Penggunaan Metode Probing Prompting dengan Media Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.260Keywords:
metode probing prompting, media flashcard, hasil belajarAbstract
Penelitian ini fokus mengkaji mengenai salah satu alternatif yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah secara individual peserta didik mendapat nilai di atas KKM yaitu 70 atau ketuntasan secara klasikal peserta didik di kelas mencapai 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode Probing Prompting dengan memanfaatkan media Flashcard dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran SKI materi Khulafaur Rasyidin siswa kelas VII MTs Al Manar Tengaran Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil ini terlihat dari 28 peserta didik sebelum diterapkannya metode Probing Prompting dengan media Flashcard yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 16 peserta didik atau 57,14% dengan rata-rata 64,85. Kemudian setelah diterapkannya Probing Prompting dengan media Flashcard pada pembelajaran siklus I, jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 81 atau 64,29% dengan nilai rata-rata 67,28. Hasil ini mengalami peningkatan sebesar 25%. Pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 24 atau 85,71% dengan nilai rata-rata peserta didik yang tuntas yakni 76,83.
Downloads
References
Al Anshory, M. L. (2020). Problematika Pembelajaran SKI di Madrasah Tsanawiyah YAPI Pakem.JurnalPenelitianKeislaman,16(1),76–86. https://doi.org/10.20414/jpk.v16i1.2222.
Azhar Arsyad, Media Pembelajaran (2011), (Jakarta: Rajawali Press).
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Hidayat, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Sejarah Kebudayaan Islam (D. E. Restiani (ed.)). Jejak Anggota IKAPI.
Majid, A. (2014). Belajar dan Pembelajaran : Pendidikan Agama Islam (2nd ed.). Bandung: PT Rosda Karya.
Mu’alimin, & Hari, R. A. C. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. Ganding, 44(8), 1–87. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
Nurulhaq, D. dan T. S. (2020). Manajemen Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Konsep dan Strategi dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik (S. Titin (ed.)). Cendekiapress.https://books.google.co.id/books?id.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pramesti, A. A., & Qamaria, R. S. (2022). Penerapan Komunikasi Terapeutik dengan Media Flash Card pada Anak yang Mengalami Down Syndrome. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 159-169.
Priyono, S. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Di Kelas XI Ma Al Fattah Sumbermulyo. Jurnal Imiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 1–10.
Qamaria, R. S. (2023). Penerapan Social Skills Training (SST) untuk Meningkatkan Social Skill Performance pada Anak. Happiness: Journal of Psychology and Islamic Science, 7(1), 25–38. https://doi.org/10.30762/happiness.v7i1.1136
Santoso, H. B. dan S. (2017). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas Xi Di Smk Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. 87(1,2), 149–200. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/jtv.v5i1.1428
Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.
Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.
Syarifuddin. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.Deepublish.https://books.google.co.id/books?id
Widiyanti, L. (2019). “Peningkatan Hasil Belajar SKI Materi Khulafaur Rasyidin dengan Menggunakan Metode Question Student Have Pada Siswa Kelas VII F Mts N 05 Boyolali Tahun Pelajaran 2018/2019”. In Skripsi Publikasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rini Setyaning Tyas, Guntur Cahyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0