Pengaruh Overclocking Processor AMD Ryzen 3 pada Peningkatan Performa Game
DOI:
https://doi.org/10.53624/jsitik.v1i2.211Keywords:
Overclocking, Processor, ValorantAbstract
Tujuan overclocking pada processor AMD Ryzen 3 ini diharapkan bisa meningkatkan performa game Valorant. Penelitian ini ditunjukkan pada semua pecinta game khususnya Valoran agar dapat menikmati saat bermain game.Permasalahan yang sering dialami oleh pengguna AMD Ryzen 3 3200G yaitu mengalamin stuttering dan fps drop .Pada game Valoran biasanya dalam mode standart mendapatkan fps 60, sehingga kinerja computer harus stabil agar saat bermain tidak terjadi stuttering.Salah satu komponen utama pada komputer yang bertanggung jawab atas performa suatu komputer Ketika melakukan peningkatan performa game adalah processor. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu metode eksperimen. Setelah melakukan overclocking pada processor,maka akan dilakukan pengujian Benchmark sintesis. Hasil yang didapatkan setelah dilakukan pengujian game Valoran yaitu berupa peningkatan fps yang standarnya 60 fps rata-rata menjadi stabil di 100 fps. Peningkatan fps pada game tersebut dijadikan acuan penulis untuk mengetahui seberapa besar peningkatan performa setelah dilakukan Overclocking.
Downloads
References
M. Rahardi and M. Bagaskara, “Analisis Kinerja Overclocking CPU dan GPU Terhadap Kecepatan Rendering Project 3D,” Jurnal Infomedia: Teknik Informatika, Multimedia & Jaringan, vol. 7, no. 2, pp. 82–85, 2022.
W. Syaefullah and M. L. Anggapuspa, “ANALISIS VISUAL PADA KARAKTER AGENT SAGE DALAM GAME VALORANT,” Jurnal Barik, vol. 4, no. 3, pp. 130–140, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
M. Lutfi and H. Prasetyo, “‘TRANSFORMASI Jurnal Informasi & Pengembangan Iptek’(STMIK BINA PATRIA ) ANALISIS KINERJA OVERCLOCK PROCESSOR INTEL CORE I7 2600K PADA CHIPSET MOTHERBOARD P67,” Jurnal TRANSFORMASI, vol. 12, no. 1, pp. 17–23, 2016.
Y. W, A. Fauzan, A. Yani, and M. A. Aziz, “Analisis Performance Central Prosessing Unit (CPU) Realtime Menggunakan Metode Benchmarking,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 20, no. 2, pp. 237–248, 2021, doi: 10.30812/matrik.v20i2.1142.
T. Yusnanto, M. A. Machmudi, and K. Mustofa, “Pengaruh Overclocking Prosessor Intel CORE 2 DUO E8400 Pada Motherboard ASUS P5Q Dan ASUS P5P43TD,” Transformasi, vol. 17, no. 1, pp. 67–76, 2021, doi: 10.56357/jt.v17i1.257.
R. Dwi Utama, D. Juardi, and N. Heryana, “Implementasi Overclocking Pada Processor Intel Core i5-2500k Untuk Meningkatkan Kinerja Komputer”.
A. A. Slameto and A. H. Rachman, “Pengaruh Overclocking Processor AMD Ryzen 5 Pada Rendering Video Menggunakan Adobe After Effect,” pp. 162–177, 2020.
M. K. Putro, M. Suyanto, and E. Pramono, “MENGGUNAKAN REGRESI LINIER,” vol. 5, no. 1, 2021.
Azhar, “Analisis Kinerja Prosesor terhadap Proses Overclocking dan Downclocking.”
A. Prasstyawan, A. Suyatno, and I. F. Astuti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Motherboard Menggunakan Metode Techinique for Others Reference By Similarity To Ideal Solution (Topsis),” Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 9, no. 2, pp. 41–45, 2014.
M. Fakhrizal and E. Pujastuti, “Analisis Perbandingan Efisiensi Waktu Antara Overclock RAM Dengan Overclock Prosesor Pada Proses Render Audio,” Jurnal Teknologi Informasi, vol. 16, no. 2, pp. 33–37, 2021.
P. Studi, T. Elektro, F. Teknik, and U. Muhammadiyah, “Analisis Kinerja Prosesor terhadap Proses Overclocking dan Downclocking,” vol. 1, no. 1, pp. 7–12, 2019.
H. Jurnal, A. Hidayat, K. A. Ashari, D. Setiana, and R. Rosyadi, “Jurnal Teknik Informatika Perbandingan Penggunaan Memory Dan Cpu Menggunakan Kriptograpi Aes,” Jutekin, vol. 6, no. 2, 2018.
T. Wibowo and R. Renando, “UJI KEEFEKTIFAN AIM LAB TERHADAP AKURASI GAME FPS DIANTARA PEMAIN VALORANT DI KOTA BATAM,” vol. 8, no. 1, 2023.
B. Kusumawardana, F. Adnan, and T. Dharmawan, “Evaluasi Ui/Ux Pada Game Valorant Menggunakan Metode Enhanced Cognitive Walkthrough,” Device, vol. 12, no. 1, pp. 24–31, 2022, doi: 10.32699/device.v12i1.2709.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Moh.Azis Rosyid Muzaky, Faiz Danendra, Fadhlullah Yoga, Yazid Fauzan Nur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0