Optimalisasi Akun Belajar Guru untuk Peningkatan Kreativitas dan Efektifitas Pembelajaran Melalui Canva di SMKS Islam Kanigoro
DOI:
https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.808Keywords:
Akun Belajar, Canva Edu, Literasi Digital, Kreativitas Guru, Pembelajaran DigitalAbstract
Latar Belakang: Literasi digital guru memiliki urgensi yang tinggi dalam mendukung efektivitas pembelajaran di era teknologi. Namun, sebagian besar guru di SMKS Islam Kanigoro belum optimal memanfaatkan akun belajar.id yang sebenarnya memberikan akses gratis ke Canva Edu. Kondisi ini berdampak pada terbatasnya kreativitas dalam menghasilkan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Tujuan: Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan efektivitas pembelajaran guru melalui pelatihan pemanfaatan akun belajar.id berbasis Canva Edu. Metode: Pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif melalui workshop, praktik langsung, serta evaluasi pre-test dan post-test terhadap 24 guru peserta. Hasil: Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru sebesar rata-rata 60% setelah mengikuti pelatihan. Seluruh guru berhasil menghasilkan minimal satu produk pembelajaran digital berupa poster atau slide yang dinilai lebih menarik dan sesuai dengan kurikulum. Kesimpulan: PkM ini berhasil mencapai tujuannya dengan meningkatkan literasi digital, kreativitas, dan efektivitas pembelajaran guru di SMKS Islam Kanigoro.
Downloads
References
Agustini, S. (2021). Penerapan media pembelajaran QR Code berbantuan Canva untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 1. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20228 DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20228
Etfita, F., Ahmad, A., Alber, A., & Wahyuni, S. (2022). Pendampingan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis web pada siswa SMKS Budi Dharma Dumai. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 56–66. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.131 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.131
Gazali Far-Far, I. W., Pusparani, R., & Urlialy, G. (2024). Sosialisasi dan pelatihan media pembelajaran berbasis ICT bagi guru Sejarah SMA/MA se-Kecamatan Kairatu. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 194–205. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.297 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.297
Hendratno, E. A., Istiq’faroh, N., Siswanto, B. E., & Mufidah, Z. R. (2025). Pelatihan literasi digital Canva untuk guru sekolah dasar. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 222–231. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.524 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.524
Herawati, N., Nuryani, N., & Saputra, A. E. (2024). Pemanfaatan Canva dalam pembelajaran interaktif: Kajian kualitatif. JUPRIT: Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 4(1), 4694. https://doi.org/10.55606/juprit.v4i1.4694 DOI: https://doi.org/10.55606/juprit.v4i1.4694
Hidayati, A., Zuhdi, S., Resti, M., Azaria, T. T., & Andary, L. (2024). Use of Canva in Primary School Education: A qualitative study of the use, advantages and disadvantages of Canva. ICEETE Conference Series, 2(1), 322–326. https://doi.org/10.36728/iceete.v2i1.207 DOI: https://doi.org/10.36728/iceete.v2i1.207
Hotimah, H., Raihan, S., Amrah, A., Atjo, S. E. P., & Nurfaizah, A. P. (2023). Pelatihan pengembangan media inovatif berbasis hypercontent bagi guru SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.223 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.223
Khotimah, L. H., S., J., & Indrawati, S. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui video kontekstual pada peserta didik kelas 5 SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271
Paranita, K., & Permadi, D. F. H. (2022). Inovasi menggambar kolaboratif menggunakan Drawpile sebagai media pembelajaran interaktif di RA Hidayatullah Kota Blitar. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 114. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.114 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.114
Putra, L. D., Salihah, A. F., & Pratiwi, N. F. (2023). Pemanfaatan Canva untuk pembelajaran inovatif dan kreatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 5957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5957 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5957
Riatun, R., Cakra Dewi, H. L., Stephani, N., Alvin, S., & Mujiono. (2023). Towards Smart School: Implementation of Learning Management System in Kemuning Village Primary School. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 209. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.209 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.209
Setyaputri, N. Y., Ariyanto, R. D., Hanggara, G. S., Sancaya, S. A., & Ayuningtyas, P. (2022). Peningkatan keterampilan ICT untuk guru BK melalui pelatihan konten layanan digital berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.86 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.86
Suryani, R., & Rahmulyani, R. (2023). Development of an interactive digital module using the Canva application in Traumatic Counseling course for students of Department Guidance and Counseling, Faculty of Education, Universitas Negeri Medan. Proceedings of the 2023 ICONSEIR / EAI Conference. https://doi.org/10.4108/eai.24-11-2022.2332600 DOI: https://doi.org/10.4108/eai.24-11-2022.2332600
Syahindra, W., Dahniarti, N., Sari, N., & Murlena. (2024). Penerapan screen reader dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB-N Rejang Lebong. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 296. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.296 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.296
Triningsih, D. E. (2021). Penerapan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks tanggapan kritis melalui pembelajaran berbasis proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667 DOI: https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bonda Sisephaputra, Dwi Fatrianto Suyatno, Ardhini Warih Utami, Berlian Maulidya Izzati, Azis Suroni, Fathan Orvala

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0



