Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Ratna Kurnia Aziezah SDN Miru Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56

Keywords:

media, gambar seri, menulis karangan

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup empat aspek yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat kemampuan tersebut bersifat integral atau saling berhubungan. Dari keempat aspek tersebut, keterampilan menulis diakui sebagai keterampilan yang paling sulit. Kenyataan membuktikan bahwa keterampilan menulis tidak banyak dikuasai oleh masyarakat kita pada umumnya atau para siswa pada khususnya. Maka salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengajar bahasa Indonesia adalah meningkatkan kemampuan menulis sebuah karangan dengan memanfaatkan sebuah media. Salah satunya adalah media gambar, karena media gambar dapat merangsang minat siswa sehingga daya imajinasinya timbul dan dituangkan dalam bentuk karya tulis yaitu sebuah karangan. Melalui pemanfaatan media gambar akan dianalisis untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis sebuah karangan cerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kuantitatif. Dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Miru Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan dengan jumlah siswa 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan metode experiment. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dalam menulis sebuah karangan dari siklus I dan siklus II. Pada kegiatan siklus II ketuntasan minimal meningkat daripada pembelajaran siklus I. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar 5 anak dengan prosentase ketuntasan 31,25%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar 14 anak dengan prosentase ketuntasan 87,5%. Ini berarti bahwa pemanfaatan media gambar dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah karangan.

References

Darminto, Poerwo, WJS. 1987. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung : Alumni.

Purwanto, Edi. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SD Negeri 2 Sambeng Boyolali Tahun 2010.”

Sadiman, Arief S, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Safaria, Triantoro, Ahmad Muhammad Diponegoro, and Khoiruddin Bashori. 2017. “The Efficacy of Gratitude and Forgiveness Training to Increase Happiness.” The Social Sciences 12(11):1948–51.

Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Dasr Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rasdakarya.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-01

How to Cite

Aziezah, R. K. (2022). Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56

Issue

Section

Articles