Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak dan Kreativitas Berbasis Budaya Melalui Kaos Jumputan di Madinatul Yatim Siti Aminah Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.636Keywords:
Literasi, Kreativitas, Panti Asuhan, Budaya Lokal, Participatory Action ResearchAbstract
Latar Belakang: Anak-anak panti asuhan sering mengalami keterbatasan dalam akses media pembelajaran dan ruang ekspresi yang berdampak pada rendahnya kemampuan literasi dan kreativitas mereka. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pendekatan berbasis permainan dan seni mampu meningkatkan kemampuan tersebut secara efektif. Tujuan: Mengetahui efektivitas kegiatan pengabdian masyarakat berbasis budaya lokal dalam meningkatkan literasi dan kreativitas anak-anak panti asuhan Madinatul Yatim Siti Aminah, Indramayu. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan pendekatan kualitatif partisipatif. Subjek terdiri atas 20 anak berusia 7–15 tahun dan 8 mahasiswa PPG Universitas Wiralodra. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dokumentasi selama empat minggu pelaksanaan program. Hasil: Kegiatan literasi interaktif menggunakan media seperti kartu UNO modifikasi dan ular tangga edukatif berhasil meningkatkan minat baca dan pemahaman anak-anak SD. Sementara itu, pelatihan seni kaos jumputan pada anak-anak SMP menumbuhkan kreativitas, rasa percaya diri, dan kemampuan presentasi. Kesimpulan: Program ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi dan kreativitas anak-anak panti asuhan serta memperkuat kompetensi pedagogik mahasiswa.
Downloads
References
Cook-Sather, A., Bovill, C., & Felten, P. (2014). Engaging students as partners in learning and teaching: A guide for faculty. John Wiley & Sons.Dewi, D., Fikri, A. A., Wiyono, A. C. A., et al. (2024). Peningkatan Literasi Anak – Anak Panti Asuhan As-Salam Melalui Program Pojok Literasi. Community Development Journal, 5(4), 8120–8124. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33551
Dharma, A. P., Meitiyani, M., Setyawati, R. F., Mushoddik, M., & Oktaviani, A. (2024). PELATIHAN PEWARNAAN KAOS DENGAN TEKNIK JUMPUTAN (TIE DYE) PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI KABUPATEN BOGOR. DedikasiMU: Journal of Community Service, 6(1), 58-62. DOI: https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i1.7442
Fahmi, K., Susilawati, N., & Rahmullaily, R. (2021). Menumbuhkembangkan Budaya Literasi Anak Asuh Panti Asuhan Al-Hidayah Kota Padang. Abdi, 3(2), 166–174. https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.61 DOI: https://doi.org/10.24036/abdi.v3i2.61
Golan Education. (2023). The importance of documentation in qualitative research. Golan Education.
Indarwati, Y., & Ambarwati, R. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PENJUMLAHAN KELAS 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1965-1995. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7663
Lestari, W. F., Firdaus, A. A., Cahya, C. N., et al. (2022). Pengembangan Sustainable Education melalui Sanggar Literasi di Panti Asuhan. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1). https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.671 DOI: https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.671
Natsir, R. (2023). Penggunaan Permainan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas II UPT SD Negeri 17 BinamuKabupaten Jeneponto.
Parta, I. M., Numertayasa, I. W., & Sueca, I. N. (2024). Penerapan Media Kartu Bergambar Pada Tema Pengalamanku Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas I SD Adi Widyalaya Suar Dwipa Giri Mekar. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 6(2), 19-25. DOI: https://doi.org/10.59789/rarepustaka.v6i2.208
Permadani, R. A., & Wijayanto, W. (2024). ANALISIS KREATIVITAS SISWA SD NEGERI MEGONTEN 2 MELALUI PEMBUATAN BATIK JUMPUTAN. Imajinasi: Jurnal Seni, 18(2), 58-63.
Permata Sari, P. L., Sinaga, L. A., & Siregar, M. (2022). Pemanfaatan APE (Alat Permainan Edukatif) dari bahan bekas kardus dalam literasi pembelajaran anak TK di RA Islamiyah Desa Urung Pane. Rambate: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 13–16. http://jurnal.una.ac.id/index.php/comunitaria
Sartika, A., Hisyam, M., Yanizon, A., Ashari, E., Husna, A., Ramses, & Ramdani. (2024). Pendampingan pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan literasi, numerasi, dan jiwa nasionalisme siswa-siswi sekolah dasar di Pulau Seraya. Diambil dari https://proceeding.unrika.ac.id/index.php/PKM/article/view/47
Qadry, I. K., Pangerang, W. A., Albaeduri, R., Anwar, S. A., Putri, W. D., Sriwidharti, R., Susilawati, U., Suryana, S., Nursyahira, N., Patmawati, P., & Ningsih, R. D. (2024). Peningkatan minat literasi melalui media pop up book bagi peserta didik kelas VI SD Inpres Maccini 1/I Makassar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Waliyah, S., Suandi, S., Nirmala, I., Nopralia, S., & Yuliana, Y. (2024). Pelatihan keterampilan membuat motif kain jumputan dengan teknik tie dye sebagai kreativitas dan kecintaan terhadap kearifan lokal bersama mahasiswa Universitas Sjakyakirti, siswa, siswi SMA dan SMK Sjakhyakirti Palembang. Jurnal Pengabdian Pasca Unisti (JURDIANPASTI), 2(2), 97-106. DOI: https://doi.org/10.48093/jurdianpasti.v2i2.236
Wirdasari, A., & Septiana, R. (2025). MENINGKATKAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN WARNA. Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini), 4(1), 41-54.
Zebua, J. M., Putri, M., & Ritonga, F. U. (2023). Peningkatan Kreativitas Anak di Panti Asuhan Bala Keselamatan dengan Metode Casework. Kegiatan Positif, 2(2). https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i2.977 DOI: https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v2i2.977
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adian Saputra, Adenia Fadila, Ahmad Zeini, Aisah Nurul Khotimah, Annisa Nur Safitri, Baldi Arezky, Dwi Tia Nurul Melan, Feby Hamzah Fansyuri, Fuji Alfina, Saroni, Eli Herlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0