menyatakan sangat setuju bahwa koleksi museum membantu pemahaman mereka terhadap materi sejarah. Kesimpulan: Museum terbukti efektif sebagai media afirmasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi akademik mahasiswa sejarah secara komprehensif. Model pembelajaran yang dikembangkan dapat direplikasi pada konteks pembelajaran lainnya, dengan rekomendasi penelitian lanjutan untuk mengeksplorasi efek jangka panjang dan integrasi teknologi digital. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirudin, D. V., Muchsin, S., & Anadza, H. (2025). Efektivitas Pelayanan Pembelajaran di Luar Sekolah dalam Rangka Peningkatan Edukasi Pelestarian Sejarah Bagi Pelajar Kota Malang (Studi Pada Museum Mpu Purwa). Jurnal Respon Publik, 19(2), 30–40.

Ariyanto, S. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus Di Prodi Pendidikan Sejarah Unindra). Journal of Chemical Information and Modeling, 9(1), 1–9.

Chatulistiwa, D., Mustika, N., Khairunnisa, S., & Santoso, G. (2024). Peran Museum Pendidikan Nasional Sebagai Media Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(2), 122–131.

Fairuzabadi, M. I. B. D. G. M., Abdu, M. K. B. M., & Setiaji, A. W. (2022). Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Museum.

Lutfi, F., & Afifudin, H. (2024). Model Penjaminan Mutu Internal dalam Membangun Daya Saing Kampus Dakwah dan Peradaban (Study Exploratory Sequential Mixed Method di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5, 1983–2006. http://jurnaledukasia.org

Martini, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Lerning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Sejarah. Kala Manca: Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(2), 46–50. https://doi.org/10.69744/kamaca.v11i2.211 DOI: https://doi.org/10.69744/kamaca.v11i2.211

Mulyani, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS di SMA Negeri I Wonoayu, Sidoarjo. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 4(2), 320–328.

Nomor, V., Februari, B., Halaman, T., Arif, S., Rachmedia, V., & Pratama, R. A. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah. 5(1), 435–446. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4685

Prasetyo, Y. B., Anjani, K. T., & Rakhman, S. (2021). Museum Kehutanan sebagai Media Pembelajaran Sejarah pada Materi Sumber Sejarah. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 17(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.22437/krinok.v1i2.18339

Putra, F. D., & Basri, W. (2023). Museum Adityawarman Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Indonesia. Widya Winayata : Jurnal Pendidikan Sejarah, 11(1), 42–58. https://doi.org/10.23887/jjps.v11i1.59181 DOI: https://doi.org/10.23887/jjps.v11i1.59181

Rafi, A., Umasih, U., & Abrar, A. (2023). Hubungan motivasi terhadap hasil belajar sejarah siswa di sekolah menengah atas. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 554. https://doi.org/10.29210/1202322955 DOI: https://doi.org/10.29210/1202322955

Safi, J., & Bau, S. O. (2021). Pemanfaatan Museum Rempah Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Artefak, 8(1), 11–18. DOI: https://doi.org/10.25157/ja.v8i1.5087

Sasmita, G. G., Steven, J., & Rahma, S. (2025). Integrasi AI dalam Optimalisasi Tata Pamer Museum : Strategi Edukatif Berbasis Sejarah dan Arkeologi. 681–690.

Siahaan, R. D., Perbina Br Tarigan, N., Sadar, S., Lumban Batu, S., & Sinaga, Y. (2023). Peduli Sejarah, ITS Surabaya ajak mahasiswa PMM jelajah peradaban Majapahit di Museum Trowulan. Jurnal Pendidikan, 7(1), 79–83.

Wahyudi, A., Yulifar, L., & Saripudin, D. (2024). Ke Museum Pendidikan Nasional Upi Sebagai Sumber Belajar Sejarah. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 7(2), 115–126. DOI: https://doi.org/10.17509/historia.v7i2.72766

Yusfiarto, R. (2023). Transition Strategies of Green MSMEs: A Sequential Explanatory Design Mix Method Analysis. East Java Economic Journal, 7(2), 248–268. https://doi.org/10.53572/ejavec.v7i2.113 DOI: https://doi.org/10.53572/ejavec.v7i2.113

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-11-30

How to Cite

Dasfordate, A., Marian, B., Winoto, D. E., & Mahartha, I. K. A. S. (2025). PKM Museum Sebagai Afirmasi Pembelajaran Bagi Mahasiswa Sejarah. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 322–332. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.817