Peningkatan Hasil Belajar Melalui Video Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271Keywords:
Hasil Belajar, Pendekatan Kotekstual, Video PembelajaranAbstract
Adapun masalah yang ditemukan peneliti ketika di lapangan berdasarkan observasi langsung yaitu peserta didik kurang fokus dalam belajar, motivasi belajar mereka masih kurang, dan kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sehingga dilakukan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam muatan Bahasa Indonesia dan PPKn dengan video pembelajaran berbasis kontekstual. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, yang mana tiap siklus memiliki tahapan yang sama berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam bentuk analisis deskriptif presentase. Penelitian ini dikatakan berhasil bila hasil belajar peserta didik mencapai 80% secara keseluruhan. Adapun Pada siklus pertama diperoleh data 66% anak atau sekitar 16 anak yang memperoleh ketuntasan naik 16% dari sebelumnya. Terakhir disiklus kedua ada sekitar 83% anak atau 20 anak telah memperoleh ketuntasan belajar diatas KKM.
Downloads
References
Antara, & Aditya, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asnur, & Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435
Astika, R. T., Astra, I. M., Makmuri, Sumarni, S., Andika, W. D., & Wahyudi, A. (2020). Video Pembelajaran Kontekstual Mendukung Hasil Tes Matematika Siswa Sekolah Dasar. 127–136.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2015). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif di Sekolah dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46.
Halim, D. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825
Isdayanti, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adobe Flash Pada Materi Daur Hidup Hewan. JIPP (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 390–406. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i2.27320
Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857
Latief, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII DI SMPN 4 Padalarang. Jurnal Geografi, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3395
Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146
Muna, H., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. Aksioma, 8(2), 9–18. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1686
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. 2009.Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492
Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Umbara, Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.2515
Utari, R. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas 1 Teknik Audio Video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Pkdle Di Smk N 1 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(oktober 2016), 108–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877
Yildiz, S., & Ersan, Y. (2011). A study on pc - video games in terms of the space awareness from childhood to youth. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.145
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lisa Husnul Khotimah, Juliana S, Sri Indrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0