Sosialisasi Dan Pendampingan Manajemen Sekolah Dalam Membentuk Karakteristik Peduli Kesehatan Lingkungan Siswa MI Al Hikmah
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.773Keywords:
Sosialisasi, Pendampingan, Manajemen Sekolah, Membentuk Karakter SiswaAbstract
Latar Belakang: Permasalahan dalam pembentukan karakter bangsa yang peduli lingkungan perlu diatasi dengan serius, cara yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan memberikan edukasi sejak dini bagi anak-anak tentang pelestarian lingkungan khususnya di lingkup sekolah dasar. Tujuan: Tujuan kegiatan PkM ini untuk menumbuhkan karakter siswa yang peduli lingkungan sejak dini. Metode: Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan metode sosialisasi, pendampingan dan penguatan kapasitas dengan pendekatan yang digunakan yaitu Participatory Action Research. Hasil: Hasil kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan bahwa belum ada kebijakan lingkungan khusus yang dapat diterapkan di sekolah. Lebih lanjut, kurikulum lingkungan masih terintegrasi dengan beberapa mata pelajaran dan belum melibatkan pihak lain dalam kegiatan pelestarian lingkungan. Kesimpulan: Berdasarkan hasil evaluasi pihak sekolah, kegiatan telah berjalan melebihi yang diharapkan, maka kegiatan pengabdian seperti ini dapat dilakukan secara rutin baik di lokasi yang sama maupun di lokasi yang berbeda dengan sasaran anak-anak peserta didik sejak dini yang benar-benar membutuhkan pendidikan dan pendampingan terkait kepedulaian terhadap lingkungan hidup.
Downloads
References
Bemawa, H. H. (2020). Implementasi Sekolah Peduli lingkungan Berbasis Kearifan Lokal’, in Meneguhkan Peran Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dalam Memuliakan Martabat Manusia. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Dasiharjo. (2015). Eco-School Sebagai Media Pedidikan Lingkungan Di Sekolah—Peran Pendidikan di Persekolahan dalam Mempersiapkan Generasi Peduli Lingkungan. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Fitriani, M. D., Andreani, M., Khoridah, N., & Resti, S. M. (2024). Penerapan Pogram P5-PPRA Dengan Tema Hidup Berkelanjutan dalam Mendidik dan Membentuk Karakter Siswa Kelas I MI Plus Ja-Alhaq. PPSDP Undergraduate Journal of Educational Sciences, 1(1).
Herawati, E. Y., Parahita, B. N., & Zuhri, S. (2024). Kolaborasi Sekolah Dengan Bank Sampah Sekar Gendis Dalam Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Niara, 17(1). DOI: https://doi.org/10.31849/niara.v17i1.19989
Hidayati, N., Taruna, T., & Purnaweni, H. (2018). Perilaku Warga Sekolah Dalam Program Peduli lingkungan di SMK Negeri 2 Semarang. Seminar Nasional Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan.
Junedi, H., Listyarini, D., Endriani, Sunarti, & Wiskandar. (2022). Internalisasi Karakter Peduli Lingkungan Melalui Manajemen Sampah Berasis 6R. JPKM, 28(1).
Kemendikbud RI. (2012). Panduan Peduli lingkungan, Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
Landriany, E. (2024). Implementasi Kebijakan Peduli lingkungan Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Lingkungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 10(1).
Ma’arif, B. (2017). Peningkatan Pengetahuan Siswa/Siswi SD dan SMP Satu Atap Desa Bocek Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang Dengan Penyuluhan Kesehatan Mengenai Manajemen Pembuangan Sampah Yang Baik. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Mustain, M. (2023). Peningkatan Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Guru Melalui Supervisi Akademik Di SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1).
Nawawi, H. (2020). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gaja Mada University press.
Ndadari, A. N. C., & Pambudi, D. I. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik SD Negeri 2 Gadingharjo. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Purwatiningsih, E. (2018). Peran Sekolah Dalam Penguatan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Kartasura). HISTORIKA, 21(1).
Rinenggo, A., & Sutomo. (2024). Edukasi Kesehatan Mental Bagi Anak Di Sdn Genuk 01 Ungaran Barat. Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI, Semarang.
Sari, P. N. (2017). Upaya Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Dan Kesehatan Lingkungan Sekolah Kepada Siswa Menuju Sekolah Peduli lingkungan Pada SDN 05 Kampung Pisang, Kecamatan IV Koto. Universitas Andalas, Padang.
Sukma, A. P. (2024). Evaluasi Program Peduli lingkungan Dalam Peningkatkan Karakter Peduli Lingkungan SMP Ar-Ridha Al-Salaam. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Sukmawatia, Arwansyah, Ahmar, D. S., Azzajjad, M. F., & Patmasari, A. (2023). Sosialisasi Pendidikan Karakter Melalui Penanaman Sikap Peduli Lingkungan Siswa Di SMP Negeri 3 Sindue Tobata. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). DOI: https://doi.org/10.35877/panrannuangku2075
Sungkowo. (2015). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Jalur Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Syarifah, S. (2022). Manajemen Sekolah Peduli lingkungan Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Situbondo Tahun Pelajaran 2021/2022. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq, Jember.
UU RI No. 32. (2009). Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Vindriyana, R. (2017). Upaya Sekolah Dalam Membentuk Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Ekstrakurikuler Kplh Di SMAN 2 Temanggung. Jurnal Hanata Widya, 6(8).
Yandrizal, D., Kustati, M., & Gusmirawati. (2023). Pendampingan Pendidikan Karakter Anak Melalui Kegiatan Mahardika Mengajar Di Nagari Sariak Alahan Tigo Kabupaten Solok. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(6).
Yaqin, M. A. (2023). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Peduli lingkungan Di MIN 10 Blitar. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat: Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas. Yogyakarta: Yayasan Putra Adi Dharma.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rina Purwantini, Erlina Yuliastuti, Marheni Rayung Puspaningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0