Peran Relawan Magang dalam Edukasi Sedekah Harian di Z Kantin SD 1 Kesambi

Authors

  • Alfin Fais Universitas Islam Negeri Sunan Kudus
  • Syakira Hawa Nabila Universitas Islam Negeri Sunan Kudus
  • Makrufah Hidayah Islamiah Universitas Islam Negeri Sunan Kudus

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.764

Keywords:

Z Kantin, Relawan Magang, Sedekah Harian, Pendidikan Karakter, BAZNAS

Abstract

Latar Belakang: Program Z Kantin yang diinisiasi oleh BAZNAS Kabupaten Kudus merupakan upaya inovatif dalam menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial dan kedermawanan kepada siswa sejak usia dini melalui praktik sedekah harian di sekolah. Tujuan: Kegiatan ini untuk menganalisis kontribusi relawan magang dalam mendukung implementasi edukasi sedekah harian melalui program Z Kantin di SD Negeri 1 Kesambi. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, dokumentasi kegiatan, dan wawancara terhadap siswa, guru, serta pengelola kantin. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa kehadiran relawan magang berperan penting sebagai fasilitator edukatif, pengelola administrasi sedekah, serta penguat nilai karakter siswa. Relawan mampu mendorong siswa untuk terbiasa berbagi secara sukarela, meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dana sedekah, dan memperkuat sinergi antara sekolah dan BAZNAS dalam menumbuhkan budaya filantropi di lingkungan pendidikan dasar. Kesimpulan: Program ini menunjukkan efektivitasnya sebagai model pembelajaran karakter yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dan sangat relevan untuk direplikasi di sekolah-sekolah lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anastasha, Rezka, Betra Sarianti, and Titi Darmi. 2023. “Edukasi Sedekah Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Sd N 16 Bumi Ayu.” 32–44. doi: 10.36085/.v4i2. DOI: https://doi.org/10.36085/.v4i2

Apwani, Ani. 2024. “Efektivitas Program Sedekah Harian Dalam Menanamkan Sikap Dermawan Pada Siswa MIS Jamiyatul Washliyah.” EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif 1(2):663–68. doi: 10.0.223.167/eduspirit.v1i1.17.

Cahyaningrum, Dinis, Sri Wahyulina, Armi Sulthon Fauzi, Ainaya Mutia, and Salsabila Rahma. 2025. “Pendampingan Digital Branding Bagi UMKM Melalui Program Magang Mahasiswa Di Dinas Perdagangan Provinsi NTB.” 5(2):309–18. doi: 10.53088/penamas.v5i2.1915. DOI: https://doi.org/10.53088/penamas.v5i2.1915

Haikal, Fikri, and Nur Taufiq Sanusi. 2024. “Pengelolaan Infaq Zakat Dan Sedekah.” Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah 259–69. doi: 10.24252/iqtishaduna.vi.44098. DOI: https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.vi.44098

Hidayah, Nurul, Siti Sholikhah, and Siti Shofiatul Akmam. 2024. “Peningkatan Sikap Dermawan Melalui Kegiatan Sedekah Harian Di MI Hidayatut Thowalib.” EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif 1(2):489–94. doi: https://10.0.223.167/eduspirit.v1i1.17.

Khaerul Aqbar, Azwar Iskandar, and Akhmad Hanafi Dain Yunta. 2020. “Konsep Al-Falah Dalam Islam Dan Implementasinya Dalam Ekonomi.” BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam 1(3):516–31. doi: 10.36701/bustanul.v1i3.206. DOI: https://doi.org/10.36701/bustanul.v1i3.206

Makhrus, M., Safitri Mukarromah, Istianah Istianah, and Restu Frida Utami. 2022. “Aktivitas Magang Lembaga Keuangan Syariah Dan Proyek Kemanusiaan Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.” Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah 6(1):68–80. doi: 10.24252/al-mashrafiyah.v6i1.26147. DOI: https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v6i1.26147

Muhamadi, Sani Insan, and Aan Hasanah. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 16(1):95–114. doi: 10.14421/jpai.2019.161-06. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06

Nofiaturrahmah, Fifi. 2018. “Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah.” ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf 4(2):313. doi: 10.21043/ziswaf.v4i2.3048. DOI: https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3048

Prasetiyo, Dani Hari Tunggal, Ahmad Izzudin, Tata Budi Utami, Tsalitsah Wirdatul Baidlo, Leliya Nanda T.S.D, and Dwi Agustin. 2022. “Pelatihan Manajemen Keuangan Terhadap Anak Sejak Usia Dini.” INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian 6(2):269. doi: 10.36841/integritas.v6i2.2319. DOI: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i2.2319

Robianti, Febi, Indra Legowo, Antik Ernawati, Nurdiah Aristyani, Idzma Mahayattika, and Nurul Amalia. 2025. “Transformasi Pendidikan Karakter Melalui Rumah Magang: Studi Inovasi PKBM Madani Hebat Dan HEbAT Community.” Jurnal Pendidikan Non Formal 2(3):15. doi: 10.47134/jpn.v2i3.1372. DOI: https://doi.org/10.47134/jpn.v2i3.1372

Sari, Sofa Mei Ika, and Tutuk Ningsih. 2024. “Membangun Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dengan Masyarakat Melalui Interaksi Sosial.” EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) 7(2):523–29. doi: 10.33627/es.v7i2.2809. DOI: https://doi.org/10.33627/es.v7i2.2809

Sosial, Peduli, and Program Pembiasan. 2025. “Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui Program Jum ’ at Amal Ninuk Noorhanah PENDAHULUAN Pendidikan Merupakan Upaya Sadar Dan Terencana Untuk Menciptakan Proses Pembelajaran Yang Kondusif . Tujuannya Adalah Agar Siswa Dapat Mengoptimalkan.” 8(1):125–36. doi: 10.32528/tarlim.v8i1.2971. DOI: https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2971

Syavita, Erica, Nanang Sutrisno, Ida Bagus, and Oka Wedasantara. 2024. “Implikasi Program Magang Studi Independen Besertifikat Pada Mahasiswa Universitas Udayana.” Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial 3(5):1–11. doi: triwikrama.v3i5.2730.

Tanjung, Muna Haddad Al Ansori, Netty Bayani Harahap, Martina Enjeli Siboro, and Muharrina Harahap. 2023. “Program Magang Keahlian Sebagai Sarana Praktik Dan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Di Bidang Penerbitan.” Indonesian Journal of Community Services 5(1):1. doi: 10.30659/ijocs.5.1.1-11. DOI: https://doi.org/10.30659/ijocs.5.1.1-11

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-10-05

How to Cite

Fais, A., Nabila, S. H., & Islamiah, M. H. (2025). Peran Relawan Magang dalam Edukasi Sedekah Harian di Z Kantin SD 1 Kesambi. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 173–183. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.764