Improving Students Learning Outcomes of Grade X Students of SMK Al-Mahrusiyah on Narrative Text Through the Use of Interactive PowerPoint
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.94Keywords:
hasil belajar, teks naratif, PowerPoint interaktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada teks naratif melalui penggunaan PowerPoint interaktif pada siswa kelas X di SMK Al-Mahrusiyah. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus kepada siswa kelas X TKJ C SMK Al mahrusiyah yang berjumlah 31 siswa. Pada siklus pertama, siswa masih pada tahap pembiasaan terhadap media sehingga mereka kurang fokus dan hasil nya belum maksimal. Selain itu, siswa kesulitan memahami materi di powerpoint yang semuanya menggunkan Bahasa inggris. Hal ini terlihat dari hasil test siklus 1 dimana siswa yang lulus sebanyak 64,52% atau sebanyak 20 siswa sedangkan 35,48% atau 11 siswa tidak lulus. Pada siklus 2, siswa lebih fokus dalam pembelajara dan materi di powerpoint telah diberikan terjemahan. Hal ini membuat siswa lebih mudah memahami materi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil tes siklus dua yang meningkat. 93,55% atau 29 siswa lulus sedangnkan hanya 6,45% atau 2 siswa yang tidak lulus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan powerpoint interaktif berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa tentang teks naratif pada siswa kelas X di SMK Al-Mahrusiyah.
Downloads
References
Alfarisy, F. (2021). Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris Di Indonesia Dalam Perspektif Pembentukan Warga Dunia Dengan Kompetensi Antarbudaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 303–313. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.207
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Cresswell, J. (2012). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Qualitative and Quantitative Research (4th ed.). Pearson Education Inc.
Dewi, T., & Kareviati, E. (2021). The Use of Powerpoint As The Instructional Media In Teaching English For Young Learners. PROJECT (Professional Journal of English Education), 4(4), 617. https://doi.org/10.22460/project.v4i4.p617-621
Jassim, L. L., & Abdullah, Y. A. (2021). Using PowerPoint in Learning Prepositions: A case study at University of Basrah. Global Journal of Research in Business Management, 1(1), 9.
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Musahrain, M., Suryani, N., & Suharno, S. (2018). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Reading Comprehension. Teknodika, 16(2), 30. https://doi.org/10.20961/teknodika.v16i2.34776
Nur Aziz, I., & Ani Setyo Dewi, Y. (2020). The Use of Powerpoint As Media of Language Teaching on Students’ Speaking Skill. Humanities & Social Sciences Reviews, 8(1), 344–358. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.8145
Nurmalasari, R. (2022). Peningkatan Minat Keterampilan Membaca Melalui Media Power Point Interaktif Siswa Kelas II SDN Jabon 1 Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2019 / 2020. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 120–126. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.51
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Setiyadi, A. B., CikAprina, & Herpratiwi. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Bahasa Inggris Dengan Menggun Akan Pendekatan Konstekstual Di Kelas X Smk Negeri 4 Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 13.
Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58
Warkintin, W., & Mulyadi, Y. B. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 82–92. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p82-92
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Cantika Sari Dewi M, Untung Khoiruddin, Maulidiyyatul Uswah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0