Pelatihan Penggunaan Mendeley sebagai Alat Sinkronisasi Metadata Artikel Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.23Keywords:
Mendeley, Metadata, NaskahAbstract
Mendeley merupakan salah satu alat yang familiar di kalangan penulis sebagai alat bantu pengutipan referensi naskah ilmiah. Penggunaan mendelay masih dianggap sebagai alat yang serba otomatis, sehingga masih banyak pengguna kurang teliti mengenai metadata artikel yang masuk pada kutipan maupun daftar referensi. Maka dari itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan mengenai penggunaan Mendeley sebagai penunjang penulisan naskah ilmiah dengan memperhatikan faktor kelengkapan metadata sehingga setiap metadata dapat sinkron dengan naskah ilmiah yang dikutip. Pelatihan ini dilakukan secara offline sesuai dengan aturan protokol Covid-19. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa peserta mendapatkan pemahaman mengenai metadata naskah ilmiah dengan bantuan perangkat lunak Mendeley.
Downloads
References
Haunschild, Robin and Lutz Bornmann. 2016. “Normalization of Mendeley Reader Counts for Impact Assessment.” Journal of Informetrics 10(1):62–73.
Henning, Victor and Jan Reichelt. 2008. “Mendeley - A Last.Fm for Research?” Pp. 327–28 in Proceedings - 4th IEEE International Conference on eScience, eScience 2008. IEEE Computer Society.
Ismail, Ismail and Elihami Elihami. 2019. “Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang.” MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT 1(1):12–20.
Munajatisari, Rinni Rodiah. 2014. “Analisis Efektivitas Metode Pelatihan Klasikal Dan E-Learning.” Jurnal Administrasi Bisnis 10(2).
Nur, Taufik, H. Zakir Sabara, and Ismail Suardi Wekke. 2018. Teknik Menulis Karya Ilmiah: Dengan 8 Senjata Aplikasi Pendukung Produktivitas Riset. Deepublish.
Rahmawati, Cut, Meliyana Meliyana, Yuliana Yuliana, and Helwiyah Zain. 2018. “Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen.” JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT 8(1):30.
Salam, Rudi, Muhammad Akhyar, Abd. Muhaimin Tayeb, and Risma Niswaty. 2017. “Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Mahasiswa Dalam Menunjang Daya Saing Perguruan Tinggi.” Jurnal Office 3(1):61.
Vargas, Saúl, Maya Hristakeva, and Kris Jack. 2016. “Mendeley: Recommendations for Researchers.” Pp. 365–365 in Proceedings of the 10th ACM Conference on Recommender Systems - RecSys ’16. New York, New York, USA: ACM Press.
Yanti, Gusneli, Zainuri Z, and Shanti Wahyuni Megasari. 2020. “Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi E-Jurnal Bagi Researcher Club.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(3):461–69.
Zahedi, Zohreh, Rodrigo Costas, and Paul Wouters. 2017. “Mendeley Readership as a Filtering Tool to Identify Highly Cited Publications.” Journal of the Association for Information Science and Technology 68(10):2511–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sucipto Sucipto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0