Jiwa Kewirausahaan Mempengaruhi Keterampilan Berwirausaha dengan Motivasi sebagai Mediasi

Authors

  • Nur Hidayat Cahyono Universitas Doktor Nugroho Magetan

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.316

Keywords:

semangat berwirausaha, motivasi berwirausaha, keterampilan berwirausaha

Abstract

Sistem pendidikan tinggi dengan kategori sangat baik diperoleh FKIP UDN Magetan dan telah menggunakan kurikulum yang selaras dengan lapangan kerja, perubahan sosial berbasis bisnis, dan perkembangan teknologi dengan memberikan porsi pembelajaran atau mata kuliah mandiri kewirausahaan berbasis bisnis kepada mahasiswa/mahasiswa. Fenomena umum yang ada saat ini adalah orangtua lebih mendukung dan mengarahkan anaknya untuk bekerja pada suatu instansi tertentu sebagai alternatif utama dalam memilih suatu profesi, sehingga dalam penelitian ini akan diteliti besarnya pengaruh jiwa wirausaha terhadap keterampilan berwirausaha dengan motivasi sebagai variabel mediasi dikalangan mahasiswa FKIP UDN Magetan. Susbjek penelitian ini adalah mahasiswa FKIP UDN Magetan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa aspek semangat berwirausaha dan motivasi berwirausaha baik secara parsial maupun simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keterampilan berwirausaha. Aspek motivasi kewirausahaan mampu memediasi pengaruh semangat kewirausahaan terhadap keterampilan kewirausahaan pada mahasiswa FKIP UDN Magetan.

References

Adhitama, Paulus Patria. 2014. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha.” Universitas Diponegoro, Semarang.

Aini, Ayu Nur, Edi Budi Santoso, and Isnani. 2017. “Pengaruh Kepemilikan Institusional, Proporsi Dewan Komisaris Independen, Komite Audit, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pandanaran 3(2).

Amalia. 2017. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Praktikum Kewirausahaan Dengan Model Pendirian Perusahaan Dalam Menumbuhkan Minat Dan Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.” Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Armansyah, and Yuritanto. 2021. “Pengaruh Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Manajemen Stie Pembangunan Tanjungpinang Angkatan Tahun 2020-2021.” Jurnal Kemunting Program Studi Ilmu Admnistrasi Negara 2(2).

BPS. 2023. Data Pengangguran Badan Pusat Statistik.

Farida, Sifa. 2019. “Peran Pembelajaran Kewirausahaan Dalam Memoderasi Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha.” Program Studi Pascasarjana Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Fernanda, Rizki, and Ridwan Ibrahim. 2022. “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha Yang Di Mediasi Oleh Motivasi Dan Sikap Pada Mahasiswa S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Syiah Kuala.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen 7(1).

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jusmin, Emilda. 2013. “Pengaruh Latar Belakang Keluarga, Kegiatan Praktik Di Unit Produksi Sekolah, Dan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Di Kabupaten Tanah Bumbu.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 21(1).

Rusdiana, A. 2018. Kewirausahaan Teori Dan Praktik. Sukoharjo: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suharti, Lieli, and Hani Sirine. 2018. “Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Niar Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Kristen SAtya Wacana.” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 13(2).

Sukirman. 2017. “Jiwa Kewirausahaan Dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 20(1).

Sulastri, Susi. 2017. “Pengaruh Jiwa Kewirausahaan Terhadap Keberhasilan UsahaSusu Kedelai Di Kecamatan Braja Selebah Lampung Timur.” Jurnal Dinamika 3(2).

Suryana, Yuyus, and Kartib Bayu. 2010. Kewirausahaan, Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uswaturrasul, Yahya, and Kristina Sisilia. 2013. “Analisis Minat Dan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa (Studi Pada Program Studi Administrasi Bisnis Telkom University Angkatan 2011).” Telkom University, Bandung.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-30

How to Cite

Cahyono, N. H. (2023). Jiwa Kewirausahaan Mempengaruhi Keterampilan Berwirausaha dengan Motivasi sebagai Mediasi. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 203–214. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.316