Peningkatan Hasil Belajar Melalui Video Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas 5 SD

Authors

  • Lisa Husnul Khotimah Universitas Sriwijaya
  • Juliana S Universitas Sriwijaya
  • Sri Indrawati Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271

Keywords:

Hasil Belajar, Pendekatan Kotekstual, Video Pembelajaran

Abstract

Adapun masalah yang ditemukan peneliti ketika di lapangan berdasarkan observasi langsung yaitu peserta didik kurang fokus dalam belajar, motivasi belajar mereka masih kurang, dan kurangnya media pembelajaran yang menarik untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sehingga dilakukan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam muatan Bahasa Indonesia dan PPKn dengan video pembelajaran berbasis kontekstual. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, yang mana tiap siklus memiliki tahapan yang sama berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam bentuk analisis deskriptif presentase. Penelitian ini dikatakan berhasil bila hasil belajar peserta didik mencapai 80% secara keseluruhan. Adapun Pada siklus pertama diperoleh data 66% anak atau sekitar 16 anak yang memperoleh ketuntasan naik 16% dari sebelumnya. Terakhir disiklus kedua ada sekitar 83% anak atau 20 anak telah memperoleh ketuntasan belajar diatas KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara, & Aditya, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak. Mimbar Ilmu, 24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnur, & Ambiyar. (2018). Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Video Pada Mata Kuliah Tata Boga II. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i3.16435

Astika, R. T., Astra, I. M., Makmuri, Sumarni, S., Andika, W. D., & Wahyudi, A. (2020). Video Pembelajaran Kontekstual Mendukung Hasil Tes Matematika Siswa Sekolah Dasar. 127–136.

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2015). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif di Sekolah dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46.

Halim, D. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(2), 108–114. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v5i2.9825

Isdayanti, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adobe Flash Pada Materi Daur Hidup Hewan. JIPP (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 390–406. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i2.27320

Khofiyah, H. N., Santoso, A., & Akbar, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 61–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11857

Latief, H. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas VII DI SMPN 4 Padalarang. Jurnal Geografi, 14(2). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/gea.v14i2.3395

Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146

Muna, H., Nizaruddin, & Murtianto, Y. H. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Macromedia Flash 8 Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Program Linier Kelas XI. Aksioma, 8(2), 9–18. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1686

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2194

Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95

Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. 2009.Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Taqiya, Nuroso, & Reffiane. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Connected Berbantu Media Video Animasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 289–295. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19492

Tegeh, Simamora, & Dwipayana. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2), 158–166. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Umbara, Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v25i2.2515

Utari, R. (2016). Kontribusi Motivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas 1 Teknik Audio Video Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Diklat Pkdle Di Smk N 1 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(oktober 2016), 108–114. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i2.2877

Yildiz, S., & Ersan, Y. (2011). A study on pc - video games in terms of the space awareness from childhood to youth. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.145

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-18

How to Cite

Khotimah, L. H., S, J., & Indrawati, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Video Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas 5 SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271