Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Cutter (Cube Letter) Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.54Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, tematik cutterAbstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan penggunaan media pembelajaran tematik di kelas 1 SDN Pondokjoyo 01. Metode penelitian yang digunakan di dalam pengembangan media pembelajaran ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir, dan produksi massal. Uji efektivitas dan kelayakan media pembelajaran diawali dengan validasi dan revisi desain oleh ahli media, ahli materi, dan guru kelas 1 SD. Selanjutnya, dilakukan uji coba produk terhadap peserta didik dengan skala kecil dan skala besar. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli terhadap media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media pembelajaran tematik Cutter (Cube Letter) menunjukkan persentase 92% dengan kriteria sangat layak. Hasil dari ahli materi menunjukkan sangat layak dengan persentase 94% sedangkan dari guru kelas 1 SD menunjukkan kriteria sangat layak dengan persentase 100% (expert). Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tematik Cutter (Cube Letter) untuk kelas 1 SD ini menarik dan dapat dijadikan sebagai media pembelajaran tematik.
Downloads
References
Akbar, Sa’dun. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Filosofi, Metodologi. Yogyakarta: CV Citra Implementasi Media
Arifin. 2010. Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Lilin Persada press.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hesty. 2008. Implementasi Model Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Siswa Sekolah Dasar.” Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan. Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Pangkalpinang.
Resmini, Novi. 2008. Simulasi Kreatif dalam Permainan Bahasa Indonesia. Jurnal Kependidikan, (Online), (http://www.um.ac.id), diakses 3 Maret 2008.
Sadiman, Arief S, dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Pers.
Sukmadinata. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi anak usia dini TK & anak usia kelas awal SD/MI. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dwi Endah Yulianing Tias
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0