Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.58Keywords:
Penerapan metode Cooperative Learning, Hasil Belajar, Pendidikan IPS, SDAbstract
Sebagai seorang guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat bagi siswa. Penelitian terhadap siswa kelas3 SDN Tambakrejo saat pembelajaran IPS bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah metode cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPSkelas 3 di SDN Tambakrejo Gurah Kediri ? (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah dilaksanakan metode cooperative learning pada mata pelajaran IPS kelas 3 di SDN Tambakrejo Gurah Kediri? Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil bahwa hasil belajar siswa kelas 3 SDN Tambakrejo Gurah Kediri cukup tinggi setelah diterapkan metode cooperative learning. Selain dapat meningkatkan minat belajar siswa, metode pembelajaran ini juga berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar yang cukup signifikan dari dari siklus I ke siklus II.. Pada siklus I nilai rata-rata siswa dalam Pemahaman Materi adalah66,45(58,06%), siklus II lebih mencapai menjadi 80,64(83,87%)
Downloads
References
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara
Dr.I.G.A.K Wardani( 2004 ) Penelitian Tindakan Kelas, Universitas Terbuka
Chapman & Hall Inc.
Marsono, A. J. 1995. Media Pembinaan Pendidikan, Fa Dian Indah Pustaka, Surabaya.
Nasution, S. 1992. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif Tarsito, Bandung.
Ngatemi, 1992. Media Pembinaan Pendidikan, Fa Dian lndah Pustaka, Surabaya
Surabaya. Undang - undang No.20, 2003. Sistem Pendidikan Nasional, Depdiknas, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Putri Suci El Mahanani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0