Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak dan Interpersonal Skill melalui Individual Competition di Dusun Jombok
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.75Keywords:
rasa percaya diri, interpersonal skill, individual competitionAbstract
Tujuan dari studi ini adalah untuk memaparkan proses pengabdian penulis yang dilakukan di Dusun Jombok, Desa Sembungin, kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban dan mengetahui bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri dan interpersonal skill pada anak. Metode yang digunakan yaitu Participatory Action Research (PAR) dengan objek pengabdian adalah anak-anak di dusun Jombok. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, pengabdi mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi anak-anak di Dusun Jombok yaitu masih memiliki tingkat rasa kepercayaan diri yang rendah. Maka dari itu perlu adanya pemberian motivasi dan dukungan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak-anak. Dalam hal ini, pengabdi memilih strategi individual competition untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dan interpersonal skill. Adapun kompetisi yang diadakan yaitu lomba makan krupuk, lomba adzan, dan lomba membaca puisi. Melalui kompetisi tersebut, anak-anak di Dusun Jombok memiliki semangat dan keberanian untuk tampil di depan umum dengan percaya diri dan mampu membina interaksi positif dengan teman-teman sebaya.
Downloads
References
Bernstein, D., Roy, E., Srull, TH. Y Wickens, C. (1991): Psychology, Houghton Mifflin Company, Boston.
Ghufron, M. Nur, Risnawati S., Rini. (2010). Teori-teori Psikologi. Ar Ruz Media: Yogjakarta
Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(2), 165-172.
Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hamalik, O. (2010). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo, hal. 185.
Handani, R. (2013) Kecerdasan Interpersonal Pada Siswa Kelas IV SDN Kembaran Kulon I. Yogyakarta: UNY, h.3.
Hermawati, N. S. T. (2021, Juni). Mengembangkan Bakat Anak Usia Dini Melalui Kompetensi Bercerita Pada Masa Pandemi Covid-19. Rambute: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 56-61.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perenanaan Karir Siswa. Jurnal PSIKOPEDAGOGIA 2016. Vol. 5, 1 ISSN: 2301-6167. Jakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
LP2M IAIN Kediri. (2021). Buku Pedoman Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) IAIN Kediri Tahun 2021. LP2M IAIN Kediri.
Mardatillah. (2010). Pengembangan Diri. STIE Balikpapan: Madani.
Qamaria, R. S. (2019). Efektivitas Konseling dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy untuk Meningkatkan Self-Esteem. Journal An-Nafs, 4(2), 148–181.
Rita, K. (2012). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Pekanaru: Cendekia Insani.
Rohayati. (2011). Program Bimbingan Teman Sebaya untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Bandung. Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Sacks, M.J., Krupay, E. (1988). Social Psychology and its Application. New York: Haper and Row.
Soedjiwo, N.A.F. (2019). Implementation Mata Kuliah PAR (Participatory Action Research) di TPQ Al-Maghfiroh Denpasar Bali. Widya Bakina; Jurnal Ilmu Pendidikan san Ekonomi, 4(8),1-11.
Suryani, W. (2013). Komunikasi Antar Budaya Yang Efektif. Jurnal Dakwah Tabligh, 14(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Vina Khoirun Nisa, Yuyun Zunairoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0