Pendampingan Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa SD di Lembang Bori’ Ranteletok

Authors

  • Lery Salo Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Dina Ramba Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Eky Setiawan Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.652

Keywords:

Pendampingan Belajar, Pengenalan Bahasa Inggris, Desa Wisata

Abstract

Latar Belakang: Bori’ Ranteletok merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Toraja Utara yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebagai daerah wisata, kemampuan berbahasa Inggris menjadi penting untuk mendukung komunikasi dengan wisatawan asing dan meningkatkan daya saing masyarakat lokal dalam sektor pariwisata. Namun, keterbatasan akses dan pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar menjadi tantangan tersendiri. Tujuan: kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan Bahasa Inggris sejak dini dan membangkitkan minat belajar siswa di lingkungan Lembang Bori’ Ranteletok.  Metode: Pendekatan yang digunakan adalah metode bimbingan belajar ceria melalui lagu, cerita anak, dan permainan edukatif yang dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kegiatan ini dilakukan secara partisipatif dan melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan minat belajar, keberanian dalam menggunakan Bahasa Inggris secara lisan, serta pemahaman kosakata dasar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kesimpulan: Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan mampu membantu siswa mengatasi hambatan dalam belajar Bahasa Inggris dan mendukung pengembangan keterampilan berbahasa sejak dini di kawasan wisata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwahidi, A. A., Sani, M. I., Dewi, A. M., Darmawangsa, S. S., Alawiyah, T. N. A., Rohimah, S., Imtihan, Z., Hasmiati, W., Mustapida, H., & Sukenti, K. (2021). Optimalisasi Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Era New Normal di Desa Sengkerang, Kecamatan Praya Timur. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 2–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.682 DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.682

Barustyawati, A. A. S., Suarcaya, P., & ... (2021). Pendampingan Kelompok Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak-Anak Sekolah Dasar Di Kawasan Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada …. … Masyarakat …, 59–69. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/senadiba/article/view/3199

Cahyaningtyas, N. T. (2021). Pemberdayaan Anak-Anak Usia Dini Melalui Program Bimbingan Belajar Bahasa Inggris di Rumah Belajar RT 02 di Desa Kambingan. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 94–99. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v2i2.1904 DOI: https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v2i2.1904

Hastuti, N., & Roviati, E. (2021). Pendampingan Belajar Pengenalan Bahasa Inggris Menyenangkan Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid 19. Al-Khidmat, 3(2), 24–30. https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9303 DOI: https://doi.org/10.15575/jak.v3i2.9303

Irawan, R., Hidayat, A. N., Nurmaniati, A., Sari, E., Istiqamah, I., Sari, R., & Nur, T. (2022). Bimbingan Belajar Rumberia (Rumah Belajar Ceria) Untuk Siswa Sekolah Dasar. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1524. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10609 DOI: https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.10609

Kumala, D. R., Rohmah, Z., & Hidayatulloh, M. K. Y. (2020). Pendampingan Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD di Bandarkedungmulyo. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44–47. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v1i1.1065

Maryani, R. A. (2022). PENDAMPINGAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DI OEMAH NGAJI, DESA TURI, SLEMAN, YOGYAKARTA. Bajang Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(6), 1077–1084. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v1i1.1065 DOI: https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v1i1.1065

Nasution, D. S. (2021). PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK- ANAK SETINGKAT SEKOLAH DASAR DI DESA WISATA PAGARAN GALA- GALA, MANDAILING NATAL- SUMUT, DALAM MENGAHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) MELALUI METODE DRILLING DAN DAN REPETITION. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mataram, 75(17), 399–405. DOI: https://doi.org/10.47492/eamal.v1i2.573

Noge, M. D., Wau, M. P., & Lado, R. R. R. (2020). Pelaksanaan Program Bimbingan Belajar Bahasa Inggris “English Is Fun” Sebagai Cara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak-Anak Dalam Menguasai Bahasa Inggris Di Sd. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1(2), 120–127. https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.113 DOI: https://doi.org/10.38048/jailcb.v1i2.113

Nuha, U. (2023). Bimbingan Belajar Pengenalan Bahasa Inggris Dan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3262–3269.

Pahmi, S., Suciani, A., Yulianti, R., Putri, C. S., & Sagita, T. (2021). Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 55–59. https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635 DOI: https://doi.org/10.31334/jks.v4i1.1635

Patricia, F. A., Anugraini, A. P., & Zamzam, K. F. (2023). Pendampingan Belajar Siswa dengan Metode Montessory di SD Ulil Albab Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 331–338. https://doi.org/10.54082/jippm.76 DOI: https://doi.org/10.54082/jippm.76

Puspitasari, E., Anwar, M., Khoiri, K., & Pradana, S. (2024). Pendampingan Belajar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris melalui Fun English dan Flashcard di Desa Gondangrejo Lampung Timur. 4(2), 333–342. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jippm.696 DOI: https://doi.org/10.54082/jippm.696

Riska Angraini, Elfahmi Lubis, S. L. (2023). Kesulitan Belajar Di Sd Negeri Tambah Asri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandira Cendikia, 2(1), 195–199. https://journal-mandiracendikia.com/index.php/pkm

Salsabila, A. (2016). PERAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI DESA SUKARAJA. A b d i m a J u r n a l P e n g a b d i a n M a h a s i s w A, 3(2), 1–23.

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(02), 36–43. https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7 DOI: https://doi.org/10.30736/jab.v2i02.7

Saputri, L., Mardiati, Sitepu, D. R. B., Susilawati, E., Ningsih, Y., Ayumi, N., & Siregar, Z. A. D. (2023). Pendampingan Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar di Desa Tanjung Putus ,. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92–99. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare DOI: https://doi.org/10.30762/welfare.v1i1.344

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-09

How to Cite

Salo, L., Ramba, D., & Setiawan, E. (2025). Pendampingan Dalam Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Siswa SD di Lembang Bori’ Ranteletok. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 12–20. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.652