Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri

Authors

  • Putri Suci El Mahanani Sekolah Dasar Negeri Tambakrejo

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.58

Keywords:

Penerapan metode Cooperative Learning, Hasil Belajar, Pendidikan IPS, SD

Abstract


Sebagai seorang guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat bagi siswa.  Penelitian terhadap siswa kelas3 SDN Tambakrejo saat pembelajaran IPS bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah metode cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPSkelas  3 di SDN Tambakrejo Gurah Kediri ? (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah dilaksanakan metode cooperative learning  pada mata pelajaran IPS kelas  3 di SDN Tambakrejo Gurah Kediri? Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri cukup tinggi setelah diterapkan metode cooperative learning. Selain dapat meningkatkan minat belajar siswa, metode pembelajaran ini juga berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dari dari siklus I ke siklus II.. Pada siklus I nilai rata-rata siswa dalam Pemahaman Materi adalah66,45(58,06%), siklus II lebih mencapai menjadi 80,64(83,87%)

References

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Dr.I.G.A.K Wardani( 2004 ) Penelitian Tindakan Kelas, Universitas Terbuka

Chapman & Hall Inc.

Marsono, A. J. 1995. Media Pembinaan Pendidikan, Fa Dian Indah Pustaka, Surabaya.

Nasution, S. 1992. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif Tarsito, Bandung.

Ngatemi, 1992. Media Pembinaan Pendidikan, Fa Dian lndah Pustaka, Surabaya

Surabaya. Undang - undang No.20, 2003. Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-01

How to Cite

Mahanani, P. S. E. (2022). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri . PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 86-93. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.58

Issue

Section

Articles