Sosialisasi Penyusunan Karya Tulis Ilmiah untuk Guru SD Negeri Titik Kecamatan Semen Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.107Keywords:
pelatihan, karya ilmiah, guru SDAbstract
Pengabdian pada masyarakat ini menerapkan metode berbasis masalah dengan penilaian yang holistik. Langkah-langkah penerapan metode tersebut antara lain menggunakan rangkaian aktivitas kegiatan seperti peserta didik dapat aktif dalam berpikir dan berkomunikasi serta mencoba memahami kesulitan yang dihadapi, menyelesaikan masalah dengan menempatkan masalah sebagai proses penyusunan rubrik penilaian, dan pemecahan masalah dengan menggunakan pendekatan ilmiah. Adanya program kerja yang dimiliki oleh dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maka membuka peluang kerjasama yang akan dilakukan secara konsisten di setiap semester dengan tema yang berbeda, tentunya sebagai pemecah dari masalah yang dihadapi guru. Bagi guru SDN Titik kabupaten Kediri menulis KTI memang sulit dilakukan. Untuk itu, tujuan diadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini agar para guru SDN Titik kabupaten Kediri mampu menulis KTI. Dengan diadakan kegiatan tersebut, diharapkan para guru mampu membuat KTI secara sistematis dan terstruktur.
Downloads
References
Arfianto, A. E. W., & Balahmar, A. R. U. 2014. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Ekonomi Desa. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 2(1), 53–66. https://doi.org/10.21070/jkmp.v2i1.408
Dewi M, C. S., & Zuroidah, N. (2021). Peningkatan Keterampilan Menulis Al-Qur’an Santri TPQ Asy-Syifa Bangsal melalui Metode Explicit Instruction. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 33-45. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.61
Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elis Ratnawulan & A. Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. 339.
Kuntarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 100–110. Retrieved from https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820
Naulandani, Z. S., Widodo, S., & Hariyono, joko. 2020. Penerapan Evaluasi Holistik dalam Kegiatan Pembelajaran : Literature Review. Conference Series Journal, 1(2)(2), 1–6.
Nuriyah, N. 2014. Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, 3(1), 73–86. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC
Nurkholis, I. (2022). Analisis Kelebihan dan Kekurangan dalam Pembelajaran Daring di SDN Pesanggrahan 01 Kota Batu Malang. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 143-148. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.45
Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publishing
Rafique, G. M., Mahmood, K., Warraich, N. F., & Rehman, S. U. 2021. Readiness for Online Learning during COVID-19 pandemic: A survey of Pakistani LIS students. Journal of Academic Librarianship, 47(3), 102346. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2021.102346
Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Pusat.
Subekti, H., & Alinurdin, A. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter dengan Perspektif Good Character di Sekolah Menengah Kejuruan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 1(2), 114-131. https://doi.org/10.53624/ptk.v1i2.31
Sucipto, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Mendeley sebagai Alat Sinkronisasi Metadata Artikel Ilmiah. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 83-88. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.23
Sucipto, S. (2021). Pendampingan Manajemen Pengelolaan Jurnal Ilmiah untuk Persiapan Akreditasi Jurnal Nasional di Universitas Tulungagung. Archive: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 62-69. https://doi.org/10.55506/arch.v1i1.28
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV
Yuniar Setyaputri, N., Dwi Ariyanto, R., Sukma Hanggara, G., Adi Sancaya, S., & Ayuningtyas, P. . (2022). Peningkatan Keterampilan ICT untuk Guru BK melalui Pelatihan Konten Layanan Digital Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 94-101. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.86
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nur Lailiyah, Hanggara Budi Utomo, Sujarwoko Sujarwoko, Andri Pitoyo, Subardi Agan, Endang Waryanti, Sempu Dwi Sasongko, Sardjono Sardjono, Moch Muarifin, Encil Puspitoningrum, Marista Dwi Rahmayantis, Trisnaning Wahyuni, Merdian Yozima Sugeng Abrianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0