Pemberian Kompetensi Tambahan dan Sertifikasi Kompetensi Bagi Calon Lulusan Perguruan Tinggi Bidang Konstruksi
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.697Keywords:
Kompetensi, Teknik Sipil, Mahasiswa, Kesiapan KerjaAbstract
Latar Belakang: Lulusan perguruan tinggi teknik sipil di Indonesia, khususnya di wilayah timur seperti Papua, sering menghadapi kesenjangan antara kemampuan akademik dan keterampilan teknis yang dibutuhkan industri konstruksi. Tujuan: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis dan kesiapan kerja mahasiswa melalui pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi resmi yang difasilitasi oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah VII Jayapura bekerja sama dengan Universitas Yapis Papua. Metode: Metode yang digunakan adalah studi kuantitatif berbasis pelatihan intervensi dan evaluasi. Sebanyak 30 mahasiswa tingkat akhir dipilih melalui purposive sampling. Evaluasi dilakukan melalui pretest dan posttest, observasi praktik, serta hasil uji sertifikasi oleh LSP. Analisis menggunakan uji t berpasangan dan evaluasi deskriptif. Hasil : Skor rata-rata peserta meningkat dari 58,3 (pretest) menjadi 82,6 (posttest). Sebanyak 90% peserta dinyatakan lulus dalam uji sertifikasi kompetensi oleh asesor tersertifikasi BNSP. Tingkat kepuasan peserta terhadap pelatihan mencapai 4,7 dari 5. Temuan menunjukkan pelatihan ini efektif secara signifikan dalam meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa.. Kesimpulan: Program pelatihan dan sertifikasi kompetensi ini efektif dalam menjawab gap antara akademik dan praktik industri, khususnya di daerah 3T seperti Papua.
Downloads
References
Alhayat, A., Mukhidin, M., Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The Relevance of the Project-Based Learning (PjBL) Learning Model with “Kurikulum Merdeka Belajar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 105. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.69363 DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.69363
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.
Arulsamy, A. S., Singh, I., Kumar, M. S., Panchal, J. J., & Bajaj, K. K. (2023). Employee Training and Development Enhancing Employee Performance – A Study. Samdarshi, 16(3), 1–11.
BNSP. (2022). Pedoman Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja ( PSKK ) Tahun Anggaran 2022, (September).
Irawansyah, I., Mutmainnah, O., & Nurmala, E. (2024). Peningkatan Kompetensi Lulusan Melalui Model Sertifikasi Operator Alat Berat pada Mahasiswa Program Studi Teknik Alat Berat AKOM Sumbawa. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(2), 935–950. https://doi.org/10.60126/maras.v2i2.305 DOI: https://doi.org/10.60126/maras.v2i2.305
Madyunin, M. (2024). Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi (Studi Kasus Pada Pelatihan Upgrading Skk 60 Mil Juru Mudi Menjadi Ahli Nautika Kapal Penangkapan Ikan (Ankapin) Tingkat Iii). Jendela PLS, 9(1), 116–128. https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.10767 DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.10767
Malik, T. G., & Alam, R. (2019). Comparative Analysis Between Pre-test/Post-test Model and Post-test-only Model in Achieving the Learning Outcomes. Pakistan Journal of Ophthalmology, 35(1), 4–8. https://doi.org/10.36351/pjo.v35i1.855 DOI: https://doi.org/10.36351/pjo.v35i1.855
Nugraha, H. D., Kencanasari, R. A. V., Komari, R. N., & Kasda, K. (2020). Employability Skills in Technical Vocational Education and Training (TVET). Innovation of Vocational Technology Education, 16(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/invotec.v16i1.23509 DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v16i1.23509
Nurchalia, L. P., Ghifari, Y., Limbong, J. A., & Setiawati, L. (2023). Professional analysis of Educational Technology students with appropriate specializations. Inovasi Kurikulum, 20(2), 193–204. https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.53904 DOI: https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.53904
Suparyati, A., & Habsya, C. (2024). Kompetensi Lulusan Pendidikan Vokasi untuk Bersaing di Pasar Global. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1921–1927. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3288 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3288
Warnandes, S., Hariyanto, L., & Indriatno Putra Pratama, G. N. (2022). Relevansi Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta dengan Kebutuhan Dunia Industri Jasa Konstruksi Bidang Perencana. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(1), 54–61. https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.48489 DOI: https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.48489
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irianto, Rezky A. Wibowo, Franky E.P. Lapian, Salahuddin Robo, Sigit Riswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0