Pengembangan E-book menggunakan Aplikasi BookCreator berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123Keywords:
Pengembangan, E-book, Kegiatan Upaya Keseimbangan Dan Pelestarian Sumber Daya Alam Di LingkungannyaAbstract
Hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Mojoroto 4 Kediri menunjukkan bahwa siswa masih belum memahami materi kegiatan upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya. Kurangnya peran siswa disebabkan proses pembelajaran pada materi kegiatan upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya belum menggunakan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e-book menggunakan aplikasi BookCreator berbasis QR Code. Penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket validasi ahli media dan materi, angket kepraktisan respon guru dan siswa, serta tes berupa soal post-test. Kesimpulan hasil penelitian adalah produk e-book menggunakan aplikasi BookCreator berbasis QR Code yang dikembangkan memperoleh presentase 84,15% sedangkan validasi ahli materi memperoleh skor 86,5% sangat valid. Angket respon siswa mendapat presentase skor sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Angket kepraktisan respon guru mendapat presentase skor sebesar 84% dengan kategori sangat praktis. Hasil post-test memperoleh presentase klasikal 91,6% memenuhi kriteria efektif.
Downloads
References
Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Akbar, Sau’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (Vol. 6, pp. 80–88).
Destriani, R. (2020). Pengembangan E-book dalam Pembelajaran Menulis Teks EksposisiBerbasis Pembelajaran Abad 21 di Kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi. Repository Universitas Jambi, 120–124.
Mukmin, B. A., & Zunaidah, F. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 145.
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endangmulyatiningsih- mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran,Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi (GP PressGroup).
Nleveen, N., Mc Kenney, S., & Akker , J.V.D. (2006). Educational Design Research: The Value ofVariety. Dalam Akker, J.V.D., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N (Eds.), Educational Design Research (hlm. 144-184). Enchede: Axis Media-ontwerpens
No, U.U. (20). Tahun 2003 Bab 1 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006. (2006). Depdiknas. Menteri Pendidikan Nasional, 23(3), 107–118.
Putri, K. E., & Sahari, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 32-40.
Rusnadi, D. P. P. N. W. A. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ipa. MIMBAR PGSD.6(3), 106–115.
Smaldino, S. E. dkk. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (edisi 9). Jakarta:Kencana Prenada Media Group.
Suarez , M. F. W. (2013). The Book a Global History. Oxford: Oxford University Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130.
Suwarno ,Wiji. (2011) . Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Trahati, Melia Rimadhani. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 151, pp. 10–17).
Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dyah Ayu Retno Palupi, Kharisma Eka Putri, Bagus Amirul Mukmin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0