Peran Guru dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Sekolah Dasar Negeri 047 Tarakan
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.139Keywords:
minat, bakat, siswa, sekolah dasarAbstract
Salah satu tugas guru adalah sebagai motivator yaitu guru yang dapat memotivasi siswa agar dapat mengembangkan minat dan bakat siswa yang dapat di salurkan dan dikembangkan di Sekolah. Siswa yang memiliki bakat berpotensi memperoleh prestasi akademik atau non akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan peran guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler dan faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di Sekolah Dasar Negeri 047 Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualititaf dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas. Hasil dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa guru memiliki peran penting dalam mengembangkan dan membimbing siswa menemukan minat dan bakat. Peran guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa yaitu memberikan perhatian, menjalin kerjasama antara orang tua dan guru, melakukan proses belajar atau latihan, menjaga kestabilan motivasi, memberikan penguatan, dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang berkesinambungan di sekolah.
Downloads
References
Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Asmani, J. M. (2012). Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah. Divapers.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Diarti, I. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya di Kelas IV A MIN 2 Kota Bengkulu. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(3), 126–134.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.
Mamela, S. T., Mahluddin, M., & Fatmawati, K. (2020). UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT SENI SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 212/IV KOTA JAMBI [PhD Thesis]. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Mamik, M. (2014). Metodologi Kualitatif. In Zifatama PUBLISHER. Zifatama Publisher.
Manzilatusifa, U. (2007). Pemberian motivasi guru dalam pembelajaran. Educare, 5(1), 67–74.
Mattarima, S. M. U., Afifi, N., & Qamaria, R. S. (2022). ENGLISH STUDY CLUB: HOW STUDENTS’MENTAL ATTRIBUTES REFLECT THEIR MOTIVATION. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 9(1), 120–134.
Muhajirin, M., & Maya, P. (2017). Pendekatan praktis: Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Idea Press.
Murtadlo, A. & others. (2019). Peran Guru Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Di MI Miftahul Ulum 02 Gumukrejo Karangsono Bangsalsari Jember. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(2), 149–163. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i2.421
Pujawati, F. A. (2016). Peran guru dalam mengembangkan bakat siswa melalui ekstrakurikuler drumband di MI Ma’arif Singosaren tahun pelajaran 2015/2016. [PhD Thesis].
Risdoyok, R., & Aprison, W. (2021). Kerjasama guru pai dan orang tua dalam menghadapi pembelajaran selama covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2319–2335.
Susanto, A. (2016). Manajemen peningkatan kinerja guru konsep, strategi, dan implementasinya. Prenada Media.
Susilawati, R. (2016). Analisis Pengembangan Bakat Khusus Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(11). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i11.22797
Warsito, W. (2019). Peningkatan Minat Belajar Matematika Kelas Iv Melalui Alat Peraga Layang-Layang. Jurnal Sinektik, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3346
Wibowo, Y. A., Jordan, E., Elkasinky, A., Suryana, D. D., Putri, S. N., Puspitaningrum, H., Rahmawati, D., Lestari, D. D., Oktavia, E., & Kinthen, N. (2020). Pengembangan Bakat dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Muhammadiyah Sabrang Lor, Trucuk, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sucahyo Mas an Al Wahid, dedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0