Implementasi Penggunaan Media Audiovisual Sebagai Sarana Pembelajaran Produksi Konten Video Tiktok Kecamatan Jatigede

Authors

  • Nadia Febriani Universitas Padjadjaran
  • Rinda Aunillah Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.397

Keywords:

Video, Audiovisual, Pembelajaran, Pelatihan, Tiktok

Abstract

Artikel ini bertujuan menyajikan implementasi program pengabdian pada masyarakat (PPM) yang diselenggarakan Program Studi Manajemen Produksi Media Universitas Padjadjaran berupa penggunaan media audiovisual, khususnya dalam bentuk video, sebagai sarana pembelajaran produksi konten video TikTok bagi masyarakat Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang. Metode yang dilakukan berbentuk workshop luring yang melibatkan dosen dan praktisi bidang produksi konten video, dengan pendekatan pembelajaran kelompok. Hasil kegiatan pengabdian mencakup deskripsi penggunaan materi bahan ajar audiovisual mengenai teknik pengambilan gambar video menggunakan perangkat ponsel pintar serta manfaatnya dalam meningkatkan kreativitas, retensi informasi, dan keterlibatan peserta pelatihan. Selain itu, artikel ini juga menyoroti pentingnya integrasi penggunaan teknologi dalam konteks pendidikan pada masyarakat, seperti Kecamatan Jatigede, untuk memastikan relevansi dan keberlanjutan pembelajaran di era digital. Diharapkan, artikel ini dapat memberikan wawasan bagi para pendidik, pelaku pendidikan, dan pemangku kepentingan lainnya yang tertarik dalam mengoptimalkan penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Binanto, I. (2013). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Prosiding Seminar RiTekTra, 2004(August), 1–7.

Brame, C. J. (2016). Effective educational videos: Principles and guidelines for maximizing student learning from video content. CBE—Life Sciences Education, 15(4), es6.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Cheng, X., Watanabe, Y., & Curtis, A. (2020). Computer-assisted learning in higher education: An international journal. Computers & Education, 93, 109–12.

Hermanto, K., Anggara, M., Ismiyarti, W., Mardinata, E., Yuliadi, Y., Ekastini, E., & Sofya, N. D. (2023). Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Canva Untuk Guru Sdn Kokarpit Dan Sdn Lekong. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1247–1256. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3255

Jacobson, S. K., McDuff, M. D., & Monroe, M. C. (2015). Conservation education and outreach techniques. Oxford University Press.

Kay, R. H. (n.d.). Exploring the use of video podcasts in education: A comprehensive review of the literature. Computers in Human Behavior.

Legiman. (2013). Pembelajaran Orang Dewasa. Widyaswara.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia learning: Principles for the design of multimedia learning environments. Cambridge University Press.

Pandjaitan, R. H. (2010). Mengenal Ilmu Komunikasi. Widya Padjadjaran.

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9(5), 1–6.

Purnamasari, M. N., Rahmawati, S. D., Studi, P., Administrasi, I., & Malang, U. I. (2024). Efektivitas Pelaksanaan Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Kelurahan Pagentan Kecamatan Singosari Kabupaten Malang Institusi Pembangunan Sumber Daya Manusia Fungsi keluarga sebagai unit terkecil. 5(4), 2946–2960.

Putranto, I., Eliyani, C., Syamruddin, S., Yulianti, R. M., & Widodo, S. (2020). Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Karang Taruna Kelurahan Pamulang Timur Kecamatan Pamulang Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Society Engagement, 1(1), 23–38. https://doi.org/10.33753/ijse.v1i1.2

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Rokhayati, Y. (2020). Pembuatan Video Dokumenter Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 95–100. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i1.4286

Sari, R. P., & Ahmad. (2019). EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Maknawi Press.

Setiawan, N. A. (2017). Pengaruh Pelatihan Penetapan Tujuan (Goal Setting) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam pada Mahasiswa. Al-AdYan, 12(1), 31–51.

Setiowati, V., Asmarani, R., & Yulianto, B. (2020). The Effectiveness of Audio Media on Learning Outcomes to Understand the Intrinsic Elements of Fairy Tales. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 636–641.

Setyaningrum, A., Fatahillah, F., & Mardicko, A. (2021). Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Daring Oleh Guru Sd Di Kecamatan Pagelaran Utara. Journal Of Elementary School Education (JOuESE), 1(2), 43–50. https://doi.org/10.52657/jouese.v1i2.1515

Silberman, M. (2002). Active Learning (101 Strategi Pembelajaran Aktif). Yappendis.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2008). Instructional technology and media for learning.

Suprayekti, S., & Anggraeni, S. D. (2017). Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif” Untuk Orang Tua. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 12(2), 129–136. https://doi.org/10.21009/jiv.1202.5

Warmi, A., Adirakasiwi, A. G., & Nawawi, A. (2022). PELATIHAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALSIME GURU DI SMP ALAM KARAWANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 89–98.

Winarto, W., Syahid, A., & Saguni, F. (2020). Effectiveness the Use of Audio Visual Media in Teaching Islamic Religious Education. International Journal of Contemporary Islamic Education, 2(1), 81–107. https://doi.org/10.24239/ijcied.vol2.iss1.14

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-30

How to Cite

Febriani, N., & Aunillah, R. (2023). Implementasi Penggunaan Media Audiovisual Sebagai Sarana Pembelajaran Produksi Konten Video Tiktok Kecamatan Jatigede. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–338. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.397

Issue

Section

Articles