Improving Students Learning Outcomes of Grade X Students of SMK Al-Mahrusiyah on Narrative Text Through the Use of Interactive PowerPoint

Authors

  • Cantika Sari Dewi M Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Untung Khoiruddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Maulidiyyatul Uswah SMK Al-Mahrusiyah

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.94

Keywords:

hasil belajar, teks naratif, PowerPoint interaktif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada teks naratif melalui penggunaan PowerPoint interaktif pada siswa kelas X di SMK Al-Mahrusiyah. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus kepada siswa kelas X TKJ C SMK Al mahrusiyah yang berjumlah 31 siswa. Pada siklus pertama, siswa masih pada tahap pembiasaan terhadap media sehingga mereka kurang fokus dan hasil nya belum maksimal. Selain itu, siswa kesulitan memahami materi di powerpoint yang semuanya menggunkan Bahasa inggris. Hal ini terlihat dari hasil test siklus 1 dimana siswa yang lulus sebanyak 64,52% atau sebanyak 20 siswa sedangkan 35,48% atau 11 siswa tidak lulus. Pada siklus 2, siswa lebih fokus dalam pembelajara dan materi di powerpoint telah diberikan terjemahan. Hal ini membuat siswa lebih mudah memahami materi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes siklus dua yang meningkat. 93,55% atau 29 siswa lulus sedangnkan hanya 6,45% atau 2 siswa yang tidak lulus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan powerpoint interaktif berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa tentang teks naratif pada siswa kelas X di SMK Al-Mahrusiyah.

References

Alfarisy, F. (2021). Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia Dalam Perspektif Pembentukan Warga Dunia Dengan Kompetensi Antarbudaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 303–313. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.207

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Cresswell, J. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Qualitative and Quantitative Research (4th ed.). Pearson Education Inc.

Dewi, T., & Kareviati, E. (2021). The Use of Powerpoint As The Instructional Media In Teaching English For Young Learners. PROJECT (Professional Journal of English Education), 4(4), 617. https://doi.org/10.22460/project.v4i4.p617-621

Jassim, L. L., & Abdullah, Y. A. (2021). Using PowerPoint in Learning Prepositions: A case study at University of Basrah. Global Journal of Research in Business Management, 1(1), 9.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Musahrain, M., Suryani, N., & Suharno, S. (2018). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Reading Comprehension. Teknodika, 16(2), 30. https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i2.34776

Nur Aziz, I., & Ani Setyo Dewi, Y. (2020). The Use of Powerpoint As Media of Language Teaching on Students’ Speaking Skill. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 344–358. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8145

Nurmalasari, R. (2022). Peningkatan Minat Keterampilan Membaca Melalui Media Power Point Interaktif Siswa Kelas II SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019 / 2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 120–126. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.51

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Setiyadi, A. B., CikAprina, & Herpratiwi. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Bahasa Inggris Dengan Menggun Akan Pendekatan Konstekstual Di Kelas X Smk Negeri 4 Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 13.

Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58

Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-14

How to Cite

Dewi M, C. S., Khoiruddin, U. ., & Uswah, M. (2022). Improving Students Learning Outcomes of Grade X Students of SMK Al-Mahrusiyah on Narrative Text Through the Use of Interactive PowerPoint. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 149–158. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.94

Issue

Section

Articles