Pelatihan Pemanfaatan Media Manipulatif Dalam Mendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar Membelajarkan Pecahan

Authors

  • Sabina Ndiung Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng https://orcid.org/0000-0002-2314-4395
  • Eliterius Sennen Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Sebastianus Menggo Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Mariana Jediut Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng
  • Arnoldus Helmon Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.623

Keywords:

Matematika, Media Kertas Lipat, Pelatihan

Abstract

Latar Belakang: Pelatihan pemanfaatan media manipulatif kertas lipat dilakukan untuk penguatan kapasitas guru sehingga menghasilkan variasi metode mengajar dan pemilihan media yang relevan.  Tujuan: Program ini bertujuan untuk melatih guru dalam penggunaan media kertas lipat dalam mengkontekstualiasi keabstrakan matematika. Metode: Pelatihan dilaksanakan dengan metode Asset-Based Community Development (ABCD) yang melibatkan empat dosen dan 3 orang guru kelas V SDI Watu Weri. Kegiatan terdiri dari penyampaian teori, implementasi, pendampingan, dan evaluasi implementasi. Hasil: Berdasarkan hasil pengamatan terhadap implementasi dan respons terhadap kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa sebesar 91% memberikan respons positif terhadap kegiatan pembelajaran yang diberikan guru sementara untuk keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik.  Kesimpulan: Program PkM ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan kapasitas guru dalam mengimplementasikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Zubaidah. 2015. “Mengungkap Seni Bermatematika Dalam Pembelajaran.” Suska Journal of Mathematics Education 1(1):60. doi: 10.24014/sjme.v1i1.1364. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1364

Dewi, D. A., G. Hamdu, and A. Nugraha. 2022. “Implementasi Penerapan Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Di Kelas V SD.” Journal of Elementary Education 05(04):653–60. DOI: https://doi.org/10.22460/collase.v5i4.11427

Hidayati, Yulia Maftuhah, Abdul Ngalim, Sutama, Zainal Arifin, Zaenal Abidin, and Eka Rahmawati. 2020. “Level of Combinatorial Thinking in Solving Mathematical Problems.” Journal for the Education of Gifted Young Scientists 8(3):1231–43. doi: 10.17478/JEGYS.751038. DOI: https://doi.org/10.17478/jegys.751038

Ndapa Deda, Yohanis, Hermina Disnawati, Andreas Roberto Kasa, Florida Owa, and Esterlin Kusi. 2024. “Efektivitas ‘Puzzle Rumah Perkalian’ Dalam Menunjang Konsep Matematika Dasar Murid Slow Learner Di Kawasan Perbatasan.” Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):134–41. doi: 10.38043/parta.v4i2.4592. DOI: https://doi.org/10.38043/parta.v4i2.4592

Ndiung, Sabina. 2024. “Penggunaan Media Kertas Lipat Dalam Pembelajaran Operasi Hitung Pecahan.” PTK: Jurnal Tindakan Kelas 4(2):338–48. doi: 10.53624/ptk.v4i2.371. DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.371

Ndiung, Sabina, Robertus Ansi, Wotan Eleonora Puruina, and Virgorius Jehadin. 2023. “Edukasi Pencegahan Penggunaan Leksikon Perundungan Berbasis Kearifan Lokal Budaya Manggarai.” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 6(1):99–111. doi: 10.33474/jipemas.v6i1.19436. DOI: https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i1.19436

Ndiung, Sabina, Nyoman Dantes, IM Ardana, and AAIN Marhaeni. 2019. “Treffinger Creative Learning Model with RME Principles on Creative Thinking Skill by Considering Numerical Ability.” International Journal of Insruction 12(3):731–44. doi: 10.29333/iji.2019.12344a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.12344a

Nuraini, Ni Luh Sakinah, Suhartono Suhartono, and Yuniawantika Yuniawantika. 2016. “Kesalahan Siswa Pada Operasi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Di Kelas Vi Sekolah Dasar.” Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan 25(2):168–75. doi: 10.17977/um009v25i22016p168. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p168

Rosana, D., E. Widodo, W. Setianingsih, and D. Setyawarno. 2020. “Pelatihan Implementasi Assesment of Learning, Assesment for Learning, Dan Assesment as Learning.” Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA 4(1):71–78. DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i1.34080

Santoso, Budi, Arif Ardiansyah, Indah Pusnita, and Siti Lady Havivi. 2022. “Upaya Penguatan Ketahanan Sosial Budaya Masyarakat Melalui Literasi.” Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS) 5(36):436–46. doi: 10.33474/jipemas.v5i3.15122. DOI: https://doi.org/10.33474/jipemas.v5i3.15122

Saputra, Erwin Rahayu, Rifqy Muhammad Hamzah, Srie Mulyati, Syaza Hazwati, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pendidikan, and Sultan Idris. 2024. “PARTA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Rancang Modul Ajar Berdiferensiasi Dengan Artificial Intelligence Untuk Guru Di Tasikmalaya Pendahuluan.” 5:104–14. DOI: https://doi.org/10.38043/parta.v5i2.5609

Setiawan, Ricky, Ima Widiyanah, Nurul Istiqfaroh, Vania Ardelia, and Ade Luh Febiola Kristanti. 2023. “Pelatihan Manajemen Kelas Bagi Guru-Guru Di Padang Besar Municipality Thailand.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4(1):77–87. doi: 10.53624/kontribusi.v4i1.276. DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.276

Subarinah, Sri. 2008. “Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.” P. 3 in. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sulistyono, Bambang Agus, Aprilia Dwi Handayani, and Ika Santia. 2024. “IHT Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Berlitnum ( Berpikir Literasi Numerasi ) Di SD Negeri Pranggang 3 Plosoklaten Kediri.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5(1):126–33. DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i1.499

Suryowati, Eny. 2015. “Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Merepresentasikan Pecahan Pada Garis Bilangan.” Aksioma 4(1):38–52. doi: 10.24127/ajpm.v4i1.67. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.67

Susanto, Andi, Rayhan Meldi Sentana, and Rahmat Ilahi. 2024. “Meningkatkan Kompetensi Profesionalitas Guru MIN 3 Kota Padang Dengan Pelatihan Berhitung Cepat.” Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):216–24. doi: 10.53624/kontribusi.v4i2.357. DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.357

Tryanasari, Dewi, Septi Aprilia, and Winda Ayu Cahya. 2017. “Pembelajaran Literasi Di SDN Rejosari 1 Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 7(02):173. doi: 10.25273/pe.v7i2.1641. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1641

Zetriuslita, Zetriuslita, Rezi Ariawan, Suripah Suripah, and Riyan Riyan Hidayat. 2023. “Using Problem-Based Learning to Promote Students’ Critical Thinking and Mathematical Problem-Solving Skills.” Jurnal Pendidikan Progresif 13(2):281–95. doi: 10.23960/jpp.v13.i2.202311. DOI: https://doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202311

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-24

How to Cite

Ndiung, S., Sennen, E., Menggo, S., Jediut, M., & Helmon, A. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Media Manipulatif Dalam Mendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar Membelajarkan Pecahan. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 378–387. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.623

Issue

Section

Articles