Sanlat dalam Membangun Karakter Religius Anak
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.603Keywords:
Sanlat, Karakter Religius, Anak, Al-Qur’anAbstract
Latar Belakang: Pesantren Kilat (Sanlat) merupakan salah satu strategi pendidikan keagamaan yang dilakukan dalam waktu singkat namun intensif, terutama pada momentum Ramadan. Program ini kerap dijadikan sarana efektif untuk membentuk karakter religius pada anak-anak sejak usia dini. Tujuan: artikel ini untuk menguraikan bagaimana kegiatan Sanlat mampu menjadi medium strategis dalam membentuk karakter religius anak-anak melalui pendekatan kisah-kisah dalam Al-Qur’an dan keteladanan para nabi. Penelitian ini berbasis pada kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh tim PKUMI, dengan Metode: Pendekatan deskriptif-kualitatif dan analisis data lapangan. Hasil: Pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan Sanlat yang terstruktur, disertai narasi-narasi profetik dan metode interaktif, secara signifikan meningkatkan pemahaman nilai religiusitas seperti kejujuran, kedisiplinan, empati, dan ketauhidan pada anak-anak. Kesimpulan: Studi ini merekomendasikan penguatan kurikulum Sanlat berbasis karakter untuk program serupa di masa mendatang.
Downloads
References
Al-Ghazali. (2004). Ihya’ ulumuddin. Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah.
Budimansyah, D., & Suryadi, A. (2015). Pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
Choli, I., Rohimah, R., & Soraya, S. (2025). Pendampingan pesantren balita membentuk karakter golden age di Kantor PP Muslimat NU. Jurnal PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(6), 817. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.26301 DOI: https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.26301
Dede Sutisna, Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2025). Pendidikan karakter dalam keluarga perspektif Al-Quran. Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.58707/jipm.v5i2.1177 DOI: https://doi.org/10.58707/jipm.v5i2.1177
Ervina, Saudah, Muzakki, Aghnaita, Afifah, N., Hidayati, S., & Zulkarnain, A. I. (2024). Upaya menanamkan nilai-nilai profetik pada anak usia dini melalui cerita sirah nabawiyah. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.33474/thufuli.v6i1.21238 DOI: https://doi.org/10.33474/thufuli.v6i1.21238
Fauziah, A. S., & Sudarwati, N. (2023). Penerapan pendidikan karakter dalam kegiatan ektrakurikuler pramuka. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.141 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.141
Khotimah, A. K., Al Amin, M. N. K., Santoso, F. S., Shobaruddin, D., & Yusri, N. (2024). Penanaman agama pada keluarga Muslim dari pernikahan di bawah umur. Asas Wa Tandhim: Jurnal Hukum, Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(1), 31–44. https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i1.2223 DOI: https://doi.org/10.47200/awtjhpsa.v3i1.2223
Khotimah, L. H., S, J., & Indrawati, S. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui video kontekstual pada peserta didik kelas 5 SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271
Koesoema, D. A. (2010). Pendidikan karakter: strategi mendidik anak di zaman global. Grasindo.
Kurniawan, R., S, N., & Desyandri, D. (2023). Peranan pesantren ramadhan dalam membangun karakter keislaman bagi peserta didik tingkat sekolah. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4423–4438. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7887 DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7887
Lickona, T., & Davidson, M. (2019). Smart & good schools: mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kehidupan sekolah. Bumi Aksara.
