Peningkatan Literasi Digital melalui Workshop Desain dan Koding Aplikasi Web bagi Siswa SMA di Kota Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.584Keywords:
Literasi Digital, Desain UI/UX, Koding WebAbstract
Latar Belakang: Perkembangan teknologi digital menuntut generasi muda memiliki keterampilan dalam desain dan pengembangan aplikasi web. Namun, banyak siswa SMA sederajat di Kota Pekanbaru yang masih kurang memahami bidang ini akibat keterbatasan kurikulum dan akses pelatihan. Tujuan: Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar kepada siswa mengenai konsep desain User Interface , User Experienxe (UI/UX) dalam pembuatan aplikasi berbasis web. Metode: Workshop ini berlangsung dalam dua hari, mencakup pengenalan desain UI/UX, pelatihan koding dasar, implementasi JavaScript, serta praktik pembuatan proyek aplikasi web secara kelompok. Pre-test dan post-test dilakukan untuk untuk evaluasi dan mengukur pemahaman siswa. Hasil: Hasil post-test yang dilakukan menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman menjadi lebih baik 75,56%. Peserta mampu menyelesaikan proyek akhir dengan baik, beberapa di antaranya menunjukkan kreativitas dalam mengembangkan fitur tambahan. Kesimpulan: Kesimpulannya, workshop ini memberikan manfaat signifikan bagi siswa SMA dalam meningkatkan keterampilan digital mereka.
Downloads
References
Fadhillah, L., Zahra, R., Ardian, M., & Tanjung, S. (2024). Cakap Teknologi Melalui Pelatihan Digital Kepada Masyarakat Di Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan. 1(2), 35–37. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.55311/azkayra.v1i1.7
Firdaus, U., & Gunawan, M. E. (2024). Optimalisasi Penggunaan Html , Css , Dan Javascript. 3(11), 12256–12274. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i11.15404 DOI: https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i11.15404
Hendra, Y., Sakinah, P., Maulana, F., & Eirlangga, Y. S. (2025). Peningkatan Literasi Digital Siswa SMA melalui Workshop Pengenalan Teknologi Web. 1(2), 18–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v7i1 DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v7i1
Manuella, S., & Perdani SP, N. (2023). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Etika Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Pekanbaru. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 7(2), 263–274. https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.263-274 DOI: https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.263-274
Ningsih, S., Isa, Y., Qosim, A., & Kuswanto, J. (2021). Pelatihan Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 102–111. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.25 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v1i2.25
Normah, & Sihaloho, F. (2023). Perancangan User Interface (UI) dan User Experince (UX) Aplikasi Pendistribution Alat-alat Kesehatan pada PT. Rekamileniumindo Selaras Jakarta Barat. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 33–38. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/ijse.v9i1.15467 DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v9i1.15467
Pembuain, A., Mattitaputti, V. M., Kristen, U., & Maluku, I. (2024). Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas Bagi Siswa Sekolah Dasar Negeri 9 Ambon. 5(November), 959–970. DOI: https://doi.org/10.38048/jailcb.v5i4.4005
Prabowo, A. S., Yunus, A., Pajarini, W., Dalimunthe, R. Z., Conia, P. D. D., & Alfalathi, S. A. (2023). Development of Employability Skills of Vocational School Students in Bogor, Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia Gemilang, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.53889/jpig.v3i1.192 DOI: https://doi.org/10.53889/jpig.v3i1.192
Prastowiyono, D., Adzka, M., & Wirawisesa, R. B. A. (2024). Perancangan dan Pengembangan Platform Kursus Coding Berbasis Digital untuk Mendukung Pembelajaran Teknologi. 6, 164–175. DOI: https://doi.org/10.61132/jupiter.v2i6.639
Rahmadanita, A., & Hidayat, E. (2023). Tren Penelitian Literasi Digital (Digital Literacy) Tahun 2012-2022: Sebuah Pendekatan Bibliometrik. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 5(2), 188–207. https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i2.3850 DOI: https://doi.org/10.33701/jtkp.v5i2.3850
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380 DOI: https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Rossydi, A., Masita, M., Masito, F., & Al-As’ary, M. (2022). Digital Project-Based Learning dalam Pembelajaran English for Aviation. 26–31.
Saniati, S., Kharisma P, M. P., Assuja, M. A., & Pramita, G. (2022). Pelatihan Pemrograman Web Menggunakan Framework Laravel di SMKN 1 Bandarlampung. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 87–94. https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.167 DOI: https://doi.org/10.33365/jeit-cs.v1i2.167
Wahyudi, T. (n.d.). PERBANDINGAN PENGUNGKAPAN MODAL INTELEKTUAL PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN SWASTA DI PULAU JAWA. In Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral ….
Winarso, D., Arribe, E., Hafsari, R., Wijaya, S. A., Syahril, S., Aryanto, A., Diansyah, R., Mulyana, W., & Muslim, N. A. P. (2024). Peningkatan Skill Web Programming Menggunakan Framework Laravel Bagi Siswa Jurusan RPL SMKN 7 Pekanbaru. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 267–275. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.368 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.368
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Edo Arribe, Doni Winarso, Setyawan Ardhi Wijaya, Rizka Hafsari, Wide Mulyana, Syahril, Aryanto, Syahril, Elsi Titasari Br Bangun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0