Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying

Authors

  • Rezki Suci Qamaria Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Feprilia Hana Pertiwi Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Liza Nugrahining Mulyani Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Nur Nilam Sari Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Arrihlah Harriroh Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Indah Nur Haq Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Sebti Shofiya Nasihatin Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Satrio Achmad Erlangga Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Anisahab Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Miftahul Jannah Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265

Keywords:

Kampanye, Stop Bullying, Sekolah Dasar

Abstract

Banyaknya kasus yang terjadi saat ini salah satunya yaitu bullying di lingkungan Sekolah Dasar, dimana bullying dapat memberikan dampak negatif seperti gangguan fisik dan gangguan mental terhadap korban bullying. Bullying sendiri merupakan suatu tindakan intimidasi yang dilakukan oleh pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lebih lemah dimana ditunjukkan dalam berbagai dan beragam bentuk. Tujuan dari pengabdian ini yakni untuk mengedukasi siswa tentang bahaya aksi bullying, kemudian dampak yang diakibatkan ketika melakukan bullying, serta meminimalisir dan menghilangkan aksi bullying di tingkat Sekolah Dasar. Dalam pengabdian ini menggunakan metode Participatori Action Research (PAR). Alasan memilih metode ini karena dalam kampanye stop bullying menjelaskan sebuah masalah maupun menerapkan informasi kedalam aksi. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa siswa menyadari bahwa bullying dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Siswa juga memahami bahaya bullying dan menyadari pentingnya peran mereka dalam mencegah terjadinya bullying di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani, Sri Dewi, dan Tati Nurhayati. “Pengaruh Bullying Verbal Di Lingkungan Sekolah Terhadap Perkembangan Perilaku Siswa.” Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 8, no. 2 (28 November 2019). https://doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.5119.

Aswat, Hijrawatil, Mitra Ode-Ode, dan Beti Ayda. “Eksistensi Peranan Penguatan Pendidikan Karakter terhadap Bentuk Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 5 (2022): 9105–17.

DS. “Mengalami Peningkatan, Angka Kasus Bullying di Indonesia Tembus 1000 Kasus »,” 2023. https://literasiaktual.com/2023/berita/mengalami-peningkatan-angka-kasus-bullying-di-indonesia-lebih-dari-1000-kasus/.

Efianingrum, Ariefa. “Membaca Realitas Bullying Di Sekolah : Tinjauan Multiprespektif Sosiologi.” DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi 7, no. 2 (19 Juni 2020): 1–12. https://doi.org/10.21831/dimensia.v7i2.32584.

Emilda, Emilda. “Bullying di Pesantren: Jenis, Bentuk, Faktor, dan Upaya Pencegahannya.” Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 5, no. 2 (5 Desember 2022): 198–207. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i2.2751.

Firdaus, Fery Muhamad. “Efforts to Overcome Bullying in Elementary School by Delivering School Programs and Parenting Programs through Whole-School Approach.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 2, no. 2 (2019): 49–60. https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika.

Ikhsan, Muhammad Zenuri, Eska Perdana Prasetya, dan Nuraeni Nuraeni. “Sosialisasi Pendidikan Stop Aksi Bullying.” JURMA (Jurnal Program Mahasiswa Kreatif) 4, no. 1 (30 Juni 2020): 1. https://doi.org/10.32832/pkm-p.v4i1.579.

Kasenda, Rinna, Elshaday Supit, Nelsa Tonapa, Angela Kojoh, Sintike Lini, dan Serinalin Asare. “Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Yang Mengakibatkan Terjadinya Perubahan Tingkah Laku.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 7, no. 1 (20 Januari 2023). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4312.

Limilia, Putri, dan Puji Prihandini. “Penyuluhan Stop Bullying sebagai Pencegahan Perundungan Siswa di SD Negeri Sukakarya, Arcamanik - Bandung” 02, no. 01 (2019).

Listyarti, Retno. “Kasus Siswa Bakar Sekolah Di Temanggung, Karena Diduga ‘Sering Dirundung’ - ‘Bullying Di Indonesia Sudah Mengkhawatirkan.’” BBC News Indonesia (blog), 2023.

Murtiningsih, Ika. “Penyuluhan Anti Bullying Peserta Didik.” IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services 2, no. 1 (30 April 2021): 11. https://doi.org/10.32585/ijecs.v2i1.919.

Najah, Nawallin, Sumarwiyah Sumarwiyah, dan Muhammad Syafruddin Kuryanto. “Verbal Bullying Siswa Sekolah Dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8, no. 3 (6 November 2022): 1184–91. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060.

Octavia, Dian, Mefrie Puspita, dan Loriza Sativa Yan. “Fenomena Perilaku Bullying Pada Anak Di Tingkat Sekolah Dasar.” Riset Informasi Kesehatan 9, no. 1 (29 Juni 2020): 43. https://doi.org/10.30644/rik.v9i1.273.

Putri, Elsya. “Kasus Bullying di Lingkungan Sekolah: Dampak serta Penanganannya.” Jurnal Penelitian, Pemikiran, dan Pengabdian 10 (Juli 2022).

Rahmat, Abdul, dan Mira Mirnawati. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6, no. 1 (15 Januari 2020): 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020.

———. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6, no. 1 (15 Januari 2020): 62. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020.

Sa’ida, Naili, Tri Kurnuawati, dan Holy Ichda Wahyuni. “Edukasi Stop Bullying Pada Anak.” Peka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 2 (Desember 2022): 178–83. https://doi.org/10.33508/peka.v5i2.4440.

———. “Edukasi Stop Bullying Pada Anak.” Peka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 2 (Desember 2022): 178–83. https://doi.org/10.33508/peka.v5i2.4440.

Yuyarti. “Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter.” Jurnal Kreatif 9, no. 1 (2018).

Zakiyah, Ela Zain, Sahadi Humaedi, dan Meilanny Budiarti Santoso. “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying.” Jurnal Penelitian 4, no. 2 (2017).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-17

How to Cite

Qamaria, R. S., Pertiwi, F. H., Mulyani, L. N., Sari, N. N., Harriroh, A., Haq, I. N., Nasihatin, S. S., Erlangga, S. A., Anisahab, A., & Jannah, M. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265