Towards Smart School: Implementation of Learning Management System in Kemuning Village Primary School
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.209Keywords:
Smart School, UMN, Online Learning, Distance LearningAbstract
Demi mewujudkan Indonesia yang maju di masa depan, masyarakat desa perlu memiliki kemampuan dalam memiliki sumber daya manusia unggul yang mampu memanfaatkan teknologi informasi. UMN sebagai universitas yang memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi berperan penting dalam hal tersebut, telah bekerjasama dengan Desa Kemuning terutama dengan SDN Kemuning untuk pembuatan materi edukasi online yang dapat diakses melalui Learning Management System (LMS). Dari hasil observasi serta diskusi dengan para guru di SDN Kemuning ditetapkan mata pelajaran terkait sirkulasi darah untuk dibuat video pembelajaran digital. Dari pelaksanaan program ini, para siswa SDN Kemuning sudah mulai diperkenalkan dengan teknologi serta pembelajaran daring yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. hal ini juga mendukung proses literasi digital kepada para anak muda serta guru-guru.
Downloads
References
Adedoyin, O. B., & Soykan, E. (2023). Covid-19 pandemic and online learning: the challenges and opportunities. Interactive Learning Environments, 31(2), 863–875. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1813180
Alvin, S. (2023). “IT’S BELOW MY EXPECTATION”: A CASE STUDY OF UMN ONLINE LEARNING STUDENT. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(3), 843–854. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/ijerlas.v3i3.865
Alvin, S., & Dewi, H. L. C. (2022). Gen-Z dan Masa Depan Pembelajaran Jarak Jauh. In Merangkul Ragam Capaian Akreditasi Unggul di Era 5.0: Eksistensi Insan Komunikasi di Era Digitalisasi (pp. 111–120). Salemba Humanika.
Ambarwati, A., & Sobari, I. S. (2020). Membangun Jiwa Kewirausahaan Di Era Milenial Bagi ahasiswa Institut Stiami Kampus Tangerang Selatan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 140–144. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.736
Cahyo, A. D., & Devi, H. P. (2022). Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan UMKM Kripik Pisang di Dusun Kedungdang Desa Bener. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.106
Castro, M. D. B., & Tumibay, G. M. (2021). A literature review: efficacy of online learning courses for higher education institution using meta-analysis. Education and Information Technologies, 26(2), 1367–1385. https://doi.org/10.1007/s10639-019-10027-z
Chaeruman, U. A. (2018). MODEL DESAIN SISTEM PEMBELAJARAN BLENDED: Prosedur Merancang Pembelajaran Blended Mata Kuliah Daring dan Terbuka SPADA Indonesia. PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/125638/mod_resource/content/1/PEDATI_-_Model_Desain_Sistem_Pembelajaran_Blended1.pdf
Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118, 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440
Fauzi, I., & Sastra Khusuma, I. H. (2020). Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914
Hamzah, M. I., Embi, M. A., & Ismail, A. (2010). ICT and Diversity in Learners’ Attitude on Smart School Initiative. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 7, 728–737. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.10.099
Ilmanto, A. H., Fahyuni, E. F., & Harahap, A. (2021). The Problems of Online Learning: The Role of Parents During The Covid-19 Pandemic. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 284–293. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1471
Kemmis, S. (2006). Participatory action research and the public sphere. Educational Action Research, 14(4), 459–476. https://doi.org/10.1080/09650790600975593
Kusnandar, V. B. (2021). Jumlah Penduduk Kota Tangerang 1,89 Juta Jiwa pada 2020. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/13/jumlah-penduduk-kota-tangerang-189-juta-jiwa-pada-2020#:~:text=Kota Tangerang memiliki wilayah seluas,per km persegi pada 2020.
Liu, X., Zhao, L., & Su, Y.-S. (2022). Impact of Parents’ Attitudes on Learning Ineffectiveness: The Mediating Role of Parental Self-Efficacy. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(1), 615. https://doi.org/10.3390/ijerph19010615
Mujiono, M., & Susilo, D. (2021). Alternative learning media post-covid-19: uncertainty reduction theory perspective. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(5), 469–480. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i5.4242
Pei, L., & Wu, H. (2019). Does online learning work better than offline learning in undergraduate medical education? A systematic review and meta-analysis. Medical Education Online, 24(1), 1666538. https://doi.org/10.1080/10872981.2019.1666538
Riatun, & Alvin, S. (2023). EMPOWERING EDUCATION: DEVELOPING AN E-LEARNING COURSE FOR INTRODUCTION TO COMMUNICATION STUDIES AT UMN. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(3), 1006–1016. https://doi.org/https://doi.org/10.54443/ijerlas.v3i3.882
Ribeiro, L. M., Cunha, R. S., Silva, M. C. A. e, Carvalho, M., & Vital, M. L. (2021). Parental Involvement during Pandemic Times: Challenges and Opportunities. Education Sciences, 11(6), 302. https://doi.org/10.3390/educsci11060302
Santoso, A. M., Sucipto, S., Istiqlaliyah, H., Ristyawan, A., Indriati, R., Afandi, Z., Sulistiono, S., Forijati, R., Firliana, R., Primandiri, P. R., Sutikno, S., Suciati, S., Rahajoe, D., Hadi, M. N., Tohari, A. F., Wibisono, R. M., Pratama, A., Annafinurika, M., As’ari, N., … Gunawan, H. R. (2022). Optimasi Pemasaran Digital Sartika FARM Hidroponik Menggunakan Social Messaging dan Google My Business. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19–29. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.130
Singh, V., & Thurman, A. (2019). How Many Ways Can We Define Online Learning? A Systematic Literature Review of Definitions of Online Learning (1988-2018). American Journal of Distance Education, 33(4), 289–306. https://doi.org/10.1080/08923647.2019.1663082
Smith, B. G. (2010). E-learning technologies: A comparative study of adult learners enrolled on blended and online campuses engaging in a virtual classroom [Capella University]. https://www.learntechlib.org/p/115478/
Stevens, M., & Borup, J. (2015). Parental Engagement in Online Learning Environments: A Review of the Literature (pp. 99–119). https://doi.org/10.1108/S1479-368720150000027005
Taleb, Z., & Hassanzadeh, F. (2015). Toward Smart School: A Comparison between Smart School and Traditional School for Mathematics Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 171, 90–95. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.093
Utomo, G. M., Setiawan, B., Rachmadtullah, R., & Iasha, V. (2021). What Kind of Learning Media do You Want? Need Analysis On Elementary School Online Learning. Jurnal Basicedu, 5(5), 4299–4310. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1468
Widyastoro, K., Rahayu, P., & Rini, E. F. (2020). Integrasi Kawasan Industri Millennium Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang dengan Wilayah Sekitar Menuju Kota Industri. Desa-Kota, 2(1), 1. https://doi.org/10.20961/desa-kota.v2i1.31744.1-13
WINDARTO, W., & MARTINI, M. (2021). EMPOWERING CIBOGO VILLAGERS, KABUPATEN TANGERANG, THROUGH EDUCATIONAL AND ENVIRONTMENTAL PROGRAM. ICCD, 3(1), 347–350. https://doi.org/10.33068/iccd.Vol3.Iss1.374
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Riatun Riatun, Helga Liliani Cakra Dewi, Nicky Stephani, Silvanus Alvin, Mujiono Mujiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0