Peningkatan Literasi Digital melalui Workshop Desain dan Koding Aplikasi Web bagi Siswa SMA di Kota Pekanbaru

Authors

  • Edo Arribe Universitas Muhammadiyah Riau
  • Doni Winarso Universitas Muhammadiyah Riau
  • Setyawan Ardhi Wijaya Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rizka Hafsari Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wide Mulyana universitas muhammadiyah riau
  • Syahril Universitas Muhammadiyah Riau
  • Aryanto Universitas Muhammadiyah Riau
  • Syahril Universitas Muhammadiyah Riau
  • Elsi Titasari Br Bangun Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.584

Keywords:

Literasi Digital, Desain UI/UX, Koding Web

Abstract

Latar Belakang: Perkembangan teknologi digital menuntut generasi muda memiliki keterampilan dalam desain dan pengembangan aplikasi web. Namun, banyak siswa SMA sederajat di Kota Pekanbaru yang masih kurang memahami bidang ini akibat keterbatasan kurikulum dan akses pelatihan. Tujuan: Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar kepada siswa mengenai konsep desain User Interface , User Experienxe (UI/UX) dalam pembuatan aplikasi berbasis web. Metode: Workshop ini berlangsung dalam dua hari, mencakup pengenalan desain UI/UX, pelatihan koding dasar, implementasi JavaScript, serta praktik pembuatan proyek aplikasi web secara kelompok. Pre-test dan post-test dilakukan  untuk untuk evaluasi dan mengukur pemahaman siswa. Hasil: Hasil post-test yang dilakukan menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman menjadi lebih baik 75,56%. Peserta mampu menyelesaikan proyek akhir dengan baik, beberapa di antaranya menunjukkan kreativitas dalam mengembangkan fitur tambahan. Kesimpulan: Kesimpulannya, workshop ini memberikan manfaat signifikan bagi siswa SMA dalam meningkatkan keterampilan digital mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadhillah, L., Zahra, R., Ardian, M., & Tanjung, S. (2024). Cakap Teknologi Melalui Pelatihan Digital Kepada Masyarakat Di Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan. 1(2), 35–37. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.55311/azkayra.v1i1.7

Firdaus, U., & Gunawan, M. E. (2024). Optimalisasi Penggunaan Html , Css , Dan Javascript. 3(11), 12256–12274. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i11.15404 DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i11.15404

Hendra, Y., Sakinah, P., Maulana, F., & Eirlangga, Y. S. (2025). Peningkatan Literasi Digital Siswa SMA melalui Workshop Pengenalan Teknologi Web. 1(2), 18–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v7i1 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v7i1

Manuella, S., & Perdani SP, N. (2023). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Etika Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Pekanbaru. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 7(2), 263–274. https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.263-274 DOI: https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.263-274

Ningsih, S., Isa, Y., Qosim, A., & Kuswanto, J. (2021). Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 102–111. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.25 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.25

Normah, & Sihaloho, F. (2023). Perancangan User Interface (UI) dan User Experince (UX) Aplikasi Pendistribution Alat-alat Kesehatan pada PT. Rekamileniumindo Selaras Jakarta Barat. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 33–38. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/ijse.v9i1.15467 DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v9i1.15467

Pembuain, A., Mattitaputti, V. M., Kristen, U., & Maluku, I. (2024). Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri 9 Ambon. 5(November), 959–970. DOI: https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i4.4005

Prabowo, A. S., Yunus, A., Pajarini, W., Dalimunthe, R. Z., Conia, P. D. D., & Alfalathi, S. A. (2023). Development of Employability Skills of Vocational School Students in Bogor, Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.53889/jpig.v3i1.192 DOI: https://doi.org/10.53889/jpig.v3i1.192

Prastowiyono, D., Adzka, M., & Wirawisesa, R. B. A. (2024). Perancangan dan Pengembangan Platform Kursus Coding Berbasis Digital untuk Mendukung Pembelajaran Teknologi. 6, 164–175. DOI: https://doi.org/10.61132/jupiter.v2i6.639

Rahmadanita, A., & Hidayat, E. (2023). Tren Penelitian Literasi Digital (Digital Literacy) Tahun 2012-2022: Sebuah Pendekatan Bibliometrik. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(2), 188–207. https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i2.3850 DOI: https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i2.3850

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380 DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Rossydi, A., Masita, M., Masito, F., & Al-As’ary, M. (2022). Digital Project-Based Learning dalam Pembelajaran English for Aviation. 26–31.

Saniati, S., Kharisma P, M. P., Assuja, M. A., & Pramita, G. (2022). Pelatihan Pemrograman Web Menggunakan Framework Laravel di SMKN 1 Bandarlampung. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.167 DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.167

Wahyudi, T. (n.d.). PERBANDINGAN PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN SWASTA DI PULAU JAWA. In Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral ….

Winarso, D., Arribe, E., Hafsari, R., Wijaya, S. A., Syahril, S., Aryanto, A., Diansyah, R., Mulyana, W., & Muslim, N. A. P. (2024). Peningkatan Skill Web Programming Menggunakan Framework Laravel Bagi Siswa Jurusan RPL SMKN 7 Pekanbaru. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 267–275. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.368 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.368

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-11

How to Cite

Arribe, E., Winarso, D., Wijaya, S. A., Hafsari, R., Wide Mulyana, Diansyah, R., Aryanto, A., Syahril, S., & Bangun, E. T. B. (2025). Peningkatan Literasi Digital melalui Workshop Desain dan Koding Aplikasi Web bagi Siswa SMA di Kota Pekanbaru. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 278–286. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.584

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)