Pelatihan dan Pendampingan Maharah Kitabah Melalui Seni Kaligrafi
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.625Keywords:
Bahasa Arab, Kaligrafi, Seni IslamAbstract
Latar Belakang: Pendampingan ini dilatarbelakangi oleh potensi Masyarakat Desa Cihanjawar khususnya anak-anak sekitar dusun dua dalam keterampilan menulis Bahasa arab melalui seni kaligrafi. Tujuan: Tujuan dari PkM ini adalah membekali dasar-dasar menulis kaligrafi secara teori dan menuangkan tulisan kedalam media yang disiapkan agar tulisan yang diperoleh bisa menjadi hiasan yang bagus sekaligus menjadi kenang-kenangan setelah PkM ini dilaksanakan. Metode: Adapun metode pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat yang digunakan tim pengabdi melalui beberapa tahap diantaranya: Sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil: Hasil dari pengabdian kepada Masyarakat ini adalah membekali Masyarakat Cihanjawar untuk mengembangkan potensi mereka dalam keterampilan menulis Bahasa arab sekaligus menyajikan tulisan yang indah diatas media yang disiapkan. Kesimpulan: Pelatihan dan pendampingan dalam seni kaligrafi tidak hanya berperan dalam meningkatkan keterampilan menulis, tetapi juga dalam memperkuat hubungan individu dengan seni dan budaya mereka.
Downloads
References
Al-Gulaini, M. (1984). Jami’al-Durus al-Lughah al-‘Arabiyah.
Annisa, M. N., Arista, D., La Udin, Y., & Wargadinata, W. (2023). Pemerolehan bahasa Arab sebagai bahasa kedua (kajian psikolinguistik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 12(2), 468–484. DOI: https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.468-484.2023
Euis Sholihah, Adi Supardi, & Irpan Hilmi. (2022). TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan, 3(1). https://www.ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/47
Fitriani, L. (2011). Seni kaligrafi: Peran dan kontribusinya terhadap peradaban Islam. El Harakah: Jurnal Budaya Islam, 13(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.18860/el.v0i0.2014
Khairani, I., Rahma, A., Susanti, D., Fadhilah, F., & Nasution, S. (2023). The Role of Calligraphy in Increasing the Maharah Kitabah. Quality: Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(2), 157–168. DOI: https://doi.org/10.58355/qwt.v1i2.34
Kosim, A. (2020). PENERAPAN LINGUISTIK ARAB DALAM MEMAHAMI BAHASA AL-QUR’AN: Penelitian pada Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kabupaten Purwakarta. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 19–35. https://doi.org/10.52593/klm.01.1.02 DOI: https://doi.org/10.52593/klm.01.1.02
Luthfi, T., & Munir, D. R. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 172–185. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05 DOI: https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05
Mahsun, M. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Rajawali Press.
Munir, D. R., & Fajar, A. (2023). Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Teknik Pantomim. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 206–211. DOI: https://doi.org/10.47065/jpm.v4i2.1283
Munir, D. R. M., Ningsih, H. N., & Fajar, A. (2024). Pendampingan Penguasaan Mufradat Melalui Ice Breaking Tebak Makna dalam Pengajaran Bahasa Arab di MDTA Madinatul Ulum Desa Margaluyu. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 206–217. DOI: https://doi.org/10.30651/hm.v5i2.22087
Muradi, A. (2013). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) di Indonesia. Jurnal Al-Maqayis, 1(1). DOI: https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1129
Putri, S. F. E., Saleh, A., & Munir, D. R. (2024). Pendampingan Belajar Menulis Bahasa Arab dan Penguasaan Kosakata Pada Anak di Majlis Al-Hidayah Desa Margaluyu. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(12).
Rizal Munir, D., Malia, J., Aqila Septiyani, S., Yulianawati, & Undari, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Kepercayaan Diri Siswa Menggunakan Metode Think Pair Share. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 169–177. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.303 DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.303
Sintasari, B. (2021). Pemberdayaan Remaja Masjid Dan Perannya Dalam Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 10(1), 100–114. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v10i1.251 DOI: https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v10i1.251
WAHYUDI, W. E. (2024). PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI ISLAM (KHAT) UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH AL-KITABAH (KETERAMPILAN MENULIS). TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 310–318. https://doi.org/10.51878/teaching.v4i4.3787 DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v4i4.3787
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dede Rizal Munir, Abdurrahman Saleh, Fadil Darul Rizky

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0