Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia: Berbasis Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) Pada Guru SD Negeri Bangsal 3 Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.566Keywords:
Guru, Myers-Briggs Type Indicator, Participatory Action ResearchAbstract
Latar Belakang: Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu pilar utama dalam mendukung keberhasilan organisasi, tidak terkecuali institusi pendidikan. SD Negeri Bangsal 3 Kota Kediri menghadapi tantangan dalam hal pengelolaan guru. Tujuan: Pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui pendekatan berbasis kepribadian, seperti MBTI, guna meningkatkan efektivitas kerja guru dan memperbaiki pengelolaan SDM di sekolah. Metode: Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan melalui pendekatan Participatory Action Research (PAR). Hasil: Di akhir kegiatan guru dapat mengenali kepribadian lebih jelas yang pada akhirnya sangat membantu kinerja kepala sekolah dalam memetakan pengeloaan sumber daya manusia agar efektif sesuai strategi dan karakteristik guru. Kesimpulan: Pendekatan berbasis kepribadian melalui MBTI dan metode Participatory Action Research (PAR) berhasil meningkatkan efektivitas kerja guru serta membantu kepala sekolah dalam mengelola sumber daya manusia secara lebih strategis dan sesuai karakteristik masing-masing guru.
Downloads
References
ANALYTICS, N. (2025, 3 6). TIPE KEPRIBADIAN. DIAMBIL KEMBALI DARI 16 PERSONALITIES: HTTPS://WWW.16PERSONALITIES.COM/ID/TIPE-KEPRIBADIAN
Andre Jackryan Natanaen Sitorus, W. R. ( 2022). Expert System Tes Kepribadian Untuk Meningkatkan Potensi Dan Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. JURNAL SISTEM INFORMASI TGD, 266-274. DOI: https://doi.org/10.53513/jursi.v1i4.5143
Dr. Nikodemus P. P. E. Nainiti, S. M. (2024). METODOLOGI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT : TEORI DAN IMPLEMENTASI. Jakarta: TAHTA MEDIA GROUP.
Ema Nurzainul Hakimah, T. P. (2025). Implementasi Human Capital Management dan Strategi Pemasaran Dalam Melahirkan Kembali Kampung Sulak Kelurahan Blabak Kota Kediri. Nitisastra : Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 10-17.
Fatihah, S. A. (2023). Penggunaan Model Briggs Sebagai Desain Pembelajaran Dalam Menentukan Hasil Belajar Siswa Kelas 9 Di Sekolah Yayasan Hamdi Husni Medan Pancing. KITABAH (JURNAL PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA), 173-179. DOI: https://doi.org/10.56114/kitabah.v1i3.10262
Fida Nabilah Auliya, T. S. (2024). TIPE KEPRIBADIAN MELALUI MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSUD TARAKAN JAKARTA. Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia, 343-352.
Fiftin Noviyanto, M. A. (2018). APLIKASI TES KEPRIBADIAN UNTUK PENEMPATAN KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE MBTI (MYERS-BRIGGS TYPEINDICATOR)BERBASISWEB . Spektrum Industri, 60-67.
Ghozi Fachri Ramadhan1*, M. A. (2023). Pribadimu adalah Profesimu: Temukan Karier Impian Berdasarkan Kepribadian. Pribadimu adalah Profesimu: Temukan Karier Impian Berdasarkan Kepribadian, 25-29. DOI: https://doi.org/10.70508/literaksi.v1i01.2
Hanifa, M. A. (2018). PERANCANGAN SISTEM PAKAR TES KEPRIBADIAN BERDASARKAN TEORI MYERS BRIGGS TYPE INDICATOR DENGAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. DOI: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v6i2.102023
Jihan Fahira, A. A. (2023). . Analasis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Tipe Kepribadian MBTI (Myers Briggs Type Indicator) Siswa Kelas VII SMPN 6 Mataram pada Materi Perbandingan Tahun Ajaran 2022/2023. JURNAL ILMIAH PROFESI PENDIDIKAN, 1768 – 1774. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1581
Lailatus Syarifah, A. A. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient Dan Tipe Kepribadian. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 45-56.
Muhammad Ikhsan, I. A. (37-46). Leadership Development Program di Perusahaan manufacture oleh SDM Solusi. Konsienti: Community Services Journal, 2024.
Reyza C. N. Zalukhu, H. D. (2025). Analysis of Teacher Skills in Reinforcement Students Using Myer Briggs Type Indicator (MBTI) at The Seventh Grade of UPTD SMPN 4 Gunungsitoli in 2024/2025. JED: Journal of English Development, 217-226.
Subaidi, S. M. (2021). The Implementation of Human Resource Management in Improving the Quality of Teacher’s Learning. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 579-586. DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v6i3.1554
Wisnu Agung Laksono, Y. A. (2020). METODE MYER BRIGGS TYPE INDICATOR (MBTI) UNTUK TES KEPRIBADIAN SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN DIRI (Studi Kasus: SMA N 2 KEBUMEN). JOISM : JURNAL OF INFORMATION SYSTEM MANAGEMENT, 21-27. DOI: https://doi.org/10.24076/JOISM.2020v1i2.443
Yenti Arsini, S. P. (2023). PERENCANAAN DAN PEMINATAN INDIVIDU DALAM MANAGEMEN BIMBINGAN KONSELING. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i5.22789
Zainal Arifin, B. S. (2022). Pendampingan Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 486-496. DOI: https://doi.org/10.29407/ja.v6i2.17629
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eunike Rose Mita Lukiani, Efa Wahyu Prastyaningtyas, Bayu Surindra, Elis Irmayanti, Zainal Arifin, Tjetjep Yusuf Afandi, Shinta Maya Shafa, Catur Hariyono, Dewi Sholihatur Rohmah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0