Peningkatan Produktivitas Melalui Digital Marketing Cerdas Di Rumah BUMN Sidoarjo

Authors

  • Allen Pranata Putra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur https://orcid.org/0000-0002-5565-7910
  • Faris Kurnia Hakim Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Muhammad Syarofi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.799

Keywords:

Digital Marketing, Literasi Digital, PLA, UMKM

Abstract

Latar Belakang: Transformasi digital telah menjadi kebutuhan mendesak bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing di tengah perubahan perilaku konsumen dan persaingan global. Namun, literasi digital yang rendah, keterbatasan infrastruktur, lemahnya strategi pemasaran berbasis data, serta minimnya keterampilan membuat konten masih menjadi hambatan utama bagi UMKM, termasuk mitra binaan Rumah BUMN Sidoarjo. Tujuan: untuk meningkatkan produktivitas UMKM melalui penerapan digital marketing cerdas yang terintegrasi dengan kebutuhan mitra. Metode: Participatory Learning and Action (PLA) dengan melibatkan 28 pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha. Hasil: peningkatan rata-rata 40% pada literasi digital peserta, keterampilan pembuatan konten kreatif, serta kemampuan menyusun strategi pemasaran berbasis data. Peserta juga menunjukkan pemahaman yang lebih baik mengenai literasi keuangan dan pentingnya jejaring usaha. Secara umum, tingkat kepuasan mitra terhadap program sangat tinggi, ditunjukkan dengan dominasi jawaban “sangat setuju” dan “setuju” dalam kuesioner evaluasi. Kesimpulan: kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas digital marketing UMKM binaan Rumah BUMN Sidoarjo, sekaligus memperkuat kelembagaan dan membuka peluang kolaborasi bisnis. Ke depan, diperlukan pendampingan berkelanjutan agar keterampilan yang diperoleh dapat diterapkan secara konsisten dalam praktik usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, E., & Priyono, K. D. (2021). Penerapan Metode Participatory Learning And Action (PLA) Pada Materi Pemanfaatan Dan Konservasi Tanah Kelas X Di SMA Negeri Colomadu Kabupaten Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fadillah, R., & Fasa, M. I. (2021). Digital Economic Transformation: Optimalisasi Ekonomi Digital Pasca Pandemi Covid-19 Pada Pelaku Umkm. MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW, 3(2), 123–135. DOI: https://doi.org/10.47354/mjo.v3i2.303

Hatta, S., & Syam, J. (2025). Pemanfaatan Platform Digital oleh UMKM dalam Integrasi Digital Marketing dan Fintech. Journal of Marketing Management and Innovative Business Review, 3(1), 104–109. DOI: https://doi.org/10.63416/mrb.v3i1.352

Nizar, M., Iltiham, M. F., & Rakhmawati, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Digital Masyarakat Lokal Melalui Pendampingan Dan Pengembangan Transformasi Bisnis Digital. Abdimas Unwahas, 8(2). DOI: https://doi.org/10.31942/abd.v8i2.10021

Novitasari, A. T. (2022). Strategi UMKM Bertahan di Masa Pandemi. Deepublish. DOI: https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5406

Nurhayati, N., Pujiriyani, D. W., Sakti, R. A., Bawazeer, M., Kurniawan, A., Halim, B., Minarsi, A., Lestari, E. K., Muta’ali, L., & Juansa, A. (2025). Ekonomi Kerakyatan: Membangun Kemandirian Nasional. PT. Star Digital Publishing, Yogyakarta-Indonesia.

Pratiwi, D. Z., & Nur, D. I. (2024). Expanding Market Access Through the Implementation of Digital marketing in MSME Businesses Bank BTPN Syariah Customers: Perluasan Akses Pasar Melalui Penerapan Digital marketing Pada Usaha UMKM Nasabah Bank BTPN Syariah. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat), 8(4), 103–106.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran quizizz pada mata kuliah kimia fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39. DOI: https://doi.org/10.33541/jdp.v12i1.1028

Raysharie, P. I., Sudirwo, S., Judijanto, L., Rustam, A., Parjono, N., Arjun, M., Kunaifi, A., Hermawan, K. T., Parmadi, P., & Hastuti, D. (2025). Ekonomi Kreatif:: Inovasi, Kolaborasi, dan Transformasi. PT. Green Pustaka Indonesia.

Rudihartati, L., Ferdiansyah, M., & Rahman, T. (2025). Inklusi Digital dan Pemberdayaan UMKM Lampung Tengah: Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Era Digital. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 64–72. DOI: https://doi.org/10.35870/jpni.v6i1.1119

Sachrir, M. I., & Mustari, U. A. (2025). Strategi Pemasaran Digital Berbasis Media Sosial Untuk Penguatan Kapasitas SDM Usaha Mikro di Kampung Bukit Makmur, Kalimantan Timur. Nusantara Innovation Journal, 3(2), 195–215. DOI: https://doi.org/10.70260/nij.v3i2.68

Satria, V. Y., Al-Fikri, M. S., Nabillah, S. Q., Prasetyo, D., & Abror, S. (2025). Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan digital marketing untuk meningkatkan nilai jual produk di Desa Dukuh Menanggal Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 3(3), 1066–1078. DOI: https://doi.org/10.59837/jpmba.v3i3.2360

Selirowangi, N. B., & Ulfah, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Materi Teks Negosiasi Berbasis Powerpoint Interaktif. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 41–50. DOI: https://doi.org/10.52166/pentas.v8i1.3303

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., & Latifah, R. N. (2024). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM. Journal of Management Accounting, Tax and Production, 2(1), 109–118. DOI: https://doi.org/10.57235/mantap.v2i1.1592

Wibawa, I. P. G. S. T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Stem Dengan Penugasan Berbantuan Aplikasi Whatsapp Terhadap Partisipasi Orang Tua Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Se-Gugus VIII Mengwi. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 79–90.

Zunaidi, A. (2024). Metodologi Pengabdian Kepada Masyarakat Pendekatan Praktis untuk Memberdayakan Komunitas. Yayasan Putra Adi Dharma.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-11-30

How to Cite

Putra, A. P., Hakim, F. K., & Syarofi, M. (2025). Peningkatan Produktivitas Melalui Digital Marketing Cerdas Di Rumah BUMN Sidoarjo. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 232–245. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.799