Sosialisasi Implementasi Penggunaan Aplikasi TENDA IOT174 untuk guru PJOK SMA/SMK Kabupaten Blitar
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.235Keywords:
Aplikasi, Bolavoli, TENDA IOT174Abstract
Aplikasi TENDA IOT174 merupakan Aplikasi yang digunakan untuk menganalisa suatu gerakan teknik dasar pada cabang olahraga bolavoli yang merupakan aplikasi yang tergolong baru. Para guru PJOK SMA/SMK yang sebagai mediator penyebar perkembangan pembelajaran khususnya dalam cabang olahraga bolavoli di Kabupaten Blitar juga belum paham dengan perkembangan zaman terkait dengan aplikasi yang digunakan untuk menganalisa gerakan siswa. Oleh karena itu perlu dilakukan pemberian pelatihan penggunaaan aplikasi TENDA IOT174 untuk guru PJOK SMA/SMK di Kabupaten Blitar. Program pelatihan penggunaan aplikasi TENDA IOT174 untuk guru PJOK ini bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan guru PJOK. Metode yang digunakan dalam kegiatan kegiatan pengabdian ini berupa sosialisasi dan simulasi yang dipandu oleh pemateri/ asisten. Hasil dari pelatihan ini para guru PJOK SMA/SMK memiliki pemahaman tentang penggunaan aplikasi TENDA IOT174 yang digunakan untuk menganalisa gerakan teknik dasar bolavoli.
Downloads
References
Ahmadi, N. (2017). Panduan Olahraga Bola Voli. Solo: Era Pustaka Utama.
Alif, M. N., & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Bandung: Sumedang: UPI Sumedang Press.
Junaidi, S., & Muharram, N. A. (2021). Pendekatan Metode Bermain III-I Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengumpan Pemain Bolavoli Pada Tim Putri Puslatkot Kota Kediri 2021. Sport Science, 21(2), 126–135.
Kristiyandaru, A. (2018). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Surabaya: Surabaya: Unesa University Press.
Kristiyanto, A. (2012). Pembangunan olahraga untuk kesejahteraan rakyat dan kejayaan bangsa. Surakarta: Surakarta : Yuma Pressindo.
Kurniawan, D. D. (2020). Pengaruh Latihan Metode Drill dan Game Terhadap Peningkatan Prestasi Lompat Jauh Pada Atlet Remaja. Sport Science and Health, 2(5), 285–292.
Muharram, N. A., & Kholis, M. N. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Atas melalui Model Pembelajaran Problem Based Introduction dalam Permainan Bola Voli. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN CITRA BAKTI (JIPCB), 5(2), 103–107.
Muharram, N. A., & PUSPODARI, P. (2020). PENGEMBANGAN BUKU TEKNIK DASAR TAEKWONDO BERBASIS MOBILE LEARNING DAN MODEL TES KETERAMPILAN TENDANGAN AP HURIGI PADA ATLET TAEKWONDO KOTA KEDIRI. Jurnal Kejaora: Jurnal Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga, 5(2), 41–46.
Muharram, N. A., & Putra, R. P. (2019). Pengembangan Buku Saku Mobile Learning Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Bolavoli Kota Kediri.
Muharram, N. . dan P. R. P. (2019). Pengembangan Buku Saku Mobile Learning Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Bolavoli Kota Kediri.SEMNALOG. SEMNALOG.
Muharram, N. A. (2020). PARADIGMA PENDIDIKAN KRITIS DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN JASMANI DIMASA PANDEMI COVID 19. In Bunga Rampai.
PBVSI. (2016). Peraturan Permainan Bola Voli. Jakarta: Jakarta: PBVSI.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspectives, 6th. Edition. New York: New York: Pearson Education Inc.
Sujarwo. (2017). PERKEMBANGAN BOLA VOLI MODERN. Yogyakarta: Yogyakarta: UNY Press.
Sujarwo. (2021). Scouting Statistik Bola Voli. Yogyakarta: Yogyakarta : UNY Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Ahmad Muharram, Budiman Agung Pratama, Taryatman Taryatman, Vera Septi Sistiasih, Satrio Sakti Rumpoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0