Pelatihan TOEFL untuk Siswa di MA AL Ishlah Sendangagung Lamongan

Authors

  • Lusy Tunik Muharlisiani Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Amiruddin Hadi Wibowo Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Diah Yovita Suryarini Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.267

Keywords:

Pelatihan, TOEFL, Pesantren, Siswa

Abstract

Pelatihan TOEFL di Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Lamongan adalah langkah strategis dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Pendekatan partisipatif digunakan dengan tahap studi pendahuluan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan siswa. Materi pelatihan disusun sesuai kebutuhan dengan berbagai sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode pembelajaran aktif berfokus pada pembelajar dan melibatkan latihan intensif untuk meningkatkan partisipasi, pemahaman, dan motivasi peserta. Metode pelatihan yang dipakai yaitu model pelatihan partisipasif. Hasil analisis angket menunjukkan tingkat kepuasan peserta yang tinggi dan peningkatan kemampuan yang signifikan. Respons positif peserta terhadap metode, materi, dan strategi pelatihan sejalan dengan penelitian sebelumnya. Pelatihan ini membuktikan bahwa pendekatan partisipatif dan pembelajaran aktif efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Keberhasilan ini mendorong pengembangan program serupa untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi tantangan global. Dalam konteks ini, pelatihan TOEFL di Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Lamongan memberikan kontribusi yang berharga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghozali, M. D. H., Mathoriyah, L., Yusuf, D. N., & Susanto, E. (2021). PKM Pembinaan Jama’ah At-Tawwabin (Jama’ah Yasin Dan Tahlil) Di Desa Brodot Kecamatan Bandar Kedungmulyo Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 14–18.

Brown, H. D., & Lee, H. (2015). Teaching principles. P. Ed Australia.

Darsana, I. M., & Sukaarnawa, I. G. M. (2023). Manajemen sumber daya manusia. Mafy Media Literasi Indonesia.

Fauzi, A., Surayapermana, N., & Nur’aeni, E. (2022). PENTINGNYA WAWASAN JURNALISTIK PENDIDIKAN BAGI GURU DAN DOSEN DALAM ERA GLOBAL. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4489–4508.

Firdiansyah, F. (2022). Kesulitan-Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Novel Inggris: Suatu Kajian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 591–596.

Goraph, F. A., & Sengi, E. (2020). Metode Partisipatif Dalam Penyusunan Peraturan Desa Di Desa Pitu Maluku Utara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 181–192.

Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Nusa Putra Press.

Ilham, I., Isnaini, Y., Irwandi, I., Lukman, L., & Ismail, H. (2022). Pelatihan Toefl (Test of English As Foreign Language) Bagi Guru-Guru Pesantren. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 715–725.

Kurniawan, H. (2021). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Deepublish.

Kusnayadi, H., Merdekawati, A., & Kusumawardani, W. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Mitra PKM di Desa Leseng, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 96–102.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672–688.

Nugraha, A. S. (2022). NILAI-NILAI MASYARAKAT DALAM CERPEN “ROBOHNYA SURAU KAMI” KARYA AHMAD ALI NAVIS. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 7(1), 128–134.

Nulhaqim, S. A., Heryadi, D. H., Pancasilawan, R., & Ferdryansyah, M. (2016). Peranan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk menghadapi Asean community 2015 studi kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share: Social Work Journal, 6(2), 197.

Puspita, N., & Hasyim, U. A. (2021). Pendampingan Kegiatan English Club Mahasantri Pondok Pesantren di Kota Metro Melalui Program Peningkatan Kemampuan English Proficiency (Toefl). Wisanggeni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23–31.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.

Syamsurrijal, S., Miswaty, T. C., & Hadi, M. Z. P. (2021). Pelatihan toefl dengan metode cooperative integrated reading and composition untuk mencapai nilai ideal di masa pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(5), 217–226.

Wahyuni, N., Idhar, I., & Bulan, A. (2022). Pelatihan TOEFL dan Pendampingan Beasiswa untuk Komunitas “Scholarship Hunter Dompu” dalam Mendukung Visi Pendidikan di NTB. In SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, Dan Sastra, 1, 308–317.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-17

How to Cite

Muharlisiani, L. T., Wibowo, A. H., & Suryarini, . D. Y. (2023). Pelatihan TOEFL untuk Siswa di MA AL Ishlah Sendangagung Lamongan. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.267