Pelatihan dan Pendampingan Maharah Kitabah Melalui Seni Kaligrafi

Authors

  • Dede Rizal Munir STAI Dr. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta https://orcid.org/0009-0001-5216-2656
  • Abdurrahman Saleh STAI Dr. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Fadil Darul Rizky STAI Dr. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.625

Keywords:

Bahasa Arab, Kaligrafi, Seni Islam

Abstract

Latar Belakang: Pendampingan ini dilatarbelakangi oleh potensi Masyarakat Desa Cihanjawar khususnya anak-anak sekitar dusun dua dalam keterampilan menulis Bahasa arab melalui seni kaligrafi. Tujuan: Tujuan dari PkM ini adalah membekali dasar-dasar menulis kaligrafi secara teori dan menuangkan tulisan kedalam media yang disiapkan agar tulisan yang diperoleh bisa menjadi hiasan yang bagus sekaligus menjadi kenang-kenangan setelah PkM ini dilaksanakan. Metode: Adapun metode pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat yang digunakan tim pengabdi melalui beberapa tahap diantaranya: Sosialisasi, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil: Hasil dari pengabdian kepada Masyarakat ini adalah membekali Masyarakat Cihanjawar untuk mengembangkan potensi mereka dalam keterampilan menulis Bahasa arab sekaligus menyajikan tulisan yang indah diatas media yang disiapkan. Kesimpulan: Pelatihan dan pendampingan dalam seni kaligrafi tidak hanya berperan dalam meningkatkan keterampilan menulis, tetapi juga dalam memperkuat hubungan individu dengan seni dan budaya mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Gulaini, M. (1984). Jami’al-Durus al-Lughah al-‘Arabiyah.

Annisa, M. N., Arista, D., La Udin, Y., & Wargadinata, W. (2023). Pemerolehan bahasa Arab sebagai bahasa kedua (kajian psikolinguistik). A Jamiy: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 12(2), 468–484. DOI: https://doi.org/10.31314/ajamiy.12.2.468-484.2023

Euis Sholihah, Adi Supardi, & Irpan Hilmi. (2022). TEKNOLOGI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. al-Urwatul Wutsqo : Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan, 3(1). https://www.ejournal.stit-alhidayah.ac.id/index.php/jurnalalurwatulwutsqo/article/view/47

Fitriani, L. (2011). Seni kaligrafi: Peran dan kontribusinya terhadap peradaban Islam. El Harakah: Jurnal Budaya Islam, 13(1), 1–12. DOI: https://doi.org/10.18860/el.v0i0.2014

Khairani, I., Rahma, A., Susanti, D., Fadhilah, F., & Nasution, S. (2023). The Role of Calligraphy in Increasing the Maharah Kitabah. Quality: Journal Of Education, Arabic And Islamic Studies, 1(2), 157–168. DOI: https://doi.org/10.58355/qwt.v1i2.34

Kosim, A. (2020). PENERAPAN LINGUISTIK ARAB DALAM MEMAHAMI BAHASA AL-QUR’AN: Penelitian pada Guru Bahasa Arab Madrasah Aliyah Kabupaten Purwakarta. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1), 19–35. https://doi.org/10.52593/klm.01.1.02 DOI: https://doi.org/10.52593/klm.01.1.02

Luthfi, T., & Munir, D. R. (2021). Hubungan Mata Pelajaran Muatan Lokal Bahasa Arab Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Pada Siswa Kelas IX (Sembilan) SMP Al-Ihsan. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 2(2), 172–185. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05 DOI: https://doi.org/10.52593/klm.02.2.05

Mahsun, M. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Rajawali Press.

Munir, D. R., & Fajar, A. (2023). Pendampingan Guru Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Teknik Pantomim. JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 206–211. DOI: https://doi.org/10.47065/jpm.v4i2.1283

Munir, D. R. M., Ningsih, H. N., & Fajar, A. (2024). Pendampingan Penguasaan Mufradat Melalui Ice Breaking Tebak Makna dalam Pengajaran Bahasa Arab di MDTA Madinatul Ulum Desa Margaluyu. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 206–217. DOI: https://doi.org/10.30651/hm.v5i2.22087

Muradi, A. (2013). Tujuan pembelajaran bahasa asing (Arab) di Indonesia. Jurnal Al-Maqayis, 1(1). DOI: https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1129

Putri, S. F. E., Saleh, A., & Munir, D. R. (2024). Pendampingan Belajar Menulis Bahasa Arab dan Penguasaan Kosakata Pada Anak di Majlis Al-Hidayah Desa Margaluyu. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(12).

Rizal Munir, D., Malia, J., Aqila Septiyani, S., Yulianawati, & Undari, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar melalui Kepercayaan Diri Siswa Menggunakan Metode Think Pair Share. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(1), 169–177. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.303 DOI: https://doi.org/10.53624/ptk.v4i1.303

Sintasari, B. (2021). Pemberdayaan Remaja Masjid Dan Perannya Dalam Pendidikan Islam. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 10(1), 100–114. https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v10i1.251 DOI: https://doi.org/10.54437/urwatulwutsqo.v10i1.251

WAHYUDI, W. E. (2024). PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI ISLAM (KHAT) UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH AL-KITABAH (KETERAMPILAN MENULIS). TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(4), 310–318. https://doi.org/10.51878/teaching.v4i4.3787 DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v4i4.3787

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-05-24

How to Cite

Munir, D. R., Saleh, A., & Rizky, F. D. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Maharah Kitabah Melalui Seni Kaligrafi. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 388–397. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.625

Issue

Section

Articles