Pelatihan Pemanfaatan Media Manipulatif Dalam Mendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar Membelajarkan Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.623Keywords:
Matematika, Media Kertas Lipat, PelatihanAbstract
Latar Belakang: Pelatihan pemanfaatan media manipulatif kertas lipat dilakukan untuk penguatan kapasitas guru sehingga menghasilkan variasi metode mengajar dan pemilihan media yang relevan. Tujuan: Program ini bertujuan untuk melatih guru dalam penggunaan media kertas lipat dalam mengkontekstualiasi keabstrakan matematika. Metode: Pelatihan dilaksanakan dengan metode Asset-Based Community Development (ABCD) yang melibatkan empat dosen dan 3 orang guru kelas V SDI Watu Weri. Kegiatan terdiri dari penyampaian teori, implementasi, pendampingan, dan evaluasi implementasi. Hasil: Berdasarkan hasil pengamatan terhadap implementasi dan respons terhadap kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa sebesar 91% memberikan respons positif terhadap kegiatan pembelajaran yang diberikan guru sementara untuk keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik. Kesimpulan: Program PkM ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kapasitas guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif di kelas.
Downloads
References
Amir, Zubaidah. 2015. “Mengungkap Seni Bermatematika Dalam Pembelajaran.” Suska Journal of Mathematics Education 1(1):60. doi: 10.24014/sjme.v1i1.1364. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1364
Dewi, D. A., G. Hamdu, and A. Nugraha. 2022. “Implementasi Penerapan Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Di Kelas V SD.” Journal of Elementary Education 05(04):653–60. DOI: https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.11427
Hidayati, Yulia Maftuhah, Abdul Ngalim, Sutama, Zainal Arifin, Zaenal Abidin, and Eka Rahmawati. 2020. “Level of Combinatorial Thinking in Solving Mathematical Problems.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 8(3):1231–43. doi: 10.17478/JEGYS.751038. DOI: https://doi.org/10.17478/jegys.751038
Ndapa Deda, Yohanis, Hermina Disnawati, Andreas Roberto Kasa, Florida Owa, and Esterlin Kusi. 2024. “Efektivitas ‘Puzzle Rumah Perkalian’ Dalam Menunjang Konsep Matematika Dasar Murid Slow Learner Di Kawasan Perbatasan.” Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):134–41. doi: 10.38043/parta.v4i2.4592. DOI: https://doi.org/10.38043/parta.v4i2.4592
Ndiung, Sabina. 2024. “Penggunaan Media Kertas Lipat Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 4(2):338–48. doi: 10.53624/ptk.v4i2.371. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.371
Ndiung, Sabina, Robertus Ansi, Wotan Eleonora Puruina, and Virgorius Jehadin. 2023. “Edukasi Pencegahan Penggunaan Leksikon Perundungan Berbasis Kearifan Lokal Budaya Manggarai.” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 6(1):99–111. doi: 10.33474/jipemas.v6i1.19436. DOI: https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19436
Ndiung, Sabina, Nyoman Dantes, IM Ardana, and AAIN Marhaeni. 2019. “Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability.” International Journal of Insruction 12(3):731–44. doi: 10.29333/iji.2019.12344a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12344a
Nuraini, Ni Luh Sakinah, Suhartono Suhartono, and Yuniawantika Yuniawantika. 2016. “Kesalahan Siswa Pada Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas Vi Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 25(2):168–75. doi: 10.17977/um009v25i22016p168. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p168
Rosana, D., E. Widodo, W. Setianingsih, and D. Setyawarno. 2020. “Pelatihan Implementasi Assesment of Learning, Assesment for Learning, Dan Assesment as Learning.” Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA 4(1):71–78. DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34080
Santoso, Budi, Arif Ardiansyah, Indah Pusnita, and Siti Lady Havivi. 2022. “Upaya Penguatan Ketahanan Sosial Budaya Masyarakat Melalui Literasi.” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 5(36):436–46. doi: 10.33474/jipemas.v5i3.15122. DOI: https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15122
Saputra, Erwin Rahayu, Rifqy Muhammad Hamzah, Srie Mulyati, Syaza Hazwati, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan, and Sultan Idris. 2024. “PARTA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Rancang Modul Ajar Berdiferensiasi Dengan Artificial Intelligence Untuk Guru Di Tasikmalaya Pendahuluan.” 5:104–14. DOI: https://doi.org/10.38043/parta.v5i2.5609
Setiawan, Ricky, Ima Widiyanah, Nurul Istiqfaroh, Vania Ardelia, and Ade Luh Febiola Kristanti. 2023. “Pelatihan Manajemen Kelas Bagi Guru-Guru Di Padang Besar Municipality Thailand.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1):77–87. doi: 10.53624/kontribusi.v4i1.276. DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.276
Subarinah, Sri. 2008. “Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.” P. 3 in. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Sulistyono, Bambang Agus, Aprilia Dwi Handayani, and Ika Santia. 2024. “IHT Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Berlitnum ( Berpikir Literasi Numerasi ) Di SD Negeri Pranggang 3 Plosoklaten Kediri.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):126–33. DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.499
Suryowati, Eny. 2015. “Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Merepresentasikan Pecahan Pada Garis Bilangan.” Aksioma 4(1):38–52. doi: 10.24127/ajpm.v4i1.67. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.67
Susanto, Andi, Rayhan Meldi Sentana, and Rahmat Ilahi. 2024. “Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Guru MIN 3 Kota Padang Dengan Pelatihan Berhitung Cepat.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):216–24. doi: 10.53624/kontribusi.v4i2.357. DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.357
Tryanasari, Dewi, Septi Aprilia, and Winda Ayu Cahya. 2017. “Pembelajaran Literasi Di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 7(02):173. doi: 10.25273/pe.v7i2.1641. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1641
Zetriuslita, Zetriuslita, Rezi Ariawan, Suripah Suripah, and Riyan Riyan Hidayat. 2023. “Using Problem-Based Learning to Promote Students’ Critical Thinking and Mathematical Problem-Solving Skills.” Jurnal Pendidikan Progresif 13(2):281–95. doi: 10.23960/jpp.v13.i2.202311. DOI: https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202311
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sabina Ndiung, Eliterius Sennen, Sebastianus Menggo, Mariana Jediut, Arnoldus Helmon

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0