Maghfiroh, L. (2023). Pendidikan akhlak anak usia dini menurut imam Al-ghozali. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 53–67. https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v3i1.7404 DOI: https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v3i1.7404
Mahbubi, M., Sahrur, D. S., & Mahfudi, A. Q. (2024). Implementasi pendidikan karakter melalui program tahlil for kid di MI Tarbiyatul Wathan Kraksaan Probolinggo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 5(3), 107–113. https://doi.org/10.51673/jips.v5i3.2299 DOI: https://doi.org/10.51673/jips.v5i3.2299
Mardia, Susanti, S. M., & Kurniati, A. (2022). Penanaman nilai agama pada anak usia dini dengan metode experiential learning di Desa Palahidu Barat. ASGHAR : Journal of Children Studies, 2(1), 50–59. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5757 DOI: https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5757
Masruroh, M., & Hadi, S. (2025). Analisis pembelajaran pendidikan agama Islam bebasis karakter di era digital. Journal of Innovative and Creativity (Joecy), 5(2), 66–74. https://doi.org/10.31004/joecy.v5i2.125 DOI: https://doi.org/10.31004/joecy.v5i2.125
Muharis, M. (2023). Menciptakan habitus moderasi beragama: upaya Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dalam meneguhkan islam rahmatan lil ‘alamin. Islam & Contemporary Issues, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.57251/ici.v3i1.903 DOI: https://doi.org/10.57251/ici.v3i1.903
Mulyasa, E. (2020). Pengembangan pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
Munawaroh, S. ma R., Darmiyanti, A., & Munafiah, N. (2023). Peran Guru dalam membina karakter religius peserta didik Di RA Al-Hidayah. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 18–23. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6547 DOI: https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol5.no1.a6547
Ningtyas, S. Z., & Pradikto, S. (2025). Pengaruh metode pembelajaran konvensional dan game terhadap pembelajaran KWU dalam meningkatkan minat belajar SMAN 4 Pasuruan. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 3(1), 115–124. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v3i1.1507 DOI: https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v3i1.1507
Nuha, U., Ilmiah, U. T., & Maulidin, S. (2024). Penguatan kompetensi keagamaan siswa kelas x SMK PGRI 2 ponorogo melalui program pesantren kilat. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 4(3), 124–135. https://doi.org/10.51878/vocational.v4i3.4227 DOI: https://doi.org/10.51878/vocational.v4i3.4227
Prabowo, M. A., Hidayani, Qomaruddin, M. T., & Maulana, I. (2022). Upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan melalui penerapan program bimbingan belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(4), 395–401. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i4.39043
Prabowo, M. A., Hululudin, H., Alamsyah, A., Ikhwana, F., Allaudza’i, H., Hidayani, H., & Aryani, H. F. (2024). Menumbuhkan nilai-nilai pendidikan agama islam dengan program pemberdayaan MDT (madrasah diniyyah taklimiyyah) di Desa Candali. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 8(1), 128–137. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/ja.v8i1.19165 DOI: https://doi.org/10.29407/ja.v8i1.19165
Prabowo, M. A., & Qomaruddin, M. T. (2022). Pentingnya pendidikan melalui penerapan program bimbingan belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkm.v28i4
Rahma, R., Rizki, S., & Saputra, R. J. (2023). Pendampingan guru dalam merancang media anak usia dini melalui pendekatan STEAM. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 109–115. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.189 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.189
Sajadi, D. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 16–34. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510 DOI: https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510
Santrock, J. W. (2020). Life-span development. Erlangga.
Sholahudin, T., Abid, I., Ikhwanudin, M., Arrizky, M. N., & Al-Ghozali, U. M. (2025). Evaluasi hasil pembelajaran pendidikan agama islam (pai) tinjauan terhadap ayat Al-Qur’an dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 6(1), 165–171. https://doi.org/10.54371/ainj.v6i1.808 DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v6i1.808
Sugiyono. (2022). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.
Wulandari, W. (2023). Efektivitas metode mengajar yang variatif dalam keberhasilan pembelajaran bahasa inggris. LANCAH: Jurnal Inovasi Dan Tren, 1(2). https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2193 DOI: https://doi.org/10.35870/ljit.v1i2.2193
Yuliharti, Y. (2019). Pembentukan karakter islami dalam hadis dan implikasinya pada jalur pendidikan non formal. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918 DOI: https://doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918
Zakiah, S. S., & Nursikin, M. (2024). Konsep pendidikan nilai dalam filsafat pendidikan islam: perspektif K.H. Hasyim Asy’ari dan Buya Hamka. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(3), 347–361. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.260 DOI: https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i3.260
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Prabowo, Saifuddin Zuhri, Nasaruddin Umar, Ahmad Thib Raya, Farid F. Saenong, Mulawarman Hannase, Lusiana Putri Ahmadi, Hamka Hasan, Naif, Cucu Nurhayati, Syahrullah Iskandar, Abdul Muid Nawawi, Nurhidaya, Habsyah Fitri Aryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0