Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V

Authors

  • Muhammad Wildanum Mucholladum Sekolah Dasar Manyaran 4 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.48

Keywords:

Discovery Learning, hasil belajar, matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan penguasaan perkalian pada siswa dan meningkatkan proses pembelajaran mata pelajaran Matematika serta meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN Manyaran 4 Kelas V Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 15 siswa. Data awal yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan dilengkapi lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Rata-rata hasil belajar siswa sebelumnya adalah kurang dari 55, namun setelah peneliti menerapkan model discovery learning sebagai sarana mamahami operasi hitung bilangan bulat didapatkan hasil yang memuaskan yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I meningkat menjadi 70 dan pada siklus II meningkat menjadi 84. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan oleh peneliti telah berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan agar guru yang kondisi lingkungan hampir sama dengan yang dilakukan oleh peneliti sebaiknya menggunakan metode pembelajaran discovery learning.

References

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Arikunto, Suharsmi. 2000. Dasar-dasar Evaluasi Pendidkan. Bina Aksara.

Halimah, Siti. 2014. “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika.”

Qamaria, Rezki Suci and others. 2020. “The Effectiveness of Google Classroom as English Learning Assistance.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1):47–53.

Rahmawati, Elly. 2020. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 1(1):48–70.

Ramadhani, Rahmi, Masrul Masrul, Dicky Nofriansyah, Mustofa Abi Hamid, I. Ketut Sudarsana, Sahri Sahri, Janner Simarmata, Meilani Safitri, and Suhelayanti Suhelayanti. 2020. Belajar Dan Pembelajaran: Konsep Dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.

Sudin, Ali. 2014. Kurikulum Dan Pembelajaran. UPI Press.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-02-01

How to Cite

Mucholladum, M. W. (2022). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas V. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 134–142. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.48

Issue

Section

Articles