Peran Guru dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Sekolah Dasar Negeri 047 Tarakan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.139

Keywords:

minat, bakat, siswa, sekolah dasar

Abstract

Salah satu tugas guru adalah sebagai motivator yaitu guru yang dapat memotivasi siswa agar dapat mengembangkan minat dan bakat siswa yang dapat di salurkan dan dikembangkan di Sekolah. Siswa yang memiliki bakat berpotensi memperoleh prestasi akademik atau non akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan peran guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa melalui ekstrakurikuler dan faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di Sekolah Dasar Negeri 047 Tarakan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualititaf dan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas. Hasil dari penelitian ini adalah membuktikan bahwa guru memiliki peran penting dalam mengembangkan dan membimbing siswa menemukan minat dan bakat. Peran guru dalam mengembangkan minat dan bakat siswa yaitu memberikan  perhatian,  menjalin kerjasama  antara  orang  tua  dan  guru, melakukan proses belajar   atau   latihan,   menjaga   kestabilan   motivasi,   memberikan   penguatan,   dan  melaksanakan kegiatan  ekstrakurikuler yang berkesinambungan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1).

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Asmani, J. M. (2012). Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah. Divapers.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Diarti, I. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Bakat dan Minat Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya di Kelas IV A MIN 2 Kota Bengkulu. GHAITSA: Islamic Education Journal, 1(3), 126–134.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6–11.

Mamela, S. T., Mahluddin, M., & Fatmawati, K. (2020). UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT SENI SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 212/IV KOTA JAMBI [PhD Thesis]. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Mamik, M. (2014). Metodologi Kualitatif. In Zifatama PUBLISHER. Zifatama Publisher.

Manzilatusifa, U. (2007). Pemberian motivasi guru dalam pembelajaran. Educare, 5(1), 67–74.

Mattarima, S. M. U., Afifi, N., & Qamaria, R. S. (2022). ENGLISH STUDY CLUB: HOW STUDENTS’MENTAL ATTRIBUTES REFLECT THEIR MOTIVATION. Celtic: A Journal of Culture, English Language Teaching, Literature and Linguistics, 9(1), 120–134.

Muhajirin, M., & Maya, P. (2017). Pendekatan praktis: Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Idea Press.

Murtadlo, A. & others. (2019). Peran Guru Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Siswa Di MI Miftahul Ulum 02 Gumukrejo Karangsono Bangsalsari Jember. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(2), 149–163. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i2.421

Pujawati, F. A. (2016). Peran guru dalam mengembangkan bakat siswa melalui ekstrakurikuler drumband di MI Ma’arif Singosaren tahun pelajaran 2015/2016. [PhD Thesis].

Risdoyok, R., & Aprison, W. (2021). Kerjasama guru pai dan orang tua dalam menghadapi pembelajaran selama covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2319–2335.

Susanto, A. (2016). Manajemen peningkatan kinerja guru konsep, strategi, dan implementasinya. Prenada Media.

Susilawati, R. (2016). Analisis Pengembangan Bakat Khusus Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(11). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i11.22797

Warsito, W. (2019). Peningkatan Minat Belajar Matematika Kelas Iv Melalui Alat Peraga Layang-Layang. Jurnal Sinektik, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3346

Wibowo, Y. A., Jordan, E., Elkasinky, A., Suryana, D. D., Putri, S. N., Puspitaningrum, H., Rahmawati, D., Lestari, D. D., Oktavia, E., & Kinthen, N. (2020). Pengembangan Bakat dan Kreativitas Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di MI Muhammadiyah Sabrang Lor, Trucuk, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 1–7.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-03-15

How to Cite

Maulandari, M., Kusnadi, D., & Mas’an Al Wahid, S. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Sekolah Dasar Negeri 047 Tarakan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 131–138. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.139

Issue

Section

Articles