Peran Relawan Magang dalam Edukasi Sedekah Harian di Z Kantin SD 1 Kesambi
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.764Keywords:
Z Kantin, Relawan Magang, Sedekah Harian, Pendidikan Karakter, BAZNASAbstract
Latar Belakang: Program Z Kantin yang diinisiasi oleh BAZNAS Kabupaten Kudus merupakan upaya inovatif dalam menanamkan nilai-nilai kepedulian sosial dan kedermawanan kepada siswa sejak usia dini melalui praktik sedekah harian di sekolah. Tujuan: Kegiatan ini untuk menganalisis kontribusi relawan magang dalam mendukung implementasi edukasi sedekah harian melalui program Z Kantin di SD Negeri 1 Kesambi. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, dokumentasi kegiatan, dan wawancara terhadap siswa, guru, serta pengelola kantin. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa kehadiran relawan magang berperan penting sebagai fasilitator edukatif, pengelola administrasi sedekah, serta penguat nilai karakter siswa. Relawan mampu mendorong siswa untuk terbiasa berbagi secara sukarela, meningkatkan akuntabilitas pengelolaan dana sedekah, dan memperkuat sinergi antara sekolah dan BAZNAS dalam menumbuhkan budaya filantropi di lingkungan pendidikan dasar. Kesimpulan: Program ini menunjukkan efektivitasnya sebagai model pembelajaran karakter yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman dan sangat relevan untuk direplikasi di sekolah-sekolah lainnya.
Downloads
References
Anastasha, Rezka, Betra Sarianti, and Titi Darmi. 2023. “Edukasi Sedekah Dalam Kehidupan Sehari-Hari Di Sd N 16 Bumi Ayu.” 32–44. doi: 10.36085/.v4i2. DOI: https://doi.org/10.36085/.v4i2
Apwani, Ani. 2024. “Efektivitas Program Sedekah Harian Dalam Menanamkan Sikap Dermawan Pada Siswa MIS Jamiyatul Washliyah.” EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif 1(2):663–68. doi: 10.0.223.167/eduspirit.v1i1.17.
Cahyaningrum, Dinis, Sri Wahyulina, Armi Sulthon Fauzi, Ainaya Mutia, and Salsabila Rahma. 2025. “Pendampingan Digital Branding Bagi UMKM Melalui Program Magang Mahasiswa Di Dinas Perdagangan Provinsi NTB.” 5(2):309–18. doi: 10.53088/penamas.v5i2.1915. DOI: https://doi.org/10.53088/penamas.v5i2.1915
Haikal, Fikri, and Nur Taufiq Sanusi. 2024. “Pengelolaan Infaq Zakat Dan Sedekah.” Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Ekonomi Syari’ah 259–69. doi: 10.24252/iqtishaduna.vi.44098. DOI: https://doi.org/10.24252/iqtishaduna.vi.44098
Hidayah, Nurul, Siti Sholikhah, and Siti Shofiatul Akmam. 2024. “Peningkatan Sikap Dermawan Melalui Kegiatan Sedekah Harian Di MI Hidayatut Thowalib.” EduSpirit: Jurnal Pendidikan Kolaboratif 1(2):489–94. doi: https://10.0.223.167/eduspirit.v1i1.17.
Khaerul Aqbar, Azwar Iskandar, and Akhmad Hanafi Dain Yunta. 2020. “Konsep Al-Falah Dalam Islam Dan Implementasinya Dalam Ekonomi.” BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam 1(3):516–31. doi: 10.36701/bustanul.v1i3.206. DOI: https://doi.org/10.36701/bustanul.v1i3.206
Makhrus, M., Safitri Mukarromah, Istianah Istianah, and Restu Frida Utami. 2022. “Aktivitas Magang Lembaga Keuangan Syariah Dan Proyek Kemanusiaan Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.” Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah 6(1):68–80. doi: 10.24252/al-mashrafiyah.v6i1.26147. DOI: https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v6i1.26147
Muhamadi, Sani Insan, and Aan Hasanah. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 16(1):95–114. doi: 10.14421/jpai.2019.161-06. DOI: https://doi.org/10.14421/jpai.2019.161-06
Nofiaturrahmah, Fifi. 2018. “Penanaman Karakter Dermawan Melalui Sedekah.” ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf 4(2):313. doi: 10.21043/ziswaf.v4i2.3048. DOI: https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3048
Prasetiyo, Dani Hari Tunggal, Ahmad Izzudin, Tata Budi Utami, Tsalitsah Wirdatul Baidlo, Leliya Nanda T.S.D, and Dwi Agustin. 2022. “Pelatihan Manajemen Keuangan Terhadap Anak Sejak Usia Dini.” INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian 6(2):269. doi: 10.36841/integritas.v6i2.2319. DOI: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i2.2319
Robianti, Febi, Indra Legowo, Antik Ernawati, Nurdiah Aristyani, Idzma Mahayattika, and Nurul Amalia. 2025. “Transformasi Pendidikan Karakter Melalui Rumah Magang: Studi Inovasi PKBM Madani Hebat Dan HEbAT Community.” Jurnal Pendidikan Non Formal 2(3):15. doi: 10.47134/jpn.v2i3.1372. DOI: https://doi.org/10.47134/jpn.v2i3.1372
Sari, Sofa Mei Ika, and Tutuk Ningsih. 2024. “Membangun Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dengan Masyarakat Melalui Interaksi Sosial.” EDU SOCIATA ( JURNAL PENDIDIKAN SOSIOLOGI ) 7(2):523–29. doi: 10.33627/es.v7i2.2809. DOI: https://doi.org/10.33627/es.v7i2.2809
Sosial, Peduli, and Program Pembiasan. 2025. “Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Melalui Program Jum ’ at Amal Ninuk Noorhanah PENDAHULUAN Pendidikan Merupakan Upaya Sadar Dan Terencana Untuk Menciptakan Proses Pembelajaran Yang Kondusif . Tujuannya Adalah Agar Siswa Dapat Mengoptimalkan.” 8(1):125–36. doi: 10.32528/tarlim.v8i1.2971. DOI: https://doi.org/10.32528/tarlim.v8i1.2971
Syavita, Erica, Nanang Sutrisno, Ida Bagus, and Oka Wedasantara. 2024. “Implikasi Program Magang Studi Independen Besertifikat Pada Mahasiswa Universitas Udayana.” Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial 3(5):1–11. doi: triwikrama.v3i5.2730.
Tanjung, Muna Haddad Al Ansori, Netty Bayani Harahap, Martina Enjeli Siboro, and Muharrina Harahap. 2023. “Program Magang Keahlian Sebagai Sarana Praktik Dan Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Di Bidang Penerbitan.” Indonesian Journal of Community Services 5(1):1. doi: 10.30659/ijocs.5.1.1-11. DOI: https://doi.org/10.30659/ijocs.5.1.1-11
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alfin Fais, Syakira Hawa Nabila, Makrufah Hidayah Islamiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0