Penerapan Sabtu Literasi Menggunakan Buku Cerita Rakyat Mampu Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.427Keywords:
minat baca, sabtu literasi, buku cerita rakyatAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat baca siswa pada penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS), sehingga program tersebut tidak berjalan dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan minat baca siswa menggunakan buku cerita rakyat melalui penerapan sabtu literasi di kelas II. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melalui 2 siklus yang melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan proses pelaksanaan penerapan sabtu literasi dengan buku cerita rakyat dapat meningkatkan minat baca siswa yang menunjukkan pada siklus I mencapai rata-rata sebesar 62,1%, sedangkan pada siklus II sebesar 82,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan sabtu literasi dengan buku cerita rakyat dapat meningkatkan minat baca siswa di kelas II SDN Karangrejo 03.
Downloads
References
Afriani, E. D., Siti Masfuah, & Roys, M. (2021). ANALISIS MINAT BACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN DARING.
Afriani, E. D., Siti Masfuah, & Roys, M. (2021). ANALISIS MINAT BACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN DARING.
Anjani, S., Dantes, N., Artawan, G., Studi, P., Dasar, P., & Pascasarjana, P. (2019). TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD. 3(2), 74–83.
Ariyati, D. (2020). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS LITERASI DIGITAL DI ERA 4.0: TANTANGAN DAN HARAPAN. UNEJ, 151–160. https://doi.org/[S.l.], p. 151-160, July 2020. ISSN 2527-5917.
Aulia, T., Titin, T., & Wahyuni, E. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization di Kelas VII MTs AL-Muhajirin Rasau Jaya. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 229–241. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.318
Bua, T., Mety, Perada, L., & Agnesia. (2019). Penerapan Membaca Nyaring Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Apersepsi Pada Pembelajaran Tematik Application of Reading Reading Stories Based on Character Education As Aperseps in Thematic Learning. Jurnal Borneo Humaniora, 15–21.
Bua, T., Mety, Perada, L., & Agnesia. (2019). Penerapan Membaca Nyaring Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Apersepsi Pada Pembelajaran Tematik Application of Reading Reading Stories Based on Character Education As Aperseps in Thematic Learning. Jurnal Borneo Humaniora, 15–21. http://ojs.borneo.ac.id/ojs/index.php/humaniora
Dharma, K. B. (2020). IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. 1(2), 70–76. https://doi.org/ISSN: 2715-2634 (Online)
Guo, H., Guo, A., & Ma, H. (2022). Inside the black box: How business model innovation contributes to digital start-up performance. Journal of Innovation and Knowledge, 7(2), 100188. https://doi.org/10.1016/j.jik.2022.100188
Gusnetti, Syofiani, & Isnanda, R. (2015). STRUKTUR DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT KABUPATEN TANAH DATAR PROVINSI SUMATERA BARAT. 2. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1238 Abstrak
Husada, S. P., Taufina, & Zikri, A. (2020). LITERASI MEMBACA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER POSITIF SISWA SEKOLAH DASAR Nang. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347
Kasman, D. T., Drs. Wowon Widaryat, M.Si Dr. Supriano, M. E., & Drs. Purwadi Sutanto, M.Si Drs. M. Mustaghfirin Amin, MBA Ir. Sri Renani Pantjastuti, M. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar.
Kemendikbud, D. (2019). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan). https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/07/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah-2019.pdf
Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. (2019). PROBLEMATIKA GURU DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM LITERASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR PENDAHULUAN Pelaksanaan pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat Indonesia . Menurut UU No . 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidik. III(November), 31–37. https://doi.org/E-ISSN: 2614-4417
Lilia Harahap, A., Monang, S., & Yusniah. (2023). Strategi Reading Aloud (Membaca Nyaring) dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDN 0906 Padang Sihopal. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1033–1047.
Lilia Harahap, A., Monang, S., & Yusniah. (2023). Strategi Reading Aloud (Membaca Nyaring) dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas III SDN 0906 Padang Sihopal. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 1033–1047. file:///C:/Users/ACER/Downloads/380-Article Text-1472-1-10-20230810 (1).pdf
Mansyur, U., & Indonesia, U. M. (2019). Gempusta: Upaya Meningkatkan Minat Baca. December.
Martiana, D., Apriliya, S., & Suryana, Y. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN PROGRAM SABTU LITERASI (SARASI) PADA GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR. 08(September), 6684–6696. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8877
Muhammad, H. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada materi Himpunan pada siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kota Ternate. JIWP, 7(2), 10. https://doi.org/DOI: 10.5281/zenodo.4659021
Nurmalasari, R. (2022). Peningkatan Minat Keterampilan Membaca Melalui Media Power Point Interaktif Siswa Kelas II SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019 / 2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 120–126. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.51
Rokhman, O., Ningsih, A. N., Augia, T., Dahlan, H., Rosyada, Amrina, Putri, Dini Arista, Fajar, N. A., Yuniarti, E., Vinnata, N. N., Pujiwidodo, D., Ju, J., Wei, S. J., Savira, F., Suharsono, Y., Aragão, R., Linsi, L., Editor, B., Reeger, U., Sievers, W., Michalopoulou, C., Mimis, A., … Devita, M. (2020). PENANAMAN NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA BERBASIS PEMBIASAAN DAN KETELADANAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Berkala Epidemiologi, 5(1), 90–96. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v
Saputra, D., Akib, R., Idris, I., Anwar, Y., & Yasmin, P. (2024). Pendampingan Gerakan Literasi Nasional (Gln) Melalui Kegiatan Digital Writing Marathon. Prosiding SNAPP : Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan Dan Teknologi, 2(1), 458–467. https://doi.org/10.24929/snapp.v2i1.3170
Subandiyah, H. (2013). PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. 111–123.
Suherman, U. (2010). Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Suherman, U. (2010). Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Utami, T. N. (2018). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Kelas VII SMP. Repository UIN Raden Intan Lampung, 4(4), 522.
Utami, T. N. (2018). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Materi Segiempat dan Segitiga Untuk Kelas VII SMP. Repository UIN Raden Intan Lampung, 4(4), 522.
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., & Shofiah, T. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. 05(02), 3928–3936. https://doi.org/E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sheryn Dewati Kartika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0