Upaya Mereduksi Perilaku Bullying melalui Bimbingan Kelompok dengan Metode Role-playing pada Peserta Didik Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.9Keywords:
Bullying, bimbingan kelompok, role playingAbstract
Bullying sudah menjadi kecerendungan pada jaman sekarang yang mulai ditiru oleh peserta didik dari SMP, SMA bahkan juga terjadi pada peserta didik SD. Perilaku bullying yang terjadi di lapangan pun beragam dari mulai bullying fisik, verbal, sosial bahkan cyber bullying. Hal ini merupakan suatu tantangan yang harus segera mendapatkan tindakan nyata. Tindakan awal dilakukan terhadap 6 anak yang memiliki kecenderungan perilaku bullying tinggi dibanding dengan peserta didik yang lain. Peserta didik tersebut mendapatkan tindakan bimbingan kelompok dengan metode role-playing. Hasil refleksi siklus I menunjukkan bahwa perilaku bullying sudah terjadi penurunan dalam hal bullying secara fisik namun belum pada bullying sosial maupun verbal. Kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II, hasil refleksi menunjukkan penurunan pada bullying sosial seperti mengintimidasi namun belum mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan. Pada siklus III setelah pemberian tindakan bimbingan kelompok dengan metode role playing kemudian dilakukan refleksi dan mendapatkan hasil penurunan perilaku bullying secara signifikan. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan penurunan sebesar 30%. Maka penelitian ini dinyatakan tuntas karena dapat mereduksi perilaku bullying melalui bimbingan kelompok dengan metode role playing.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Coloroso, Barbara (2006). Penindas, Tertindas, dan Penonton: Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Jakarta: Serambi Ilmu Pustaka.
Dwi Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Kemmis, Stephen dan Mc Taggart, Robin. (2007). Participatory Action Research. Diakses dari Jurnal Denzin & Lincoln (Strategies)-45378.qxd.page 283.
Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.
Moh Nazir. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain .2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Tadkiroatun Musfiroh. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta : Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Fitri Susanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0