Penggunaan Non Linear Narrative Dalam Penulisan Naskah Karya Animasi Edukasi Produk Aman, Kulit Nyaman

Authors

  • Silvi Alin Dhiya universitas padjadjaran
  • Vanessa Valencia Eleora Universitas Padjadjaran
  • Encang Saepudin Universitas Padjadjaran
  • Rinda Aunillah Sirait Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.672

Keywords:

Animasi Edukatif, Non-linear Narrative, Penulisan Naskah, Produk Ilegal

Abstract

Latar Belakang: Karya animasi Produk Aman, Kulit Nyaman diciptakan sebagai respon terhadap maraknya peredaran produk skincare ilegal yang berbahaya bagi kesehatan konsumen, terutama remaja perempuan yang menjadi target utama pasar kosmetik daring. Kurangnya pengetahuan masyarakat dalam memilih kosmetik yang aman dapat menyebabkan penggunaan produk yang berisiko bagi kesehatan kulit. Tujuan: Mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memilih produk kecantikan yang telah terdaftar secara resmi di BPOM. Metode: Menggunakan tahapan proses produksi mencakup tiga tahap, yaitu pra-produksi, produksi, serta pascaproduksi. Hasil: Karya animasi berdurasi 4 menit 4 detik yang memadukan elemen visual, audio, dan narasi edukatif. Kesimpulan: Teknik non-linear narrative menambah kedalaman emosional cerita, namun menimbulkan tantangan dalam menjaga koherensi visual dan alur cerita. Berdasarkan validasi informal terhadap lima siswi SMA, animasi ini berhasil menyampaikan pesan edukatif dengan jelas dan menarik. Karya ini diharapkan menjadi media edukatif yang efektif dan relevan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keamanan produk kecantikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ameliani, P., Iskandar, H., & Wardana, D. J. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Produk Kosmetik yang Tidak Terdaftar BPOM. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 4(2), 653–660. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v4i2.2062 DOI: https://doi.org/10.37680/almanhaj.v4i2.2062

AntaraNews. (2023). BPOM Gorontalo terima laporan korban produk pemutih. https://www.antaranews.com/berita/3995439/bpom-gorontalo-terima-laporan-korban-produk-pemutih

Aryantini, N. P. D., & Dewi, N. K. R. K. (2024). EFEKTIVITAS PERANAN BPOM DALAM PENGAWASAN PEREDARAN KOSMETIK ILEGALDI KOTA DENPASAR. 1719–1736. https//doi.org/10.36733/jhm.v1i2

BBCNewsIndonesia. (2023). Kosmetik ilegal mengandung merkuri, mengapa susah diberantas? https://www.bbc.com/indonesia/articles/cy5kkw9edd0o

BPOM. (2024). Bahaya tersembunyi di balik produk kosmetik dekoratif ilegal. Direktorat Intelijen Obat dan Makanan BPOM. https://intelijen.pom.go.id/hot-issue/bahaya-tersembunyi-di-balik-produk-kosmetik-dekoratif-ilegal

DetikHealth. (2025). Pengakuan korban kosmetik abal-abal alami masalah ginjal usai pakai produk ini. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7820266/pengakuan-korban-kosmetik-abal-abal-alami-masalah-ginjal-usai-pakai-produk-ini

Fadhilah, A. N., Simanjuntak, B. Y., & Haya, M. (2022). Kajian Literatur: Studi Intervensi Media Edukasi Visual dan Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Anemia di Negara Berkembang. Amerta Nutrition, 6(1), 91. https://doi.org/10.20473/amnt.v6i1.2022.91-99 DOI: https://doi.org/10.20473/amnt.v6i1.2022.91-99

Faja, G. S., & Yasa, N. M. (2020). Animasi Tata Cara Penyelamatan Bencana Gempa Bumi Untuk Anak - Anak. Jurnal SASAK : Desain Visual Dan Komunikasi, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.30812/sasak.v2i1.748 DOI: https://doi.org/10.30812/sasak.v2i1.748

Far-Far, G., Ima, W., Pusparani, R., & Urlialy, G. (2024). Sosialisasi dan Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology Bagi Guru Sejarah SMA/MA Se-Kecamatan Kairatu. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 194–205. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.297 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.297

Febriani, N., & Aunillah, R. (2024). Implementasi Penggunaan Media Audiovisual Sebagai Sarana Pembelajaran Produksi Konten Video Tiktok Kecamatan Jatigede. Jurnal Cipta Media Harmoni, 4(2), 324–338. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.397 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.397

Khotimah, L. H., S, J., & Indrawati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Video Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas 5 SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271

Kompas.com. (2025). BPOM Sebut 5 Kosmetik Ilegal Paling Banyak di Marketplace.

