Pengembangan E-book menggunakan Aplikasi BookCreator berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dyah Ayu Retno Palupi Universitas Nusantara PGRI kediri https://orcid.org/0000-0002-6580-7417
  • Kharisma Eka Putri Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123

Keywords:

Pengembangan, E-book, Kegiatan Upaya Keseimbangan Dan Pelestarian Sumber Daya Alam Di Lingkungannya

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Mojoroto 4 Kediri menunjukkan bahwa siswa  masih belum memahami materi kegiatan upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya. Kurangnya peran siswa disebabkan proses pembelajaran pada materi kegiatan upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya belum menggunakan sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e-book menggunakan aplikasi BookCreator berbasis QR Code. Penelitian yang digunakan adalah model ADDIE.  Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket validasi ahli media dan materi, angket kepraktisan respon guru dan siswa, serta tes berupa soal post-test. Kesimpulan hasil penelitian adalah produk e-book menggunakan aplikasi BookCreator berbasis QR Code yang dikembangkan memperoleh presentase 84,15%  sedangkan validasi ahli materi memperoleh skor 86,5% sangat valid. Angket respon siswa mendapat presentase skor sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Angket kepraktisan respon guru mendapat presentase skor sebesar 84% dengan kategori sangat praktis. Hasil post-test memperoleh presentase klasikal 91,6% memenuhi kriteria efektif.

References

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Akbar, Sau’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-book Dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (Vol. 6, pp. 80–88).

Destriani, R. (2020). Pengembangan E-book dalam Pembelajaran Menulis Teks EksposisiBerbasis Pembelajaran Abad 21 di Kelas X SMA Negeri 11 Kota Jambi. Repository Universitas Jambi, 120–124.

Mukmin, B. A., & Zunaidah, F. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar DELIKAN Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Sekolah Dasar di Kota Kediri. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 145.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan model pembelajaran. Diakses dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endangmulyatiningsih- mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada September.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran,Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi (GP PressGroup).

Nleveen, N., Mc Kenney, S., & Akker , J.V.D. (2006). Educational Design Research: The Value ofVariety. Dalam Akker, J.V.D., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N (Eds.), Educational Design Research (hlm. 144-184). Enchede: Axis Media-ontwerpens

No, U.U. (20). Tahun 2003 Bab 1 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006. (2006). Depdiknas. Menteri Pendidikan Nasional, 23(3), 107–118.

Putri, K. E., & Sahari, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3(1), 32-40.

Rusnadi, D. P. P. N. W. A. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Ipa. MIMBAR PGSD.6(3), 106–115.

Smaldino, S. E. dkk. (2011). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar (edisi 9). Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Suarez , M. F. W. (2013). The Book a Global History. Oxford: Oxford University Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130.

Suwarno ,Wiji. (2011) . Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Trahati, Melia Rimadhani. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri Tritih Wetan 05 Jeruklegi Cilacap. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 151, pp. 10–17).

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Aplikasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-11-12

How to Cite

Retno Palupi, D. A., Eka Putri, K., & Amirul Mukmin, B. (2022). Pengembangan E-book menggunakan Aplikasi BookCreator berbasis QR Code pada Materi Ajar Siswa Sekolah Dasar . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 78–90. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.123