Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan (PPKSP)
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.574Keywords:
Sekolah, Pencegahan Kekerasan, Service LearningAbstract
Latar Belakang: Kekerasan di lingkungan pendidikan menjadi isu yang semakin mendapat perhatian di Indonesia. Berdasarkan data terbaru dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), hingga Oktober 2023 tercatat 1.478 kasus kekerasan terhadap anak. Tujuan: Program ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa serta tenaga pendidik terhadap pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah. Metode: Metode yang digunakan adalah service learning (SL), yaitu pendekatan pembelajaran berbasis pengalaman yang mengintegrasikan aktivitas akademik dengan keterlibatan sosial. Hasil: Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai bentuk kekerasan, mekanisme pelaporan, serta strategi pencegahan dan intervensi di sekolah. Selain itu, kegiatan ini mendorong kesadaran tenaga pendidik dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Kesimpulan: Program ini berkontribusi pada pencegahan kekerasan di pendidikan, selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) poin 16 dan Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023, serta menjadi model bagi perguruan tinggi lain dalam pengabdian masyarakat berbasis edukasi dan advokasi perlindungan anak.
Downloads
References
Abdil Manar, S., & Nurul Hikmah B, A. (2024). Analisis Strategi Penerapan Pendidikan Karakter Untuk Mencegah Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 54–59. https://doi.org/https://doi.org/10.62388/jpdp.v4i2.475 DOI: https://doi.org/10.62388/jpdp.v4i2.475
Amalia, N. (2024). Tridharma Perguruan Tinggi untuk Membangun Akademik dan Masyarakat Berpradaban. Karimah Tauhid, 3(4), 4654–4663. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12886 DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12886
Damanik, W. A., Pasaribu, S., Rahmawati, S., Haryati, D., & Fadilla, S. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS untuk Membentuk Siswa Berkepribadian Baik. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/23417?utm_source=chatgpt.com
Disha Afriani, I., & Khairunnisa, D. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Sosial dalam Kurikulum Pendidikan Nasional. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 02(03), 1041–1046. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i3
Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 6(1), 33. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086 DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086
Hamid, A., Wahira, W., & Hb, L. (2023). Pelatihan Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Anak Di Sekolah Dasar. SEMAR : Jurnal Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 1(01), 71–75. https://doi.org/10.59966/semar.v1i01.100 DOI: https://doi.org/10.59966/semar.v1i01.100
Hasanuddin, H., Aritama, R., Waliadin, W., Nofianti, L., & Imelda, C. (2024). Sosialisasi Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2023 Tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(5), 1633–1640. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1076 DOI: https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i5.1076
Humas KPAI. (2023). Rakornas dan Ekspose KPAI 2023: Membangun Indonesia Bebas Kekerasan Terhadap Anak. Berita KPAI, Siaran Pers. https://www.kpai.go.id/publikasi/rakornas-dan-ekspose-kpai-2023-membangun-indonesia-bebas-kekerasan-terhadap-anak?utm_source=chatgpt.com
Jacoby, B. (2015). Enhancing Commuter Student Success: What’s Theory Got to Do With It? New Directions for Student Services, 2015(150), 3–12. https://doi.org/10.1002/ss.20122 DOI: https://doi.org/10.1002/ss.20122
KEMENPPA. (2024). Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR). In Politektik Kesejahteraan Sosial (Vol. 01, pp. 1–25). https://kemenpppa.go.id/index.php/page/view/NDMyMg==
Khadafie, M. (2020). Peran Lembaga Pendidikan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Tindakan Kekerasan Pada Siswa. 4(3). https://doi.org/10.30863/mappesona.v3i1.819
Khasanah, R., Rakhmawati, D., & Handayani, A. (2024). Peran Guru Dalam Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Di Lingkungan Sekolah Dasar-Literatur Review. 10. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2688
Kowalski, R. M., Giumetti, G. W., Schroeder, A. N., & Lattanner, M. R. (2014). Bullying in the digital age: A critical review and meta-analysis of cyberbullying research among youth. Psychological Bulletin, 140(4), 1073–1137. https://doi.org/10.1037/a0035618 DOI: https://doi.org/10.1037/a0035618
Kurniasari, A. (2019). Dampak Kekerasan Pada Kepribadian Anak. Sosio Informa, 5(1). https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594 DOI: https://doi.org/10.33007/inf.v5i1.1594
Ria, A., Sartika Saimima, I. D., Zakum, M. S., Hasiholan, B., Fahdyansyah, M. A., Aswanti, W., Fadilah, A., Suandewi, N. K., Hartono, B., & Ramadan, A. (2024). Sosialisasi Dan Penyuluhan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 46 Tahun 2023 Tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan. Abdi Bhara, 3(1), 43–51. https://doi.org/10.31599/a0w58674 DOI: https://doi.org/10.31599/a0w58674
Rimm-Kaufman, S. E., Merritt, E. G., Lapan, C., DeCoster, J., Hunt, A., & Bowers, N. (2021). Can service-learning boost science achievement, civic engagement, and social skills? A randomized controlled trial of Connect Science. Journal of Applied Developmental Psychology, 74, 101236. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2020.101236 DOI: https://doi.org/10.1016/j.appdev.2020.101236
Rusli, T. S., Boari, Y., Amelia, D., Dewi, R., & Amelia, D. (2024). Pengantar Metodologi Pengabdian Masyarakat. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Sa’diyah, H. (2021). KEKERASAN DALAM PENDIDIKAN; 11(1). https://doi.org/10.54180/elbanat.2021.11.1.70-86 DOI: https://doi.org/10.54180/elbanat.2021.11.1.70-86
Syafriyani, I., & Hidayat, I. (2025). Edukasi Pencegahan dan Penanganan Tindak Kekerasan Remaja di SMA Negeri 1 Lenteng. JURAGAN: Jurnal Ragam Pengabdian, 2(1), 59–65. https://doi.org/doi.org/10.62710/b4yb5x42
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yayu Sri Rahayu, Deanty Rumandang Bulan, Rifi Rivani Radiansyah, Fadli Azis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0