Penggunaan Media Gambar Seri sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Cerita pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.56Keywords:
media, gambar seri, menulis karanganAbstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia mencakup empat aspek yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keempat kemampuan tersebut bersifat integral atau saling berhubungan. Dari keempat aspek tersebut, keterampilan menulis diakui sebagai keterampilan yang paling sulit. Kenyataan membuktikan bahwa keterampilan menulis tidak banyak dikuasai oleh masyarakat kita pada umumnya atau para siswa pada khususnya. Maka salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam mengajar bahasa Indonesia adalah meningkatkan kemampuan menulis sebuah karangan dengan memanfaatkan sebuah media. Salah satunya adalah media gambar, karena media gambar dapat merangsang minat siswa sehingga daya imajinasinya timbul dan dituangkan dalam bentuk karya tulis yaitu sebuah karangan. Melalui pemanfaatan media gambar akan dianalisis untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis sebuah karangan cerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kuantitatif. Dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Miru Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan dengan jumlah siswa 16 anak. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan metode experiment. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan dalam menulis sebuah karangan dari siklus I dan siklus II. Pada kegiatan siklus II ketuntasan minimal meningkat daripada pembelajaran siklus I. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar 5 anak dengan prosentase ketuntasan 31,25%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar 14 anak dengan prosentase ketuntasan 87,5%. Ini berarti bahwa pemanfaatan media gambar dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah karangan.
Downloads
References
Darminto, Poerwo, WJS. 1987. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain.1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
Purwanto, Edi. 2010. “Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Siswa SD Negeri 2 Sambeng Boyolali Tahun 2010.”
Sadiman, Arief S, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Safaria, Triantoro, Ahmad Muhammad Diponegoro, and Khoiruddin Bashori. 2017. “The Efficacy of Gratitude and Forgiveness Training to Increase Happiness.” The Social Sciences 12(11):1948–51.
Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Dasr Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rasdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ratna Kurnia Aziezah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0