Kompas.tv. (2025). BPOM Temukan 91 Kosmetik Impor Ilegal di Marketplace, Ada Bahan Berbahaya hingga Kedaluwarsa. https://www.kompas.tv/lifestyle/575633/bpom-temukan-91-kosmetik-impor-ilegal-di-marketplace-ada-bahan-berbahaya-hingga-kedaluwarsa

Machmudi, M. I. Al. (2025). Perilaku Konsumen Kini Ingin Serba Instan. Mediaindonesia.Com. https://mediaindonesia.com/humaniora/745964/perilaku-konsumen-kini-ingin-serba-instan

Maskhuriyah, D. El, Juniarso, T., & Hanindita, A. W. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAPPEMAHAMAN KONSEP IPAS SISWA KELAS V. 8(September), 706–715. https://doi.org/10.24114/js.v8i4.62548 DOI: https://doi.org/10.24114/js.v8i4.62548

Muasih, M. (2020). Layanan Konseling Behavioral dengan Teknik Self-Management untuk Mereduksi Perilaku Mencontek Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kepohbaru Bojonegoro. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–33. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.8 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.8

Pitaloka, R. I. K., & Burhanuddin, Hamam; Fauziah, Lana; Lugastara, Rahmatul; Aminah, S. (2025). Edukasi pemilihan kosmetik yang aman dan cara cek kosmetik terdaftar bpom. 3(1), 82–86. https://doi.org/10.36728/scsej.v3i1.73 DOI: https://doi.org/10.36728/scsej.v3i1.73

Prasetyo, S. P., & Gunadi, A. (2024). Rewang Rencang : Jurnal Hukum Lex Generalis. Vol.5. No.8 (Agustus 2024) Tema/Edisi : Hukum Pemerintahan (Bulan Kedelapan) https://jhlg.rewangrencang.com/. 5(8), 1–15. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3287

Ramadhani, Amalia; Saleh, Haeruddin; Nur, I. (2025). Strategi Pemasaran Media Produk Dan Brand Skincare D ’ SARS Sebagai Produk Aman Pada BPOM Di Sulawesi Selatan. 3(1), 8–12. https://doi.org/10.56326/jebd.v3i1.2663 DOI: https://doi.org/10.56326/jebd.v3i1.2663

Santoso, A. M., Hanggara, G. S., Afandi, Z., Mujiwati, E. S., Budiono, H., Primandiri, P. R., Setyowidodo, I., Nurfahrudianto, A., Irmayanti, E., Aizah, S., Darmawan, E., Ristanto, R. H., Siswati, B. H., Amin, M., Puspitasari, Y., & Julianto, T. (2021). Penerapan Video Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Penggunaan Ramuan Herbal Selama Pandemi Covid-19 bagi Kelompok Remaja Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 126–137. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.34 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.34

Siregar, Z., Mukhlis, M., & Asnidar. (2023). THE USE OF AUDIO-VISUAL MEDIA TO INCREASE STUDENTS ’ INTEREST IN. 1, 91–98. https://journal.uir.ac.id/index.php/jpp/article/view/18492

Tabina, M. H. C. T., Mubarok, A. I., Sari, I. M., Nabela, Y. A., Fakhriyah, F., & Fajrie, N. (2024). View of Analisis Media Pembelajaran Interaktif Dalam Minat Belajar Siswa Kelas 5 SD 03 Tergo. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(5), 2493–2502. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i5.4219

Wardiah, D. (2017). PERAN STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS, MINAT MEMBACA DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA. 15(2), 1–23. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v15i2.1236

Wedayanti, N. K. A. S., & Utami, P. D. Y. (2023). Perlindungan Hukum bagi Konsumen Produk Kosmetik yang Tidak Terdaftar dalam BPOM. Jurnal Kertha Semmaya, 12(1), 3176–3286.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-16

How to Cite

Dhiya, S. A., Eleora, V. V., Saepudin, E., & Sirait, R. A. (2025). Penggunaan Non Linear Narrative Dalam Penulisan Naskah Karya Animasi Edukasi Produk Aman, Kulit Nyaman. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 44–55. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.672