Kegiatan Sekolah Perempuan Az-Zahra Untuk Mendorong Kemandirian dan Inovasi di Era Digital

Authors

  • Irta Fitriana Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum
  • Herjanti Nursuksmaningtyas Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.307

Keywords:

Sekoper Az- Zahra, Mandiri, Inovatif, Perempuan

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan di desa Watudakon kecamatan Kesamben kabupaten Jombang agar bisa lebih mandiri dan inovatif, dan berdaya saing untuk kehidupan dan lingkungannya. Secara teknis, kegiatan ini meliputi sosialisasi sekoper Az- Zahra, seminar penguatan dan kesetaraan gender, pelatihan pembuatan lilin aromaterapi, dan workshop digital marketing. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Metode ini bertujuan untuk pembelajaran dalam mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan praktis masyarakat. Kegiatan yang dilakukan adalah seminar dan pelatihan tentang pemberdayaan perempuan di desa Watudakon untuk mendorong kemandirian dan inovasi di era digital. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa kegiatan Sekoper Az- Zahra berdampak positif bagi para perempuan di desa Watudakon. Pada tahapan evaluasi, beberapa perempuan yang menemui kendala setelah mengikuti kegiatan seminar dan pelatihan, telah mendapatkan pendampingan lebih lanjut agar berdampak dan aplikatif di masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi (ed.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

EFENDY, R. (2014). Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan. Al-Maiyyah: Media Transformasi Gender Dalam Paradigma Sosial Keagamaan, 7(2), 142–165. https://doi.org/10.35905/almaiyyah.v7i2.239

Febri, H., & Ponorogo, I. (2022). Persepsi Masyarakat Mengenai Kesetaraan Gender dalam Keluarga di Krandegan Kebonsari Madiun. JouGS: Indonesian Journal of Gender Studies |, 3(2), 11. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/harkat.v13i1.7713.

Ganiem, L. M. (2017). Pemberdayaan Perempuan Miskin Kota Melalui Pendidikan. Aspikom, 3(2), 239–255.

Muhammad, H. (2019). Dakwah Pemberdayaan Perempuan -Telaah Pemikiran Qasim. 5(2), 218–235.

Nurlatifah, D. A., Sumpena, D., & Hilman, F. A. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9463

Qomar, M. N., Karsono, L. D. P., Aniqoh, F. Z., Aini, C. N., & Anjani, Y. (2022). Peningkatan Kualitas Umkm Berbasis Digital Dengan Metode Participatory Action Research (Par). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 74–81. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494

Rafika, R. A., Shafari, M. A., Yani, R., Prayogo, U., Candri, Y. D., & Speaking, P. (2023). Sekolah perempuan berbasis kearifan lokal di kelurahan jembatan mas. 4(1), 607–612. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.11941

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 06(01), 62–71. https://doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Sulistyowati, Y. (2021). Kesetaraan Gender Dalam Lingkup Pendidikan Dan Tata Sosial. IJouGS: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.21154/ijougs.v1i2.2317

Uyun, M. (2023). Seminar Pengabdian Pada Masyarakat Meningkatkan Ketahanan Psikologis Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(2), 2012. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i2.13887

Abidin, Z. (2017). Kesetaraan Gender dan Emansipasi Perempuan dalam Pendidikan Islam. Educatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(01), 1–17.

Fammy R, S., Nurasa, H., Widianingsih, I., & Buchori, A. (2019). Kondisi Kesetaraan Gender Dalam Promosi Jabatan Eselon Ii Perempuan Di Pemerintah Provinsi Jawa Barat Tahun 2018. Jurnal Administrasi Publik, 10(2), 211–224. https://doi.org/10.31506/jap.v10i2.6793

Ganiem, L. M. (2017). Pemberdayaan Perempuan Miskin Kota Melalui Pendidikan. Aspikom, 3(2), 239–255.

Haq, I. H. (2019). Kesetaraan Gender dalam Persfektif Islam. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 5(1), 81–96. https://doi.org/10.24952/tazkir.v5i1.1601

Hastuti, H., Tamsir, I., Vindi, W. O., & Leni, L. (2022). Peningkatan Peran Perempuan Dalam Upaya Mendorong Kemandirian Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.51214/japamul.v2i1.205

Kurniawati, D. P., Supriyono, B., & Hanafi, I. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Usaha Ekonomi (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik, 1(4), 9–14.

Lajnah, O., & Dan, W. (2010). PUTRI AL-IRSYAD SURABAYA. XVII(01), 37–56.

Nurlatifah, D. A., Sumpena, D., & Hilman, F. A. (2020). Proses Pemberdayaan Perempuan pada Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta). Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(1), 35–45. https://doi.org/10.15575/azzahra.v1i1.9463

Nurmalitta, E. D. (2015). Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember Jember.

Prima Prihatini. (2022). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga Majlis Taklim Perempuan Kecamatan Jatiyoso. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 264–270. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.309

Riyanto, A. (2015). Keterampilan Berwirausaha Bagi Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Keluarga. Jurnal EMPOWERMENT, 4(2), 50–85.https://doi.org/10.22460/empowerment.v4i2

Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386

RW, A. (2023). DPPKB-PPPA Gelar Pemantapan Forum Puspa, Perempuan dan Anak Makin Berdaya. 26 Mei.

Widjajanti, K. (2011). Jurnal Ekonomi Pembangunan Model pemberdayaan masyarakat. 12.

Yuniawati, R. A. (2021). Pemberdayaan Perempuan Dalam Membangun Kemandirian Ekonomi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 169. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.4861

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-11-26

How to Cite

Fitriana, I., & Nursuksmaningtyas, H. (2023). Kegiatan Sekolah Perempuan Az-Zahra Untuk Mendorong Kemandirian dan Inovasi di Era Digital. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 144–159. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.307