Pelatihan Penyusunan Instrumen PTK dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru SD Kabupaten Bireuen
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.208Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah Dasar, Participant Active LearningAbstract
Pengabdian ini dilakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun instrumen Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan mempu merancang pembelajaran PTK dengan sistematika hingga tahap refleksi dan evaluasi sehingga dpaat dilakukan perbaikan terhadap hasil yang kurang optimal pada tahap atau siklus selanjutnya. Pendekatan yang dilakuan pada kegiatan pengabdian ini adalah participant active learning dimana peserta ikut berpastisipasi dalam kegiatan pengabdian secara aktif. Jumlah peserta yag mengikuti adalah 20 orang yang terdiri dari beberapa perwakilan dari Sekolah Dasar di Kabupaten Bireuen. Berdasarkan hasil Pengabdian dan proses evaluasi pada kegiatan ini diperoleh bahwa terjadi peningkatan kemampuan para guru dalam merancang intrumen PTK dan melaksanakan PTK yang sebenarnya secara sistematis dan hasil respon yang diperoleh juga dengan capaian respon yang sangat baik.
Downloads
References
Ansori, H., Hadi, S., Amalia, R., & Fitri, M. (2020). Bimbingan Pembuatan Proposal PTK Bagi Guru Peserta MGMP Matematika Kota Banjarmasin. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.20527/btjpm.v2i2.1791
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Pra ktik. Jakarta.
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal UNY, Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008, 229.
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2).
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. ABDIMAS UNWAHAS, 4(1). https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Mahmudiyah, R. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Dalam Peningkatan Kompetensi Guru Di Sdn 050734 Tanjung Pura Langkat. Pkm.Uika-Bogor.Ac.Id, 5(4).
Maulidasari, M., & Novianti, N. (2022). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Konsep Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture. Jurnal Asimetris, 3(2), 90–94. https://doi.org/https://doi.org/10.51179/asimetris.v3i2.1560
Nasirun, M., Indrawati, I., & Suprapti, A. (2021). Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Muhammad. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1).
Novianti, N., Khaulah, S., & Apriani, W. (2021, November 16). The Influence of the AMONG System-based Mathematics Learning Model Towards the Students’ Ability in Learning Independence at Elementary School Students. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.211102.057
Novianti, N., Khaulah, S., Nuri, B., Safitri, F., & Marnita, M. (2022). Pelatihan Penyelesaian Soal Matematika SD Berbasis Literasi dan Numerasi di Desa Bandar Bireuen. Aceh Journal of Community Engagement (AJCE), 1(2). https://doi.org/10.51179/ajce.v1i2.1718
Rosadi, A., Nur, R. A., Ridwan, D., & Apriandinata, I. (2022). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Pengabdian Kepada Masyarakat Pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(1). https://doi.org/10.55338/jpkmn.v3i1.297
Soejoto, A., Fitrayati, D., Ghofur, M. A., Sholikhah, N., & Prakoso, A. F. (2017). PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK). Jurnal ABDI, 2(2). https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p51-59
Sri Astutik, Subiki, & Singgih Bektiarso. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru SMAN Panarukan Situbondo. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i1.5
Subardi, S. (2019). Jaminan Mutu Pendidikan Guru. SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32923/kjmp.v2i2.988
Wanabuliandari, S., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2020). PTK Assistance for Teachers in SD 1 Tumpang Krasak with Participant Active Learning Techniques. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.324
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1). https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novianti Novianti; Siti Khaulah, Rahmi Rahmi, Marnita Marnita; Bulan Nuri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0