Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Cutter (Cube Letter) Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Dwi Endah Yulianing Tias SDN Pondokjoyo 01 Kabupaten Jember

DOI:

https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.54

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, tematik cutter

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan penggunaan media pembelajaran tematik di kelas 1 SDN Pondokjoyo 01. Metode penelitian yang digunakan di dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Uji efektivitas dan kelayakan media pembelajaran diawali dengan validasi dan revisi desain oleh ahli media, ahli materi, dan guru kelas 1 SD. Selanjutnya, dilakukan uji coba produk terhadap peserta didik dengan skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli terhadap media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media pembelajaran tematik Cutter (Cube Letter) menunjukkan persentase 92% dengan kriteria sangat layak. Hasil dari ahli materi menunjukkan sangat layak dengan persentase 94% sedangkan dari guru kelas 1 SD menunjukkan kriteria sangat layak dengan persentase 100% (expert). Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tematik Cutter (Cube Letter) untuk kelas 1 SD ini menarik dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran tematik.

References

Akbar, Sa’dun. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Filosofi, Metodologi. Yogyakarta: CV Citra Implementasi Media

Arifin. 2010. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Lilin Persada press.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hesty. 2008. Implementasi Model Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Siswa Sekolah Dasar.” Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan. Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Pangkalpinang.

Resmini, Novi. 2008. Simulasi Kreatif dalam Permainan Bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan, (Online), (http://www.um.ac.id), diakses 3 Maret 2008.

Sadiman, Arief S, dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.

Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi anak usia dini TK & anak usia kelas awal SD/MI. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2021-02-01

How to Cite

Tias, D. E. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Cutter (Cube Letter) Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.54