Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan (PPKSP)

Authors

  • Yayu Sri Rahayu Universitas Bale Bandung
  • Deanty Rumandang Bulan Universitas Bale Bandung
  • Rifi Rivani Radiansyah Universitas Bale Bandung
  • Fadli Azis Universitas Bale Bandung

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.574

Keywords:

Sekolah, Pencegahan Kekerasan, Service Learning

Abstract

Latar Belakang: Kekerasan di lingkungan pendidikan menjadi isu yang semakin mendapat perhatian di Indonesia. Berdasarkan data terbaru dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), hingga Oktober 2023 tercatat 1.478 kasus kekerasan terhadap anak. Tujuan: Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa serta tenaga pendidik terhadap pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah. Metode: Metode yang digunakan adalah service learning (SL), yaitu pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman yang mengintegrasikan aktivitas akademik dengan keterlibatan sosial. Hasil: Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai bentuk kekerasan, mekanisme pelaporan, serta strategi pencegahan dan intervensi di sekolah. Selain itu, kegiatan ini mendorong kesadaran tenaga pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Kesimpulan: Program ini berkontribusi pada pencegahan kekerasan di pendidikan, selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) poin 16 dan Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023, serta menjadi model bagi perguruan tinggi lain dalam pengabdian masyarakat berbasis edukasi dan advokasi perlindungan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdil Manar, S., & Nurul Hikmah B, A. (2024). Analisis Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Untuk Mencegah Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 54–59. https://doi.org/https://doi.org/10.62388/jpdp.v4i2.475 DOI: https://doi.org/10.62388/jpdp.v4i2.475

Amalia, N. (2024). Tridharma Perguruan Tinggi untuk Membangun Akademik dan Masyarakat Berpradaban. Karimah Tauhid, 3(4), 4654–4663. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12886 DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12886

Damanik, W. A., Pasaribu, S., Rahmawati, S., Haryati, D., & Fadilla, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS untuk Membentuk Siswa Berkepribadian Baik. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/23417?utm_source=chatgpt.com

Disha Afriani, I., & Khairunnisa, D. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Sosial dalam Kurikulum Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(03), 1041–1046. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3

Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086 DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086

Hamid, A., Wahira, W., & Hb, L. (2023). Pelatihan Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Anak Di Sekolah Dasar. SEMAR : Jurnal Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 1(01), 71–75. https://doi.org/10.59966/semar.v1i01.100 DOI: https://doi.org/10.59966/semar.v1i01.100

Hasanuddin, H., Aritama, R., Waliadin, W., Nofianti, L., & Imelda, C. (2024). Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2023 Tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1633–1640. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1076 DOI: https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1076

Humas KPAI. (2023). Rakornas dan Ekspose KPAI 2023: Membangun Indonesia Bebas Kekerasan Terhadap Anak. Berita KPAI, Siaran Pers. https://www.kpai.go.id/publikasi/rakornas-dan-ekspose-kpai-2023-membangun-indonesia-bebas-kekerasan-terhadap-anak?utm_source=chatgpt.com

Jacoby, B. (2015). Enhancing Commuter Student Success: What’s Theory Got to Do With It? New Directions for Student Services, 2015(150), 3–12. https://doi.org/10.1002/ss.20122 DOI: https://doi.org/10.1002/ss.20122

KEMENPPA. (2024). Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR). In Politektik Kesejahteraan Sosial (Vol. 01, pp. 1–25). https://kemenpppa.go.id/index.php/page/view/NDMyMg==

Khadafie, M. (2020). Peran Lembaga Pendidikan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Tindakan Kekerasan Pada Siswa. 4(3). https://doi.org/10.30863/mappesona.v3i1.819

Khasanah, R., Rakhmawati, D., & Handayani, A. (2024). Peran Guru Dalam Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Di Lingkungan Sekolah Dasar-Literatur Review. 10. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2688

Kowalski, R. M., Giumetti, G. W., Schroeder, A. N., & Lattanner, M. R. (2014). Bullying in the digital age: A critical review and meta-analysis of cyberbullying research among youth. Psychological Bulletin, 140(4), 1073–1137. https://doi.org/10.1037/a0035618 DOI: https://doi.org/10.1037/a0035618

Kurniasari, A. (2019). Dampak Kekerasan Pada Kepribadian Anak. Sosio Informa, 5(1). https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594 DOI: https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594

Ria, A., Sartika Saimima, I. D., Zakum, M. S., Hasiholan, B., Fahdyansyah, M. A., Aswanti, W., Fadilah, A., Suandewi, N. K., Hartono, B., & Ramadan, A. (2024). Sosialisasi Dan Penyuluhan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 46 Tahun 2023 Tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan. Abdi Bhara, 3(1), 43–51. https://doi.org/10.31599/a0w58674 DOI: https://doi.org/10.31599/a0w58674

Rimm-Kaufman, S. E., Merritt, E. G., Lapan, C., DeCoster, J., Hunt, A., & Bowers, N. (2021). Can service-learning boost science achievement, civic engagement, and social skills? A randomized controlled trial of Connect Science. Journal of Applied Developmental Psychology, 74, 101236. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2020.101236 DOI: https://doi.org/10.1016/j.appdev.2020.101236

Rusli, T. S., Boari, Y., Amelia, D., Dewi, R., & Amelia, D. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sa’diyah, H. (2021). KEKERASAN DALAM PENDIDIKAN; 11(1). https://doi.org/10.54180/elbanat.2021.11.1.70-86 DOI: https://doi.org/10.54180/elbanat.2021.11.1.70-86

Syafriyani, I., & Hidayat, I. (2025). Edukasi Pencegahan dan Penanganan Tindak Kekerasan Remaja di SMA Negeri 1 Lenteng. JURAGAN: Jurnal Ragam Pengabdian, 2(1), 59–65. https://doi.org/doi.org/10.62710/b4yb5x42

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-11

How to Cite

Rahayu, Y. S., Bulan, D. R., Radiansyah, R. R., & Azis, F. (2025). Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan (PPKSP). Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 252–268. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.574

Issue

Section

Articles