Pelatihan Aplikasi Desain Grafis Sebagai Peluang Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Bagi Karang Taruna di Desa Limbang Jaya
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.429Keywords:
Aplikasi Grafis, Desa Limbang Jaya, Usaha Ekonomi ProduktifAbstract
Latar Belakang: Desa Limbang Jaya, terletak di Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, memiliki kelompok Karang Taruna yang terdiri dari para pemuda-pemudi. Meskipun kelompok ini produktif dengan banyak kegiatan kepemudaan, mereka belum terorganisir dengan baik. Pandemi COVID-19 selama tiga tahun terakhir menyebabkan kegiatan mereka terhenti, dan banyak pemuda terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan pemanfaatan aplikasi Canva dalam mengembangkan Usaha Ekonomi Produktif (UEP)di kalangan pemuda Karang Taruna Desa Limbang Jaya. Metode: Metode yang digunakan adalah survei kualitatif dan kuantitatif, yang melibatkan tahapan survei, persiapan kegiatan, penyampaian materi, dan evaluasi kegiatan. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta pelatihan memahami materi tentang pemanfaatan aplikasi Canva dengan baik. Kesimpulan: Pelatihan pemanfaatan aplikasi Canva berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam bidang desain grafis, yang berpotensi dikembangkan menjadi UEP. Langkah selanjutnya adalah melakukan pelatihan lanjutan dan memperluas cakupan program untuk mencapai dampak yang lebih besar.
Downloads
References
Agus Wirawan, I. M., & Darmawiguna, I. G. M. (2014). Pelatihan Desain Grafis dengan Aplikasi Corel Draw untuk Anak-anak Panti Asuhan se-Kecamatan Buleleng. Abdimas, 3(1), 92–99.
Amna, A., Kamarudin, A. P., Basyirah, B., Fatma, M., Diana, R., Suknah, S., Putri, S. M., & Erita, E. (2023). Sosialisasi Pengolahan Tepung Cangkang Telur menjadi Brownies Cokelat Kukus Kalsium Tinggi di Desa Paya RejeTamidelem. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 216–227. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I2.224
Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan dan Jayapura Secara Online. Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1–10.
Desiani, A., Suprihatin, B., Amran, A., & Sitorus, D. S. (2024). Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Desa Limbang Jaya Melalui Pemanfatan Limbah Kain Songket. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1682–1690.
Desnelita, Y., Gustientiedina, Susanti, W., Nasien, D., & Putri, R. N. (2019). PKMS PELATIHAN DESAIN GRAFIS MENUJU WIRAUSAHA BAGI PEMUDA RT.03 RW.04 KELURAHAN UMBAN SARI. DINAMISIA – Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 266–272.
Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 51–58.
Febriani, N., & Aunillah, R. (2024). Implementasi Penggunaan Media Audiovisual Sebagai Sarana Pembelajaran Produksi Konten Video Tiktok Kecamatan Jatigede. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–338. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V4I2.397
Ferdi. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Aktivitas Ekonomi Masyarakat di Desa Salimpaga, Kecamatan Tolitoli Utara. Geography Science Education Journal (GEOSEE, 1(2), 37–43.
Hotimah, H., Raihan, S., Amrah, A., Atjo, S. E. P., & AP, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Media Inovatif Berbasis Hypercontent bagi Guru SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I2.223
Irmeilyana, Desiani, A., Ngudiantoro, Alfarisy, S., & Andreani, P. A. (2019). Analyzing characteristics of Songket Palembang weavers productivity using path analysis. Journal of Physics: Conference Series, 1282, 12018. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1282/1/012018
Leatemia, S. Y., & Pattinaja, E. M. (2023). Pelatihan Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 228–237. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I2.227
Muslim, Moh. (2020). PHK pada Masa Pandemi Covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(3), 357–370.
Nengsih, Y. K., Husin, A., Saputra, A., & Sriwijaya, U. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Batik Eco Print Pada Kader PKK Sebagai Peluang Home Industry Creative Di Desa Limbang Jaya Ogan Ilir. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 02(4), 1235–1252.
Nurrizalia, M., Husin, A., Waty, E. R. K., & Nengsih, Y. K. (2022). MENGELOLA SAMPAH RUMAH TANGGA DENGAN PEDOMAN BUKU SAKU 4R (REDUSE, REUSE, RECYCLE, REPLANT) DI DESA LIMBANG JAYA II OGAN ILIR. Journal of Sriwijaya Community Services on Education (JSCSE), 1(2), 67–77.
Poerna Wardhanie, A., Fahminnansih, F., & Rahmawati, E. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Desain Grafis dan Promosi Produk pada Sekolah Islami berbasis Kewirausahaan. Society, 2(2), 51–58. https://doi.org/10.37802/society.v2i1.170
Santoso, A. M., Sucipto, S., Istiqlaliyah, H., Ristyawan, A., Indriati, R., Afandi, Z., ..., Sulistiono, S., Forijati, R., Firliana, R., Primandiri, P. R., Sutikno, S., Suciati, S., Rahajoe, D., Hadi, Moch. N., Tohari, A. F., Wibisono, R. M., Pratama, A., Annafinurika, M., … Gunawan, H. R. (2022). Optimasi Pemasaran Digital Sartika FARM Hidroponik Menggunakan Social Messaging dan Google My Business. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 19–29. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V3I1.130
Sholeh, M., Rr Rachmawati, Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva untuk Membuat Konten Gambar pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produksi UKM. Selaparang, 4(1).
Suprihatin, B., Yahdin, S., Maiyanti, S. I., Primartha, R., Desiani, A., Geovani, D., Chaniago, R. A. F., Marselina, N. C., Salsabila, A., & Rayyani, I. (2023). Pemberdayaan Pengrajin Songket Melalui Pendampingan Aplikasi Desain Grafis Di Desa Limbang Jaya. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 10(1), 50–55. https://doi.org/10.32699/ppkm.v10i1.3643
Valentino, D. E., & Yudiansyah, Y. (2020). PERANCANGAN DESAIN GRAFIS SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA NOVENA HOTEL BANDUNG. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(2), 68–77.
Vianisa, R. W., Fahmi, M. I., Fitria, F., Rahma, N. A. A., Dewi, P. J. S., Fauziah, A. U., Fanani, F. R., Wulandari, D. P., Anam, C., & Herachwati, N. (2024). Analisis SWOT dalam Pengembangan Place Branding di Desa Tritik dan Bendoasri Sebagai Desa Wisata Porang. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 182–193. https://doi.org/10.53624/KONTRIBUSI.V4I2.270
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Asmira, Y. (2020). Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bambang Suprihatin, Anita Desiani, Sri Indra Maiyanti, Rifkie Primartha, Fitri Salamah, Puspa Sari, Nadiyah Fadilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0