Optimalisasi Akun Belajar Guru untuk Peningkatan Kreativitas dan Efektifitas Pembelajaran Melalui Canva di SMKS Islam Kanigoro

Authors

  • Bonda Sisephaputra Universitas Negeri Surabaya
  • Dwi Fatrianto Suyatno Universitas Negeri Surabaya
  • Ardhini Warih Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Berlian Maulidya Izzati Universitas Negeri Surabaya
  • Azis Suroni Universitas Negeri Surabaya
  • Fathan Orvala Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.808

Keywords:

Akun Belajar, Canva Edu, Literasi Digital, Kreativitas Guru, Pembelajaran Digital

Abstract

Latar Belakang: Literasi digital guru memiliki urgensi yang tinggi dalam mendukung efektivitas pembelajaran di era teknologi. Namun, sebagian besar guru di SMKS Islam Kanigoro belum optimal memanfaatkan akun belajar.id yang sebenarnya memberikan akses gratis ke Canva Edu. Kondisi ini berdampak pada terbatasnya kreativitas dalam menghasilkan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Tujuan: Kegiatan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan efektivitas pembelajaran guru melalui pelatihan pemanfaatan akun belajar.id berbasis Canva Edu. Metode: Pelaksanaan kegiatan menggunakan pendekatan partisipatif melalui workshop, praktik langsung, serta evaluasi pre-test dan post-test terhadap 24 guru peserta. Hasil: Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru sebesar rata-rata 60% setelah mengikuti pelatihan. Seluruh guru berhasil menghasilkan minimal satu produk pembelajaran digital berupa poster atau slide yang dinilai lebih menarik dan sesuai dengan kurikulum. Kesimpulan: PkM ini berhasil mencapai tujuannya dengan meningkatkan literasi digital, kreativitas, dan efektivitas pembelajaran guru di SMKS Islam Kanigoro.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, S. (2021). Penerapan media pembelajaran QR Code berbantuan Canva untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1), 1. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20228 DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20228

Etfita, F., Ahmad, A., Alber, A., & Wahyuni, S. (2022). Pendampingan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis web pada siswa SMKS Budi Dharma Dumai. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 56–66. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.131 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.131

Gazali Far-Far, I. W., Pusparani, R., & Urlialy, G. (2024). Sosialisasi dan pelatihan media pembelajaran berbasis ICT bagi guru Sejarah SMA/MA se-Kecamatan Kairatu. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 194–205. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.297 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i2.297

Hendratno, E. A., Istiq’faroh, N., Siswanto, B. E., & Mufidah, Z. R. (2025). Pelatihan literasi digital Canva untuk guru sekolah dasar. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 222–231. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.524 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v5i2.524

Herawati, N., Nuryani, N., & Saputra, A. E. (2024). Pemanfaatan Canva dalam pembelajaran interaktif: Kajian kualitatif. JUPRIT: Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 4(1), 4694. https://doi.org/10.55606/juprit.v4i1.4694 DOI: https://doi.org/10.55606/juprit.v4i1.4694

Hidayati, A., Zuhdi, S., Resti, M., Azaria, T. T., & Andary, L. (2024). Use of Canva in Primary School Education: A qualitative study of the use, advantages and disadvantages of Canva. ICEETE Conference Series, 2(1), 322–326. https://doi.org/10.36728/iceete.v2i1.207 DOI: https://doi.org/10.36728/iceete.v2i1.207

Hotimah, H., Raihan, S., Amrah, A., Atjo, S. E. P., & Nurfaizah, A. P. (2023). Pelatihan pengembangan media inovatif berbasis hypercontent bagi guru SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.223 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.223

Khotimah, L. H., S., J., & Indrawati, S. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui video kontekstual pada peserta didik kelas 5 SD. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 57–66. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.271

Paranita, K., & Permadi, D. F. H. (2022). Inovasi menggambar kolaboratif menggunakan Drawpile sebagai media pembelajaran interaktif di RA Hidayatullah Kota Blitar. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 114. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.114 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i1.114

Putra, L. D., Salihah, A. F., & Pratiwi, N. F. (2023). Pemanfaatan Canva untuk pembelajaran inovatif dan kreatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 5957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5957 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5957

Riatun, R., Cakra Dewi, H. L., Stephani, N., Alvin, S., & Mujiono. (2023). Towards Smart School: Implementation of Learning Management System in Kemuning Village Primary School. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 209. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.209 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v3i2.209

Setyaputri, N. Y., Ariyanto, R. D., Hanggara, G. S., Sancaya, S. A., & Ayuningtyas, P. (2022). Peningkatan keterampilan ICT untuk guru BK melalui pelatihan konten layanan digital berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 94–101. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.86 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i2.86

Suryani, R., & Rahmulyani, R. (2023). Development of an interactive digital module using the Canva application in Traumatic Counseling course for students of Department Guidance and Counseling, Faculty of Education, Universitas Negeri Medan. Proceedings of the 2023 ICONSEIR / EAI Conference. https://doi.org/10.4108/eai.24-11-2022.2332600 DOI: https://doi.org/10.4108/eai.24-11-2022.2332600

Syahindra, W., Dahniarti, N., Sari, N., & Murlena. (2024). Penerapan screen reader dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB-N Rejang Lebong. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 296. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.296 DOI: https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.296

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan aplikasi Canva untuk meningkatkan kemampuan menyajikan teks tanggapan kritis melalui pembelajaran berbasis proyek. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667 DOI: https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-11-30

How to Cite

Sisephaputra, B., Suyatno, D. F., Utami, A. W., Izzati, B. M., Suroni, A., & Orvala, F. (2025). Optimalisasi Akun Belajar Guru untuk Peningkatan Kreativitas dan Efektifitas Pembelajaran Melalui Canva di SMKS Islam Kanigoro. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 300–309. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v6i1.808

Most read articles by the same author(s)