Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Bahasa Inggris di Kediri melalui Pelatihan Public Speaking

Authors

  • Rika Riwayatiningsih Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Agung Wicaksono Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Khoiriyah Khoiriyah Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Sulistyani Sulistyani Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Mahendra Puji P A Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.27

Keywords:

Keterampilan Komunikasi, Pelatihan, Public Speaking

Abstract

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada era yang mengedepankan teknologi informasi dalam berinteraksi saat ini komunikasi yang efektif memegang peranan penting dalam mencapai tujuan yang dikehendaki. Namun, tidak semua orang termasuk guru dapat melakukan suatu komunikasi sehingga informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada pihak lain. Seorang guru memiliki tugas dan peran sebagai motivator, mediator, dan fasilitator, serta transfer pengetahuan kepada peserta didik tentu dituntut memiliki keterampilan komunikasi, termasuk public speaking yang baik agar segala informasi dapat diterima dengan baik pula oleh peserta didik. Guna memberikan pemahaman dan keterampilan yang memadai maka diperlukan pelatihan public speaking bagi guru. Tujuan pelatihan ini adalah  meningkatkan literasi public speaking dan meningkatkan keterampilan public speaking bagi guru. Sasaran pelatihan adalah guru-guru bahasa Inggris pada jenjang pendidikan SMP dan SMA di Kediri. Metode pelatihan yang diberikan berupa tutorial, simulasi, dan evaluasi. Meskipun kegiatan pelatihan public speaking ini dilakukan secara daring akibat adanya kebijakan social distancing dalam upaya mencegah dan mengurangi penyebaran Covid-19, namun tidak menyurutkan antusiasme peserta untuk mengikutinya. Sebanyak 25 peserta yang terdiri dari guru-guru Bahasa Inggris di Kediri telah mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan suka cita mulai dari awal hingga akhir pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abomeh, O. and Peace, N. (2015) ‘Effects of Training on Employees’ Productivity in Nigeria Insurance Industry’, British Journal of Economics, Management & Trade, 7(3), pp. 227–235. doi: 10.9734/bjemt/2015/15001.

Budiningsih, Tri Esti., Firmansyah, I. (2012) ‘Efektivitas Pelatihan Public SpeakingTerhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Komunikasi Pada Fasilitator Experience Learning (Outbond) PT Hucle Consulting’, INTUISI, 4(2), pp. 1–6. Available at: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2637.

Fitrananda, C. A. et al. (2018) ‘Pelatihan Public Speaking untuk Menunjang Kemampuan Presentasi Bagi Siswa SMAN 1 Margahayu Kabupaten Bandung’, jurnal pengabdian kepada masyarakat MADANI, 4(2), pp. 66–69.

Girsang, L. R. (2018) ‘“PUBLIC SPEAKING” SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI EFEKTIF (KEGIATAN PKM di SMA KRISTOFORUS 2, JAKARTA BARAT)’, Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2), pp. 81–85.

Lucas, S. E. (2012) The Art of Public Speaking. 12th edn. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Noe, Raymond A., John R. Hollenbeck., Barry Gerhart and Patrick M. Wright. 2012. Fundamentals of Human Resource Management. New York: McGraw Hill.

Oktavianti, R. and Rusdi, F. (2019) ‘Belajar Public Speaking Sebagai Komunikasi Yang Efektif’, Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1), pp. 117–122. doi: 10.24912/jbmi.v2i1.4335.

Suprapto, H. A. (2017) ‘Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa’, Khazanah Pendidikan, XI(1), pp. 13–24.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-05-01

How to Cite

Riwayatiningsih, R., Wicaksono, A., Khoiriyah, K., Sulistyani, S., & Puji P A, M. . (2021). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Guru Bahasa Inggris di Kediri melalui Pelatihan Public Speaking. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 112–118. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.27

Issue

Section

Articles