Sanlat dalam Membangun Karakter Religius Anak

Authors

  • Prabowo Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Saifuddin Zuhri Universitas PTIQ Jakarta
  • Nasaruddin Umar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ahmad Thib Raya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Farid F. Saenong Indonesian International Islamic University
  • Mulawarman Hannase Universitas Indonesia
  • Lusiana Putri Ahmadi Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia
  • Hamka Hasan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Naif UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Cucu Nurhayati UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Syahrullah Iskandar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Abdul Muid Nawawi Universitas PTIQ Jakarta
  • Nurhidaya Universitas Persada Indonesia
  • Habsyah Fitri Aryani Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.603

Keywords:

Sanlat, Karakter Religius, Anak, Al-Qur’an

Abstract

Latar Belakang: Pesantren Kilat (Sanlat) merupakan salah satu strategi pendidikan keagamaan yang dilakukan dalam waktu singkat namun intensif, terutama pada momentum Ramadan. Program ini kerap dijadikan sarana efektif untuk membentuk karakter religius pada anak-anak sejak usia dini. Tujuan:  artikel ini  untuk menguraikan bagaimana kegiatan Sanlat mampu menjadi medium strategis dalam membentuk karakter religius anak-anak melalui pendekatan kisah-kisah dalam Al-Qur’an dan keteladanan para nabi. Penelitian ini berbasis pada kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim PKUMI, dengan Metode: Pendekatan deskriptif-kualitatif dan analisis data lapangan. Hasil: Pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan Sanlat yang terstruktur, disertai narasi-narasi profetik dan metode interaktif, secara signifikan meningkatkan pemahaman nilai religiusitas seperti kejujuran, kedisiplinan, empati, dan ketauhidan pada anak-anak. Kesimpulan: Studi ini merekomendasikan penguatan kurikulum Sanlat berbasis karakter untuk program serupa di masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ghazali. (2004). Ihya’ ulumuddin. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah.

Budimansyah, D., & Suryadi, A. (2015). Pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.

Choli, I., Rohimah, R., & Soraya, S. (2025). Pendampingan pesantren balita membentuk karakter golden age di Kantor PP Muslimat NU. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(6), 817. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.26301 DOI: https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.26301

Dede Sutisna, Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2025). Pendidikan karakter dalam keluarga perspektif Al-Quran. Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.58707/jipm.v5i2.1177 DOI: https://doi.org/10.58707/jipm.v5i2.1177

Ervina, Saudah, Muzakki, Aghnaita, Afifah, N., Hidayati, S., & Zulkarnain, A. I. (2024). Upaya menanamkan nilai-nilai profetik pada anak usia dini melalui cerita sirah nabawiyah. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.33474/thufuli.v6i1.21238 DOI: https://doi.org/10.33474/thufuli.v6i1.21238

Fauziah, A. S., & Sudarwati, N. (2023). Penerapan pendidikan karakter dalam kegiatan ektrakurikuler pramuka. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.141 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.141

Khotimah, A. K., Al Amin, M. N. K., Santoso, F. S., Shobaruddin, D., & Yusri, N. (2024). Penanaman agama pada keluarga Muslim dari pernikahan di bawah umur. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(1), 31–44. https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i1.2223 DOI: https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i1.2223

Khotimah, L. H., S, J., & Indrawati, S. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui video kontekstual pada peserta didik kelas 5 SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271

Koesoema, D. A. (2010). Pendidikan karakter: strategi mendidik anak di zaman global. Grasindo.

Kurniawan, R., S, N., & Desyandri, D. (2023). Peranan pesantren ramadhan dalam membangun karakter keislaman bagi peserta didik tingkat sekolah. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4423–4438. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7887 DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7887

Lickona, T., & Davidson, M. (2019). Smart & good schools: mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kehidupan sekolah. Bumi Aksara.

