Optimasi Pemasaran Digital Sartika FARM Hidroponik Menggunakan Social Messaging dan Google My Business

Authors

  • Agus Muji Santoso Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sucipto Sucipto Universitas Nusantara PGRI Kediri https://orcid.org/0000-0003-3412-002X
  • Hesti Istiqlaliyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aidina Ristyawan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rini Indriati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Zainal Afandi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sulistiono Sulistiono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • RR Forijati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rina Firliana Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Poppy Rahmatika Primandiri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sutikno Sutikno Sartika Asri Farm Hidroponik Kota Kediri
  • Suciati Suciati Sartika Asri Farm Hidroponik Kota Kediri
  • Dewi Rahajoe Penggerak PKK Kelurahan Singonegaran Kota Kediri
  • Moch. Nurul Hadi Kelurahan Singonegaran Kota Kediri
  • Agus Fatony Tohari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Kediri
  • Ryan Marcell Wibisono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Aldi Pratama Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mukhammad Annafinurika Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Nurmala As'ari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Linda Elyanawati Rahayu Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hesti Mei Wulandari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Qonita Nur Rohmania Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bella Putri Damayanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Vina Churotul Laili Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hana Refri Gunawan Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.130

Keywords:

hidroponik, pemasaran digital, social messaging, google my business

Abstract

Sartika Farm merupakan salah satu kelompok kerja ibu-ibu PKK di RT 39/RW 08 Kelurahan Singonegaran Kota Kediri yang masih memproduksi sayur hidroponik. Sartifa Farm berdiri sejak inisiasi program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)di Kota Kediri (2019). Peningkatan kualitas dan kuantitas setelah pendampingan oleh TIM Hibah PKM Universitas Nusantara PGRI Kediri terhadap produksi sayur hidroponik perlu di perhatikan pada sisi distribusi pemasarannya. Pemasaran saat ini masih menggunakan konvensional dengan pemberdayaan masyarakat sekitar. Tim pengabdian memberikan pelatihan dalam strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Starategi yang digunakan dengan Social Messaging dan Google My Business. Hasil yang akan didapatkan yaitu Produk Sartika Farm lebih dikenal di media digital dan pemasaran lebih luas..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Devi, H. P., Ayera, A., & Artikel, G. (2022). Pendampingan Perancangan Promosi Hanania Photography dan Videography Melalui Google Bisnis. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.55506/ARCH.V1I2.18

Dwiarta, I. M. B. (2017). GOOGLE BISNIS, SIM DAN SIA GUNA MENETUKAN HPP SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN PENDAPATKAN MASYARAKAT. Jurnal Penamas Adi Buana, 1(1), 27–38. https://doi.org/10.36456/PENAMAS.VOL4.NO2

Madriz, S., & Tejedor, S. (2020). Analysis of Effective Digital Communication in Travel Blog Business Models. Communication & Society (Formerly Comunicación y Sociedad), 33(4), 75–87. https://doi.org/10.15581/003.33.4.75-87

Natorina, A. (2020). Business optimization in the digital age: Insights and recommendations. Economic Annals-XXI, 181(1–2), 83–91. https://doi.org/10.21003/EA.V181-07

Nurcahyo, K. E., Sucipto, S., & Nugroho, A. (2020). Mapping Student Data Using Data Warehouse for Promotion at Vocational High School of Z. RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management, 3(2), 55–66. https://doi.org/10.25273/RESEARCH.V3I2.6883

Nurfaizah, N., Purwati, Y., Hermanto, N., & Sarmini, S. (2020). Penerapan Teknologi QR Code untuk Memantau Proses Ronda di Desa Ciberem Sumbang. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 2(1), 29–34. https://doi.org/10.35671/JPMM.V2I1.945

Sari, R. P. (2022). The Interaction of User Experiences with Digital Economy Platforms and Creative Writing: Empirical Evidence from Indonesia. Journal of Eastern European and Central Asian Research, 9(1), 120–128. https://doi.org/10.15549/JEECAR.V9I1.868

Sipayung, E., Priyanto, S. H., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK PENGUNJUNG (STUDI PADA KAMPOENG KOPI BANARAN, PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX KABUPATEN SEMARANG). JURNAL ILMIAH AGRINECA, 19(2), 55–65. https://doi.org/10.36728/AFP.V19I2.901

Sucipto, S. (2020). Sistem Legalisir Online berbasis Social Messaging. Repository Publikasi Ilmiah. https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/9

Sucipto, S., Sulistiyowati, T. I., Utami, B., & Qamaria, R. S. (2020). Gerakan Budidaya Tanaman Obat Keluarga sebagai Kepedulian Masyarakat Menuju Desa Sehat di Desa Semen Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 85–94. https://doi.org/10.32503/CENDEKIA.V2I2.1002

Veretyokhin, A. v. (2022). Specificity and current trends in the digital advertising development. Вестник Университета, 0(2), 5–13. https://doi.org/10.26425/1816-4277-2022-2-5-13

Widayat, W. W., Utama, H., Daniati, E., & Sucipto. (2021). Recommendations for Choosing a Place to Stay in the Greater Malang Area Using SAW and TOPSIS. ICOIACT 2021 - 4th International Conference on Information and Communications Technology: The Role of AI in Health and Social Revolution in Turbulence Era, 256–261. https://doi.org/10.1109/ICOIACT53268.2021.9563971

Wijaya1, T. W., Muchlis2, Z., Ma’rifatul Azizah3, L., & Miftah4, D. M. (2021). PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK LOKAL MELALUI DIGITAL BUSINESS DAN PEMBAHARUAN BRAND PRODUK. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/PPM.44.661

Yang, Y., Tang, Y., Zhang, Y., & Yang, R. (2021). Exploring the Relationship Between Visual Aesthetics and Social Commerce Through Visual Information Adoption Unimodel. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2021.700180/FULL

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-10-20

How to Cite

Santoso, A. M., Sucipto, S., Istiqlaliyah, H., Ristyawan, A., Indriati, R., Afandi, Z., Sulistiono, S., Forijati, R., Firliana, R., Primandiri, P. R., Sutikno, S., Suciati, S., Rahajoe, D., Hadi, M. N., Tohari, A. F., Wibisono, R. M., Pratama, A., Annafinurika, M., As’ari, N., Rahayu, L. E., Wulandari, H. M. ., Rohmania, Q. N. ., Damayanti, B. P. ., Laili, V. C. ., & Gunawan, H. R. . (2022). Optimasi Pemasaran Digital Sartika FARM Hidroponik Menggunakan Social Messaging dan Google My Business. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19–29. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.130

Most read articles by the same author(s)