Pelatihan Penyusunan Instrumen PTK dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru SD Kabupaten Bireuen

Authors

  • Novianti Novianti Universitas Almuslim
  • Siti Khaulah Universitas Almuslim
  • Rahmi Rahmi Universitas Almuslim
  • Marnita Marnita Universitas Almuslim
  • Bulan Nuri Universitas Almuslim

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.208

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah Dasar, Participant Active Learning

Abstract

Pengabdian ini dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan mempu merancang pembelajaran PTK dengan sistematika hingga tahap refleksi dan evaluasi sehingga dpaat dilakukan perbaikan terhadap hasil yang kurang optimal pada tahap atau siklus selanjutnya. Pendekatan yang dilakuan pada kegiatan pengabdian ini adalah participant active learning dimana peserta ikut berpastisipasi dalam kegiatan pengabdian secara aktif. Jumlah peserta yag mengikuti adalah 20 orang yang terdiri dari beberapa perwakilan dari Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen. Berdasarkan hasil Pengabdian dan proses evaluasi pada kegiatan ini diperoleh bahwa terjadi peningkatan kemampuan para guru dalam merancang intrumen PTK dan melaksanakan PTK yang sebenarnya secara sistematis dan hasil respon yang diperoleh juga dengan capaian respon yang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori, H., Hadi, S., Amalia, R., & Fitri, M. (2020). Bimbingan Pembuatan Proposal PTK Bagi Guru Peserta MGMP Matematika Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.1791

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Pra ktik. Jakarta.

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal UNY, Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008, 229.

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2).

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1). https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690

Mahmudiyah, R. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sdn 050734 Tanjung Pura Langkat. Pkm.Uika-Bogor.Ac.Id, 5(4).

Maulidasari, M., & Novianti, N. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Konsep Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture. Jurnal Asimetris, 3(2), 90–94. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i2.1560

Nasirun, M., Indrawati, I., & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Muhammad. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1).

Novianti, N., Khaulah, S., & Apriani, W. (2021, November 16). The Influence of the AMONG System-based Mathematics Learning Model Towards the Students’ Ability in Learning Independence at Elementary School Students. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.211102.057

Novianti, N., Khaulah, S., Nuri, B., Safitri, F., & Marnita, M. (2022). Pelatihan Penyelesaian Soal Matematika SD Berbasis Literasi dan Numerasi di Desa Bandar Bireuen. Aceh Journal of Community Engagement (AJCE), 1(2). https://doi.org/10.51179/ajce.v1i2.1718

Rosadi, A., Nur, R. A., Ridwan, D., & Apriandinata, I. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1). https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.297

Soejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Sholikhah, N., & Prakoso, A. F. (2017). PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). Jurnal ABDI, 2(2). https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p51-59

Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5

Subardi, S. (2019). Jaminan Mutu Pendidikan Guru. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.988

Wanabuliandari, S., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2020). PTK Assistance for Teachers in SD 1 Tumpang Krasak with Participant Active Learning Techniques. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.324

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-05-22

How to Cite

Novianti, N., Khaulah, S., Rahmi, R., Marnita, M., & Nuri, B. (2023). Pelatihan Penyusunan Instrumen PTK dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru SD Kabupaten Bireuen. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 173–181. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.208

Issue

Section

Articles