Maghfiroh, L. (2023). Pendidikan akhlak anak usia dini menurut imam Al-ghozali. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 53–67. https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v3i1.7404 DOI: https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v3i1.7404

Mahbubi, M., Sahrur, D. S., & Mahfudi, A. Q. (2024). Implementasi pendidikan karakter melalui program tahlil for kid di MI Tarbiyatul Wathan Kraksaan Probolinggo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 5(3), 107–113. https://doi.org/10.51673/jips.v5i3.2299 DOI: https://doi.org/10.51673/jips.v5i3.2299

Mardia, Susanti, S. M., & Kurniati, A. (2022). Penanaman nilai agama pada anak usia dini dengan metode experiential learning di Desa Palahidu Barat. ASGHAR : Journal of Children Studies, 2(1), 50–59. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5757 DOI: https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5757

Masruroh, M., & Hadi, S. (2025). Analisis pembelajaran pendidikan agama Islam bebasis karakter di era digital. Journal of Innovative and Creativity (Joecy), 5(2), 66–74. https://doi.org/10.31004/joecy.v5i2.125 DOI: https://doi.org/10.31004/joecy.v5i2.125

Muharis, M. (2023). Menciptakan habitus moderasi beragama: upaya Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dalam meneguhkan islam rahmatan lil ‘alamin. Islam & Contemporary Issues, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.57251/ici.v3i1.903 DOI: https://doi.org/10.57251/ici.v3i1.903

Mulyasa, E. (2020). Pengembangan pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, S. ma R., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. (2023). Peran Guru dalam membina karakter religius peserta didik Di RA Al-Hidayah. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 18–23. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6547 DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6547

Ningtyas, S. Z., & Pradikto, S. (2025). Pengaruh metode pembelajaran konvensional dan game terhadap pembelajaran KWU dalam meningkatkan minat belajar SMAN 4 Pasuruan. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v3i1.1507 DOI: https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v3i1.1507

Nuha, U., Ilmiah, U. T., & Maulidin, S. (2024). Penguatan kompetensi keagamaan siswa kelas x SMK PGRI 2 ponorogo melalui program pesantren kilat. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(3), 124–135. https://doi.org/10.51878/vocational.v4i3.4227 DOI: https://doi.org/10.51878/vocational.v4i3.4227

Prabowo, M. A., Hidayani, Qomaruddin, M. T., & Maulana, I. (2022). Upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan melalui penerapan program bimbingan belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(4), 395–401. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i4.39043

Prabowo, M. A., Hululudin, H., Alamsyah, A., Ikhwana, F., Allaudza’i, H., Hidayani, H., & Aryani, H. F. (2024). Menumbuhkan nilai-nilai pendidikan agama islam dengan program pemberdayaan MDT (madrasah diniyyah taklimiyyah) di Desa Candali. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 8(1), 128–137. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v8i1.19165 DOI: https://doi.org/10.29407/ja.v8i1.19165

Prabowo, M. A., & Qomaruddin, M. T. (2022). Pentingnya pendidikan melalui penerapan program bimbingan belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i4

Rahma, R., Rizki, S., & Saputra, R. J. (2023). Pendampingan guru dalam merancang media anak usia dini melalui pendekatan STEAM. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 109–115. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.189 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.189

Sajadi, D. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510 DOI: https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510

Santrock, J. W. (2020). Life-span development. Erlangga.

Sholahudin, T., Abid, I., Ikhwanudin, M., Arrizky, M. N., & Al-Ghozali, U. M. (2025). Evaluasi hasil pembelajaran pendidikan agama islam (pai) tinjauan terhadap ayat Al-Qur’an dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 165–171. https://doi.org/10.54371/ainj.v6i1.808 DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v6i1.808

Sugiyono. (2022). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.

Wulandari, W. (2023). Efektivitas metode mengajar yang variatif dalam keberhasilan pembelajaran bahasa inggris. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2). https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2193 DOI: https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2193

Yuliharti, Y. (2019). Pembentukan karakter islami dalam hadis dan implikasinya pada jalur pendidikan non formal. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918 DOI: https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918

Zakiah, S. S., & Nursikin, M. (2024). Konsep pendidikan nilai dalam filsafat pendidikan islam: perspektif K.H. Hasyim Asy’ari dan Buya Hamka. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(3), 347–361. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.260 DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.260

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-11

How to Cite

Prabowo, P., Zuhri, S., Umar, N., Raya, A. T., Saenong, F. F., Hannase, M., Ahmadi, L. P., Hasan, H., Naif, N., Nurhayati, C., Iskandar, S., Nawawi, A. M., Nurhidaya, N., & Aryani, H. F. (2025). Sanlat dalam Membangun Karakter Religius Anak. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 317–329. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.603

Issue

Section

Articles