Optimasi Pemasaran Digital Sartika FARM Hidroponik Menggunakan Social Messaging dan Google My Business
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.130Keywords:
hidroponik, pemasaran digital, social messaging, google my businessAbstract
Sartika Farm merupakan salah satu kelompok kerja ibu-ibu PKK di RT 39/RW 08 Kelurahan Singonegaran Kota Kediri yang masih memproduksi sayur hidroponik. Sartifa Farm berdiri sejak inisiasi program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)di Kota Kediri (2019). Peningkatan kualitas dan kuantitas setelah pendampingan oleh TIM Hibah PKM Universitas Nusantara PGRI Kediri terhadap produksi sayur hidroponik perlu di perhatikan pada sisi distribusi pemasarannya. Pemasaran saat ini masih menggunakan konvensional dengan pemberdayaan masyarakat sekitar. Tim pengabdian memberikan pelatihan dalam strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Starategi yang digunakan dengan Social Messaging dan Google My Business. Hasil yang akan didapatkan yaitu Produk Sartika Farm lebih dikenal di media digital dan pemasaran lebih luas..
Downloads
References
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset Di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Devi, H. P., Ayera, A., & Artikel, G. (2022). Pendampingan Perancangan Promosi Hanania Photography dan Videography Melalui Google Bisnis. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 70–76. https://doi.org/10.55506/ARCH.V1I2.18
Dwiarta, I. M. B. (2017). GOOGLE BISNIS, SIM DAN SIA GUNA MENETUKAN HPP SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN PENDAPATKAN MASYARAKAT. Jurnal Penamas Adi Buana, 1(1), 27–38. https://doi.org/10.36456/PENAMAS.VOL4.NO2
Madriz, S., & Tejedor, S. (2020). Analysis of Effective Digital Communication in Travel Blog Business Models. Communication & Society (Formerly Comunicación y Sociedad), 33(4), 75–87. https://doi.org/10.15581/003.33.4.75-87
Natorina, A. (2020). Business optimization in the digital age: Insights and recommendations. Economic Annals-XXI, 181(1–2), 83–91. https://doi.org/10.21003/EA.V181-07
Nurcahyo, K. E., Sucipto, S., & Nugroho, A. (2020). Mapping Student Data Using Data Warehouse for Promotion at Vocational High School of Z. RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management, 3(2), 55–66. https://doi.org/10.25273/RESEARCH.V3I2.6883
Nurfaizah, N., Purwati, Y., Hermanto, N., & Sarmini, S. (2020). Penerapan Teknologi QR Code untuk Memantau Proses Ronda di Desa Ciberem Sumbang. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 2(1), 29–34. https://doi.org/10.35671/JPMM.V2I1.945
Sari, R. P. (2022). The Interaction of User Experiences with Digital Economy Platforms and Creative Writing: Empirical Evidence from Indonesia. Journal of Eastern European and Central Asian Research, 9(1), 120–128. https://doi.org/10.15549/JEECAR.V9I1.868
Sipayung, E., Priyanto, S. H., Kristen, U., & Wacana, S. (2019). ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK PENGUNJUNG (STUDI PADA KAMPOENG KOPI BANARAN, PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IX KABUPATEN SEMARANG). JURNAL ILMIAH AGRINECA, 19(2), 55–65. https://doi.org/10.36728/AFP.V19I2.901
Sucipto, S. (2020). Sistem Legalisir Online berbasis Social Messaging. Repository Publikasi Ilmiah. https://repository.ciptamediaharmoni.id/index.php/repo/article/view/9
Sucipto, S., Sulistiyowati, T. I., Utami, B., & Qamaria, R. S. (2020). Gerakan Budidaya Tanaman Obat Keluarga sebagai Kepedulian Masyarakat Menuju Desa Sehat di Desa Semen Kabupaten Kediri. Cendekia : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 85–94. https://doi.org/10.32503/CENDEKIA.V2I2.1002
Veretyokhin, A. v. (2022). Specificity and current trends in the digital advertising development. Вестник Университета, 0(2), 5–13. https://doi.org/10.26425/1816-4277-2022-2-5-13
Widayat, W. W., Utama, H., Daniati, E., & Sucipto. (2021). Recommendations for Choosing a Place to Stay in the Greater Malang Area Using SAW and TOPSIS. ICOIACT 2021 - 4th International Conference on Information and Communications Technology: The Role of AI in Health and Social Revolution in Turbulence Era, 256–261. https://doi.org/10.1109/ICOIACT53268.2021.9563971
Wijaya1, T. W., Muchlis2, Z., Ma’rifatul Azizah3, L., & Miftah4, D. M. (2021). PENGEMBANGAN PEMASARAN PRODUK LOKAL MELALUI DIGITAL BUSINESS DAN PEMBAHARUAN BRAND PRODUK. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.18196/PPM.44.661
Yang, Y., Tang, Y., Zhang, Y., & Yang, R. (2021). Exploring the Relationship Between Visual Aesthetics and Social Commerce Through Visual Information Adoption Unimodel. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/FPSYG.2021.700180/FULL
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agus Muji Santoso, Sucipto Sucipto, Hesti Istiqlaliyah, Aidina Ristyawan, Rini Indriati, Zainal Afandi, Sulistiono Sulistiono, RR Forijati, Rina Firliana, Poppy Rahmatika Primandiri, Sutikno Sutikno, Suciati Suciati, Dewi Rahajoe, Moch. Nurul Hadi, Agus Fatony Tohari, Ryan Marcell Wibisono, Aldi Pratama, Mukhammad Annafinurika, Nurmala As'ari, Linda Elyanawati Rahayu, Hesti Mei Wulandari, Qonita Nur Rohmania, Bella Putri Damayanti, Vina Churotul Laili, Hana Refri Gunawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0