Sosialisasi Penyusunan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru SD Negeri Titik Kecamatan Semen Kabupaten Kediri

Authors

  • Nur Lailiyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Hanggara Budi Utomo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sujarwoko Sujarwoko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Andri Pitoyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Subardi Agan Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Waryanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sempu Dwi Sasongko Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sardjono Sardjono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Moch Muarifin Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Encil Puspitoningrum Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Marista Dwi Rahmayantis Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Trisnaning Wahyuni Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Merdian Yozima Sugeng Abrianto Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.107

Keywords:

pelatihan, karya ilmiah, guru SD

Abstract

Pengabdian pada masyarakat ini menerapkan metode berbasis masalah dengan penilaian yang holistik. Langkah-langkah penerapan metode tersebut antara lain menggunakan rangkaian aktivitas kegiatan seperti peserta didik dapat aktif dalam berpikir dan berkomunikasi serta mencoba memahami kesulitan yang dihadapi, menyelesaikan masalah dengan menempatkan masalah sebagai proses penyusunan rubrik penilaian, dan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Adanya program kerja yang dimiliki oleh dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maka membuka peluang kerjasama yang akan dilakukan secara konsisten di setiap semester dengan tema yang berbeda, tentunya sebagai pemecah dari masalah yang dihadapi guru. Bagi guru SDN Titik kabupaten Kediri menulis KTI memang sulit dilakukan. Untuk itu, tujuan diadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini agar para guru SDN Titik kabupaten Kediri mampu menulis KTI. Dengan diadakan kegiatan tersebut, diharapkan para guru mampu membuat KTI secara sistematis dan terstruktur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfianto, A. E. W., & Balahmar, A. R. U. 2014. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Ekonomi Desa. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 2(1), 53–66. https://doi.org/10.21070/jkmp.v2i1.408

Dewi M, C. S., & Zuroidah, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Santri TPQ Asy-Syifa Bangsal melalui Metode Explicit Instruction. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 33-45. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.61

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Elis Ratnawulan & A. Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. 339.

Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 100–110. Retrieved from https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820

Naulandani, Z. S., Widodo, S., & Hariyono, joko. 2020. Penerapan Evaluasi Holistik dalam Kegiatan Pembelajaran : Literature Review. Conference Series Journal, 1(2)(2), 1–6.

Nuriyah, N. 2014. Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC

Nurkholis, I. (2022). Analisis Kelebihan dan Kekurangan dalam Pembelajaran Daring di SDN Pesanggrahan 01 Kota Batu Malang. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 143-148. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.45

Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing

Rafique, G. M., Mahmood, K., Warraich, N. F., & Rehman, S. U. 2021. Readiness for Online Learning during COVID-19 pandemic: A survey of Pakistani LIS students. Journal of Academic Librarianship, 47(3), 102346. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102346

Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Pusat.

Subekti, H., & Alinurdin, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dengan Perspektif Good Character di Sekolah Menengah Kejuruan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(2), 114-131. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.31

Sucipto, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Mendeley sebagai Alat Sinkronisasi Metadata Artikel Ilmiah. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 83-88. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.23

Sucipto, S. (2021). Pendampingan Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah untuk Persiapan Akreditasi Jurnal Nasional di Universitas Tulungagung. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 62-69. https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.28

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV

Yuniar Setyaputri, N., Dwi Ariyanto, R., Sukma Hanggara, G., Adi Sancaya, S., & Ayuningtyas, P. . (2022). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru BK melalui Pelatihan Konten Layanan Digital Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 94-101. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.86

Downloads

PlumX Metrics

Published

2022-05-31

How to Cite

Lailiyah, N., Utomo, H. B., Sujarwoko, S., Pitoyo, A., Agan, S., Waryanti, E., Sasongko, S. D., Sardjono, S., Muarifin, M., Puspitoningrum, E., Rahmayantis, M. D., Wahyuni, T., & Abrianto, M. Y. S. (2022). Sosialisasi Penyusunan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru SD Negeri Titik Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 148–156. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.107

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)