Upaya Mereduksi Perilaku Bullying melalui Bimbingan Kelompok dengan Metode Role-playing pada Peserta Didik Kelas XI SMA

Authors

  • Fitri Susanti SMA NEGERI 1 Loceret

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.9

Keywords:

Bullying, bimbingan kelompok, role playing

Abstract

Bullying sudah menjadi kecerendungan pada jaman sekarang yang mulai ditiru oleh peserta didik dari SMP, SMA bahkan juga terjadi pada peserta didik SD. Perilaku bullying yang terjadi di lapangan pun beragam dari mulai bullying fisik, verbal, sosial bahkan cyber bullying. Hal ini merupakan suatu tantangan yang harus segera mendapatkan tindakan nyata. Tindakan awal dilakukan terhadap 6 anak yang memiliki kecenderungan perilaku bullying tinggi dibanding dengan peserta didik yang lain. Peserta didik tersebut mendapatkan tindakan bimbingan kelompok dengan metode role-playing. Hasil refleksi siklus I menunjukkan bahwa perilaku bullying sudah terjadi penurunan dalam hal bullying secara fisik namun belum pada bullying sosial maupun verbal. Kemudian dilanjutkan pada tindakan siklus II, hasil refleksi menunjukkan penurunan pada bullying sosial seperti mengintimidasi namun belum mencapai tingkat keberhasilan yang diinginkan. Pada siklus III setelah pemberian tindakan bimbingan kelompok dengan metode role playing kemudian dilakukan refleksi dan mendapatkan hasil penurunan perilaku bullying secara signifikan. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan penurunan sebesar 30%. Maka penelitian ini dinyatakan tuntas karena dapat mereduksi perilaku bullying melalui bimbingan kelompok dengan metode role playing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Coloroso, Barbara (2006). Penindas, Tertindas, dan Penonton: Resep Memutus Rantai Kekerasan Anak dari Prasekolah hingga SMU. Jakarta: Serambi Ilmu Pustaka.

Dwi Siswoyo. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Kemmis, Stephen dan Mc Taggart, Robin. (2007). Participatory Action Research. Diakses dari Jurnal Denzin & Lincoln (Strategies)-45378.qxd.page 283.

Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Moh Nazir. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain .2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tadkiroatun Musfiroh. (2005). Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta : Depdiknas.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-11-12

How to Cite

Susanti, F. (2020). Upaya Mereduksi Perilaku Bullying melalui Bimbingan Kelompok dengan Metode Role-playing pada Peserta Didik Kelas XI SMA. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 34–46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.9