Kegiatan Sekolah Perempuan Az-Zahra Untuk Mendorong Kemandirian dan Inovasi di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.307Keywords:
Sekoper Az- Zahra, Mandiri, Inovatif, PerempuanAbstract
Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan di desa Watudakon kecamatan Kesamben kabupaten Jombang agar bisa lebih mandiri dan inovatif, dan berdaya saing untuk kehidupan dan lingkungannya. Secara teknis, kegiatan ini meliputi sosialisasi sekoper Az- Zahra, seminar penguatan dan kesetaraan gender, pelatihan pembuatan lilin aromaterapi, dan workshop digital marketing. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Metode ini bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat. Kegiatan yang dilakukan adalah seminar dan pelatihan tentang pemberdayaan perempuan di desa Watudakon untuk mendorong kemandirian dan inovasi di era digital. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa kegiatan Sekoper Az- Zahra berdampak positif bagi para perempuan di desa Watudakon. Pada tahapan evaluasi, beberapa perempuan yang menemui kendala setelah mengikuti kegiatan seminar dan pelatihan, telah mendapatkan pendampingan lebih lanjut agar berdampak dan aplikatif di masyarakat.
Downloads
References
Afandi, A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi (ed.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
EFENDY, R. (2014). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan. Al-Maiyyah: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 7(2), 142–165. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v7i2.239
Febri, H., & Ponorogo, I. (2022). Persepsi Masyarakat Mengenai Kesetaraan Gender dalam Keluarga di Krandegan Kebonsari Madiun. JouGS: Indonesian Journal of Gender Studies |, 3(2), 11. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/harkat.v13i1.7713.
Ganiem, L. M. (2017). Pemberdayaan Perempuan Miskin Kota Melalui Pendidikan. Aspikom, 3(2), 239–255.
Muhammad, H. (2019). Dakwah Pemberdayaan Perempuan -Telaah Pemikiran Qasim. 5(2), 218–235.
Nurlatifah, D. A., Sumpena, D., & Hilman, F. A. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9463
Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan Kualitas Umkm Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (Par). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494
Rafika, R. A., Shafari, M. A., Yani, R., Prayogo, U., Candri, Y. D., & Speaking, P. (2023). Sekolah perempuan berbasis kearifan lokal di kelurahan jembatan mas. 4(1), 607–612. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.11941
Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020
Sulistyowati, Y. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317
Uyun, M. (2023). Seminar Pengabdian Pada Masyarakat Meningkatkan Ketahanan Psikologis Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 2012. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13887
Abidin, Z. (2017). Kesetaraan Gender dan Emansipasi Perempuan dalam Pendidikan Islam. Educatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(01), 1–17.
Fammy R, S., Nurasa, H., Widianingsih, I., & Buchori, A. (2019). Kondisi Kesetaraan Gender Dalam Promosi Jabatan Eselon Ii Perempuan Di Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. Jurnal Administrasi Publik, 10(2), 211–224. https://doi.org/10.31506/jap.v10i2.6793
Ganiem, L. M. (2017). Pemberdayaan Perempuan Miskin Kota Melalui Pendidikan. Aspikom, 3(2), 239–255.
Haq, I. H. (2019). Kesetaraan Gender dalam Persfektif Islam. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 81–96. https://doi.org/10.24952/tazkir.v5i1.1601
Hastuti, H., Tamsir, I., Vindi, W. O., & Leni, L. (2022). Peningkatan Peran Perempuan Dalam Upaya Mendorong Kemandirian Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.51214/japamul.v2i1.205
Kurniawati, D. P., Supriyono, B., & Hanafi, I. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Usaha Ekonomi (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik, 1(4), 9–14.
Lajnah, O., & Dan, W. (2010). PUTRI AL-IRSYAD SURABAYA. XVII(01), 37–56.
Nurlatifah, D. A., Sumpena, D., & Hilman, F. A. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9463
Nurmalitta, E. D. (2015). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember.
Prima Prihatini. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga Majlis Taklim Perempuan Kecamatan Jatiyoso. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 264–270. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.309
Riyanto, A. (2015). Keterampilan Berwirausaha Bagi Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga. Jurnal EMPOWERMENT, 4(2), 50–85.https://doi.org/10.22460/empowerment.v4i2
Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
RW, A. (2023). DPPKB-PPPA Gelar Pemantapan Forum Puspa, Perempuan dan Anak Makin Berdaya. 26 Mei.
Widjajanti, K. (2011). Jurnal Ekonomi Pembangunan Model pemberdayaan masyarakat. 12.
Yuniawati, R. A. (2021). Pemberdayaan Perempuan Dalam Membangun Kemandirian Ekonomi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 169. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4861
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Irta Fitriana, Herjanti Nursuksmaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0