Pelatihan Penggunaan Website sebagai Media Informasi Profil Desa
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.38Keywords:
media informasi, website, profil desaAbstract
Media informasi mempunyai hubungan yang erat dengan promosi. Keberadaan media informasi yang lengkap akan memudahkan dalam mengenalkan produk dan jasa. Media informasi yang terpadu dan lengkap akan memudahkan promosi suatu desa. Kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan website profil desa yang berisi promosi produk dan jasa. Pada proses pengumpulan data menggunakan dokumentasi, survei, dan wawancara kepada aparat desa dan masyarakat tentang potensi desa seperti wisata desa, kegiatan, kerajinan, hasil kebun dan pertanian. Dengan adanya website profil desa sebagai portal utama informasi desa dapat memberikan informasi yang lengkap, sehingga dapat menarik para wisatawan dan investor untuk datang ke desa. Dengan adanya pemasukkan dari para wisatawan dan investor diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.
Downloads
References
Amelia, R., Sari, F. I. P., & Safitri, R. 2017. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Potensi Desa sebagai Destinasi Wisata di Desa Belilik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 1–8.
Amilia, W., Rokhani, R., Prasetya, R. C., & Suryadharma, B. 2020. Pembangunan Desa Wisata Gadingan dan Kebutuhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Pendekatan Community Based Tourism. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 93. https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.4268
Aminda, R. S., . R., & . S. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan Potensi Daerah Desa Mekarjaya Kecamatan Cigudeg. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 198. https://doi.org/10.32832/abdidos.v4i2.590
Ariyanti, I., Novita, N., Khairunnisa, D., & Ganiardi, A. 2020. Website Sebagai Sarana Promosi Ukm Sopyan. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 24–28. http://dx.doi.org/10.36257/apts.vxix
Bangun, D. A. N. 2018. Buku profil sebagai media promosi kampung wisata adat urug Bogor dwi agnes natalia Bangun, dan wiwi prastiwinarti. Politeknik Negeri Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 211–214. https://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19048
Darnis, F., Azdy, R. A., Stmik., & Rahmat, P. J. B. 2019. Pemanfaatan Media Informasi Website Promosi (e-Commerce) sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Desa Pedado. Sindimas, 29(1), 275–278. http://sisfotenika.stmikpontianak.ac.id/index.php/sindimas/article/view/584
Gultom, D. K., Pulungan, D. R., & Farisi, S. 2019. Pembinaan dan Pendampingan Internet Marketing Guna Peningkatan Daya Saing pada Usaha Mikro Handycraft di Kota Medan. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 339–347. https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.2700
Limijaya, A., Lusanjaya, G. R., Kurnia, T., Fettry, S., Maratno, E., Rahayu, P. A., Paramita, M., Putri, R., Chandra, H., & Wijaya, C. F. 2018. Upaya Optimalisasi Potensi Desa Cibuluh Melalui Kegiatan Pengabdian. 2(1).
Mege, S. R., Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., & Kholidin, K. 2020. Model Pemberdayaan dan Pengembangan Potensi Sumber Daya Lokal Berkelanjutan pada Desa Kangkung Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 954–962. https://doi.org/10.30653/002.202054.548
Olivia E.S Liando. 2020. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Web Potensi Desa Di Desa Lalumpe Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan. Abdimas, 2(9), 31–37.
Raharjeng Pamularsih, T. 2020. Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Potensi Wisata di Desa Abangsongan Kintamani. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 3(1), 99–105. https://doi.org/10.30864/widyabhakti.v3i1.231
Realize, & Tukino. 2019. Penggunaan website sebagai media promosi. 2(2), 113–118.
Romadhan, M. I. 2017. Media sosial sebagai sarana promosi potensi desa. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya, 2(2), 84–93.
Santoso, H. B., Wibowo, A., Siang, J. J., Delima, R., & Chrismanto, A. R. 2021. Pemberdayaan Kewirausahaan Berbasis Teknologi Informasi Bagi Masyarakat Penyandang Disabilitas Di Gunung Kidul. Patria, 3(1), 1. https://doi.org/10.24167/patria.v3i1.2298
Saputra, S. J., Adiprasetio, J., & Kusmayadi, I. M. 2018. Pentingnya Literasi Media Sandi. PKM Unpad, 2, 254–258.
Sucipto, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Mendeley sebagai Alat Sinkronisasi Metadata Artikel Ilmiah. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 83-88. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.23
Sutadji, E., Nurmalasari, R., & Nafiah, A. 2016. Pengembangan Potensi Wisata Kawasan Bedengan dengan Pembangunan Fasilitas Rumah Pohon untuk Wisatawan. 107–112.
Sutrisno, A. A., Samodra, J., & Pahlevi, A. S. 2019. Kampung Entrepreneur Berbasis Web Sebagai Media Promosi Bagi Umkm. Jurnal KARINOV, 2(3), 171. https://doi.org/10.17977/um045v2i3p171-176
Syafitri, Y. 2015. Pemanfaatan Media Internet untuk Memperkenalkan Produk Kerajinan Tangan pada Home Industri Kain Flanel Lampung Selatan. Expert-Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 2, 37–41.
Wahyudi, D., Hakim, N., & Rofii, A. 2020. Pemberdayaan masyarakat di desa ceringin asri dalam mengembangkan potensi desa. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 20–34.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Arie Nugroho, Erna Daniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0