Pemberian Kompetensi Tambahan dan Sertifikasi Kompetensi Bagi Calon Lulusan Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi

Authors

  • Irianto Universitas Yapis Papua
  • Rezky A. Wibowo Universitas Yapis Papua
  • Franky E.P. Lapian Universitas Yapis Papua
  • Salahuddin Robo Universitas Yapis Papua
  • Sigit Riswanto Universitas Yapis Papua

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.697

Keywords:

Kompetensi, Teknik Sipil, Mahasiswa, Kesiapan Kerja

Abstract

Latar Belakang: Lulusan perguruan tinggi teknik sipil di Indonesia, khususnya di wilayah timur seperti Papua, sering menghadapi kesenjangan antara kemampuan akademik dan keterampilan teknis yang dibutuhkan industri konstruksi. Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis dan kesiapan kerja mahasiswa melalui pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi resmi yang difasilitasi oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura bekerja sama dengan Universitas Yapis Papua. Metode: Metode yang digunakan adalah studi kuantitatif berbasis pelatihan intervensi dan evaluasi. Sebanyak 30 mahasiswa tingkat akhir dipilih melalui purposive sampling. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest, observasi praktik, serta hasil uji sertifikasi oleh LSP. Analisis menggunakan uji t berpasangan dan evaluasi deskriptif. Hasil : Skor rata-rata peserta meningkat dari 58,3 (pretest) menjadi 82,6 (posttest). Sebanyak 90% peserta dinyatakan lulus dalam uji sertifikasi kompetensi oleh asesor tersertifikasi BNSP. Tingkat kepuasan peserta terhadap pelatihan mencapai 4,7 dari 5. Temuan menunjukkan pelatihan ini efektif secara signifikan dalam meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa.. Kesimpulan: Program pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini efektif dalam menjawab gap antara akademik dan praktik industri, khususnya di daerah 3T seperti Papua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhayat, A., Mukhidin, M., Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with “Kurikulum Merdeka Belajar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 105. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.69363 DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.69363

Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.

Arulsamy, A. S., Singh, I., Kumar, M. S., Panchal, J. J., & Bajaj, K. K. (2023). Employee Training and Development Enhancing Employee Performance – A Study. Samdarshi, 16(3), 1–11.

BNSP. (2022). Pedoman Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja ( PSKK ) Tahun Anggaran 2022, (September).

Irawansyah, I., Mutmainnah, O., & Nurmala, E. (2024). Peningkatan Kompetensi Lulusan Melalui Model Sertifikasi Operator Alat Berat pada Mahasiswa Program Studi Teknik Alat Berat AKOM Sumbawa. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 935–950. https://doi.org/10.60126/maras.v2i2.305 DOI: https://doi.org/10.60126/maras.v2i2.305

Madyunin, M. (2024). Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi (Studi Kasus Pada Pelatihan Upgrading Skk 60 Mil Juru Mudi Menjadi Ahli Nautika Kapal Penangkapan Ikan (Ankapin) Tingkat Iii). Jendela PLS, 9(1), 116–128. https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.10767 DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.10767

Malik, T. G., & Alam, R. (2019). Comparative Analysis Between Pre-test/Post-test Model and Post-test-only Model in Achieving the Learning Outcomes. Pakistan Journal of Ophthalmology, 35(1), 4–8. https://doi.org/10.36351/pjo.v35i1.855 DOI: https://doi.org/10.36351/pjo.v35i1.855

Nugraha, H. D., Kencanasari, R. A. V., Komari, R. N., & Kasda, K. (2020). Employability Skills in Technical Vocational Education and Training (TVET). Innovation of Vocational Technology Education, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/invotec.v16i1.23509 DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v16i1.23509

Nurchalia, L. P., Ghifari, Y., Limbong, J. A., & Setiawati, L. (2023). Professional analysis of Educational Technology students with appropriate specializations. Inovasi Kurikulum, 20(2), 193–204. https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.53904 DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.53904

Suparyati, A., & Habsya, C. (2024). Kompetensi Lulusan Pendidikan Vokasi untuk Bersaing di Pasar Global. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1921–1927. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3288 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3288

Warnandes, S., Hariyanto, L., & Indriatno Putra Pratama, G. N. (2022). Relevansi Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta dengan Kebutuhan Dunia Industri Jasa Konstruksi Bidang Perencana. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(1), 54–61. https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.48489 DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.48489

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-28

How to Cite

Irianto, I., Wibowo, R. A., Lapian, F. E., Robo, S., & Riswanto, S. (2025). Pemberian Kompetensi Tambahan dan Sertifikasi Kompetensi Bagi Calon Lulusan Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.697