Pelatihan TOEFL untuk Siswa di MA AL Ishlah Sendangagung Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.267Keywords:
Pelatihan, TOEFL, Pesantren, SiswaAbstract
Pelatihan TOEFL di Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Lamongan adalah langkah strategis dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Pendekatan partisipatif digunakan dengan tahap studi pendahuluan untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan siswa. Materi pelatihan disusun sesuai kebutuhan dengan berbagai sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode pembelajaran aktif berfokus pada pembelajar dan melibatkan latihan intensif untuk meningkatkan partisipasi, pemahaman, dan motivasi peserta. Metode pelatihan yang dipakai yaitu model pelatihan partisipasif. Hasil analisis angket menunjukkan tingkat kepuasan peserta yang tinggi dan peningkatan kemampuan yang signifikan. Respons positif peserta terhadap metode, materi, dan strategi pelatihan sejalan dengan penelitian sebelumnya. Pelatihan ini membuktikan bahwa pendekatan partisipatif dan pembelajaran aktif efektif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Keberhasilan ini mendorong pengembangan program serupa untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi tantangan global. Dalam konteks ini, pelatihan TOEFL di Pesantren Al-Ishlah Sendangagung Lamongan memberikan kontribusi yang berharga.
Downloads
References
Al-Ghozali, M. D. H., Mathoriyah, L., Yusuf, D. N., & Susanto, E. (2021). PKM Pembinaan Jama’ah At-Tawwabin (Jama’ah Yasin Dan Tahlil) Di Desa Brodot Kecamatan Bandar Kedungmulyo Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 14–18.
Brown, H. D., & Lee, H. (2015). Teaching principles. P. Ed Australia.
Darsana, I. M., & Sukaarnawa, I. G. M. (2023). Manajemen sumber daya manusia. Mafy Media Literasi Indonesia.
Fauzi, A., Surayapermana, N., & Nur’aeni, E. (2022). PENTINGNYA WAWASAN JURNALISTIK PENDIDIKAN BAGI GURU DAN DOSEN DALAM ERA GLOBAL. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(1), 4489–4508.
Firdiansyah, F. (2022). Kesulitan-Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Novel Inggris: Suatu Kajian. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 591–596.
Goraph, F. A., & Sengi, E. (2020). Metode Partisipatif Dalam Penyusunan Peraturan Desa Di Desa Pitu Maluku Utara. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 181–192.
Hidayat, U. S. (2021). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045: Strategi Membangun Generasi Cerdas, Berkarakter dan Berdaya Saing di Abad 21. Nusa Putra Press.
Ilham, I., Isnaini, Y., Irwandi, I., Lukman, L., & Ismail, H. (2022). Pelatihan Toefl (Test of English As Foreign Language) Bagi Guru-Guru Pesantren. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 715–725.
Kurniawan, H. (2021). Pengantar praktis penyusunan instrumen penelitian. Deepublish.
Kusnayadi, H., Merdekawati, A., & Kusumawardani, W. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Kelompok Mitra PKM di Desa Leseng, Kecamatan Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 96–102.
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672–688.
Nugraha, A. S. (2022). NILAI-NILAI MASYARAKAT DALAM CERPEN “ROBOHNYA SURAU KAMI” KARYA AHMAD ALI NAVIS. Jurnal Bastra (Bahasa Dan Sastra), 7(1), 128–134.
Nulhaqim, S. A., Heryadi, D. H., Pancasilawan, R., & Ferdryansyah, M. (2016). Peranan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk menghadapi Asean community 2015 studi kasus: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung. Share: Social Work Journal, 6(2), 197.
Puspita, N., & Hasyim, U. A. (2021). Pendampingan Kegiatan English Club Mahasantri Pondok Pesantren di Kota Metro Melalui Program Peningkatan Kemampuan English Proficiency (Toefl). Wisanggeni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 23–31.
Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103.
Sutikno, M. S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab.
Syamsurrijal, S., Miswaty, T. C., & Hadi, M. Z. P. (2021). Pelatihan toefl dengan metode cooperative integrated reading and composition untuk mencapai nilai ideal di masa pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(5), 217–226.
Wahyuni, N., Idhar, I., & Bulan, A. (2022). Pelatihan TOEFL dan Pendampingan Beasiswa untuk Komunitas “Scholarship Hunter Dompu” dalam Mendukung Visi Pendidikan di NTB. In SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, Dan Sastra, 1, 308–317.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lusy Tunik Muharlisiani, Amiruddin Hadi Wibowo, Diah Yovita Suryarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0