Ketajaman Feminisme dalam Pembentukan Jati Diri Remaja Putri melalui Kegiatan Ketarunaan di SMK Negeri 13 Malang Berbasis Taruna

Authors

  • Yeni Wijayanti SMK Negeri 13 Malang

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.7

Keywords:

Feminisme Liberal, Berbasis taruna, Peserta didik putri

Abstract

Feminisme memandang wantina menjadi lebih kuat bermartabat dan sejajar dengan kaum pria. Khususnya feminisme liberal akan membuka pintu bagi para wanita untuk mendapatkan hak yang sama dengan kaum pria. Begitu juga dengan peserta didik putri di SMK Negeri 13 Malang berbasis taruna yang di sebut dengan taruni. Besekolah di sekolah berbasis taruna mengharuskannya untuk mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran yang menerapkan disiplin taruna. Baik kegiatan akademik dan non akademik akan menerapkan peraturan dengan semi militer. Khususnya kegiatan ketarunaan yang memerlukan fisik ekstra, para taruni tetap melaksanakan kewajibannya dengan berbagai kendala yang ia hadapi. Tugasnya sebagai remaja menjadi tantangan tambahan dalam menjalani hari-harinya sebagai taruni. Ia akan berjuang saat di tempa dengan didikan semi militer hingga terbentuk suatu kepribadian utuh hingga ia menemukan jati diri yang handal dan mantap sehingga ia bisa berdiri dengan anggun dan sejajar dengan para taruna atau pria.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (1998). Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California.

Hurlock, Elizabeth. (1998). Psikologi Perkembangan, Terj. Istiwidayanti dan Soedjarwo, Jakarta: Diponegoro.

Moleong, Lexy J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana, 46-55.

Sarwono, S. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2020-11-12

How to Cite

Wijayanti, Y. (2020). Ketajaman Feminisme dalam Pembentukan Jati Diri Remaja Putri melalui Kegiatan Ketarunaan di SMK Negeri 13 Malang Berbasis Taruna. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i1.7