Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dan Interpersonal Skill melalui Individual Competition di Dusun Jombok

Authors

  • Vina Khoirun Nisa Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Yuyun Zunairoh Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.75

Keywords:

rasa percaya diri, interpersonal skill, individual competition

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk memaparkan proses pengabdian penulis yang dilakukan di Dusun Jombok, Desa Sembungin, kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban dan mengetahui bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri dan interpersonal skill pada anak. Metode yang digunakan yaitu Participatory Action Research (PAR) dengan objek pengabdian adalah anak-anak di dusun Jombok. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, pengabdi mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi anak-anak di Dusun Jombok yaitu masih memiliki tingkat rasa kepercayaan diri yang rendah. Maka dari itu perlu adanya pemberian motivasi dan dukungan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak. Dalam hal ini, pengabdi memilih strategi individual competition untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dan interpersonal skill. Adapun kompetisi yang diadakan yaitu lomba makan krupuk, lomba adzan, dan lomba membaca puisi. Melalui kompetisi tersebut, anak-anak di Dusun Jombok memiliki semangat dan keberanian untuk tampil di depan umum dengan percaya diri dan mampu membina interaksi positif dengan teman-teman sebaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bernstein, D., Roy, E., Srull, TH. Y Wickens, C. (1991): Psychology, Houghton Mifflin Company, Boston.

Ghufron, M. Nur, Risnawati S., Rini. (2010). Teori-teori Psikologi. Ar Ruz Media: Yogjakarta

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(2), 165-172.

Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo, hal. 185.

Handani, R. (2013) Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas IV SDN Kembaran Kulon I. Yogyakarta: UNY, h.3.

Hermawati, N. S. T. (2021, Juni). Mengembangkan Bakat Anak Usia Dini Melalui Kompetensi Bercerita Pada Masa Pandemi Covid-19. Rambute: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 56-61.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perenanaan Karir Siswa. Jurnal PSIKOPEDAGOGIA 2016. Vol. 5, 1 ISSN: 2301-6167. Jakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

LP2M IAIN Kediri. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) IAIN Kediri Tahun 2021. LP2M IAIN Kediri.

Mardatillah. (2010). Pengembangan Diri. STIE Balikpapan: Madani.

Qamaria, R. S. (2019). Efektivitas Konseling dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Self-Esteem. Journal An-Nafs, 4(2), 148–181.

Rita, K. (2012). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Pekanaru: Cendekia Insani.

Rohayati. (2011). Program Bimbingan Teman Sebaya untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Bandung. Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Sacks, M.J., Krupay, E. (1988). Social Psychology and its Application. New York: Haper and Row.

Soedjiwo, N.A.F. (2019). Implementation Mata Kuliah PAR (Participatory Action Research) di TPQ Al-Maghfiroh Denpasar Bali. Widya Bakina; Jurnal Ilmu Pendidikan san Ekonomi, 4(8),1-11.

Suryani, W. (2013). Komunikasi Antar Budaya Yang Efektif. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-03-21

How to Cite

Khoirun Nisa, V. ., & Zunairoh, Y. . (2022). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dan Interpersonal Skill melalui Individual Competition di Dusun Jombok. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 83–93. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.75

Issue

Section

Articles